Cara Mengubah JPG ke PDF, Pasti Berhasil!

Cara mengubah jpg ke pdf sering kali dilakukan untuk memudahkan pekerjaan seperti pengecekan file. Umumnya yang kerap melakukan ini adalah orang di bidang pendidikan atau bagian pengurusan administrasi.

Mengubah file jpg menjadi pdf bertujuan supaya dokumen tersusun lebih rapi dan seragam. Biasanya saat melakukan suatu pendaftaran seperti kuliah, tes CPNS dan daftar kerja akan ada salah satu syarat untuk scan atau foto dokumen.

Hasil scan maupun foto akan keluar dalam bentuk gambar dengan format jpg. Maka, apabila yang diperlukan adalah file pdf, Anda harus mengkonvertnya terlebih dahulu. Jadi, untuk cara-caranya bisa dilihat pada penjelasan berikut ini agar lebih memahaminya.

Apa Itu JPG dan PDF

Sebelum mulai membahas cara mengubah jpg ke pdf, Anda harus tahu terlebih dahulu apa arti dan fungsi dari masing-masing format dokumen tersebut. Dari segi nama saja keduanya terlihat berbeda jauh.

Format jpg (Joint Photographic Expert Group) adalah format gambar yang diambil menggunakan lensa kamera dan sejenisnya. Contoh mudahnya adalah ketika Anda memotret suatu objek, hasil foto tersebut akan keluar otomatis dengan format jpg.

Apabila objek yang difoto tersebut dalam bentuk tulisan, maka hasil gambarnya tidak akan bisa dicopy paste. Namun, untuk ukuran file jpg cenderung lebih kecil dibandingkan dengan format dokumen seperti pdf.

PDF (Portable Format Document) sendiri adalah salah satu format dokumen yang bisa mempertahankan layout aslinya. Hampir mirip dengan word hanya saja jika file ini bisa langsung diedit dengan mudah.

Sedangkan format JPG memerlukan software tertentu atau perlu mengkonvertnya menjadi file doc untuk bisa mengeditnya. JPG yang dikonvert menjadi PDF akan menghasilkan sebuah gambar yang terkompresi dalam dokumen.

Cara Mengubah JPG ke PDF Melalui Smallpdf

Apabila Anda sudah mengetahui perbedaan antara file JPG dan PDF, maka kini sudah bisa mulai mengetahui cara mengubah JPG ke PDF. Bahkan cara ini tidak memerlukan aplikasi sama sekali tetapi hanya membutuhkan website.

Salah satunya adalah melalui smallpdf.com yang bisa diakses secara online. Langkah pertama adalah silakan membuka situs tersebut. Kemudian pilih opsi ubah JPG ke PDF.

Baca Juga:  Cara Download Lagu di Google Secara Cepat dan Tepat!

Setelah itu klik tombol unggah file dan pilih gambar yang ingin dikonvert menjadi PDF. Anda juga bisa mengunggahnya zdropbox atau Google drive dan tunggu gambar terunggah.

Kemudian klik tombol ubah menjadi PDF dan tunggu prosesnya. Anda juga bisa mengubah jenis dan ukuran kertas sesuai yang dibutuhkan, yaitu potrait atau lanscape. Jangan lupa untuk menyimpannya.

Cara Mengubah JPG ke PDF Melalui Ilovepdf

Cara mengubah jpg ke pdf yang kedua bisa melalui situs ilovepdf.com. Laman ini fungsinya tidak jauh berbeda dengan smallpdf. Hanya saja, secara tampilan Anda akan menemukan perbedaan dari aplikasi yang sebelumnya.

Jadi langkah pertama adalah silakan buka laman ilovepdf.com kemudian pilih gambar yang akan diubah formatnya. Untuk situs ini apabila ingin mengunggah foto caranya adalah dengan drag and drop objek.

Maksudnya adalah memilih foto yang ada dipenyimpanan dan seret ke laman situs ilovepdf tanpa melepas klik dari komputer. Tunggu prosesnya, maka gambar sudah terunggah.

Setelah itu, silakan klik opsi menu convert to PDF dan tunggu sampai selesai, maka file sudah bisa diunduh. Perlu diingat bahwa mengubah format gambar menjadi dokumen berupa PDF tidak akan mengurangi resolusinya.

