Berbagai Cara Menggabungkan PDF Tanpa Perlu Repot

Tata cara menggabungkan PDF menjadi hal penting yang harus diketahui ketika menjalani peran sebagai mahasiswa maupun profesional. Kebutuhan menggunakan format file ini biasanya bertujuan agar orisinalitas dokumen terjaga, sebab tidak mudah diedit siapa saja.

Portable document format atau PDF merupakan format file yang biasanya digunakan untuk karya ilmiah atau file pendidikan lainnya. Dalam dunia profesional, format ini juga kerap digunakan sebagai laporan keuangan, sertifikat, serta berbagai kepentingan lainnya.

Cara Menggabungkan PDF Menggunakan Aplikasi

Proses penggabungan file dengan portable document format bisa dilakukan melalui aplikasi maupun situs. Untuk pilihan aplikasinya bisa beragam, kami merangkumnya dalam berbagai pilihan serta langkah-langkahnya berikut ini:

Adobe Acrobat

Adobe Acrobat bisa diunduh melalui situs terpercaya untuk menjalankan perintah penggabungan file. Jika aplikasinya sudah terpasang maka selanjutnya bisa mengikuti prosedur berikut:

  • Pilih menu Tools kemudian lanjutkan dengan Combine Files
  • Pilih Kombinasikan File kemudian tentukan dokumen mana saja yang ingin digabungkan
  • Drag and drop pada setiap dokumen yang akan ditambahkan
  • Jika harus melakukan editing per halaman maka Anda bisa klik dua kali atau melakukan penghapusan jika diperlukan
  • Jika pengaturan telah selesai klik perintah Combine Files
  • Akhiri dengan tombol Simpan

Berbagai cara menggabungkan PDF menggunakan Adobe Acrobat tersebut bisa dilakukan jika aplikasinya sudah terpasang. Pastikan Anda mendapatkan situs terpercaya untuk bisa mendapatkan aplikasi ini.

Binder

Selain memanfaatkan aplikasi dari Adobe, Anda juga bisa mengunduh Binder pada perangkat. Untuk menyatukan berbagai file dengan portable document format, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Binder yang sudah terpasang pada perangkat
  • Silakan klik Add File pada bagian kiri atas
  • Untuk mempermudah proses penggabungan, blok semua file yang akan disatukan
  • Masih satu bar dengan perintah Add File, Anda bisa menjalankan perintah Bind sebagai cara menggabungkan PDF dengan Binder
  • Selesai digabungkan, silakan ubah nama file sesuai kebutuhan
  • Terakhir, klik Save untuk menyimpan dokumen pada perangkat Anda

Dua aplikasi tersebut bisa menjadi referensi untuk Anda yang enggan mengunjungi situs berulang kali. Untuk kebutuhan rutin, sebaiknya menggunakan aplikasi karena lebih praktis dan tidak perlu terkoneksi dengan internet untuk menyatukan lebih dari satu file.

Baca Juga:  Cara Menghapus History Google untuk Menyembunyikan Aktivitas

Menggabungkan Portable Document Format Melalui Situs

Selain memanfaatkan aplikasi, Anda juga bisa mengunjungi beberapa situs untuk penggabungan dokumen. Keuntungan menggunakan situs tidak memakan ruang penyimpanan karena tidak perlu mengunduh aplikasi.

Menggunakan aplikasi maupun situs bergantung pada kebutuhan. Jika memilih menggunakan situs, maka Anda bisa mempertimbangkan rekomendasi berikut ini:

PDFmerge

Sesuai dengan namanya, situs ini berguna untuk menyatukan berbagai dokumen dengan format seragam ke dalam satu file. Untuk tata cara menggabungkan PDF tersebut bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Unggah beberapa pilihan file portable document format pada perangkat
  • Setelah semua file berhasil diunggah maka selanjutnya silakan klik perintah Gabungan
  • Urutkan file sesuai kebutuhan kemudian klik perintah Lebih Banyak File apabila dokumen yang ingin digabungkan ada lebih dari 5 dokumen
  • Unduh hasil penggabungannya tidak lebih dari 24 jam setelah situs bekerja

PDFmerge memberikan waktu selama 24 jam untuk menyimpan hasil penggabungan. Jika sudah 24 jam berlalu maka secara otomatis file Anda akan terhapus dari sistem. Keamanan PDFmerge dapat dipertanggungjawabkan karena alamatnya dilengkapi dengan https.

