Aplikasi Screen Recorder PC

Seiring dengan berjalannya teknologi yang semakin canggih, merekam layar sudah bisa Anda lakukan dengan mudah untuk saat ini. Apalagi sudah banyak sekali cara yang bisa Anda gunakan untuk merekam layar.

Terutama, jika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk merekam semua aktivitas yang dilakukan pada perangkat PC atau laptop. Tentu saja, Anda perlu menggunakan cara yang efektik dan praktis untuk merekam layar pada perangkat PC yang Anda miliki.

Salah satunya adalah menggunakan sebuah aplikasi screen recorder atau aplikasi perekam layar. Dengan adanya bantuan dari aplikasi screen recorder PC tersebut, merekam layar perangkat PC saat ini menjadi lebih mudah dan praktis untuk dilakukan.

Nah, kali ini akan Saya berikan rangkuman beberapa aplikasi screen recorder PC terbaik yang bisa Anda gunakan.

Aplikasi Screen Recorder PC

Aplikasi Screen Recorder PC

Berikut ini adalah beberapa aplikasi screen recorder PC terbaik yang bisa Anda gunakan, diantaranya:

Filmora Screen

Filmora Screen

Lihat Aplikasi

Filmora sebenarnya pada dasarnya adalah sebuah aplikasi mengedit video.

Namun, aplikasi ini juga tersedia fitur lain yang ditawarkannya, yakni Filmora Screen yang dapat merekam layar PC, webcam dan audio, serta menggambar screen dan mouse spotlight dengan powerfull video editor yang lebih dari 100 resolusi, serta audio ducking dan green screen , zoom dan pan, , dan masih banyak lagi.

Karena itu, aplikasi Filmora menjadi salah satu apliaksi perekam layar PC terbaik yang memang sudah menawarkan berbagai macam fungsi bagi penggunanya, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis.

Filmora Screen memiliki beberapa keunggulan dalam hal merekam layar PC, seperti merekam menggunakan webcam, merekam layar hingga 120 FPS, menyediakan fitur video tutorial, dapat menentukan area rekam yang diinginkan, dan menyediakan fitur mengedit video hasil rekaman.

Icecream Screen Record

Icecream Screen Record

Lihat Aplikasi

Icecream Screen Record merupakan salah satu aplikasi yang sudah banyak digunakan oleh para streamer untuk merekam layar pada perangkat PC atau laptop. Bahkan, aplikasi ini juga bisa digunakan bagi para pengguna Windows, Mac, serta Android sekalipun.

Baca Juga:  Aplikasi Download Story WA

Aplikasi ini sudah dianggap sebagai alat multiguna yang tidah hanya berfungsi sebagai perekam layar. Namun Anda juga bisa menangkap video dari apa pun pada layar perangkat komputer dan bisa diubah sesuai dengan kebutuhan, misalnya seperti menangkap layar secara keseluruhan atau pun hanya sebagian saja.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur shortcut untuk tombol Pause, Record, dan Stop, sehingga bisa memudahkan siapa saja yang ingin menggunakan aplikasi ini.

OBS Studio

OBS Studio

Lihat Aplikasi

Open Broadcaster Software atau OBS merupakan salah satu aplikasi screen recorder PC atau laptop yang bisa Anda gunakan secara gratis. Aplikasi ini menawarkan rekaman dan streaming dalam definisi yang tinggi tanpa adanya batasan.

Dengan aplikasi ini juga Anda bisa merekam layar secara keseluruhan atau hanya sebagian saja. Aplikasi ini menyediakan tombol pintas yang bisa disesuakan dalam membantu Anda untuk mengontrol perekaman.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan Mixer Audio yang dapat menghasilkan video dengan suara yang jernih dan lancar. Serta, dapat mendukung streaming langsung ke Youtube atau Twitch, dan menyediakan rekaman dalam format FLV dan menyimpannya ke dalam memori.

TinyTake

TinyTake

Lihat Aplikasi

TinyTake merupakan aplikasi screen recorder PC atau laptop yang ringan dan mudah dalam penggunaanya, dan juga gratis. Aplikasi ini menawarkan fitur seperti merekam layar, membuat anotasi serta membagikannya di media sosial.

Tampilan aplikasi TinyTake terbilang sederhana, namun menyediakan fitur yang lengkap. Anda juga bisa membuat anotasi file dengan menambahkan grafik dari drive lokal pada apliaksi ini.

VLC Media Player

VLC Media Player

Lihat Aplikasi

VLC Media Player merupakan aplikasi screen recorder PC atau laptop dari pihak ketiga yang bisa Anda gunakan atau bisa Anda jadikan sebagai opsi. Terkadang, ada juga beberapa perangkat komputer yang memang sudah menjadikan VLC Media Player sebagai aplikasi bawaan.

Selain digunakan sebagai perekam layar PC atau laptop, aplikasi ini juga sudah banyak digunakan sebagai aplikasi pemutar multimedia dalam berbagai format. Dan baru-baru ini aplikasi VLC sudah menambahkan banyak fitur-fitur baru yang bisa Anda gunakan.

