logo design brand designer sketch graphic drawing creative creativity draw studying work tablet concept - stock image

Cara Membuat Logo Cepat dan Praktis, Wajib Tahu!

Cara membuat logo saat ini menjadi salah satu hal penting untuk memperkenalkan bisnis atau perusahaan secara cepat agar lebih mudah diingat. Dalam membuat logo tidak harus mahal, karena bisa menggunakan aplikasi pembuat logo di smartphone.

Namun meskipun terlihat sederhana, namun nyatanya membuat logo tidaklah sesederhana itu. Anda hanya perlu meluangkan waktu untuk membuat logo agar brand yang dimiliki berkesan di mata orang lain.

Mengenal Cara Membuat Logo Cepat

Logo merupakan salah satu gambar yang mewakili arti dari produk, bisnis, perusahaan sampai organisasi. Logo saat ini menjadi komponen yang paling penting untuk menjelaskan identitas produk dan bisa menjadi representasi dari produk tersebut.

Logo sangat berguna sekali sebagai ikon yang mewakili nama produk agar lebih mudah diingat oleh masyarakat. Misalnya saja, ketika Anda melihat sebuah gambar sendok dan garpu, maka bisa mengenal logo sebagai ikon dari rumah makan.

Dikarenakan fungsinya yang penting, cara membuat logo dikenal memerlukan biaya yang besar. Terutama bila Anda mempercayakan pembuatan logo kepada perusahaan agensi besar.

Terdapat cara lain untuk membuat logo dengan biaya lebih rendah, misalnya saja seperti menyewa pekerja lepas, membuat kontes pembuatan logo, bahkan membuat logo sendiri dengan aplikasi.

Jika membuat logo menggunakan aplikasi pembuat logo ada beberapa keuntungan. Berikut ini sudah ada beberapa keuntungan yang didapatkan jika menggunakan aplikasi logo.

  1. Lebih mudah digunakan karena aplikasi handphone ini biasanya mempunyai tampilan yang sederhana. Sehingga akan memudahkan pengguna untuk mengerti cara membuat logo dengan cepat.
  2. Lebih nyaman digunakan kapan saja karena aplikasi pembuat logo tersebut sudah tersedia di handphone. Jadi Anda dapat langsung mengaksesnya dari manapun, bahkan dalam perjalanan.

Aplikasi pembuat logo ini sudah menyediakan berbagai macam template desain yang modern. Jadi meski Anda bukan desainer, maka dapat membuat logo bagus dengan mudah.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Logo

Di samping memiliki kemudahan, ada berbagai macam hal yang harus Anda perhatikan dalam cara membuat logo. Berikut ini sudah ada beberapa penjelasannya.

  1. Format Gambar
Baca Juga:  Cara Cek No HP All Operator Smartfren, Telkomsel, Tri

Jika Anda sudah berhasil membuat logo dan akan mengunduhnya, maka perlu memperhatikan format gambar yang ingin diunduh. Biasanya, dua format yang paling umum tersedia adalah JPEG dan PNG.

  1. Biaya Akses Aplikasi Pembuat Logo

Meskipun sudah tersedia aplikasi pembuat logo gratis, tentu ada kekurangan ketika menggunakannya secara gratis ketimbang menggunakannya secara berbayar. Oleh karena itu, Anda harus bisa memilih cara yang gratis.

Rekomendasi Aplikasi Pembuat Logo Gratis

Saat ini aplikasi pembuat logo memang banyak sekali digunakan. Hal ini karena menyediakan berbagai macam pilihan template logo. Berikut ini sudah ada beberapa rekomendasi aplikasi cara membuat logo.

Canva

Canva menjadi salah satu aplikasi desain paling favorit karena sudah menyediakan beberapa templates untuk kebutuhan, termasuk sebagai aplikasi pembuat logo. Canva juga sudah menyediakan kemudahan editing sehingga menjadi aplikasi yang sangat nyaman digunakan.

  • Logo Bervariasi

Anda bisa langsung memilih berbagai logo dari template yang tersedia berdasarkan tema seperti makanan, olahraga, pendidikan, fashion, dan lainnya. Selain itu, juga ada jutaan ikon, gambar, stiker, dan vektor untuk bisa digunakan.

  • Template Gratis

Template ini sudah tersedia gratis, namun Anda juga dapat langsung mengupgrade ke paket Canva Pro untuk akses lebih banyak lagi. Selain bisa melakukan akses lebih banyak template, Anda juga bisa langsung install hasil logo dalam format PNG.

Bahkan, juga bisa dengan latar belakang transparan. Selain versi aplikasi digunakan untuk Android dan iOS, Canva juga dapat langsung diakses dari komputer melalui website utamanya.

