Beberapa Cara Reset HP Samsung yang Mudah Dilakukan

Bagi para pengguna ponsel Samsung yang sudah lama, mereka seringkali membutuhkan informasi tentang cara reset HP Samsung tersebut. Biasanya, Hal tersebut dilakukan karena ada beberapa kendala pada perangkat yang digunakan itu.

Dengan mereset perangkat tersebut, perangkat ini nantinya bisa kembali lancar seperti pada awal penggunaannya. Jadi, masalah hang dan kendala-kendala lain yang membuatnya lemot bisa teratasi dengan cara ini.

Bagi Anda yang sering kali menggunakan ponsel, tentunya akan merasa terganggu apabila ponsel tersebut lemot. Bahkan, beberapa aplikasi di dalamnya terkadang tidak dapat berjalan secara efektif.

Biasanya kendala-kendala semacam ini dikarenakan perangkat terlalu banyak menyimpan data dari aplikasi-aplikasi sebelumnya. Data-data tersebut akan memberatkan kinerja ponsel ketika sudah digunakan dalam waktu lama.

Meskipun beberapa aplikasi sudah dihapus atau uninstall, namun data-data yang tersisa biasanya masih tersimpan di dalam ponsel. Sedangkan, kalau dihapus secara manual data-data tersebut tidak dapat ditemukan.

Solusi satu-satunya untuk mengatasi masalah seperti ini yaitu dengan mereset ulang perangkat yang digunakan. Dengan menerapkan cara reset HP Samsung tersebut, maka kinerja HP akan berjalan seperti baru dibeli.

Sebenarnya untuk mereset ponsel tersebut Anda tidak perlu menghabiskan biaya dengan datang ke tempat-tempat service. Hal tersebut dikarenakan langkah-langkah meresetnya bisa dilakukan secara mandiri, sehingga tidak perlu mengeluarkan uang.

Backup Data Sebelum Cara Reset HP Samsung Diterapkan

Penting bagi para pengguna ponsel Samsung untuk melakukan backup data terlebih dahulu sebelum mereset ponselnya. Apalagi kalau di dalam ponsel tersebut terdapat beberapa data-data penting para pengguna tersebut.

Seringkali hal-hal semacam ini dilupakan oleh para pengguna smartphone, meskipun mereka sendiri tidak menyadarinya. Setelah hilang, barulah mereka ingin mengembalikannya seperti semula sedangkan hal tersebut tidak dapat dilakukan.

Mungkin beberapa data dapat kembali apabila sebelumnya para pengguna sudah menghidupkan backup otomatis di ponselnya. Misalnya saja, ketika ingin membackup foto yaitu bisa menyalakan Google photo.

Untuk cara paling aman dan pasti dalam membackup data-data penting di dalam ponsel sebelum cara reset HP Samsung itu di lakukan, Anda hanya perlu memindahkannya ke perangkat lain. Lebih amannya bisa menggunakan penyimpanan online.

Baca Juga:  Cara Kompres File PDF Tanpa Aplikasi yang Cepat dan Mudah

Akan tetapi banyak juga orang setelah melakukan backup data-data dari ponselnya masing-masing, mereka sering lupa bahwa ada data penting di dalam media sosial. Misalnya dokumen yang belum diunduh di WhatsApp.

Oleh sebab itu, para pengguna setidaknya harus melakukan cek satu persatu media sosial tersebut Apakah dokumen-dokumennya sudah diunduh atau belum. Dokumen tersebut tidak dapat disimpan secara otomatis apabila pengguna memang belum mengunduhnya.

Reset ponsel memang memiliki banyak manfaat bagi para pelakunya, namun akan berbeda Apabila ada data-data penting ikut terhapus. Oleh sebab itu, perhatikan beberapa hal penting sebelum proses ini dilakukan oleh para pelaku nantinya.

Cara Reset Hp Samsung Lewat Pengaturan Ponsel

Cara untuk mereset ponsel Samsung melalui pengaturan atau setting bisa dikatakan sangatlah mudah untuk dilakukan. Bagi Anda yang memang belum mengetahuinya maka bisa menerapkan beberapa tahapan-tahapan di bawah ini.

  1. Masuk ke Pengaturan

Langkah pertama yang perlu dilakukan oleh para pengguna saat ingin menerapkan cara reset HP Samsung yaitu masuk ke dalam menu pengaturan. Nantinya ada beberapa pilihan setelah Anda memasuki menu pengaturan atau setting tersebut.

  1. Masuk ke Backup and Reset

Setelah berhasil masuk ke menu pengaturan, para pengguna bisa langsung memilih menu backup and reset pada ponsel. Masuk ke menu backup and reset juga akan diberikan pilihan menu lain yang akan dipilih oleh Anda.

  1. Masuk ke Menu Factory Reset

Pilih salah satu pilihan yaitu factory reset, di mana proses ini Anda langsung masuk ke menu lainnya yaitu reset device. Langkah inilah yang akan menjadi pintu masuk Ketika Anda sedang melakukan reset ulang ponsel Android.