Baca Juga:  Aplikasi Kompres Video

Seperti Streaming ke Chromecast, memainkan video 4k dan 8k dengan mulus dan lancar, mendukung Local Network dan NAS, mendukung video 360 dan 3D audio, mendukung Adaptive Streaming, mendukung 10 bits dan HDR.

Serta, dengan aplikasi ini juga Anda dapat memainkan Blu-Ray Java menu BD-J dan file HD DVD evo.

Windows Game Bar

Windows Game Bar

Lihat Aplikasi

Kebanyakan yang menggunakan aplikasi ini adalah para streamer, terutama streamer game. Windows Game Bar merupakan fitur baru dari XBOX yang tersedia pada Windows 10 dan merupakan bagian dari Game DVR.

Dengan Windows Gamer Bar ini Anda bisa membuka app XBOX dengap mudah dan cepat, serta bisa juga mengambil screenshoot.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur ini untuk membuat video reaction ketika bermain game, dan Anda bisa melakukan perekaman tanpa harus mendownload atau menginstall aplikasi terlebih dahulu.

Caranya adalah, dengan menekan tombol Windows key + G, lalu pilih menu Capture dan pilih Recording, jika ingin merekam suara Anda tinggal tekan opsi Turn On Mic While Recording, setelah berhasil merekam, video akan otomatis tersimpan dengan bentuk file MP4.

Screen-O-Matic

Screen-O-Matic

Lihat Aplikasi

Aplikasi ini sangat mendukung Anda dalam melakukan webcam dan perekaman layar PC atau laptop secara online. Hanya saja, kekurangan dari aplikasi ini tidak bisa merekam dengan kualitas yang tinggi. Aplikasi ini hanya bisa melakukan opsi rekaman dengan ukuran 800×600, 640×480, dan ukuran standard lainnya.

Namun, aplikasi ini sangat ideal untuk merekam maupun mengunggah rekaman dengan cepat bagi video dengan ukuran yang standard atau relatif kecil. Aplikasi ini juga dapat membantu Anda dalam menggambar, memperbesar, serta menambahkan overlay pada file video.

Aplikasi Screencast-O-Matic juga menyediakan fitur lainnya, seperti edit audio komputer dan sinkronisasi rekaman dengan cuplikan video. Dan Anda juga bisa membagikan hasil rekaman ke Youtube tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan.

Free Cam

Free Cam

Lihat Aplikasi

Free Cam merupakan aplikasi screen recorder PC yang terbilang sederhana dengan adanya editor audio dan video bawaan. Aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka Free Cam yang menarik dan intuitif yang dapat membantu Anda melakukan rekaman layar dengan mudah.

Baca Juga:  Aplikasi Mendownload Video

Pada aplikasi Free Cam ini Anda bisa merekam layar maupun merekam suara dengan resolusi yang tinggi, serta bisa menyimpan video sebagai WMV ataupun mengunggahnya langsung ke channel Youtube yang Anda miliki.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur lainnya, seperti tersedia berbagai macam pilihan efek audio yang bisa membuat rekaman layar menjadi lebih baik, menghilangkan kebisingan latar belakang, hingga menghapus fragmen video yang tidak diinginkan dengan mudah.

Anda bisa menggunakan aplikasi Free Cam ini secara gratis dan bebas iklan.

ShareX

ShareX

Lihat Aplikasi

ShareX merupakan aplikasi screen recorder PC dengan open source yang menyediakan fitur kustom lengkap. Aplikasi ShareX memiliki alat dan editor yang canggih, meski begitu tampilan yang dimiliki aplikasi ini juga terbilang cukup rumit.

Karena, sebagian besarnya yang tersedia pada aplikasi ini adalah menargetkan untuk digunakan oleh profesional. Jadi bagi para pemula mungkin akan merasa sedikit kebingungan ketika menggunakan aplikasi ShareX ini.

Aplikasi ini memiliki hotkey sebagai tombol pintas untuk navigasi yang lebih cepat dan mudah. Aplikasi ini juga mampu merekam layar penuh, Windows, freehand, region, dan scrolling.

Jika Anda memiliki video, musik, atau foto, Anda bisa mengimpornya pada aplikasi ini. Aplikasi ShareX juga dapat membantu banyak media sosial untuk berbagi link rekaman layar.

CamStudio

CamStudio

Lihat Aplikasi

CamStudio merupakan aplikasi screen recorder yang sangat cocok dan recomended bagi pemula. Karena aplikasi ini sendiri terbilang ringan dan sederhana, serta fiturnya minimal. Anda bisa membuat video dengan format AVI yang nantinya bisa Anda konversi menjadi format SWF.

Anda juga bisa membuat video screen-in-screen dengan ukuran file yang kecil dan menyediakan opsi kualitas setelah Anda melakukan rekaman layar.

Sayangnya, fitur yang tersedia pada CamStudio sangat terbatas dan juga tidak memiliki dukungan teknis. Oleh karena itu, aplikasi ini kurang recomended bagi yang sudah profesional.

Nah, jadi itulah beberapa aplikasi screen recorder PC atau laptop yang bisa kalian coba gunakan.

Originally posted 2022-03-07 21:54:49.