Begini Cara Melamar Kerja Lewat Email yang Benar

Terapkan cara melamar kerja lewat email dengan benar agar lamaran Anda segera diproses oleh perusahaan. Mencari pekerjaan tentu bukan hal mudah untuk saat ini, apalagi bagi yang minim pengalaman atau baru lulus kuliah, serta bagi lulusan tingkat SMA/SMK.

Jika dulu orang mencari pekerjaan dengan berjalan kaki dan memasukkan dokumen ke perusahaan langsung, sekarang sudah lebih mudah dengan email. Namun, hanya pengirim dengan strategi tepat yang nantinya akan diproses lamarannya oleh perusahaan.

Persiapan Berkas dan Alamat Email

Sebelum mengirimkan lamaran melalui surel, terlebih dahulu persiapkan segala sesuatunya dengan matang. Sarana pengiriman lamaran pekerjaan melalui surel memberikan banyak kemudahan, untuk itu, jangan terlewat dalam mempersiapkan berbagai hal berikut:

Mempersiapkan Berkas Data Diri

Berkas-berkas yang berkaitan dengan data diri sangat menunjang lama waktu lamaran kerja diproses oleh HRD. Adapun data diri yang dimaksud adalah KTP, akta kelahiran, pas foto dengan ukuran yang ditentukan, Kartu Keluarga, bahkan juga BPJS.

Masing-masing perusahaan menetapkan aturan berbeda-beda, ada juga yang hanya meminta CV. Namun, sebagian besar membutuhkan KTP dan juga pas foto. Adapun penunjang seperti KK dan BPJS untuk menghitung tunjangan setelah menjadi karyawan.

Menyusun Biodata

Biodata atau dalam dunia pekerjaan juga disebut sebagai CV (curriculum vitae) berisi identitas pribadi, seperti nama, nomor telepon, alamat email, dan alamat tinggal. Penyusunan tepat membantu cara melamar kerja lewat email agar lebih lancar.

Hal-hal yang harus diinput ke dalam CV adalah riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan sebelumnya jika ada, riwayat organisasi, dan sebagainya. Intinya, CV harus dibuat selengkap dan semenarik mungkin untuk menarik kepercayaan perusahaan terhadap Anda.

Menggunakan Email Profesional

Terakhir yang harus dipersiapkan adalah memiliki alamat email dengan nama sendiri atau profesional. Proses atau cara melamar kerja lewat email akan lebih cepat ditanggapi perusahaan apabila Anda menggunakan nama dalam pembuatan alamat email.

Jika saat ini memiliki email, tetapi masih menggunakan nama samaran maka sebaiknya khusus untuk kebutuhan pekerjaan, gunakan alamat email profesional. Karena hal ini menentukan penilaian perusahaan terhadap kepribadian Anda.

Baca Juga:  Cara Mengubah JPG ke PDF, Pasti Berhasil!

Cara Melamar Kerja Lewat Email Secara Berurutan

Selesai mempersiapkan segala berkas dan alamat email profesional, kini kami ajak Anda ke panduan lengkap proses melamar dari awal sampai akhir. Ingat, hal yang harus diperhatikan adalah alamat email sebaiknya atas nama Anda. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

Subjek Email

Tuliskan subjek email secara jelas, jika tim rekrutmen sudah menentukan format penulisan, maka ikuti petunjuk tersebut. Sementara apabila pihak perekrut tidak menyertakan format penulisan, maka cara melamar kerja lewat email adalah nama_posisi yang dilamar.

Contoh, Andi Lukman_Content Writer_Job Application. Format penulisan seperti ini akan mempermudah HRD dalam melakukan seleksi berkas. Karena nantinya pesan masuk yang diterima HRD bukan hanya lamaran pekerjaan, tetapi juga bisa saja ada surat resign.

Pembuka, Isi, dan Penutup

Setelah menulis subjek email dengan benar, sekarang beralih ke body email, dimana sebaiknya Anda menyiapkan kalimat tepat untuk menyapa HRD. Isi pesan pada body email harus memuat pembukaan, isi, dan diakhiri oleh penutup sebagai tanda hormat.

Ada 4 hal yang harus dimasukkan dalam body email, yakni alasan Anda melamar, pekerjaan yang dituju, kualifikasi yang dimiliki, serta nantinya bisa memberikan kontribusi apa. Terakhir, jangan luput memasukkan kontak aktif, seperti nomor handphone yang bisa dihubungi.

Berkas Lamaran

Terakhir, inti dari semua cara melamar kerja lewat email adalah berkas lamaran. Jadi, ketika mengirim lamaran pekerjaan online, Anda tidak menginput berkas lamaran, seperti CV, identitas diri, juga portofolio pada badan email.

