Gunakan Handphone, Cara Membuat Tanda Tangan di Word Simpel

Cara membuat tanda tangan di word memang diperlukan, jika Anda seorang pekerja kantoran atau pelajar. Microsoft Word saat ini menjadi salah satu perangkat lunak pengolah kata yang populer dan sudah mempunyai banyak pengguna di seluruh dunia.

Perangkat lunak ini bisa menjadi pilihan utama ketika seseorang ingin menulis sebuah proposal, tugas, tugas akhir, kontrak, dan dokumen lainnya. Oleh sebab itu, bisa dimaklumi bila banyak orang yang ingin menambahkan tanda tangan dengan cepat di akhir dokumen.

Cara Membuat Tanda Tangan di Word Simpel

Kabar baiknya saat ini untuk menambahkan tanda tangan ke dokumen Word menjadi hal mudah yang dapat dilakukan. Microsoft Word kini sudah menyediakan fitur Cara membuat tanda tangan di word.

Sehingga cara membuat tanda tangan pada Word ini tidaklah terlalu sulit untuk diikuti. Bahkan, tentunya bisa langsung membantu menyelesaikan dokumen-dokumen penting yang memerlukan tanda tangan.

Berikut ini sudah ada beberapa Cara membuat tanda tangan di word, agar mempermudah Anda ketika ingin membubuhkan tanda tangan di file Word. Anda pasti mulai berpikir bahwa tanda tangan digital dan tanda tangan elektronik merupakan hal yang sama. Namun pada kenyataannya, kedua jenis tanda tangan ini mempunyai perbedaan secara signifikan.

Melansir dari pandadoc, tanda tangan digital merupakan salah satu merek digital terenkripsi yang memang aman dan memerlukan perangkat lunak khusus. Selain itu, juga sudah ada sertifikat digital dari pengirim dan penerima.

Jadi Anda harus membeli sertifikat ini terlebih dahulu dari perusahaan penerbit. Sementara itu tanda tangan elektronik sebenarnya hanyalah tanda virtual yang akan ditambahkan ke dokumen.

Di mana biasanya memiliki bentuk gambar tanda tangan atau teks yang dapat langsung diketik dengan tangan. Hal ini tergantung dari perangkat lunak yang akan digunakan untuk menandatangani dokumen.

Sehingga tanda tangan elektronik biasanya akan dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan. Misalnya saja, seperti sertifikat yang menyertakan waktu dan tanggal tanda tangan. Selain itu juga tangan elektronik dan digital legal, aman, serta bisa diberlakukan sepenuhnya.

Apabila Anda ingin sekali mencoba menambahkan tanda tangan digital ke dokumen Word. Maka dibawah ini sudah ada beberapa Cara membuat tanda tangan di word.

  1. Pertama, Anda bisa langsung memindahkan kursor ke area yang ingin dibubuhi tanda tangan di dokumen Word. Selanjutnya, bisa langsung pilih tab Insert.
  2. Anda harus mengarahkan kursor ke bagian Teks dan pilihlah Signature Line. Selanjutnya, bisa Klik Microsoft Office Signature Line dan kotak dialog Signature Setup yang nantinya akan muncul.
  3. Cara membuat tanda tangan di word Anda bisa masukkan data, seperti nama penanda tangan, jabatan, alamat email, serta instruksi lebih lanjut. Berikutnya, bisa langsung centang kotak bila diperlukan (jika Anda perlu menandatangani ini akan menjadi detail).
  4. Berikutnya, bisa Klik OK. Kemudian, pilihlah kanan pada bagian tanda tangan dan ketik nama Anda atau unggah gambar tanda tangan.
Baca Juga:  Rahasia Cara Menyadap WA Pasangan, Dijamin Ampuh

Cara Membuat Tanda Tangan Secara Elektronik

Bagi sebagian orang pasti lebih memilih untuk menambahkan tanda tangan elektronik, bila dibandingkan dengan tanda tangan digital ke dokumen. Umumnya, Microsoft Word akan membuat keinginan banyak orang ini jauh lebih mudah untuk dilakukan.