Cara Mengubah JPG dan PDF Melalui Jpg2pdf

Website selanjutnya untuk mengubah format JPG ke PDF adalah jpg2pdf. Sesuai dengan namanya bahwa situs ini hanya bisa digunakan untuk mengubah file dengan format tersebut.

Cara mengubah jpg ke pdf melalui situs ini sebenarnya sama dengan laman-laman sebelumnya. Anda hanya perlu membukannya melalui Chrome atau Google di alamat website jpg2pdf.com.

Kemudian silakan klik tombol upload gambar dan pilih foto apa saja yang ingin diubah formatnya menjadi PDF. Setelah itu, pilih tombol konversi dan tunggu prosesnya hingga selesai.

Proses konversi tidak akan membutuhkan waktu lama dan hal tersebut tergantung dari kecepatan internet Anda. Selanjutnya jika sudah selesai, klik tombol unduh PDF.

Cara Mengubah JPG Ke PDF Aplikasi Bawaan Windows 10

Cara mengubah JPG ke PDF yang satu ini sedikit berbeda dengan sebelumnya karena menggunakan aplikasi. Bagi pengguna PC atau laptop windows 10 Anda akan memiliki aplikasi tambahan untuk mengedit file.

Salah satunya adalah mengubah format dari JPG ke PDF. Untuk cara mengubahnya adalah sebagai berikut detail penjelasannya untuk Anda:

  1. Buka File Explorer

Langkah pertama cara mengubah JPG ke PDF adalah dengan membuka file explorer. Kemudian silakan cari gambar atau foto yang ingin diubah formatnya menjadi file dokumen.

  1. Edit Foto
Baca Juga:  Aplikasi Kamera Terbaik

Tahap berikutnya mengubah JPG ke PDF adalah buka foto yang dipilih menggunakan editor photo. Caranya dengan klik kanan file dan pilih opsi “buka dengan editor photo”. Setelah itu, tekan Ctrl + P sehingga akan muncul jendela print sederhana.

  1. Print to PDF

Setelah muncul jendela print sederhana akan ada beberapa tampilan menu. Salah satunya adalah Microsoft Print to PDF, maka pilih opsi tersebut dan program komputer akan mengarahkan hal tersebut sebagai media untuk mencetak.

  1. Jika Microsoft Print to PDF Belum Aktif

Lalu bagaimana jika Microsoft Print to PDF belum aktif? Maka Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu tentunya. Caranya dengan membuka menu control panel dan pilih Program and Features. Kemudian klik Turn Windows Features On.

  1. Print Dokumen

Tahap terakhir dalam mengubah JPG ke PDF adalah klik tombol print pada jendela sederhana tadi sehingga akan muncul opsi Save Print Output As dan silakan pilih opsi tersebut. Setelah itu, file gambar Anda sudah berubah format menjadi PDF.

Cara Mengubah JPG Ke PDF Melalui JPG To PDF Converter

Cara mengubah melalui JPG to PDF Converter ini sedikit berbeda dengan sebelumnya. Anda akan memerlukan aplikasi yang bisa diunduh melalui situs penyedia program tersebut seperti Play Store dan untuk penggunaannya bisa Anda gunakan secara offline.

Untuk bisa menggunakannya sudah pasti harus mengunduhnya terlebih dahulu melalui Android maupun laptop. Setelah itu, silakan buka aplikasi dan pilih menu files untuk memilih gambar atau foto yang diambil dari ruang penyimpanan.

Tandai file yang akan diubah formatnya dan pilih opsi “Done”. Namun, jika ingin mengkonversi banyak file, Anda bisa memilih menu folder. Jika sudah, pastikan file sudah berstatus Source File Tersedia.

Melalui aplikasi ini selain mengubah format, Anda juga bisa mengganti ukuran file dan jenis kertas yang akan digunakan. Bahkan gambar juga bisa dikompresi ukurannya hingga 200 kb dengan mengaktifkan fitur image compression.

Selanjutnya, cara yang terakhir dengan mengkilk tombol Convert to PDF. Tunggu proses hingga selesai dan file sudah siap diunduh.

Untuk bisa mengubah format gambar menjadi dokumen Anda bisa memilih salah satu cara di atas. Cara mengubah jpg ke pdf juga sangat mudah bahkan tanpa aplikasi tambahan sehingga bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Originally posted 2022-08-12 19:59:01.