Cara Ubah File PDF Ke Word Agar Tidak Berantakan

Cara ubah file PDF ke word saat ini sudah banyak dilakukan dalam dunia kerja. Format dokumen PDF memang ini tidak dapat langsung diedit, sehingga bila ada hal yang diubah, harus meng-convert terlebih dahulu.

Informasi kali ini akan membahas, cara mengubah dokumen PDF ke Word. Anda bisa langsung melakukannya secara online dan gratis, bagi yang masih belum tahu caranya, simak ulasan berikut ini.

Cara Ubah File PDF ke Word Pakai Aplikasi

Umumnya, dalam dunia kerja, file yang dikirim pasti menggunakan format PDF. Hal ini dikarenakan format ini dianggap lebih aman dan dapat dibuka melalui berbagai perangkat dengan tampilan sama. Bahkan, isi dari file PDF juga tidak mudah berubah.

Namun, ada saatnya Anda perlu menambahkan atau merevisi isi dari dokumen PDF yang diterima. Beruntungnya, saat ini sudah ada berbagai cara ubah file PDF ke word mudah dan praktis, seperti di bawah ini.

  1. Adobe Acrobat Pro

Terdapat beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengconvert PDF ke Word, yakni Adobe Acrobat Pro, UniPDF, Architect PDF, dan lainnya. Contoh yang ada di bawah ini, menggunakan Adobe.

  • Pertama, bisa langsung buka software Adobe Acrobat PRO. Selanjutnya, buka file PDF yang ingin diubah menjadi Word.
  • Berikutnya, klik File, Export To, pilih Microsoft Word. Lalu pilih Word Document atau format Word sesuai kebutuhan.
  • Pilihlah lokasi penyimpanan, dan klik Save. Berikutnya, File PDF telah tersimpan dalam format Word dan bisa mulai mengeditnya.
  1. UniPDF

Adapun ubah file PDF ke word lainnya ada bisa menggunakan UniPDF. Berikut ini sudah ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti dengan mudah dan cepat.

  • Pertama, bisa langsung unduh dan instal software UniPDF. Selanjutnya, buka software UniPDF. Lalu Kliklah +Add di bagian bawah dan pilihlah file PDF yang ingin diubah.
  • Kemudian, pilih bagian Output Format, klik opsi Word. Berikutnya, ketuk convert dan pilihlah lokasi tempat file Word akan disimpan. Klik OK.
  • Tunggu sampai file benar-benar selesai dikonversi. Apabila sudah, Anda bisa langsung membuka hasil konversi melalui opsi Open converted Files.
Baca Juga:  Cara Ubah PDF ke Word Paling Cepat dan Efektif

#Ubah PDF ke Word Pakai Google Docs

Ansa juga bisa ubah file PDF ke word di Google Docs dengan mudah. Meski saat ini banyak yang belum tahu padahal Google Docs sangat berguna. Apabila Anda ingin coba convert PDF ke Word di Google Docs, ikutilah cara di bawah ini!

  1. Pertama, bisa langsung buka Google Docs. Jika sudah terbuka, pilihlah file PDF yang ingin di convert, lalu upload.
  2. Agar bisa mengubah format, Anda tinggal klik menu “File”. Selanjutnya, bisa pilih “Download As…”, dan pilih format Microsoft Word. Berikutnya, file secara otomatis masuk ke folder di komputer/laptop.

#Convert PDF ke Word dengan Microsoft Word

Apabila Microsoft Word di laptop atau komputer sudah versi 2013 maka bisa langsung ubah file PDF ke word. Berikut ini sudah ada beberapa langkah yang dapat diikuti.

  1. Pertama, bisa langsung buka aplikasi Microsoft Word. Lalu kliklah opens another document.
  2. Kemudian, bisa langsung cari file PDF mana yang ingin diubah menjadi word. Jika sudah selesai akan muncul pop-up yang memberitahukan bahwa file PDF akan di-convert dalam format Word dan klik OK.
  3. Tunggulah sampai proses selesai. Apabila sudah selesai, file dapat langsung Anda edit sesuai kebutuhan. Selanjutnya, Anda bisa langsung Save As dengan Ekstensi Word yang diinginkan doc atau docx.