Logo Maker

Aplikasi dari pembuat logo untuk Android, sudah diciptakan oleh Iris Studios. Hal ini memang sangat disukai para penggunanya karena mudah digunakan dan banyak sekali menyediakan warna, templates, font, latar belakang, dan lainnya.

Terdapat berbagai macam koleksi Graphic Elements, Shapes,Art (Stiker), Backgrounds & Textures untuk membuat logo dalam waktu singkat. Selain itu, juga tersedia alat editing foto dan editing teks profesional seperti Flip, Curve, Font, Color, Hue, Rotate, 3D Rotate, Resize, dan lainnya.

Logo Maker Plus

Aplikasi pembuat logo yang terbuat Logopit ini mempunyai ribuan elemen grafis seperti opsi penyuntingan. Misalnya saja, untuk mengubah warna ikon, menambahkan tekstur, dan lainnya.

Anda dapat langsung menambahkan elemen seperti teks, bentuk, kustom warna, serta latar belakang. Bahkan, para penggunanya senang menggunakan aplikasi ini. Sementara itu, pengguna pemula bisa merasa sangat terbantu dalam membuat logo aplikasi ini.

Baca Juga:  Cara Memotong Video di Komputer dan Smartphone

Beberapa Aplikasi Logo yang Berbayar

Biasanya, logo yang bagus memiliki visual yang sederhana dan mudah diingat. Bahkan saat ini, membuat logo pun tidak sulit lagi, bahkan bisa menggunakan handphone sebagai aplikasi pembuat logo. Berikut ini sudah ada beberapa aplikasi logo gratis.

Logo Generator & Logo Maker

Cara membuat logo ini sudah terbuat Light Creative Lab ini, bahkan dilengkapi dengan 2000 kustom logo templates. Sementara itu, tools profesional untuk editing dan mewarnai, 100+ fonts, sampai bantuan layer saat editing.

Pembuat Logo

Cara membuat logo ini bisa menerima ulasan yang bagus dari penggunanya. Bahkan, juga sudah menyediakan lebih dari 7000 templates, 5000+ ikon logo 40+ kategori logo, dan berbagai pilihan font lainnya.

Untuk paket gratisnya, Anda hanya dapat memilih beberapa template. Jadi Anda hanya dapat mengunduh dalam format JPEG dengan watermark. Namun, Anda dapat langsung tingkatkan ke paket pro untuk akses lebih leluasa.

Logo Maker Shop: Creator

Aplikasi ini merupakan buatan PIXO Incorporation yang menawarkan 1000+ template logo, 5000+ sumber desain seperti simbol, font, bentuk, ikon dan latar belakang.

Sementara itu, juga sudah tersedia fitur kebebasan editing, fitur auto-save, undo/redo, dan hasil logo dengan resolusi tinggi. Jadi para pengguna gratis hanya mengetahui cara membuat logo dasar.

Sementara itu, untuk hasil unduhannya bisa dalam format JPEG dengan background. Jadi Anda dapat membeli paket pro untuk mengakses lebih banyak pilihan fitur.

LogoMakr

Saat ingin mengunjungi LogoMakr, maka akan disajikan langsung dengan halaman pengeditan. Bahkan, situs pembuat logo online ini mempunyai banyak tool dasar yang mudah digunakan bagi pemula.

Anda juga bisa langsung mengetikkan keyword atau kata kunci logo pada kolom pencarian. Hal ini dilakukan agar lebih mudah menemukan logo yang kamu sukai.

Jadi Anda tinggal cara membuat logo dengan mengkombinasikan teks, bentuk, dan warna. Apabila sudah, maka bisa mengklik ikon Save yang terdapat di kanan atas.

Dalam resolusi ini, untuk memperoleh resolusi tinggi, maka harus membayar seharga 19 USD. Dimana Anda juga akan memperoleh file vektor dalam format PDF dan SVG.

Free Logo Design

Free Logo Design ini mempunyai lebih dari 1000 template dan sangat mudah digunakan. Berikut ini sudah ada beberapa Cara membuat logo.

  • Pertama, Anda bisa langsung membuat nama perusahaan atau bisnis dan klik Get Started. Kemudian, Anda akan diminta untuk memilih desain logo.
  • Selanjutnya, edit desain logo, dengan cara menambahkan ikon, teks, ikon, bahkan mengkombinasikan beberapa desain logo. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil akhir yang sesuai.
  • Apabila sudah, maka Anda dapat menyimpannya dengan memilih opsi Save yang ada di kanan atas. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman untuk memilih resolusi logo.
Baca Juga:  Cara Berlangganan Netflix dan Paket yang Disediakan

Sebenarnya masih banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat logo. Namun, Cara membuat logo sudah sangat membantu Anda untuk mendapatkan logo terbaik.

Originally posted 2022-08-10 17:55:43.