Pilihan Emulator Android PC yang Bisa Anda Gunakan

Ada beberapa orang yang ingin memasang emulator Android PC agar bisa mengoperasikan beberapa aplikasi Android hanya dengan menggunakan komputer. Dengan menginstal emulator tersebut semua aplikasi Android bisa langsung digunakan.

Emulator Android PC

Cara ini memang kerap dilakukan oleh beberapa orang ketika mereka ingin memainkan beberapa game Android melalui laptop atau komputer. Sedangkan, aplikasi tersebut memang tidak dapat digunakan di laptop tanpa adanya emulator.

Meskipun sudah banyak orang menggunakan cara seperti ini, namun pada kenyataannya banyak orang pula tidak tahu bagaimana caranya. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan informasi untuk menginstal beberapa emulator yang tersedia.

Tentunya, calon pengguna juga harus mengetahui jenis emulator seperti apa saja yang cocok digunakan untuk beberapa komputer. Hal tersebut dikarenakan tidak semua emulator memang bisa digunakan untuk beberapa tipe komputer tertentu.

Sebelum menginstal beberapa emulator, setidaknya para pengguna juga harus memiliki perangkat PC atau laptop yang sudah cukup memadai. Khususnya, untuk bisa berjalan lancar dalam menginstal emulator Android PC yaitu perlu digunakan perangkat baru.

Perangkat yang sudah lama memang beberapa bisa digunakan atau menginstal dikasih tersebut, namun kendalanya lebih sering mengalami hang. Tentunya hal tersebut tidak diinginkan oleh para pengguna nantinya.

Ketika tipe laptop atau komputer tersebut cocok untuk menggunakan aplikasi tersebut, maka aplikasi ini dapat digunakan secara efektif. Apalagi, aplikasi untuk Android ini bisa dikatakan memiliki ukuran standar RAM yang cukup besar.

Beberapa Rekomendasikan Jenis Emulator Android PC

Bagi Anda yang nantinya akan menggunakan emulator Android agar dapat digunakan PC, maka perlu mengetahui beberapa aplikasinya. Di bawah ini akan diberikan beberapa pilihan sehingga Anda dapat memilihnya secara bebas.

  • Bluestack

Bluestack adalah salah satu emulator yang seringkali digunakan oleh masyarakat saat ingin memakai PC dengan layanan Android. Bahkan para gamer juga seringkali menggunakan aplikasi ini untuk perangkat komputernya.

Bahkan banyak yang mengatakan bahwa emulator Android PC ini sangat populer karena terbaik dari versi-versi lainnya. Namun, hal tersebut jadi tidak berlaku apabila sudah disesuaikan dengan selera masing-masing para penggunanya.

Baca Juga:  Cara Mengganti Wallpaper Laptop dengan Mudah

Sedangkan, bluestack ini memiliki dukungan secara penuh saat Anda menggunakan keyboard atau Mouse ketika bermain game. Apabila Anda membuat custom kontrol, emulator ini dapat mengekspor pengaturan agar sesama gamer mudah berbagi.

  • Nox player

Nox player juga menjadi salah satu pilihan yang sangat direkomendasikan kepada para gamer dari seluruh dunia. Biasanya penggunaan aplikasi ini memang dikhususkan kepada para pecinta game, sehingga dapat menjalankan multiple function.

Sedangkan untuk fitur-fitur yang dimiliki oleh emulator ini yaitu para pengguna bisa menggunakan Open keyboard mapping. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga mendukung perekaman makro default untuk kebutuhan operasi kompleks.

Selain itu masih ada aplikasi Genymotion yang tidak kalah menariknya dari aplikasi sebelumnya. Sedangkan fitur dari emulator ini yaitu dapat membuat para pengguna melakukan webcam desktop dan juga memiliki sensor GPS.

Cara Install Emulator Android PC dengan Aplikasi Nox Player

Setelah mengetahui beberapa emulator yang bisa digunakan ke dalam PC, tentunya Anda ingin mengetahui bagaimana cara menginstalnya. Untuk menginstal aplikasi nox player, langkah-langkahnya hanya perlu mengikuti beberapa hal berikut ini.

  1. Unduh Aplikasi

Langkah pertama dalam penginstalan emulator Android PC dengan menggunakan nox player yaitu Anda perlu mengunduhnya terlebih dahulu. Aplikasi ini tersedia di beberapa website dan Anda bisa mencarinya melalui web browser.

  1. Lakukan Penginstalan

Begitu proses pengunduhan tersebut selesai Anda hanya perlu menginstal aplikasi ini dengan menekan dua kali file aplikasi. Sedangkan untuk proses-prosesnya sendiri, penginstalan ini dilakukan seperti pada umumnya.

