Cara Menyatukan File PDF via Android dan Desktop

Cara Menyatukan File PDF via Android dan Desktop- Baik melalui android atau desktop, cara menyatukan file PDF sebenarnya sangat mudah. Biasanya, kinerja satu ini dilakukan dengan tujuan meringkas pekerjaan. Selain itu, dokumen yang asal mulanya tercecer, bisa dengan mudah dirapikan jika dijadikan satu.

File PDF biasanya dipakai untuk beberapa keperluan. Mulai dari laporan keuangan, contoh soal, hingga memo rapat. Untuk menyatukan file tersebut, beberapa jenis caranya bisa Anda coba, seperti di bawah ini.

Cara Menyatukan File PDF via Aplikasi Android

Sebenarnya ada beberapa jenis aplikasi android untuk menggabungkan file PDF. Rata-rata, aplikasi yang tersedia memiliki mekanisme kinerja hampir mirip. Contoh cara menyatukan file PDF via android berikut, memakai PDF Maker, Viewer, and Converter. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Unduh dan Buka Aplikasi

Pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi yang disebutkan di atas, atau jenis lainnya asalkan cocok untuk android. Selesai diunduh, langsung buka aplikasi tersebut. Masuk ke menu Tools.

Jika baru pertama memakai aplikasi ini, pastikan konfirmasi izin aksesnya terhadap seluruh dokumen di ponsel. Jika Anda adalah pengguna lawas, biasanya tidak perlu konfirmasi izin akses.

Menggabungkan Dokumen

Izin akses sudah dilalui, tinggal menggabungkan dokumen. Untuk menyatukannya, cukup klik opsi Merge PDF. Setelah klik pilihan tersebut, aplikasi akan membawa ke tahapan berikut:

  • Halaman penggabungan dokumen akan muncul, tinggal klik Select File, pilih dokumen yang diinginkan
  • Cari lokasi penyimpanan file yang diinginkan, kemudian konfirmasi dengan klik Choose.

Proses Terakhir

Untuk tahapan terakhir, tinggal klik Merge Files, sehingga berbagai dokumen bisa digabungkan. Tunggu hingga proses tuntas, kemudian beri nama dokumen tersebut. Untuk menyimpannya, langsung saja klik OK.

Cara Menyatukan File PDF via Desktop

Aplikasi penggabung file PDF juga bisa dijumpai pada desktop. Jenisnya ada yang gratis sampai berbayar dengan fasilitas premiumnya. Salah satu contoh aplikasi desktop untuk menggabungkan PDF gratis adalah Merge PDF Free.

Pastikan Sudah Mengunduh Aplikasi

Aplikasi penyunting atau penggabung file PDF sebenarnya sangat banyak jenisnya di desktop. Anda bisa mengunduhnya di sumber resmi, agar keamanan tidak diragukan. Pastikan proses instalasi sudah dilakukan sampai selesai, baru buka software tersebut.

Baca Juga:  Cara Melihat Kata Sandi Facebook Sendiri Via Semua Metode

Menyatukan File via Aplikasi Desktop

Buka aplikasi desktop tersebut. Jika ingin langsung menggabungkan dokumen PDF, langsung saja tekan tombol Add PDF Files. Tunggu sampai semua file terunggah, pastikan tidak ada yang terlewat.

Setelah itu, konfirmasikan pekerjaan dengan klik Merge PDF Files. Tunggu sampai proses benar-benar tuntas untuk penggabungan file. Klik Simpan File jika Anda ingin menyimpan PDF gabungan ke memori internal.

Jika Anda memiliki budget lebih, ingin layanan yang lebih premium dan cepat bisa memakai software berbayar. Salah satu jenis aplikasi berbayar untuk PDF adalah Adobe Acrbat Pro, yang banyak kelebihannya.

Mulai dari kinerja lebih cepat, sampai dapat mengkonversikannya ke format lainnya. Akan tetapi, jika memang dananya terbatas, memakai software gratis tidak ada salahnya.

Cara Menyatukan File PDF via Peramban Daring

Selain memakai aplikasi baik di android atau desktop, menggabungkan file PDF juga bisa memakai peramban daring. Anda bisa mengakses situs penyunting PDF daring untuk menggabungkan beberapa dokumen.

1. Masuk ke Situs

Untuk cara menyatukan file PDF melalui website, Anda tinggal mengakses smallpdf.com. Ada juga beberapa situs lain, bisa dicari langsung di mesin pencarian. Ketikkan alamat situs tersebut, tunggu sampai loading selesai.