PDFJoiner

Selain situs PDFmerge, Anda juga bisa menggunakan PDFJoiner sebagai cara menggabungkan PDF secara online. Adapun beberapa langkah dalam menggunakan situs PDFJoiner adalah:

  • Buka situs PDFJoiner pada perangkat
  • Pilih langsung menu Combine File
  • Pilih file yang ingin disatukan, bisa dengan cara drag and drop atau lainnya. Sebagai informasi, jumlah file yang bisa diunggah mencapai 20 file
  • Tata urutan dokumen satu dengan dokumen lainnya kemudian klik Gabungkan jika sudah dipastikan letaknya berurutan

Dibandingkan PDFmerge, daya tampung dan kepraktisan PDFJoiner lebih unggul. Namun, kembali lagi semua kepada kenyamanan para pengguna. Yang terpenting adalah file akan segera dihapus setelah 24 jam ada di situs.

IlovePDF

Rekomendasi situs terakhir yang bisa digunakan untuk menunjang cara menggabungkan PDF adalah IlovePDF. Untuk proses penggabungannya bisa melalui langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke browser kemudian buka situs IlovePDF
  • Klik perintah Pilih File PDF kemudian silakan memilih dokumen mana saja yang ingin digabungkan
  • Jika masih ada yang tertinggal maka klik tanda + pada kanan atas
  • Atur tata letak file secara berurutan
  • Silakan pilih menu Gabungkan PDF pada pojok bawah

Sekarang, Anda tinggal menunggu proses penggabungan selesai. Sementara menunggu, bisa melakukan aktivitas lain. Untuk menghindari kesalahan, periksa berulang kali sebelum sistem memproses perintah penggabungan tersebut.

Baca Juga:  3 Cara Ganti Password IndiHome Modem ZTE, Bisa Pakai HP

Alasan Penggabungan File Itu Penting

Ada berbagai alasan kenapa cara menggabungkan PDF dibutuhkan untuk beberapa kepentingan. Misal, untuk kepentingan akademik dapat membantu proses penerbitan jurnal digital dengan format yang lebih aman.

Untuk kepentingan perusahaan juga bisa menerbitkan panduan perusahaan secara digital sehingga bisa lebih banyak dibaca orang. Untuk berbagai hal penting, portable document format ini memberikan rasa aman kepada para pemilik dokumen.

Tidak sembarang orang bisa mengedit dokumen tersebut sehingga isinya lebih aman dari aksi plagiat. Portable document format juga secara tidak langsung memberikan kesan eksklusif karena tidak semua orang bisa atau mau membuka file dengan format ini.

Dengan alasan rumit atau enggan membaca pembukaan, ada juga orang yang akhirnya mendapatkan informasi secukupnya di internet. Padahal, dibandingkan dengan isi dari karya ilmiah berbentuk PDF, tentu keabsahannya jauh lebih menjanjikan format PDF.

Selain dalam dunia pendidikan, cara menggabungkan PDF secara tepat juga memberikan keuntungan kepada para pelamar kerja. Fungsinya untuk melindungi data diri agar tidak disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab saat melamar pekerjaan.

Mengubah CV dari Word ke PDF

Jika saat ini CV atau dokumen lamaran pekerjaan Anda masih berbentuk word, Anda bisa mengubahnya ke bentuk portable document format. Langkah-langkah tepat mengubah format dokumen dari word dari WPS Office adalah:

  1. Buka file berformat word yang ingin diubah ekstensinya
  2. Klik pilihan Menu kemudian lanjutkan ke perintah Export to PDF
  3. Pilih file mana saja yang ingin diubah formatnya dengan cara mencentang dokumen satu per satu
  4. Pada halaman yang sama Anda bisa mengubah nama file
  5. Klik gambar Export to PDF sebagai pamungkas cara menggabungkan PDF dari WPS Office

Dengan begitu maka file lamaran kerja dengan format word sudah diubah ekstensinya menjadi lebih aman. WPS Office adalah sebuah aplikasi yang mengizinkan Anda melakukan akses tanpa koneksi internet.

Aplikasi ini bisa dipasang pada smartphone maupun PC dan laptop. Untuk pemasangan pada selain smartphone, Anda harus mencari situs terpercaya. Pastikan ikuti semua petunjuk secara berurutan supaya mendapatkan hasil yang diinginkan.

Berbagai proses penggabungan dan pengubahan format dapat Anda lakukan melalui langkah-langkah di atas. Hendak melakukan cara menggabungkan PDF melalui aplikasi maupun situs tergantung pada kebutuhan dan kenyamanan selama menggunakannya.

Originally posted 2022-08-13 20:13:23.