Tutorial Cara Membuat Akun Youtube untuk Membuat Konten

Penasaran bagaimana cara membuat akun Youtube? Saat ini banyak generasi muda membuat konten dan memutuskan berprofesi sebagai Youtuber. Setelah terbukti platform video online ini memberikan penghasilan menggiurkan, berbagai konten hadir di internet.

Jika ingin menjadi salah satu Youtuber, terlebih dahulu Anda harus membuat account dan dimonetisasi oleh pihak pengembang. Meskipun kesannya menggiurkan, tetapi untuk bisa monetisasi account bukan hal mudah, butuh kesabaran dan konsistensi upload video.

Perbedaan Chanel Pribadi dan Chanel Bisnis

Sebelum masuk ke cara membuat akun Youtube, terlebih dahulu Anda harus tahu pembuatan account ini tujuannya untuk apa. Pertama, apakah account dibuat sebagai kepentingan pribadi atau membawa kepentingan bisnis yang notabene lebih profesional.

Kedua jenis account memiliki langkah-langkah berbeda dalam setiap tahapannya. Perbedaan tersebut terlihat jelas dalam penjelasan berikut:

  1. Chanel Pribadi

Pengelolaan chanel pribadi hanya dapat dilakukan dengan account Google Anda. Adapun langkah-langkah pembuatannya adalah:

  • Buka aplikasi atau situs Youtubenya melalui handphone maupun browser komputer
  • Pada bagian kanan atas, klik foto profil Google Anda kemudian klik perintah Buat Akun
  • Ikuti langkah-langkah pembuatan chanel sampai selesai

Tata cara membuat akun Youtube ini tetap dibutuhkan sekalipun secara otomatis Anda sudah login ke akun Google. Jika tujuannya bukan untuk berbisnis maka pembuatan chanel pribadi lebih mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

  1. Chanel Bisnis

Berbeda dengan jenis chanel pribadi, chanel bisnis mengharuskan Anda melalui proses lebih panjang. Adapun langkah-langkah pembuatan chanel bisnis adalah:

  • Masuk ke aplikasi atau situs Youtubenya melalui handphone maupun PC
  • Silakan buka daftar chanel
  • Misalkan Anda sudah memiliki account, maka pilihlah hendak meneruskan account tersebut atau membuat account baru
  • Ikuti perintah pengisian detail secara lengkap sampai selesai
  • Akun bisnis bisa dikelola lebih dari satu orang, atur akses melalui ubah pemilik dan pengelola chanel

Dua cara membuat akun Youtube di atas dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk keperluan konten, jika pemiliknya lebih dari satu orang maka sebaiknya membuat account bisnis. Namun, jika sifatnya pribadi maka sebaiknya izinkan akses hanya untuk diri sendiri.

Berikut Ini Syarat Mendapatkan Monetisasi

Ramai orang menjadi Youtuber karena dianggap menjanjikan dan memberikan cuan melimpah. Namun, sebelum itu, account Anda harus dimonetisasi dulu dengan syarat:

  1. Chanel telah diverifikasi
  2. Jumlah tayangan ditonton sebanyak 4000 jam per 12 bulan
  3. Jumlah subscriber sekurang-kurangnya ada 1000
  4. Tidak ada spam komentar pada setiap tayangan
Baca Juga:  Cara Mendapatkan Pulsa Gratis Langsung Masuk, Ini Langkahnya

Ketika account sudah dimonetisasi, maka tahapan selanjutnya tinggal konsisten memilih tema konten. Misal, chanel khusus konten horror, chanel khusus konten traveling, konten kuliner, konten podcast, dan sebagainya. Baiknya menjurus satu tema saja secara konsisten.

Ingat, selain cara membuat akun Youtube teknis yang sudah disebutkan, untuk menghasilkan uang, tayangan harus disaksikan selama 4000 jam. Jadi, sebaiknya buat konten sesering mungkin, semenarik mungkin, dan dengan durasi panjang untuk mencapai target.

Jika berniat menjadi Youtuber, Anda akan dikejar jam tayang agar penonton tidak perlu menunggu lama untuk menyaksikan tayangan berikutnya. Dalam hal ini, sebaiknya siapkan beberapa konten terlebih dahulu, seperti 10 konten baru kemudian diunggah.

Hal paling penting jika ingin sukses mendapatkan uang dari platform video online ini adalah bersabar dan konsisten unggah konten. Semakin banyak dan sering konten diunggah maka semakin besar peluang subscriber Anda bertambah setiap waktunya.