Anda harus membuatnya menjadi lampiran khusus dengan nama file jelas. Catatan, pastikan lamaran tidak berbentuk zip maupun rar sekalipun ini memudahkan pengiriman. Pastikan juga ukuran file lampiran tidak melebihi 1GB karena bisa menghambat proses pemeriksaan.

Waktu Tepat Mengirimkan Lamaran Pekerjaan

Mengirimkan lamaran melalui email memang memberikan kemudahan bagi siapa saja. Bahkan pelamar luar kota sekalipun tidak perlu datang jauh ke kota tujuan berkat adanya cara melamar kerja lewat email. Tetapi, dalam mengirimkan lamaran, perhatikan waktunya.

Jam operasional kantor pada umumnya dimulai pukul 08.00 atau 09.00 dan berakhir pukul 17.00 atau 18.00. Waktu paling efektif mengirimkan lamaran adalah dua jam setelah jam kerja dimulai. Bisa juga tiga jam sebelum jam kantor berakhir.

Jadi, jika perusahaan memulai operasional dari pukul 08.00 maka lamaran efektif diperiksa pada pukul 10.00. Sementara untuk perusahaan yang jam operasionalnya pukul 09.00 maka efektifnya mengirim berkas lamaran pada pukul 11.00. Hindari mengirim terlalu pagi.

Baca Juga:  Aplikasi Edukasi Gratis

Anda juga bisa menerapkan cara melamar kerja lewat email dengan memperhatikan jam sebelum pulang. Apabila jam kantor berakhir pukul 17.00 maka sebaiknya lamaran dikirim pada pukul 14.00. Jika operasional berhenti jam 18.00 maka sebaiknya kirim jam 15.00.

Selain harus menghindari proses pengiriman yang terlalu pagi, Anda juga tidak dianjurkan sama sekali mengirim berkas lamaran pada tengah malam atau dini hari. Pastikan selalu menaati waktu efektif tersebut untuk mempermudah lamaran kerja diproses perusahaan.

Hal-hal selain waktu pengiriman yang harus diperhatikan, ketika mengirimkan lamaran, Anda juga sebaiknya membuat format file menjadi pdf. Format pdf jauh lebih aman daripada word karena tidak mengizinkan sembarangan orang mengedit file Anda.

Berbagai cara melamar kerja lewat email dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Asalkan mematuhi semua syaratnya kemudian meruntutkan semua langkah secara tepat maka HRD akan segera menghubungi Anda melalui kontak tersedia.

Contoh Cara Melamar Kerja Lewat Email

Terakhir, untuk memantapkan pemahaman isi body email secara tepat, kami contoh sebagai referensi. Ilustrasi body email lamaran pekerjaan berikut bisa menjadi acuan:

Dengan hormat,

Perkenalkan saya,

Nama                             : Irwan Tiara

Umur                             : 30 Tahun

Jenis Kelamin              : Laki-laki

Pendidikan Terakhir  : S1 Sastra Indonesia

Nomor HP                    : 08123456789

Dengan surat lamaran ini saya mengajukan permohonan kerja sebagai Content Writer pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya berpengalaman selama 7 tahun sebagai Content Writer pada 3 perusahaan.

Keahlian saya adalah mengelola konten blog, media sosial Instagram, Facebook, dan juga Tiktok. Saya memiliki beberapa sertifikasi dalam bidang content writer. Agar bisa dipertimbangkan, saya lampirkan dokumen-dokumen berikut:

  1. Curriculum Vitae (CV)
  2. Scan KTP
  3. Scan Ijazah
  4. Scan Transkrip Nilai
  5. Sertifikat Digital
  6. Scan Foto
  7. Scan Surat Keterangan Dokter

Demikian surat lamaran ini dibuat. Semoga lamaran ini dapat diterima sehingga saya mendapatkan kesempatan bergabung dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Terima kasih.

Hormat Saya,

 

Irwan Tiara

Contoh format penulisan body email tersebut khusus bagi yang sudah memiliki pengalaman kerja. Namun, jika Anda baru lulus tetapi memiliki pengalaman magang atau organisasi yang berkaitan dengan posisi lamaran, maka bisa memasukkan sertifikatnya saja.

Baca Juga:  Cara Bobol Wifi Tetangga yang Awam Bisa Lakukan

Berdasarkan informasi teoritis dan penyertaan contoh body email tersebut, Anda bisa mulai mempersiapkan semua syarat yang dibutuhkan dari sekarang. Pastikan melakukan semua proses atau cara melamar kerja lewat email secara tepat agar lekas diterima HRD.

Originally posted 2022-08-12 20:05:22.