Tips dan Cara Mengatasi Laptop Lemot Paling Mudah

Sebelum mengetahui praktek cara mengatasi laptop lemot, Anda perlu tahu sebab yang membuat kinerja laptop menjadi menurun. Mulai dari segi software seperti banyaknya aplikasi yang terinstal, terlalu banyak sampah atau cache, bahkan laptop terkena virus.

Selain itu, bisa dilihat dari segi software yang menjadi penyebab laptop lemot dan segi hardware. Apalagi sebagian besar dari Anda pernah mengalami laptop mendadak menjadi sangat lemot.

Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Mudah

Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Mudah

Apabila laptop Anda sudah terlanjur lemot, maka ada beberapa usaha yang dapat dilakukan. Berikut ini sudah beberapa cara mengatasi laptop yang lemot, yaitu:

Uninstall Aplikasi

Anda bisa mengurangi aplikasi yang tidak terlalu diperlukan. Hal ini karena bila terlalu banyak aplikasi maka akan membuat kapasitas penyimpanan Drive C akan penuh dan membuat sistem bekerja lebih lama.

Di Awal Menggunakan Antivirus

Virus juga bisa menjadi salah satu penyebab kenapa laptop menjadi lemot. Anda bisa menggunakan aplikasi antivirus pc sehingga virus di PC untuk cara mengatasi laptop lemot.

Menggunakan Task Manager

Task Manager digunakan untuk memonitor aplikasi mana yang memerlukan RAM banyak. Jadi Anda bisa langsung memberhentikan aplikasi tertentu yang tidak digunakan namun memakan RAM banyak.

Tips Agar Laptop Tidak Lemot

Tips Agar Laptop Tidak Lemot

Selain cara yang ada di atas, ternyata ada beberapa tips yang harus diketahui. Berikut ini sudah ada beberapa tips agar laptop, yaitu:

Membersihkan Desktop

Terlalu banyak aplikasi yang ada di desktop juga bisa menyebabkan pc menjadi lemot. Jadi usahakan juga jangan menjalankan aplikasi yang banyak secara bersamaan.

Menambah Kapasitas RAM

Menambah RAM juga telah terbukti akan membuat laptop semakin cepat. Namun, sebelum itu perhatikan juga spesifikasi dari RAM dan kapasitas maksimal laptop Anda.

Mereset Ulang Windows

Umumnya, semakin lama usia terinstall sebuah Windows maka akan semakin menurun kinerjanya. Oleh karena itu, disarankan agar Anda melakukan reset ulang Windows untuk cara mengatasi laptop lemot.

Baca Juga:  Cara Download Lagu di Google Secara Cepat dan Tepat!

Berikut Beberapa Penyebab Laptop Lemot

Berikut Beberapa Penyebab Laptop Lemot

Terdapat beberapa penyebab yang bisa Anda ketahui untuk mengatasi laptop lemot. Di bawah ini sudah ada beberapa informasinya, yaitu.

Terlalu Banyak Aplikasi yang Terinstall

Penyebab yang pertama, karena banyaknya aplikasi yang terinstal pada laptop. Efek yang biasanya terjadi adalah menyebabkan read/write atau pembacaan serta penulisan data semakin lambat.

Hal ini sebenarnya tidak akan terjadi bila kapasitas laptop hardisk cukup besar, misalkan 1 TB. Namun, akan berbeda lagi jika kapasitas hardisk yang dimiliki hanyalah 320GB atau 500GB.

Bahkan, bisa lebih banyak aplikasi yang diinstall di dalamnya sehingga space hardisk tersisa sangat kecil. Agar bisa mengatasi masalah ini sebaiknya uninstall software yang tidak penting atau sudah tidak digunakan lagi. Untuk cara mengatasi laptop lemot sebagai berikut.

  • Pertama, bisa buka Control Panel dan Uninstall a program. Kemudian, pilih program mana yang tidak penting atau tidak digunakan lagi. Selanjutnya, bisa klik kanan dan pilih Uninstall.
  • Berikutnya, Anda juga harus teliti dalam melakukan uninstall program. Selain itu, juga harus benar-benar tahu aplikasi apa yang kita uninstall.
  • Jangan sampai Anda sampai salah menguninstall driver laptop kita. Hal ini malah akan berakibat laptop berjalan dengan tidak semestinya.

Terlalu Banyak Aplikasi Berjalan

Bagi Anda yang tidak tahu apa itu Startup. Startup adalah program-program yang akan berjalan secara otomatis saat laptop kita dihidupkan. Semakin banyak aplikasi yang berjalan pada startup, maka hal ini bisa menyebabkan semakin beratnya proses laptop apalagi saat pertama kali laptop dihidupkan.

