Pengertian Google Chrome

Saat ini Web Browser merupakan salah satu sarana penting bagi kita,  dalam mencari atau menggali sebuah informasi yang diinginkan.

Dan sudah menjadi sebuah pilihan penting bagi kebanyakan orang dalam menggunakan web browser yang mudah dan juga lancar dalam mengaksesnya, terutama ditambah dengan adanya fitur-fitur menarik lainnya yang bisa digunakan.

Salah satunya ialah Google Chrome, yang merupakan salah satu web browser yang sudah sangat terkenal serta banyak digunakan di seluruh dunia.  Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih jelas lagi tentang Pengertian Google Chrome.

Pengertian Google Chrome

Pengertian Google Chrome

Siapa yang tidak mengenal Google Chrome, sebuah aplikasi atau web browser dengan pengguna tertinggi saat ini.

Google Chrome merupakan sebuah aplikasi atau web browser yang berfungsi untuk menjelajahi atau mengexplore dunia maya sama halnya seperti Mozilla Firefox ataupun Opera.

Seperti namanya Google Chrome sendiri dirancang oleh perusahaan mesin pencari terkemuka dan terbesar di dunia yaitu Google.

Google Chrome ini bersifat open source yang memiliki nama proyek yaitu Chromium, yakni dengan menggunakan mesin rendering Webkit sampai ke versi 27 serta dirancang untuk bekerja dengan cepat dan ringan untuk dijalankan baik pada perangkat dekstop maupun mobile.

Oleh karena itu, Google Chrome menjadi web browser terbaik yang ada di dunia untuk saat ini.

Selain dapat digunakan untuk mengakses situs internet dengan mudah dan cepat, sistem operasi lainnya juga bisa kita gunakan pada Google Chrome, misalnya seperti iOS, Windows, Linux, Android, MacOS, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  Pengertian Mozilla Firefox

Sejarah Singkat Google Chrome

Sejarah Singkat Google Chrome

Google pertama kali merilis Chrome yaitu pada tanggal 2 September tahun 2008, namun waktu itu Chrome masih dalam tahap beta sehingga hanya bisa digunakan oleh Microsoft Windows.

Lalu di tahun yang sama pada tanggal 11 Desember, Google akhirnya merilis Chrome yang bisa digunakan pada semua jenis sistem operasi karena sudah memiliki versi yang lebih stabil dari sebelumnya.

Dari beberapa sumber, Google Chrome diperkirakan telah mencapai persentase 25-28% pengguna web browser global, hal tersebut menjadikannya browser dengan pengguna terbanyak kedua atau ketiga setelah Mozilla Firefox dan Internet Explorer pada tahun 2012.

Google menjadi perusahaan yang terbilang sukses dalam mengembangkan produknya, Google Chrome yang saat ini sudah menjadi web browser terbaik di dunia, tidak hanya penggunaannya yang cepat namun juga memiliki fitur-fitur yang menarik.

Fitur-fitur Google Chrome

Fitur-fitur Google Chrome

  • Pin Tab
  • Tempel dan Cari
  • Hemat Baterai
  • Pengelola Tugas
  • Seret dan Jatuhkan Unduhan
  • Multiprofil
  • Omnibar
  • Google Safe Browsing
  • Mode Incognito
  • Google Translate
  • Sinkronisasi Bookmark
  • Tentang: Memori
  • Pintasan Aplikasi
  • Buka kembali Tab

Keunggulan Google Chrome

Keunggulan Google Chrome

Google Chrome memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh para pesaingnya, antara lain:

  • Tampilan

Perusahaan Google menginginkan para pengguna Chrome melupakan pramban yang digunakan dan lebih memfokuskan pada web. Oleh karena itu, Google Chrome memiliki tampilan yang nyaman ketika digunakan dan tidak membingungkan.

  • Fitur – Fitur Menarik

Google memiliki fitur-fitur menarik yang bisa dipakai, misalnya seperti Task Manager, Google Safe Browsing, Google Translate, Mode Handsfree, Mode Incognito, dan masih banyak lagi.

  • Mode Pencarian

Chrome dapat mendeteksi situs yang sedang dicari pengguna dan akan langsung memunculkan beberapa daftar penyedia pencarian bagi pengguna. Karena itu, pencarian pada Chrome bisa terbilang sudah sangat stabil.

  • Manajemen Memori

Chrome memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh web browser yang lain, yaitu kesalahan pada salah satu tab yang dibuka pada Chrome tidak akan membuat seluruh browser ikut mengalami kesalahan.

Baca Juga:  Apa Itu Internet Of Things

Hal tersebut dikarenakan setiap TAB yang diakses pada Chrome akan diproses secara terpisah. (Kekurangan seperti ini sering ditemukan pada web browser lain).

  • Google Search Engine

Chrome terhubung langsung dengan Google Search Engine, hal tersebut akan membuat para penggunanya dapat menggali informasi sebanyak-banyaknya. Dan juga Google Search Engine merupakan yang paling sering digunakan pada Google Chrome.