Bahkan, bisa menambahkan tanda tangan elektronik langsung. Berikut ini sudah ada bedanya Cara membuat tanda tangan di word yang bisa langsung diikuti:

  1. Pertama-tama, bisa langsung buat tanda tangan di tengah selembar kertas putih kosong dengan cara menuliskan tangan. Kemudian, bisa langsung pindai atau scan tanda tangan yang telah dibuat tersebut. Berikutnya, Anda bisa langsung simpan di komputer dalam salah satu format file .bmp, .gif, .png, atau .jpg.
  2. Kemudian, bisa langsung buka file gambar di Microsoft Word dengan cara mengklik tab Insert terlebih dahulu dan pilih Picture. Berikutnya, bisa langsung klik pada gambar dan edit dengan cara menggunakan tab Picture Tools Format.
  3. Apabila Anda telah selesai maka dapat langsung mengedit gambar. Cara membuat tanda tangan di word Anda bisa klik kanan pada gambar dan pilihlah Save As Picture.
  4. Sementara itu, jika Anda ingin menambahkan tanda tangan elektronik ke dokumen Word, maka bisa klik Insert dan Picture, kemudian cari file gambar yang sudah diedit. Kemudian, bisa langsung seret dan lepas di tempat yang diinginkan pada dokumen Word. Jadi tanda tangan elektronik Anda pun sudah selesai dengan benar.

Cara Menambahkan Garis Tanda Tangan di Word

Selain cara yang ada di atas, tidak jarang sebuah dokumen juga memerlukan tanda tangan orang lain. Agar bisa langsung membuat dokumen tersebut terlihat rapi, biasanya bisa diberi garis khusus terlebih dahulu untuk menunjukkan di mana seseorang harus membubuhi tanda tangannya.

Cara membuat tanda tangan di word saat ini sudah ada Microsoft Word. Bahkan, Microsoft word sudah menyediakan cara untuk menambahkan garis tanda tangan ini untuk kebutuhan dokumen Word. Agar bisa menambahkan garis tanda tangan ke dalam dokumen Word, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, bisa langsung klik kiri di tempat Anda ingin meletakkan garis tanda tangan pada dokumen Word. Selanjutnya, bisa pilih Signature Line dari bagian Insert.
  2. Selanjutnya, bisa pilih kotak dialog akan muncul. Anda bisa langsung pilih opsi yang diperlukan, lalu ketik OK. Cara ini sangat mudah Anda lakukan jika paham dengan langkah ini.
Baca Juga:  Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di HP

Cara Membuat Tanda Tangan Melalui Android

Apabila Anda saat ini sedang berada di luar dan tidak membawa laptop, maka juga bisa mengurus dokumen untuk membuat tanda tangan hanya melalui smartphone. Hal yang paling dibutuhkan untuk membuat tanda tangan melalui ponsel ini hanya menggunakan aplikasi Adobe Fill & Sign.

Jika Anda sudah berhasil mengunduh aplikasi tersebut, maka bisa langsung ikuti langkah-langkah Cara membuat tanda tangan di word. Berikut ini sudah ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti dengan mudah dan cepat.

  1. Pertama-tama, Anda bisa jalankan aplikasi Adobe Fill & Sign terlebih dahulu. Berikutnya, langsung pilih icon pena lalu pilih Create Signature.
  2. Selanjutnya, segeralah buat tanda tangan hanya dengan menggunakan jari di layar smartphone. Apabila Anda sudah selesai maka pilihlah Done.
  3. Cara membuat tanda tangan di word, Anda juga harus memastikan bahwa dokumen Word yang ingin ditandatangani sudah langsung tersimpan di smartphone sebelumnya. Berikutnya, Anda pilih opsi Select a form to fill out untuk menambahkan langsung dokumen dengan tanda tangan.
  4. Apabila Anda sudah masuk ke dalam dokumen yang ingin di tanda tangani. Maka pilihlah sebuah ikon pena, lalu pilih Signature. Anda harus bisa menempatkan tanda tangan dengan cara menyeret tanda tangan di tempat yang diinginkan dan selesai.

Dari beberapa cara yang ada di atas, Anda bisa langsung menerapkan salah satunya. Namun, Anda harus mengikuti seluruh langkah-langkah yang telah dijelaskan diatas agar tidak ada kesalahan apapun. Cara membuat tanda tangan di word sebenarnya sangat simpel dan mudah digunakan jika Anda paham dengan langkah-langkahnya.