Cara Trading Saham

Bermain trading saham tidaklah sesulit seperti yang dipikirkan oleh benyakan orang pada umumnya. Hanya saja, kebanyakan dari mereka benar-benar tidak memiliki pengalaman sama sekali dalam berinvestasi dan tidak tahu betul cara untuk melakukannya.

Terutama bagi para pemula yang beru saja terjun dalam dunia investasi trading saham tanpa belajar terlebih dahulu cara bermainnya. Tentu saja hal tersebut akan menjadi boomerang yang justru malah membuat mereka mengalami kerugian.

Oleh karena itu, silahkan Anda simak penjelasan berikut ini tentang cara trading saham dengan baik dan benar.

Cara Trading Saham

Cara Trading Saham

Tentunya ada hal-hal yang perlu diperhatikan untuk memulai trading saham dan harus dilakukan dengan benar agar tidak terjadi suatu kesalahan nantinya.

Bagi Anda yang masih kebingungan untuk melakukan trading saham, terutama jika Anda masih seorang pemula. Maka itu, silahkan perhatikan langkah-langkah berikut ini:

Daftar Trading Saham

Pertama, sebelum Anda memulai melakukan trading saham. Anda harus sudah daftar trading saham terlebih dahulu. Hal tersebut berguna untuk memantau investasi yang Anda miliki nantinya.

Jika Anda tidak mengetahui cara daftar saham, maka silahkan ikuti langkah-langkah cara daftar saham berikut ini:

Membuka Rekening Efek

Rekening efek bukanlah jenis rekening bank seperti biasanya, rekening tersebut berfungsi untuk melakukan order jual-beli saham.

Syaratnya, Anda hanya perlu membawa fotokopi KTP, buku tabungan, NPWP, dan materai sebanyak dua lembar. Setelah itu, Silahkan Anda cari perusahaan sekuritas dengan membawa persyaratan tersebut.

Menyetorkan Dana Modal Investasi

Sama halnya seperti investasi lainnya. Sebelum melakukan trading saham, Anda harus menyiapkan modal terlebih dahulu. Setelah itu, silahkan Anda setorkan dana modal tersebut setelah Anda berhasil membuat rekening efek.

Anda harus mencari tahu terlebih dahulu minimum modal yang diperlukan untuk memulai trading saham. Dikarenakan, setiap perusahaan sekuritas biasanya memiliki nominal dana yang berbeda-beda untuk disetorkan.

Mulai untuk Berinvestasi

Jika kedua hal di atas sudah selesai Anda lakukan, Anda sudah bisa memulai untuk melakukan proses trading saham.

Saat ini, trading saham bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Karena semua prosesnya sekarang bisa dilakukan secara online. Dengan begitu, Anda bisa melakukan trading saham kapanpun dan dimanapun.

Baca Juga:  Aplikasi Trading Terbaik

Pilih Perusahaan Sekuritas yang Tepat dan Terpercaya

Perusahaan Sekuritas yang Tepat dan Terpercaya

Anda harus bisa memilih perusahaan sekuritas atau broker yang tepat dan terpercaya. Agar nantinya bisa menghindarkan diri Anda dari kerugian dan penipuan.

Anda juga bisa mencarinya secara online, karena saat ini sudah banyak tersedia aplikasi-aplikasi trading saham online yang mudah untuk digunakan dan juga dapat dipercaya.

Gunakan Kesabaran Dalam Bertransaksi

Gunakan Kesabaran Dalam Bertransaksi

Anda juga harus memiliki kesabaran untuk melakukan transaksi. Kesabaran juga merupakan kunci sukses dalam dunia trading saham. Hal tersebut juga berguna untuk mengantisipasi diri Anda dari yang namanya kerugian atau kebangkrutan.

Terutama bagi para pemula, jangan terburu-buru hanya karena ingin cepat kaya dan mendapatkan keuntungan yang besar. Justru dalam dunia trading saham terutama bagi pemula, Anda sangat disarankan untuk memulainya dengan modal yang kecil terlebih dahulu.

Memilih Indeks Saham yang Tepat

Memilih Indeks Saham yang Tepat

Anda juga diharuskan untuk mengenali jenis-jenis indeksnya terlebih dahulu, Anda bisa melakukan survei secara menyeluruh pada indeks saham yang nantinya akan Anda pilih.

Setidaknya terdapat 22 jenis indeks saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk saat ini yang bisa Anda pilih.

Menentukan Rencana Periode Trading Saham

Menentukan Rencana Periode Trading Saham

Berdasarkan periodenya terdapat dua cara yang bisa Anda gunakan, yaitu periode jangka panjang dan periode jangka pendek. Masing-masing periode memang memiliki resikonya sendiri, namun dibalik itu juga ada peluang keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Misalnya, jika dalam periode jangka panjang perusahaan sekuritas yang Anda pilih memilki reputasi dan fundamental serta kinerja yang baik, maka Anda akan memperoleh peluang profit trading saham yang cukup besar.

Sedangkan jika dengan periode jangka pendek, Anda bisa memperoleh peluang profit trading saham yang lebih cepat. Namun, periode jangka pendek juga memiliki resiko kerugian yang lebih besar.

Nah, jadi itulah cara yang baik dan benar yang bisa kalian coba untuk melakukan trading saham.

Originally posted 2022-03-02 09:29:53.