Kekurangan Google Chrome

Kekurangan Google Chrome

Selain memilki keunggulan yang cukup menarik, di sisi lain Google Chrome juga sedikitnya pasti memiliki kekurangan, antara lain:

  • Ekstensi

Chrome memang sudah dapat diakses dengan baik, namun sayangnya Chrome tidak memiliki ekstensi/plugin/add-on yang bisa ditambahkan untuk meningkatkan kinerja browser.

  • Bahasa

Ketika memilih bahasa yang ada pada Chrome, selalu terdapat beberapa penyimpangan bahasa ketika menggunakannya.

  • Keamanan

Beberapa sumber telah menemuan adanya lubang kecil/bug pada Google Chrome yang menyebabkan kemacetan ketika hendak membuka halaman web.

Ditambah lagi dengan adanya garis bawah Unduhan otomatis pada Chrome yang khawatir bisa disalahgunakan oleh peretas.

  • Privasi

Google Chrome dapat mengetahui apa yang akan dan sudah dicari oleh pengguna. Hal tersebut dikarenakan 2% interpretasi pencarian pengguna lengkap dengan alamat IP-a akan disimpan oleh Google.

Versi – Versi dan Perkembangan Google Chrome

Versi - Versi dan Perkembangan Google Chrome

Sebagai web browser yang saat ini terbilang sukses, pastinya Google sudah melakukan beberapa perkembangan pada Google Chrome yang membuatnya menjadi sangat stabil untuk digunakan hingga sekarang ini.

Berikut ini versi-versi dan perkembangan pada Google Chrome dari tahun ke tahun, antara lain:

  • Versi 0.2 hingga versi 1.0 (Rilis tahun 2008)

Awal rilis Google Chrome yaitu pada tahun 2008 dan kala itu Chrome hanya bisa digunakan pada  sistem operasi Windows.

Namun pada tahun yang sama juga Chrome sudah berhasil mendapatkan versi yang stabil yang bisa digunakan pada beberapa sistem operasi, dan juga mendapatkan beberapa peningkatan kinerja seperti pemblokiran popup, kehandalan plugin, dan lain-lain.

  • Versi 2.0 hingga versi 8.0 (Tahun 2009-2010)

Pada versi dan tahun tersebut Google Chrome mengalami perkembangan lagi seperti adanya tambahan fitur mode layar penuh, tag dukungan audio dan video, ekstensi, dan lain-lain.

  • Versi 9.0 hingga versi 23.0 (Tahun 2011-2012)

DI tahun tersebut Google Chrome mendapatkan perkembangan dengan adanya support HTML 5, pengendalian situs manager, dan lain-lain.

  • Versi 24.0 hingga versi 39.0 (Tahun 2013-2014)

Pada tahun tersebut Google Chrome melakukan perkembangan yang lebih dalam lagi pada sistem operasi Android, seperti Fullscreen video dengan Subtitles, pembaharuan Omnibox, dan lain-lain.

  • Versi 40.0 hingga versi 55.0 (Tahun 2015-2016)

Di tahun tersebut Google Chrome mendapatkan perkembangan yang lebih stabil lagi, yaitu dengan adanya Mode Incognito, mengubah scrollbar, download page, hingga folder untuk semua bookmark.

  • Versi 56.0 hingga versi 71.0 (Tahun 2017-2018)

Di tahun ini Google Chrome melakukan beberapa perubahan dan pembaharuan pada Dekstop Progressive, ekstensi UI (User Interface), dan lain-lain.

  • Versi 72.0 hingga versi 80.0 (Tahun 2019)

Perkembangan Google Chrome pada tahun 2019 adalah dengan adanya dark mode, bahasa baru pada konfigurasi halaman, pengenalan Content picker API, dan lain-lain.

Baca Juga:  Pengertian Mozilla Firefox

Ekstensi Penting Untuk Pengguna Google Chrome

Ekstensi Penting Untuk Pengguna Google Chrome

Kebanyakan pengguna Chrome yang menginstall ekstensi adalah untuk menambah kenyamanan serta produktivitas. Karena pengguna bisa mendapatkan fitur baru pada Chrome dengan menambahkan ekstensi di dalamnya.

Ekstensi penting bagi pengguna Google Chrome adalah sebagai berikut:

  • LastPass

LastPass bisa Anda install secara gratis, dan dengan adanya LastPass Anda dapat menyimpan semua Password yang akan digunakan. Username dan password akan diisi secara otomatis ketika Anda ingin masuk ke dalam sebuah situs.

  • Similarweb

Dengan adanya Similarweb, Anda akan mendapatkan statistik pengetahuan dan estimasi dalam bentuk traffic, dan juga seberapa pupulernya website kompetitor yang Anda gunakan.

  • Momentum

Ekstensi Momentum dapat berfungsi dalam meningkatkan fokus, inspirasi, serta produktivitas yang Anda miliki yaitu dengan cara merancang dashboard pribadi.

Penutup

Nah, jadi itulah sedikit pembahasan tentang pengertian, sejarah, fitur-fitur, kelebihan serta kekurangan yang ada pada Google Chrome yang dapat disampaikan pada artikel kali ini.

Semoga bermanfaat dan sampai berjumpa lagi pada artikel kami selanjutnya.

Originally posted 2022-04-09 17:48:57.