Cara Mengconvert PDF ke Word di HP

Cara ubah file PDF ke word lainnya yang bisa Anda lakukan untuk convert PDF ke Word, dengan menggunakan aplikasi di HP. Saat ini sudah ada beberapa aplikasi di PlayStore yang bisa Anda gunakan untuk mengubah dokumen.

PDF Convert

Apabila Anda belum pernah coba, silakan download aplikasinya. Selanjutnya, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, bisa langsung buka aplikasi PDF converter di Google Play. Apalagi sudah, selanjutnya, buka aplikasi PDF converter. Kemudian, Anda bisa pilih file PDF yang ingin diubah.
  • Selanjutnya, Ansa pilih jenis file ingin dikonversi Word. Berikutnya, file PDF berhasil diubah menjadi sebuah Word.

WPS Office

Anda harus download aplikasi WPS Office di HP mu, dengan mengunduh aplikasi WPS Office di Google Play Store. Adapun cara ubah file PDF ke word, seperti berikut ini.

  • Pertama, bisa buka aplikasi WPS Office, lalu pilih file PDF yang ingin di convert. Kemudian, bisa masukkan ke menu “Special Features”, dan pilih “PDF to Word”.
  • Apabila ada pop up, klik “OK” dan tunggu hingga dokumen terbuka sepenuhnya. Kemudian, Anda bisa pilih “Save As”. Dokumen yang sudah selesai diubah dalam format Word biasanya akan tersimpan di HP.
Baca Juga:  Cara Melacak Nomor HP Lewat Google Maps  Mudah Diterapkan

Convert PDF ke Word di Berbagai Situs

Apabila Anda ingin ubah file PDF ke word tanpa aplikasi dan ingin praktis. Maka cara convert PDF ke Word online bisa menjadi jawabannya.

Saat ini tidak terlalu sulit menemukan website yang bisa Anda gunakan untuk convert file. Berikut ini sudah ada beberapa situs yang bisa Anda langsung gunakan.

Melalui Ilovepdf.com

Situs web ini bisa menjadi salah satu referensi untuk Anda yang ingin mengubah file PDF. Untuk langkah-langkahnya bisa langsung Anda ikuti di bawah ini.

  • Pertama-tama, Anda wajib membuka situsnya. Kemudian, bisa langsung memasukkan file PDF dengan cara, drag file PDF ke halaman situs. Anda juga bisa pilih ‘Select PDF file’.
  • Lalu nantinya akan langsung diarahkan ke halaman selanjutnya, kemudian bisa pilih ‘convert to Word’. Tunggu proses tersebut sampai selesai ubah file PDF ke word dan klik ‘Download’.

Menggunakan Smallpdf

Selain cara yang ada diatas, ada langkah-langkah lainnya yang bisa Anda lakukan. Berikut ini sudah ada beberapa langkah untuk ubah file PDF ke word menggunakan SmallPDF, yaitu:

  • Pertama, bisa buka langsung situsnya. Lalu masukkanlah file PDF yang ingin diubah dengan cara drag file PDF-mu ke bagian unggah file.
  • Situs ini biasanya secara otomatis memulai proses konversi. Tunggulah konverter selesai mengubah PDF ke Word dan install file Word.

Menggunakan pdf2doc.com

Cara ubah file PDF ke word berikutnya, bisa menggunakan pdf2doc.com. Berikut ini sudah ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti dengan mudah.

  • Pertama, bisa langsung buka situs com. Jika sudah masuk, maka pada bagian tab, bisa di pilih PDF to DOC atau PDF to DOCX.
  • Kemudian, klik tombol UPLOAD FILES dan pilih file PDF yang akan di-convert. Lalu Anda bisa mengupload banyak file PDF sekaligus untuk di-convert.
  • Tunggu proses convert sampai selesai. Selanjutnya, bisa download file yang sudah di-convert tadi dengan klik tombol download atau download all bila sebelumnya mengunggah banyak file.

Berbagai macam cara convert PDF ke Word agar tidak berantakan yang ada diatas bisa Anda coba. Jadi bisa saat ini Anda sedang mempersiapkan berkas lamaran kerja. Maka sebaiknya dokumen sudah memiliki format yang tidak terpisah dengan ubah file PDF ke word.