  1. Matikan Anti Virus

Hal yang cukup penting saat menginstal nox player calon pengguna harus mematikan terlebih dahulu antivirus di dalam laptop. Upaya ini dilakukan agar penginstalan nox player tidak berhenti di tengah-tengah atau gagal.

  1. Start

Apabila proses instalasi aplikasi nox player ini telah dilakukan, maka Anda hanya perlu menekan tombol Start dari emulator Android PC tersebut. Dengan begitu proses bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya oleh para calon pengguna.

  1. Langsung Gunakan Aplikasi

Ketika Anda sudah menyelesaikan beberapa proses dari pengunduhan sampai penginstalan aplikasi, Anda bisa langsung menggunakan aplikasi tersebut. Hal tersebut dikarenakan aplikasi sudah dapat di jalankan sesuai keinginan itu.

Apabila Anda ingin menggunakan aplikasi dari android, Anda hanya perlu mencari dan mengunduh aplikasi melalui Google Play Store. Setelah mengunduhnya, maka semua aplikasi tersebut dapat langsung dipakai.

Baca Juga:  Aplikasi Emulator Android Terbaik

Cara Install Emulator Android PC dengan Aplikasi BlueStack

Bagi Anda yang lebih memilih untuk menggunakan aplikasi bluestack, maka ada beberapa langkah penginstalan juga harus dilakukan. Sebenarnya perbedaan dari cara penginstalan itu sendiri sangatlah tipis.

Sebenarnya proses penginstalan emulator bluestack ini mirip seperti saat Anda ingin menggunakan noxplayer. Sedangkan langkah pertama yang perlu diperhatikan yaitu harus terkoneksi dengan internet terlebih dahulu.

Begitu jaringan internet tersebut sudah tersambung ke dalam laptop para pengguna hanya perlu mengunduh aplikasinya dengan mencarinya di web browser. Pastikan aplikasi diunduh ke alamat website aslinya.

Apabila aplikasi emulator Android PC tersebut sudah berhasil ditemukan dan di download, maka bisa langsung melakukan proses penginstalan bluestack. Sama seperti sebelumnya, Anda hanya perlu membuka file dengan mengetuknya dua kali.

Dari proses ini, Anda diharuskan menunggu proses pengunduhan dan penginstalan sampai benar-benar selesai. Penginstalnya sendiri sama seperti aplikasi pada umumnya, Sehingga Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah dari penginstalan tersebut.

Begitu proses penginstalan ini berguna selesai secara utuh Anda hanya perlu menjalankan aplikasi bluestack ini dengan menggunakan laptop. Nantinya akan muncul tampilan seperti menu pada Android.

Untuk bisa menggunakan beberapa aplikasi dari Android tersebut, Anda hanya perlu mengunduh beberapa aplikasi di Google Play. Apabila belum memiliki akunnya, Anda hanya perlu membuat akun Gmail agar pengunduhan itu bisa dilakukan di Google Play store.

Jadi, setelah semuanya selesai dilakukan dan beberapa aplikasi sudah diunduh, pengguna hanya perlu menjalankan aplikasi itu. Mau game apapun versi Android dapat dimainkan oleh para pengguna emulator ini.

Perangkat yang Memenusi Syarat Pemasangan Emulator Android PC

Sebelum melakukan pemasangan atau penggunaan emulator Android PC yang sudah disebutkan sebelumnya, ada beberapa syarat perangkat perlu diikuti. Dengan begitu, penggunaan emulator ini dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Paling tidak, para pengguna Harus Memiliki perangkat komputer atau laptop yang perspek di atas standar. Setidaknya, RAM laptop atau komputer tersebut tidak kurang dari 2 GB. Akan lebih bagus lagi kalau ukurannya lebih.

Meskipun, ukuran dari beberapa emulator yang sudah disebutkan sebelumnya berukuran tidak terlalu besar saat pengunduhannya, berbeda saat nantinya digunakan. Gunakan, data dari dalam emulator bisa memenuhi perangkat.

Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa penggunaan laptop Setidaknya masih baru. Apabila laptop tersebut sudah digunakan selama bertahun-tahun, dikhawatirkan bahwa emulator ini justru akan memberatkan perangkat.

Baca Juga:  Cara Mengubah Bahasa di Laptop Windows, Mac dan Linux

Tetap akan percuma meskipun komputer atau laptop tersebut memiliki RAM besar karena kondisi laptop tidak berjalan seperti awal. Lain cerita apabila pengguna sudah melakukan instal ulang sebelum mengunduh aplikasi.

Dengan zaman yang serba digital seperti sekarang ini, mengetahui banyak hal memang harus diwajibkan oleh masyarakat. Misalnya saja penggunaan emulator Android PC bisa digunakan apabila ada hal mendesak pada ponsel Anda.