Aplikasi Edit Video PC Gratis

Bagi Anda yang memiliki hobi videography atau sering membuat dan mengedit sebuah video melalui PC. Nah, pada artikel kali ini Saya sudah merangkum beberapa rekomendasi aplikasi edit video PC terbaik yang bisa Anda coba.

Tentunya, aplikasi-aplikasi ini selain memiliki berbagai macam fitur yang menarik, Anda juga bisa menggunakannya dengan mudah dan gratis.

Aplikasi Edit Video PC Gratis

Aplikasi Edit Video PC Gratis

Jadi bagi Anda yang masih bingung untuk menentukan pilihan aplikasi edit video PC gratis yang bisa digunakan, silahkan Anda simak ulasan di bawah ini.

Beberapa recomendasi aplikasi edit video PC gratis yang bisa digunakan adalah sebagai berikut:

Corel Video Studio

Corel Video Studio

Aplikasi Corel Video Studio ini sudah cukup terkenal pada kalangan pecinta videography, dan sudah banyak digunakan untuk mengedit video PC.

Tampilan aplikasi ini sendiri terbilang cukup sederhana, sehingga bagi pemula sekalipun tidak akan merasa kesulitan ketika menggunakan aplikasi ini.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur-fitur editing video menarik lainnya yang bisa Anda nikmati. Oleh karena itu, Anda bisa langsung meng-install dan mencobanya pada PC yang Anda miliki.

Jadi pastinya aplikasi ini akan sangat membantu Anda dalam menyelesaikan project editing video

Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro

Siapa sih yang tidak mengenal salah satu software editing video terbaik satu ini. Aplikasi ini sudah banyak sekali digunakan dan merupakan salah satu aplikasi edit video yang sudah menjadi favorit bagi para profesional.

Bahkan, Adobe Premiere Pro ini sudah sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar, seperti televisi. Dikarenakan, aplikasi ini memiliki banyak fitur-fitur yang bisa memberikan penggunanya hasil video yang sangat memuaskan.

Misalnya seperti tersedia banyak kartu video editing dan plug-in dalam mempercepat proses editing video, video audio efek, hingga tambahan file dengan format yang didukungnya.

Baca Juga:  Aplikasi Screen Recorder PC

Anda bisa melakukan pengeditan video apapun yang diinginkan dengan aplikasi ini, seperti video project, musik video klip, film, konten Youtube, hingga acara-acara resmi.

Avidemux

Avidemux

Aplikasi edit video gratis berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah Avidemux. Aplikasi ini juga sangat cocok bagi pemula karena memiliki tampilan yang sederhana serta mudah digunakan dan gratis.

Meskipun terbilang sederhana, namun aplikasi ini juga menyediakan fitur yang tidak kalah menariknya, seperti fitur pemotong video yang praktis, filter video, dan masih banyak lagi.

Selain itu, aplikasi ini juga sudah mendukung dengan berbagai macam format video yang bisa Anda gunakan, mulai dari DVD, AVI, MP4, ASF, dan jenis format lainnya.

VSDC Free Video Editor

VSDC Free Video Editor

VSDC Free Video Editor ini juga merupakan aplikasi edit video PC gratis yang mampu membantu Anda dalam melakukan editing video dengan mudah. Selain itu, aplikasi edit video yang satu ini tidak memiliki watermark (tanda air) dan batasan waktu.

VSDC memiliki tampilan yang sangat menarik dan tidak akan mengganggu mata sekalipun Anda menggunakannya dalam waktu yang cukup lama.

Selain itu juga tersedia mekanisme docking yang dapat menyematkan panel yang sering digunakan ke bagian samping untuk mempermudah Anda ketika sedang mengaksesnya.

Aplikasi ini memiliki kelebihan lainnya, seperti memiliki efek visual yang cukup bagus, memiliki banyak mode blending. Serta aplikasi ini juga menyediakan fitur penambahan audio dan efek transisi, hingga pemangkasan dan pemotongan video klip.

Dan yang lebih menariknya lagi, Anda juga bisa membuat project video dengan kombinasi klip video, file audio, dan gambar.

Aplikasi ini juga mampu menghasilkan kualitas video dengan resolusi full HD dan frame rate maksimal 30 fps, dan juga mendukung video dengan format 3D maupun VR360 derajat.

iMovie

iMovie

iMovie menyediakan banyak sekali fitur lengkap yang bisa Anda gunakan, fitur-fitur ini dapat mempermudah Anda dalam melakukan pengeditan video.