Agar bisa mengatasi permasalahan yang satu ini, Anda bisa menonaktifkan aplikasi yang berjalan di startup yang tidak diperlukan. Berikut ini cara mengatasi laptop lemot, yaitu:

  • Pertama, menekan secara bersamaan tombol Windows + R. Kemudian, Anda bisa mengetik msconfig lalu klik OK.
  • Jika sudah muncul jendela System Configuration maka klik menu Startup. Bagi Anda yang menggunakan Windows 8 dan 10, maka bisa masuk ke Task Manager dengan menggunakan tombol Ctrl+Shift+Esc secara bersamaan.
  • Anda juga bisa klik kanan taskbar lalu pilih Task Manager. Pada saat Task Manager sudah muncul maka bisa klik opsi Startup.
  • Selanjutnya, bisa pilih aplikasi mana yang tidak dibutuhkan. Berikutnya, klik kanan aplikasi tersebut lalu pilih disable.

Aplikasi Berjalan Bersamaan (MultiTask)

Bagi Anda yang mempunyai laptop dengan spesifikasi standar, hal ini berpengaruh pada kinerja laptop. Oleh karena itu, cara mengatasi laptop lemot jangan terlalu memaksa untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Hal ini dilakukan agar kinerja RAM maupun Processor tidak terlalu berat.

Baca Juga:  Aplikasi Desain Terbaik

Penyebab Laptop Lemot yang Jarang Disadari

Penyebab Laptop Lemot yang Jarang Disadari

Selain beberapa penyebab laptop lemot yang ada di atas. Berikut ini sudah ada beberapa penyebab lain yang wajib diketahui.

Malware atau Virus

Virus adalah salah satu file dimana cara kerjanya bisa merusak file lain yang ada pada laptop. Sehingga hal ini yang akan menjadi salah satu penyebab laptop kita menjadi lemot.

Anda juga harus bisa lebih hati-hati saat internetan atau browsing. Sebenarnya, cara mengatasi laptop lemot cukup simpel seperti di bawah ini.

  • Pertama, gunakanlah antivirus yang baik. Tentunya, Anda juga harus lebih rutin untuk mengupdate database dari aplikasi antivirus.
  • Jangan pernah asal download dan instal aplikasi secara sembarangan. Anda juga tidak boleh sembarangan dalam memasukan media penyimpanan eksternal seperti memori, flashdisk, dan lain sebagainya.

Run Aplikasi yang Berat

Sejatinya untuk setiap aplikasi mempunyai minimum spesifikasi tertentu. Oleh karena itu, sebelum menginstall suatu aplikasi terlebih dahulu membaca Minimum Required Specifications dari aplikasi yang akan dijalankan.

Jangan terlalu memaksakan untuk menjalankan aplikasi. Apalagi dengan minimum required spec yang tidak sesuai atau diatas dari spesifikasi laptop kita.

Banyak File Sampah

Cache atau dikenal sebagai Temporary File merupakan file sementara yang dibuat dengan tujuan tertentu. Banyaknya cache ini bisa menjadi salah satu penyebab lemotnya laptop. Untuk cara mengatasi laptop lemot ini bisa gunakan cara di bawah ini.

  • Pertama-tama, gunakanlah Aplikasi seperti CCleaner atau bisa menggunakan aplikasi bawaan windows seperti Disk CleanUp. Kemudian, jalankan aplikasi Cleaner secara berkala.
  • Apalagi untuk Anda yang sering terhubung dengan internet. Hal ini tentunya bisa mengakibatkan banyaknya cache pada laptop Anda.

Hardisk Jarang Defrag

Umumnya, data-data yang berantakan lama kelamaan akan menyebabkan laptop menjadi lambat. Cara mengatasi laptop lemot, hanya perlu dengan Defragmenting.

Baik dengan menggunakan aplikasi bawaan atau defrag lain sama seperti Smart Defrag. Defragment sendiri termasuk salah satu aktivitas dimana data-data yang berantakan dalam hardisk akan ditata kembali.

Ruang Kosong Hardisk yang Sedikit

Hardisk yang terlalu penuh tentunya bisa menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Hal ini karena Hardisk memerlukan ruang yang cukup untuk melakukan pembacaan data.

RAM Terlalu Kecil

RAM menjadi salah satu komponen yang memiliki tugas untuk menjadi lalulintas aplikasi yang dijalankan. Oleh karena itu, semakin besar atau banyak aplikasi yang dijalankan hal ini berpengaruh dengan kinerja RAM tersebut.

  • Solusi
Baca Juga:  Cara Screenshot di Laptop

Anda bisa langsung melakukan upgrade atau menambah RAM pada slot yang tersedia. Agar RAM yang dimiliki semakin besar.

Processor Terlalu Panas

Apabila laptop terlalu panas maka sudah bisa dipastikan kinerja laptop tersebut juga akan menurun. cara mengatasi laptop yang lemot yaitu:

  • Pertama, bisa gunakan Cooling Pad atau kipas tambahan.
  • Kemudian, ganti thermal paste secara rutin pada processor dan VGA agar suhu laptop tetap stabil.

Oleh karena itu, rawatlah laptop dengan baik-baiknya. Beberapa cara mengatasi laptop lemot bisa Anda lakukan dengan mudah.

Originally posted 2022-08-09 10:32:15.