Cukup Pakai HP, Cara Membuat Channel YouTube untuk Pemula

Cara membuat channel YouTube tampaknya masih banyak dicari. Meskipun saat ini banyak platform yang juga booming, seperti TikTok atau Instagram. Kemudahan, banyaknya fitur, serta peluang income menjadi alasan beberapa orang tetap bertahan.

Penghasilan konten kreator dengan jutaan subcriber memang sangat menggiurkan. Mengundang banyak pengguna baru untuk turut berkecimpung di dalamnya. Apalagi tidak ada batasan latar belakang tertentu. Apakah Anda juga tertarik mencobanya?

Cara Membuat Channel YouTube, Jangan Sampai Salah

Cara Membuat Channel YouTube, Jangan Sampai Salah

Anda tidak perlu menunggu memiliki perangkat mahal untuk bisa membuat channel YouTube. Asalkan gigih dan kreatif, Anda berkesempatan menjadi konten kreator berpenghasilan melimpah hanya menggunakan HP. Berikut langkah pertamanya, yaitu:

  1. Buka aplikasi YouTube. Setiap smartphone biasanya telah dibekali aplikasi ini, jika tidak Anda tinggal menndownloadnya melalui Google Playstore.
  2. Pilih menu akun profil yang terletak di pojok kanan atas.
  3. Setelah muncul halaman login, Anda dapat memasukkan alamat gmail lama maupun membuat yang baru.
  4. Masuk ke YouTube dengan menggunakan email. Setelah berhasil, ketuk kembali profil akun untuk melanjutkan cara membuat channel YouTube.
  5. Pilih menu Your Channel untuk membuat nama akun Anda. Buat yang mudah diingat dan semenarik mungkin, misal mencerminkan isi konten Anda nantinya.
  6. Klik tombol create channel.
  7. Lengkapi foto profil, tambahkan deskripsi channel, serta informasi penting lainnya agar terlihat lebih profesional.

Kunci keberhasilan cara membuat channel YouTube adalah serius tapi santai. Anda perlu membuat channel dengan informasi yang jelas dan benar, tekun membuat konten, dan mengusahakannya. Jalani semua dengan perasaan senang dan nikmati prosesnya.

Baca Juga:  Pengertian Google Chrome

Ide Konten Channel YouTube untuk Pemula

Ide Konten Channel YouTube untuk Pemula

Anda sudah memiliki akun dari cara membuat channel YouTube di atas? Ibarat rumah, sekarang saatnya mulai memilih interior serta perabotan yang akan dimasukkan ke dalamnya. Berikut beberapa ide konten untuk pemula yang bisa Anda gunakan.

  1. Konten Review Produk

Sebagaian besar orang membutuhkan referensi sebelum mencoba suatu produk. Ambil kesempatan ini untuk membangun channel Anda. Pastikan produk tersebut Anda kuasai dan harganya sesuai budget, misal kosmetik, peralatan rumah tangga atau lainnya.

Semakin detail penjelasan yang Anda berikan biasanya akan menarik penonton. Usahakan jangan berbohong sedikitpun dalam mereview, agar subcriber Anda tetap percaya pada konten selanjutnya.

  1. Konten Tutorial

Anda bisa membuat kue, keterampilan tangan, atau bahkan memperbaiki elektronik? Manfaatkan kemampuan tersebut untuk membuat konten yang menarik. Pastikan langkahnya mudah diikuti, sehingga penonton merekomendasikan videoa Anda.

  1. Konten Explorer

Ide selanjutnya yang bisa Anda pakai setelah berhasil menerapkan cara membuat channel YouTube adalah eksplorasi tempat-tempat unik dan bersejarah. Cocok bagi Anda yang menyukai travelling. Liburan tapi menghasilkan uang cukup menarik, bukan?

Sebelum membuat video, pastikan Anda mengantongi informasi tempat tersebut secara lengkap. Silahkan bertanya kepada tour guide atau penjaganya. Paling penting, hindari mengeluarkan pernyataan tidak baik tentang tempat-tempat bersejarah.

  1. Konten Mini Web Series

Series menjadi konten yang selalu ramai penonton. Apabila Anda memiliki rekan yang mumpuni dalam pembuatan film, ajak mereka untuk membuatnya. Mengingat tim Anda masih pemula, sebaiknya angkat tema-tema viral agar tidak sepi penonton.

Terpenting web series tersebut memiliki nilai pembelajaran dan tidak melanggar aturan. Produksi dengan sepenuh hati dan penuh kecintaan. Lebih baik lagi jika Anda mengusahakan konsep dan peralatan terbaik agar hasilnya memuaskan.

  1. Konten Podcast

Siapa tidak kenal channel podcast Close The Door milik Deddy Corbuzier? Setiap video yang tayang mendulang jutaan views. Anda bisa menjadikannya sebagai referensi, kemudian bangun konsep sesuai ciri khas pribadi.

