Cara Reset HP Xiaomi, Mudah Pasti Berhasil

Melakukan cara reset HP Xiaomi secara mandiri, sebenarnya sangat mungkin dilakukan. Jika ada masalah pada ponsel kesayangan, Anda sudah tidak perlu datang ke tempat servis.

Tentu saja akan memudahkan, lebih hemat, serta cepat. Akan tetapi, bagi pengguna awam belum sepenuhnya paham cara melakukannya.

Jangan khawatir, simak tutorial cara reset HP Xiaomi lengkapnya di beberapa poin berikut.

Apa Sebenarnya Metode Reset HP Android?

Mungkin Anda sering dengar istilah reset HP android, tetapi belum paham maknanya secara luas. Reset ponsel android merupakan tindakan untuk mengembalikan pengaturan ponsel seperti sedia kala.

Mungkin selama pemakaian, Anda sudah merubah beberapa pengaturan default device. Misalnya saja tema yang dipakai, font, dan sejenisnya. Pengaturan yang akan dikembalikan ini, nantinya seperti HP baru.

Tindakan reset, termasuk cara reset HP Xiaomi, biasanya disarankan jika ponsel mengalami error yang berat. Misalnya mudah lag, sering restart sendiri, dan sebagainya. Selain itu, perangkat yang terindikasi malware juga biasanya akan disarankan dikembalikan ke pengaturan awal.

Sering disamakan padahal aslinya berbeda antara reset dan restart. Dua istilah tersebut merupakan tindakan yang jauh berbeda, tetapi kerap rancu bagi pengguna smartphone awam. Perbedaan mendasar antara dua istilah tersebut pada smartphone, sebenarnya mudah diidentifikasi.

  1. Restart biasanya dilakukan jika device mengalami error, tetapi tidak terlalu parah. Misalnya lag sesaat atau saat aplikasi tidak berjalan
  2. Sebaliknya, reset merupakan tindakan terakhir jika error terus berlanjut. Biasanya langkah ini dipakai untuk masalah ponsel yang sudah berat
  3. Restart ponsel hanya dengan menekan tombol power. Sedangkan reset, harus berhati-hati melakukannya
  4. Restart bisa dilakukan dimana saja, karena pengguna awam juga bisa melakukannya sendiri
  5. Reset harus dipertimbangkan terlebih dahulu, karena jika tidak hati-hati, semua dokumen akan lenyap

Persiapan Penting Sebelum Reset HP Xiaomi

Setelah paham pengertian reset android, sampai perbedaannya dengan restart, saatnya melakukan persiapan. Persiapkan beberapa hal terlebih dahulu, jika ingin memutuskan me-reset smartphone. Termasuk jika hendak melakukan cara reset HP Xiaomi, dengan beberapa metode berikut:

Baca Juga:  Anti Gagal, Ini Dia Cara Aktivasi Windows 7 Mudah dan Cepat

Sebaiknya Backup File Media Terlebih Dahulu

File media harus dipindahkan terlebih dahulu dari ponsel. Tujuannya yang pasti akan tidak hilang permanen pasca Anda melakukan reset HP. Untuk backup file tersebut, cukup pindahkan semua ke laptop.

Anda bisa memakai kabel USB untuk menghubungkan ponsel dengan laptop. Bisa juga memakai beberapa media penyimpanan daring, seperti contohnya:

  • Google Drive
  • Dropbox
  • Mediafire, dan masih banyak lagi

Backup Kontak Telfon

Backup kontak sangat penting dilakukan sebelum mengembalikan ponsel ke pengaturan awal. Biasanya, data berupa kontak telfon jika tidak diselamatkan, akan berujung hilang pasca reset.

Untuk melakukan backup kontak telfon, sebenarnya cukup memindahkan semuanya ke SIM Card. Akan tetapi, cara tersebut dinilai kurang cepat, karena harus melakukannya secara manual. Jika ingin otomatis, dapat memakai AppBackup, dengan beberapa langkah:

  • Pastikan sudah mengunduh aplikasi tersebut, buka aplikasi
  • Tinggal pilih Personal, klik Backup dan tunggu hingga proses tuntas

Backup Chat WhatssApp

Saat HP sudah di-setting ulang, tentu beberapa aplikasi harus diunduh kembali. Salah satunya adalah WhatssApp. Aplikasi pesan tersebut sangat penting, bahkan terkadang memuat berbagai chat yang sayang dihapus.

Sebenarnya Anda tidak perlu khawatir chat WhatssApp akan hilang pasca melakukan cara reset HP Xiaomi. Cukup cadangkan saja pesannya, saat masuk kembali chat tidak akan terhapus.

  • Cara Mencadangkan Pesan WhatssApp

Untuk mencadangkan pesan di aplikasi WhatsApp, langsung buka aplikasi tersebut. Masuk ke bagian pengaturan/setelan. Cari opsi Chatting, lanjutkan dengan klik Cadangkan Chat.