Baca Juga:  Aplikasi Kompres Video

MIsalnya fitur untuk organisasi media, gradasi warna, kecepatan, efek layar hijau, narasi, modifikasi dan peningkatan pengaturan warna video, memotong dan memutar klip video, menstabilkan video, penambahan transisi video, hingga sountrack dalam film.

Terutama, aplikasi ini sudah menyertakan musik sountrack bawaan dan efek suara yang bisa digunakan secara gratis. Tersedia lebih dari 80 sountrack dengan berbagai macam genre yang bisa Anda nikmati, dan juga bisa Anda potong atau gabungkan sesuka hati.

Jadi aplikasi ini sangat cocok digunakan baik oleh pemula atau professional sekalipun.

Avs Video Editor

Avs Video Editor memiliki tampilan yang freksibel dan super interaktif, serta dilengkapi dengan fitur-fitur proses editing video yang menarik.

Aplikasi ini menyediakan opsi timeline yang mampu membantu Anda untuk memisahkan antara video, audio, teks, hingga efek pada tahap penyuntingan. Selain itu, aplikasi ini juga sudah menggunakan teknologi video cache.

Jadi tentunya aplikasi ini mampu membantu Anda melakukan proses pengeditan video dengan mudah, lancar dan tidak lemot.

Shotcut

Shotcut

Shotcut merupakan aplikasi edit video PC gratis dan tersedia bagi para pengguna Windows, Mac, dan Linux. Aplikasi ini juga cocok bagi para pemula, terutama bagi Anda yang tidak terlalu mengenal dengan aplikasi edit video.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat sederhana sehingga tidak akan membingungkan penggunanya, serta menyediakan banyak fitur yang kompleks.

Semua tampilan perintah yang ada pada aplikasi ini terletak pada layar, sehingga akan memudahkan Anda ketika mengaksesnya. Selain itu, berbagai macam panel bisa Anda posisikan ulang, atau bisa juga Anda jadikan sebagai jendela mengambang.

Fitur-fitur yang dimiliki aplikasi ini, seperti mengambil gambar langsung dari webcam, merekam audio, filter audio dan video, transisi video, mendukung resolusi video 4k, dll.

Filmora

Filmora

Aplikasi Filmora termasuk salah satu aplikasi edit video terbaik dan sudah cukup populer. Karena aplikasi ini sendiri selain mudah untuk digunakan, juga menyediakan fitur-fitur yang sangat lengkap

Baca Juga:  Aplikasi Pendingin HP

Filmora sudah banyak dikenal sebagai aplikasi yang berguna untuk membuat tutorial atau video lainnya. Aplikasi ini menyediakan fitur pengeditan video 4k dan efek layar hijau.

Dengan efek layar hijau ini akan memungkinkan Anda untuk bisa mengganti latar belakang warna hijau menjadi gambar lain sesuai keinginan, sehingga Anda bisa menggunakan kreativitas yang dimiliki untuk membuat video seperti di film nyata.

Namun sayangnya, pada video yang dihasilkan akan terdapat watermark. Anda harus membeli versi pro-nya apabila tidak ingin terdapat watermark pada video yang dihasilkan.

Camtasia

Camtasia

Aplikasi Camtasia ini sudah tersedia bagi pengguna Windows dan Mac, serta dapat akses oleh Anda secara gratis.

Aplikasi ini juga sudah menyediakan fitur-fitur menarik yang mampu membantu Anda untuk menghasilkan video yang berkualitas.

Aplikasi ini juga cocok bagi pemula karena memiliki tampilan yang cukup sederhana, dan juga dengan aplikasi ini Anda bisa melakukan rekaman video pada PC yang Anda miliki.

Blender

Blender

Aplikasi Blender ini mungkin sangat asing bagi Anda, karena aplikasi ini sendiri memang jarang ditemukan  atau digunakan. Pasalnya, aplikasi ini memang memiliki tampilan yang cukup rumit dan kurang cocok bagi para pemula.

Meskipun begitu, aplikasi edit video PC ini cukup menarik dan sangat berguna bagi yang sudah professional. Aplikasi ini bisa digunakan pada Windows, Mac, dan juga Linux. Dan tentunya bisa Anda akses secara gratis.

Aplikasi ini menyediakan fitur dasar, seperti memotong serta menyambung video, dan juga memiliki fitur kompleks lainnya, seperti pemodelan 3d, animasi, rendering, simulasi, serta fitur kompleks untuk membuat game dan video.

Jika Anda salah seorang yang memiliki keahlian atau hobi dalam membuat animasi ataupun game, tentu aplikasi ini akan sangat remonded sekali untuk Anda coba.

Nah, jadi itulah beberapa recomendasi aplikasi edit video PC gratis dan terbaik yang bisa Anda coba.

Originally posted 2022-03-29 09:28:13.