Baca Juga:  Cara Kompres File PDF Tanpa Aplikasi yang Cepat dan Mudah

Memproduksi podcast memang tidak semudah cara membuat channel YouTube. Namun, setiap channel pasti memiliki segmen tertentu. Sehingga Anda tidak harus menunggu akses terhadap kalangan atas.

Ide konten YouTube tidak sebatas 5 poin di atas. Anda bebas berekspresi dengan tetap mematuhi peraturan selama menggunakan platform ini. Apapun yang dipilih, pastikan konten tersebut Anda kuasai dengan baik sehingga hasilnya memuaskan.

Langkah Upload Video ke Channel YouTube

Langkah Upload Video ke Channel YouTube

Cara membuat channel YouTube sekaligus isinya telah Anda lewati, apa tahap berikutnya? Menguplod video secara publik tentu wajib dilakukan agar channel Anda dikenal banyak orang. Di bawah ini merupakan panduannya untuk pemula.

  1. Masuk ke channel YouTube Anda.
  2. Pilih ikon + yang terletak di bagian bawah tengah.
  3. Klik tombol upload video, kemudian cari file yang telah Anda persiapkan.
  4. Anda akan diarahkan menuju jendele editing. Anda boleh melewatinya.
  5. Tambahkan judul menarik serta deskripsi yang jelas, sebagaimana cara membuat channel YouTube.
  6. Anda bisa mengelompokkannya dalam playlist mapun tidak, kemudian tekan tombol next.
  7. Tentukan segmen video Anda, seperti anak-anak, terdapat batas usia, atau segala umur.
  8. Akhiri proses dengan mengklik tombol upload yang berada di pojok kanan atas.

Apabila Anda memang berniat menjadi seorang YouTuber, maka jangan pernah membuat video hanya iseng-iseng. Bila perlu gunakan aplikasi tambahan untuk mengedit video atau membuat thumbnail, seperti KineMaster, Canva, dan sebagainya.

Cara Mendapatkan Uang dari Channel YouTube

Cara Mendapatkan Uang dari Channel YouTube

Mengapa mendapatkan uang diletakkan terakhir pada pembahasan cara membuat channel YouTube? Supaya Anda ingat bahwa paling penting adalah prosesnya. Selama Anda membuat konten terbaik, penghasilan akan mengikuti dengan sendirinya.

YouTuber besar seperti Atta Halilintar, Ria Ricis, Raditya Dika, Jess No Limt, tentu tidak instan berada pada posisinya sekarang. Mereka bekerja keras mengerahkan tenaga, pikiran, bahkan biaya untuk membangun channelnya sampai memiliki jutaan subcriber.

Baca Juga:  Aplikasi Edukasi Gratis

Apakah Anda ingin seperti mereka? Langkah selanjutnya adalah lebih dari sebatas cara membuat channel YouTube, yakni mengubahnya menjadi lading penghasilan. Di bawah ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  1. Menjual Produk Pribadi

Memasarkan produk secara online ternyata menjanjikan, termasuk melalui YouTube. Jangkauan calon pembeli yang luas membuat cara ini efektif mendatangkan income. Beragam produk bisa Anda jual, seperti kuliner, fashion, kerajinan, atau lainnya.

Proses transaksi memang tidak terjadi secara tatap muka, namun Anda wajib menjaga kualitas barang. Review positif yang diberikan pada kolom komentar dapat meningkatkan traffic penjualan sekaligus jumlah subcriber.

  1. Menjadi Endorser atau Influencer

Anda tidak memiliki produk untuk memperoleh penghasilan? Tenang saja. Banyaknya jumlah subcriber dapat menjadikan bekal sebagai seorang endorser. Anda tinggal mencari brand yang mau mensponsori video-video yang dibuat.

Sebagai timbal baliknya, Anda tentu perlu mempromosikan produk mereka. Selain itu, patuhi ketentuan YouTube untuk memberikan keterangan mengandung promosi berbayar saat mengunggahnya.

Semakin baik Anda mengemas produk endorsement dalam video, maka jumlah follower yang terpengaruh akan lebih banyak. Hasilnya, perusahaan semakin mempercayakan marketingnya kepada Anda.

  1. Mengikuti Program Affiliasi

Hampir sama dengan cara kerja sebagai influencer, yakni mengulas suatu produk. Namun, penghasilan sebagai affiliator tergantung banyaknya orang yang terhubung melalui link akun Anda.

Program affiliasi sekarang sedang menjadi trend di kalangan para YouTuber. Salah satu yang membuka kerjasama jenis ini adalah perusahaan e-commerce serta jasa keuangan.

Siapapun berhak menjadi konten kreator berpenghasilan. Tidak peduli warga negara, agama, jenis kelamin, maupun pendidikan. Syaratnya kesungguhan dan kepatuhan terhadap peraturan. Maka dari itu, jangan sia-siakan cara membuat channel YouTube.