  1. Ponsel Melakukan Booting

Proses ini dinamakan booting, Di mana para pengguna hanya perlu menunggu proses tersebut sampai ponsel bisa bersih kembali seperti semula. Tentu ada waktu yang harus ditunggu pada saat proses ini sedang berlangsung.

Untuk ukuran waktu lamanya reboot atau reset yaitu kurang lebih selama 10 menit. Anda perlu bersabar sampai ponsel menampilkan layar depan tanpa adanya aplikasi-aplikasi yang pernah diunduh. Bisa dikatakan bahwa ponsel akan berpenampilan seperti saat Anda baru saja membelinya di toko.

Pastikan juga bahwa saat melakukan reset, jumlah baterai dari ponsel setidaknya lebih 75%. Apabila kurang dari jumlah tersebut sudah pasti proses ini akan gagal dan resikonya terdapat masalah pada ponsel setengah reset tersebut.

Baca Juga:  Cara Mengubah JPG ke PDF, Pasti Berhasil!

Cara Reset Hp Samsung Lewat Kode Khusus

Ada cara lain yang bisa dilakukan oleh para pengguna HP Samsung yaitu dengan cara reset melalui kode khusus. Tentu cara ini bisa dikatakan jauh lebih praktis karena tidak membutuhkan langkah-langkah seperti reset secara manual.

  1. Menekan Dial Up

Proses dengan menggunakan kode tersebut yaitu melalui dial up, di mana Anda perlu memasukkan nomor kode ke dalam perangkat tersebut. Prosesnya seperti saat ingin melakukan pemanggilan ke nomor tertentu.

  1. Ketikan Nomor Khusus

Bagi Anda yang ingin menerapkan cara reset HP Samsung melalui kode khusus tersebut, penggunaannya perlu mengetikkan *2767*3855# dan tekan call. Dengan menekan tombol tersebut, maka pelunakan diantarkan ke menu berikutnya.

  1. Masuk ke Menu Factory Reset

Menu yang dimaksudkan di sini yaitu para pengguna akan masuk ke menu Factory reset. Untuk tampilannya sendiri sama persis ketika Anda melakukan cara manual yaitu melalui menu setting seperti sebelumnya.

Secara otomatis ponsel ini akan melakukan pengembalian pabrik secara otomatis. Anda hanya perlu menunggu waktu tersebut, sehingga nantinya ponsel akan kembali seperti baru. Tentu saja ada banyak aplikasi unduhan akan hilang setelah proses ini dilakukan.

Meskipun beberapa aplikasi sudah hilang namun kenyamanan dalam penggunaan smartphone Samsung ini akan jauh lebih terjaga. Bisa dikatakan bahwa cara reset HP Samsung ini akan membuat para pengguna merasa lebih nyaman.

Manfaat Setelah Cara Reset HP Samsung Dilakukan

Sebelumnya telah disampaikan sedikit bahwa ada beberapa manfaat setelah beberapa cara untuk mereset HP Samsung tersebut dilakukan. Namun, belum dijelaskan bahwa manfaat Seperti apa saja yang nantinya akan dirasakan oleh para pengguna.

Manfaat pertama yang akan didapatkan oleh para pengguna yaitu performa HP akan berjalan secara optimal karena data-data sampah sudah hilang sepenuhnya. Wajar apabila saat menggunakan ponsel tersebut seperti ponsel baru kembali.

Biasanya masalah performa HP kurang berjalan secara optimal dikarenakan kinerja HP selalu melakukan tasking secara bersamaan. Tentunya hal tersebut akan memberatkan perangkat, sehingga ponsel tidak dapat digunakan secara nyaman.

Manfaat lain yang bisa dirasakan oleh para pengguna yaitu dapat menghapus semua virus dan malware secara otomatis. Bahkan cara ini bisa dikatakan lebih ampuh ketimbang Anda memanfaatkan antivirus untuk mengatasi masalah tersebut.

Banyak orang memang tidak menyadari bahwa ada beberapa virus terselip diantara data-data dari ponsel. Cara reset HP Samsung ini setidaknya harus dilakukan sesekali dalam beberapa waktu demi membuat virus dan malware lenyap.

Baca Juga:  Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo dengan Simple

Selain itu, ruang penyimpanan di dalam HP juga akan menjadi lebih lega dan Anda dapat mengisi aplikasi penting ke dalam perangkat tersebut. Terkadang beberapa aplikasi sebelum reset dilakukan tidak dihapus seluruhnya padahal tidak digunakan.

Sudah pasti langkah ini menjadi solusi paling baik ketika ingin menghapus semua data-data kurang penting atau aplikasi sampah. Anda hanya perlu menikmati penggunaan HP seperti awal membelinya.

Satu hal penting bagi para pengguna teknologi seperti ponsel Samsung ini, setidaknya hal-hal dasar perlu diketahui saat menggunakannya. Bisa dikatakan bahwa cara reset HP Samsung ini merupakan informasi dasar penggunaan ponsel itu.