2. Gabungkan Dokumen

Muncul tampilan situs, kemudian langsung cari opsi Merge atau Gabung. Setelah itu, lakukan beberapa tahapan lain untuk menyatukan dokumen.

  • Memilih File

Setelah klik merge, kemudian Anda harus memilih dokumen yang ingin disatukan. Caranya dengan klik dan tahan file yang diinginkan. Seret berkas ke jendela warna ungu, atau yang bertuliskan drop PDF here.

  • Konfirmasi Pekerjaan

Setelah itu, baru konfirmasi pekerjaan, dengan klik opsi Gabungkan File. Anda bisa melewati atau melalui ke tahap penyuntingan.

  1. Sunting Berkas

Jika ada urutan yang ingin disunting, cukup klik Sunting Berkas. Kemudian, urutkan sesuai yang diinginkan. Jika merapikan dokumen sudah selesai, konfirmasi terakhir dengan klik Merge PDF.

Anda juga bisa menyimpan dokumen yang telah digabungkan. Caranya cukup tekan pilihan download file yang sudah dibuat.

Berbagai Alasan Mengapa Harus Menyatukan File PDF

Setelah tahu berbagai macam cara menggabungkan file PDF, Anda juga harus paham berbagai manfaatnya. Menyatukan file PDF sebenarnya memiliki beberapa benefit yang akan mempermudah pekerjaan Anda.

  1. File Bisa Dibuka Secara Mudah

File PDF baik itu satuan atau yang sudah digabung, tergolong ramah user. Anda bisa membukanya di mana saja, asalkan ada aplikasi pembacanya. Bahkan untuk dibaca via seluler, PDF bisa dibuka secara lebih mudah.

Baca Juga:  Tutorial Cara Membuat Akun Youtube untuk Membuat Konten

Anda atau penerima file bisa mengakses dokumen dimana saja. Tidak perlu khawatir akan kompatibilitasnya. PDF tentu sudah menjaminnya, sehingga bisa diakses secara mudah.

  1. Mencetak Dokumen Lebih Gampang

Mencetak dokumen dalam bentuk PDF ternyata lebih gampang dibanding jenis file lain. Anda cukup membuka file yang diinginkan, terus klik cetak dan tunggu. Terkadang jika mencetak via Microsoft Word, ada sebagian teks yang tidak sengaja tergeser.

Belum lagi harus mencari file satu per satu, yang tentunya tidak efisien. Jika Anda menggabungkan file PDF, pencetakan bisa ditinggal. Anda dapat melakukan pekerjaan lain, sembari menunggu hasil printing.

  1. Pemakaian Ruang Penyimpanan Efisien

Tahukah Anda jika melakukan cara menyatukan file PDF akan membuat dokumen lebih ringan? Tentu hal ini menjadi kabar gembira, terutama bagi yang device-nya limit kapasitas penyimpanan.

Perlu Anda ketahui juga bahwa dalam dokumen PDF juga biasanya memuat tabel, gambar, dan sejenisnya. Jika terlalu banyak, hanya akan memberatkan ruang penyimpanan. Oleh karena itu, tanpa harus menghapus, satukan saja dokumen tersebut.

  1. Berbagi Data Lebih Mudah

Salah satu jenis dokumen yang formatnya memakai PDF adalah dokumen berisikan data. Entah itu data keuangan, catatan penting, dan sejenisnya. Biasanya, jenis data tersebut akan dibagikan ke banyak orang dalam jumlah banyak.

Kabar gembiranya, menggabungkan file PDF akan membuat berbagi data lebih gampang. Tidak perlu satu per satu dokumen dibagikan, cukup dibuat ringkas dengan digabungkan.

Tentu saja dengan cara kerja tersebut, waktu akan lebih efisien. Anda bisa melakukan pekerjaan lain, sembari menunggu attachment email selesai diunggah.

  1. Manajemen Dokumen yang Lebih Teratur

Dokumen yang tersimpan di komputer atau HP terkadang membingungkan dari segi manajemen penataannya. Kamu dapat menyatukan file PDF untuk membuat manajemen penyimpanan lebih teratur.

Misalnya ada banyak dokumen memorandum internal di penyimpanan desktop Anda. Agar lebih ringkas, menggabungkannya adalah ide cerdas. Anda tidak perlu lagi membuat folder baru, karena cukup mengkonversikannya menjadi satu.

Kesimpulannya, file PDF ternyata bisa digabungkan dengan bantuan aplikasi khusus. Aplikasi yang bisa dipakai tergolong luas jenisnya. Anda bisa memakai cara menyatukan file PDF via android atau desktop, sesuai pilihan.

Originally posted 2022-08-05 16:12:53.