Mendaftarkan AdSense untuk Menghasilkan Uang

Jika cara membuat akun Youtube berhasil dilakukan dan jumlah subscribernya telah lebih dari 1000, maka Anda bisa segera menggunakan AdSense. Untuk mendaftarkan account agar mendapatkan AdSense, berikut langkah-langkah tepatnya:

  1. Buka Youtubenya kemudian klik ikon profil pada bagian kanan atas
  2. Klik pilihan Youtube Studio kemudian lanjutkan dengan klik Monetisasi
  3. Pada bagian bawah, silakan klik perintah Daftar Sekarang
  4. Akan muncul serangkaian persetujuan yang harus dipahami, baca perlahan kemudian klik tombol Setujui Persyaratan
  5. Muncul laman Monetisasi, silakan klik Mulai pada langkah 2 atau Daftar ke Google AdSense
  6. Konfirmasi pada kotak dialog yang muncul dengan klik pilihan Ya, Saya sudah memiliki akun
  7. Klik lanjutkan

Berbagai cara membuat akun Youtube dengan AdSense di atas jika Anda sudah memiliki account AdSense. Sementara, jika ingin memulai dari proses pendaftaran maka langkah-langkah yang tepat adalah:

  1. Ubah konfirmasi pada nomor 6 menjadi Tidak memiliki account
  2. Silakan masuk ke account Google
  3. Setujui semua persyaratan setelah memahaminya secara teliti kemudian klik perintah Buat Akun
  4. Lengkapi data diri yang diminta kemudian klik konfirmasi Kirim
  5. Klik Alihkan
  6. Selesai. Account AdSense Anda selesai dibuat

Sampai tahapan ini, Anda tinggal menunggu kurang lebih selama 30 hari sampai pihak pengembang selesai melakukan tinjauan terhadap permohonan Anda. Jika dikabulkan maka setiap konten bisa menghasilkan cuan, tergantung seberapa banyak penontonnya.

Verifikasi Account dari PIN Google

Selanjutnya jika cara membuat akun Youtube AdSense sudah selesai dibuat maka Anda dapat menarik sejumlah yang apabila AdSense tadi sudah diverifikasi. Proses verifikasi account cukup unik karena pihak Google akan mengirimkan sendiri PIN ke alamat rumah.

Baca Juga:  Cara Memulihkan Akun Google, Solusi Jika Lupa Kata Sandi

Jika Google sudah mendatangi rumah Anda dan memberikan PIN verifikasi, baru Anda dapat menarik uang. Adapun langkah-langkah verifikasi tersebut harus menuruti perintah berikut:

  1. Masuk ke account AdSense dengan input email berikut kata sandi yang sebelumnya sudah dipersiapkan
  2. Klik Pengaturan atau Setelan
  3. Pada bagian sebelah kiri, silakan klik Informasi Akun kemudian klik Verifikasi Alamat
  4. Input kombinasi PIN yang tadi Anda terima dari Google

Selesai dengan cara membuat akun Youtube AdSensenya, sekarang Anda tinggal memasukkan informasi rekening bank. Pihak pengembang akan mencairkan penghasilan dari setiap konten ke rekening Anda sekitar tanggal 21 hingga 26 setiap bulannya.

Selain AdSense, monetisasi juga bisa didapatkan melalui membership chanel, versi premium, super chat, dan juga merchandise. Jika sudah bisa mendapatkan AdSense, sekarang tugas Anda tinggal konsisten berbagi konten yang bermanfaat.

Strategi untuk Menambah Jumlah Subscriber

Selesai menonton tayangan chanel para Youtuber, Anda akan akrab sekali dengan kalimat Subscribe atau Berlangganan. Seringnya banyak orang suka menonton, tetapi enggan klik tanda subscribe sehingga membuat kreator berulang kali mengajak untuk berlangganan.

Jika Anda mengalami kendala menambah jumlah subscriber maka bisa mengakalinya dengan beberapa solusi. Selain cara membuat akun Youtube harus tepat, penulisan judul yang mudah dicari juga turut menentukan seberapa antusias orang ke chanel Anda.

Sama halnya seperti Google, Youtube juga memiliki kebijakan SEO untuk mendorong tayangan berada pada halaman pertama. Jika sudah membuat konten, jangan segan mempromosikan tayangan tersebut pada berbagai media sosial serta blog atau mulut.

Buat thumbnail menarik juga tidak masalah, asalkan tulisannya tidak menyimpang dari isi konten. Karena jika thumbnail menarik, tetapi kontennya biasa saja akan membuat orang enggan kembali menonton chanel Anda.

Jangan lupa untuk menjalankan interaksi dengan audiens agar mereka merasa dilibatkan dalam pembuatan konten. Berbagai cara membuat akun Youtube saja tidak cukup apabila ke depannya chanel kurang dikelola secara baik.

Originally posted 2022-08-13 20:04:18.