Pengertian Animasi Stop Motion Manfaat dan Jenis-jenisnya

Apa itu animasi stop motion? Apakah animasi stop motion terdengar asing bagi Anda?

Animasi stop motion ini tidak hanya ditampilkan pada film-film, namun juga pada berbagai upaya pemasaran yang besar dikarenakan gaya niche yang dimilikinya.

Meskipun animasi stop motion ini termasuk jenis desain lama atau terbilang kuno. Namun animasi ini kembali diperbincangkan dan mulai kembali nge-tren pada kalangan para animator.

Bahkan beberapa sumber mengatakan, bahwa stop motion merupakan salah sumber conversion terbesar dalam dunia marketing pada tahun 2020 silam.

Nah, lalu apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan animasi stop motion itu? Dan apa saja jenis-jenis dan manfaat animasi stop motion itu sendiri? Silahkan Anda simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Animasi Stop Motion

Dilansir dari laman Dragon Flame, “stop motion adalah animasi yang diambil dalam satu frame individual, dengan objek fisik pada shot yang dipindahkan antar-frame”.

Ketika Anda memutar ulang rekaman dengan kecepatan tinggi, maka Anda dapat melihat gambar yang tertangkap oleh rekaman tersebut akan menciptakan sebuah ilusi yang seakan-akan gambar tersebut sedang bergerak.

Animasi stop motion diambil menggunakan cara yang sama seperti pengambilan pada gambar 2D. Namun perbedaannya bahwa stop motion hanya menggunakan objek fisik dan bukan sebuah gambar.

Proses dasar motion graphic animasi ini diambil berdasarkan pengambilan gambar objek, lalu menggerakkannya sedikit, dan setelah itu mengambil gambar pada frame lain.

Lalu ketika Anda memutar ulang gambar secara berurutan, maka objek yang tertangkap harus tampak atau terlihat bergerak. Jika tidak begitu, maka Anda harus kembali mengulang mengambil gambar dari awal lagi.

Oleh karena itu, stop motion ini sering sekali disebut sebagai bentuk animasi yang paling melelahkan dibandingkan yang lainnya, dikarenakan proses pembuatannya yang sangat membutuhkan tenaga yang cukup besar.

Namun meskipun begitu, hasil yang akan diperoleh dari stop motion ini memiliki pesona unik yang menjadi ciri khas, serta memiliki nilai estetikanya sendiri.

Jenis – Jenis Animasi Stop Motion

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, animasi stop motion kini kembali menjadi tren setelah lama menghilang.

Oleh karena itu, saat ini banyak animator maupun conten creator yang mulai berkreasi dalam membuat berbagai jenis stop motion yang baru.

Baca Juga:  Twibbon Tahun Baru Lengkap dengan Ucapan Tahun Baru

Dan materi yang digunakan pada gambar objek animasi hanyalah sebuah pembeda dari berbagai jenis stop motion lainnya.

Lalu, kira kira apa saja jenis-jenis animasi stop motion yang mungkin akan semakin populer? Berikut pembahasannya.

Object Animation

Jenis stop motion pertama yang sedang populer belakangan ini adalah object animation.

Jenis animasi ini sering digunakan pada bahan tutorial, iklan, dan juga video yang hasilnya untuk kebutuhan media pemasaran. Object animation ini sendiri sering dikolaborasikan dengan jenis teknik animasi lainnya.

Salah satu kesulitan dalam pembuatan object animation ini adalah mengontrol gerakannya, misalnya seperti menyimulasikan objek yang terbang ataupun memantul.

Pixilation

Jenis animasi stop motion yang satu ini dapat dikombinasikan dengan janis animasi yang lainnya, seperti objeck animation. Bahkan, pixilation juga dapat digabungkan dengan video time lapse.

Pixilation merupakan jenis yang menganimasikan banyak gerakan actor dalam satu frame secara individual.

Oleh karena itu, animasi ini akan sangat efektif dibuat berdasarkan dengan kerja sama tim.

Cutout

Jenis animasi cutout dikategorikan dalam pengambilan gambar berdasarkan kertas yang sudah dipotong-potong.

Mungkin, memotong kertas lalu menganimasikannya terdengar seperti bukanlah cara untuk membuat film.

Akan tetapi, justru sebenarnya cutout ini merupakan jenis stop motion yang sering sekali digunakan baik itu oleh pemula maupun pegiat film animasi Indie.

Clay animation

Jenis stop motion yang terakhir ada clay animation. Jenis stop motion yang satu ini sangat berguna dalam pembuatan film kartun dan juga sering digunakan dalam pembuatan acara tv dan video musik.

Clay animation ini melibatkan bahan yang terbuat dari tanah liat dalam proses pengambilan gambar patung atau objek animasinya.

Namun, tidak selalu terpaku pada bahan tanah liat saja. Bahan lainnya pun masih bisa digunakan.

Bahkan, animator kerap kali membuat boneka dari bahan plastisin atau dari bahan yang tidak jauh berbeda.

Manfaat Animasi Stop Motion

Animasi stop motion sudah menjadi salah satu cara yang brilian atau terbilang sukses dalam menghasilkan video-video demi tercapainya sebuah tujuan, mulai dari hiburan bahkan hingga periklanan atau pemasaran.

Dengan adanya jenis-jenis stop motion seperti teknik peningkatan gambar yang unik serta menggunakan objek real-time, video atau gambar yang dihasilkan terlihat lebih realistis dan juga berseni.

Lalu, apa saja manfaat lainnya yang akan Anda dapatkan jika nanti Anda menggunakan animasi stop motion? Berikut pemaparannya.

  • Memiliki persiapan property serta perencanaan konsep yang matang.
  • Memiliki kreativitas serta inovasi bagi para animator.
  • Tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak biaya.
  • Pesan di dalam video yang disampaikan akan tersasa lebih relevan.
Baca Juga:  Cara Hapus Akun Twitter Secara Permanen atau Sementara Mudah

Penutup

Nah, jadi itulah penjelasan mengenai animasi stop motion mulai dari pengertian, jenis-jenis hingga manfaatnya.

Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat bagi Anda semua.

Originally posted 2022-05-18 21:12:00.