Pengertian Mozilla Firefox

Mengingat perkembangan teknologi yang sekarang ini semakin canggih, membuat internet menjadi salah satu kebutuhan kita sehari-hari yang sangat sulit untuk dipisahkan.

MIsalnya demi memenuhi kebutuhan aktivitas seperti streaming, men-download, mendengarkan musik, mencari hiburan, hingga kebutuhan pekerjaan.

Namun dibutuhkan sebuah web browser yang bisa kita andalkan agar semua hal tersebut dapat terpenuhi dengan mudah dan lancar.

Salah satunya adalah Mozilla Firefox. Mungkin web browser ini sudah tidak asing lagi bagi Anda, salah satu web browser terlaris serta banyak digunakan setelah Google Chrome.

Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih detail lagi mengenai Mozilla Firexof. Oleh karena itu, silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Mozilla Firefox

Pengertian Mozilla Firefox

Mozilla Firefox atau biasa dikenal dengan Firefox, merupakan web browser gratis yang dirilis pada tanggal 23 September 2002 oleh Mozilla Foundation beserta anak perusahaanya.

Sebelumnya Firefox sudah melakukan berapa kali perubahan nama. Seperti saat pertama kali dirilis, web browser ini bernama Phoenix.

Sama seperti web browser lainnya, Firefox memiliki sifat open source serta dapat diakses pada beberapa sistem operasi, seperti Windows, MacOs, Linux, dan lain-lain.

Selain itu, Mozilla Firefox juga memiliki tampilan user interface yang terbilang sederhana dan juga memiliki kecepatan akses informasi yang cukup baik. Oleh karena itu, Mozilla Firefox pernah menjadi salah satu web browser terlaris dan paling banyak digunakan.

Sejarah Mozilla Firefox

Sejarah Mozilla Firefox

Mozilla Firefox ini sendiri memiliki sejarah yang cukup menarik. Bagaimana tidak? pasalnya Mozilla Firefox ini ternyata dikembangkan oleh ratusan sukarelawan. Berikut sejarah lengkapnya.

Mozilla Firefox berhasil diciptakan pertama kali yaitu oleh Blake Ross. Lalu dikembangkan oleh Yayasan Mozilla yang diikuti oleh ratusan sukarelawan di dalamnya.

Baca Juga:  Apa Itu Internet Of Things

Nama awal web browser ini seperti yang sudah dijelaskan di atas yaitu bernama Phoenix dan lalu dikenal dengan sebutan Mozilla Firebird.

Pada tanggal 3 April tahun 2003, perkembangan pada Mozilla Suite menjadi tidak terfokuskan lagi. Hal tersebut dikarenakan Yayasan Mozilla menjadi fokus terhadap perkembangan Firefox dan klien surel Thunderbird.

Dan di tanggal 9 November tahun 2004, sebelum dirilisnya Mozilla Firefox versi 1.0. Mozilla Firefox sukses mendapatkan sambutan yang hangat dan sangat baik dari beberapa pihak media.

Dan yang lebih hebatnya lagi, ketika Mozilla Firefox versi 1.0 pertama kali dirilis ia langsung mendapatkan 5 juta pendownload hanya dalam kurun waktu 12 hari.

Lalu pada tanggal 24 November 2004 iapun berhasil meraih 6 juta download. Hal tersebut dikarenakan besarnya antusias para pegguna web browser terhadap Mozilla Firefox.

Yayasan Mozilla memiliki tujuan untuk mengembangkan web browser yang kecil dan sederhana, namun memiliki kecepatan akses yang baik. Dan itu juga merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Mozilla Firefox dibandingkan dengan yang lainnya.

Mozilla Firefox versi 7.0 berhasil diperbaharui pada tanggal 22 Oktober 2019. Versi ini membuat Mozilla Firefox menjadi memiliki kestabilan yang lebih baik lagi. Misalnya dapat diakses pada beberapa sistem operasi seperti Windows, Free BSD, dan lain-lain.

Kelebihan Mozilla Firefox

Kelebihan Mozilla Firefox

Mozilla Firefox memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh web browser lainnya. Dan mungkin selama menggunakan Mozilla Firefox ini, kita sudah merasakan kelebihannya secara tidak langsung. Akan tetapi, alangkah lebih baik  lagi jika kita mengetahuinya secara langsung.

Berikut beberapa kelebihan pada Mozilla Firefox :

  • Memiliki Privacy System atau keamanan web browser yang lebih baik dan terjamin dibanding yang lainnya
  • Memiliki berbagai macam Add-On yang akan terus berkembang karena memiliki sifat open source
  • Ukuran memori relatif kecil sehingga dapat mempercepat aksesbilitasnya
  • Memiliki konfigurasi web browser yang lengkap yang dapat mendukung kinerja Mozilla Firefox.
  • Performa yang stabil, baik dari segi internet maupun intranet
  • Memiliki tampilan user interface yang sederhana namun tidak monoton
  • Dan juga memiliki popularitas yang cukup baik
Baca Juga:  Pengertian Google Chrome

Fitur-fitur Mozilla Firefox

Fitur-fitur Mozilla Firefox

Dalam memikat pengguna atau pengunjung setiap web browser pasti menyediakan fitur-fitur menarik yang dapat mereka gunakan.