Setelah opsi tersebut Anda klik, tinggal tap Cadangkan. Tunggu sampai proses pencadangan berhasil, baru lakukan reset HP Xiaomi.

Copot Kartu SD Sebelum Tindakan Dilakukan

Tidak melepas kartu SD sebenarnya bukanlah masalah ketika sedang me-reset HP merk Xioami. Data akan baik-baik saja, karena penyimpanannya dilakukan di bagian eksternal. Akan tetapi, tindakan mencopot kartu SD juga tidak ada salahnya dilakukan.

Tujuan utamanya untuk jaga-jaga, dari masalah ter-format secara tidak sengaja. Akan tetapi, jika memang ingin flashing via SD Card, memasangnya harus dilakukan.

Berbagai Metode untuk Melakukan Cara Reset HP Xiaomi

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, reset Hp berarti tindakan mengembalikan ponsel ke pengaturan paling awal. Cara reset HP Xiaomi hadir dengan beberapa macam metode, yang bisa Anda pilih sesuai kondisi ponsel.

Reset Factory

Secara istilah, factory reset berarti mengatur ulang ponsel hingga kembali ke setting bawaan pabrik. Biasanya untuk crash yang tidak tergolong berat, factory reset kerap menjadi solusi.

  • Cara Factory Reset
  • Untuk mengembalikan ke pengaturan pabrik, kamu harus memastikan baterai smartphone penuh
  • Lanjut masuk ke setting menu, dan cari Additional Setting
  • Cari menu backup and reset, kemudian tekan Factory Reset
  • Untuk melakukan konfirmasi terakhir, tinggal klik Reset Phone
  • HP akan reboot otomatis jika proses tuntas
Baca Juga:  Mudah, Ini Dia Cara Bikin Google Form Via Hp dan Laptop

Hard Reset HP Xiaomi

Sebelum melakukan cara reset HP Xiaomi dengan metode ini, Anda harus tahu pengertiannya terlebih dahulu. Hard reset berarti menghapus semua data yang ada di ponsel, termasuk merk Xiaomi. Berbagai data akan hilang, termasuk foto, video, dan berbagai dokumen, secara permanen.

  • Cara Hard Reset HP Xiaomi
  • Jika Anda ingin melakukan cara demikian, pastikan baterai ponsel tidak low, minimal 70%
  • Masuk ke Recovery Xiaomi dengan menekan dan menahan tombol Up Volume dan Power bersama-sama
  • Anda akan masuk ke Mi Recovery, lanjut pilih bahasa
  • Wipe data untuk melakukan hard reset, konfirmasi dengan menekan Yes
  • Tunggu proses sampai tuntas, jangan matikan ponsel saat proses berjalan
  • Jika sudah selesai, lanjut restart ponsel

Reset di Fitur MIUI 12

HP Xiaomi memiliki fitur MIUI dengan berbagai versi. Salah satu versi paling barunya adalah MIUI 12, yang dapat dijadikan sebagai tempat reset. Anda bisa mengatur ulang data seperti akun, foto, kontak, sampai video melalui fitur tersebut.

Cara reset via MIUI 12, langkah pertama, cukup masuk ke menu Setting pada smartphone Xiaomi Anda. Setelah itu, cari About Phone, dan klik Factory Reset. Cari bagian yang hendak diatur ulang, jika ingin semua data dihapus, tinggal klik Erase All Data.

Mengapa Anda Harus Melakukan Reset HP Xiaomi?

Setelah membahas berbagai cara reset HP Xiaomi, tentu akan muncul pertanyaan. Mengapa harus repot-repot mengatur ulang dan pada akhirnya data akan hilang? Jawabannya tidak lepas dari manfaat yang akan diambil pasca reset ponsel.

Menumpas Malware

Malware yang ada di smartphone kemungkinan besar bisa mencuri berbagai informasi pribadi. Bentuknya bisa menyelinap sebagai data di memori internal. Melakukan reset ponsel, otomatis akan menghapus data tersebut, malware tentu akan ikut lenyap.

Langkah Aman Sebelum Menjual Ponsel

Mungkin ada kalanya Anda ingin menjual smartphone Xiaomi, karena ingin ganti model. Cara reset HP Xiaomi yang akan menghilangkan semua data tentu lebih praktis dilakukan. Bandingkan jika Anda harus repot-repot menghapus data dan pengaturannya satu per satu.

Melindungi dari Hacker

Ada kasus dimana ponsel diretas untuk kepentingan tertentu. Melakukan reset smartphone akan membuat peretas tidak bisa berkutik. Program yang ditanam hacker nantinya turut hilang pasca dikembalikan ke pengaturan pabrik.

Bagaimana, ternyata mudah sekali melakukan reset ponsel Xiaomi. Tinggal pilih cara reset HP Xiaomi yang tepat, sesuai dengan kondisi yang dialami ponsel Anda.

Baca Juga:  OnePlus 9 Pro

Originally posted 2022-08-08 20:21:41.