Hal tersebut juga berlaku pada Mozilla Firefox yang memiliki beberapa fitur menarik seperti web browser lainnya, namun setiap web browser pastinya memiliki fitur menarik yang berbeda-beda.

Dan di bawah ini adalah beberapa fitur menarik yang ada pada Mozilla Firefox :

  • Multi tab
  • Bookmark untuk menyimpan situs diinginkan
  • Dapat dipakai dalam mendownload sesuatu yang diinginkan
  • Dapat mengecek ejaan kalimat
  • Dapat melakukan Private Browsing (Mencari informasi secara pribadi tanpa ada yang mengetahui)
  • Pop-up yang terinstall pada Mozilla Firefox dapat diblokir

Perkembangan Pada Mozilla Firefox

Perkembangan Pada Mozilla Firefox

Selama dalam perkembangan yang terjadi pada Mozilla Firefox, ia berhasil mendapatkan banyak kepercayaan sebagai web browser selain Internet Explorer.

Dikarenakan pada kala itu Internet Explorer mendapatkan tuduhan bahwa ia telah menggunakan komponen yang berbahaya yaitu ActiveX.

Mengapa begitu? Karena ActiveX merupakan komponen yang sangat berbahaya, serta memiliki kelemahan terhadap pemasangan Spyware dan Malware. Sedangkan Internet Explorer, ia tidak memiliki fitur-fitur dan juga sistem keamanan seperti yang dimiliki oleh Mozila Firefox.

Jadi setelah memahami tentang Mozilla Firefox, baik itu mengenai pengertian, kelebihan, sejarah, dan juga fitur-fiturnya. Tentu saja akan menambah pengetahuan serta antusias kita terhadap Mozilla Firefox.

Bagaimana tidak? Selain memiliki kecepatan akses dan juga keamanan yang terjamin. Mozilla Firefox juga memiliki berbagai macam Add-On yang mampu menambah kinerja pada web agar lebih optimal lagi.

Oleh karena itu, Mozilla Firefox dapat memiliki nilai popularitas yang sangat baik.

Pentingnya Add-On pada Mozilla Firefox

Pentingnya Add-On pada Mozilla Firefox

Salah satu fungsi Add-On adalah dapat menambah atau menggunakan fitur baru yang tidak ada pada Mozilla Firefox. Di bawah ini merupakan Add-On Mozilla Firefox yang penting untuk diketahui :

  • AdBlock Plus

Fitur ini bisa digunakan untuk memblokir semua iklan yang ada pada website yang sedang Anda kunjungi. Tentu hal tersebut akan membuat Anda lebih cepat dan nyaman ketika mengakses sebuah website.

  • Social Fixer

Jika Anda termasuk orang yang suka/sering mencari informasi, maka fitur yang satu ini akan sangat cocok Anda gunakan. Dengan fitur ini Anda bisa menghilangkan topik atau informasi yang tidak diinginkan.

Baca Juga:  Pengertian Google Chrome

Misalnya Anda tidak menyukai atau tidak menginginkan informasi atau topik mengenai kesehatan, maka Anda dapat menghilangkannya menggunakan fitur Social Fixer tersebut.

  • Scrap Book

Fitur Add-On yang satu ini bisa digunakan untuk menyimpan situs website yang diinginkan, agar nantinya bisa dibaca lagi secara offline. Hal tersebut juga dapat berguna dalam menghemat pengeluaran data internet yang dimiliki.

  • Gmail Notifier

Dengan fitur Add-On Gmail Notifier ini, Mozilla Firefox akan memberikan ruang yang cukup untuk menampilkan email tanpa harus membuka situs Gmail terlebih dahulu. Dengan begitu Anda dapat melihat email secara langsung.

  • Windscribe

Fitur Add-On Windscribe ini memiliki fungsi yang sama seperti VPN (Virtual Private Network). Jadi dengan Windsrcibe ini Anda dapat mengakses situs website yang sebelumnya terblokir.

Selain itu, fitur Windscribe ini juga memiliki fungsi lainnya yaitu dapat memblokir semua iklan seperti halnya AdBlock.

Berarti dengan fitur Add-On yang satu ini, Anda dapat mengakses sebuah situs website yang terblokir sekaligus menghilangkan iklan yang mengganggu didalam website tersebut.

Penutup

Nah, Jadi itulah pembahasan mengenai pengertian Mozilla Firefox. Semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan Anda mengenai web browser tersebut.

Sekian dan terimakasih.

Originally posted 2022-04-12 14:33:27.