Cara Membuat Tabel di Excel dan Berbagai Informasi Lainnya

Sebagai pemula yang baru menggunakan miscrosotf office, mengetahui cara membuat tabel di excel memang harus dilakukan. Karena itu merupakan langkah dasar yang kiranya perlu dimiliki oleh setiap pemula.

Karena hampir seluruh aktivitas excel membutuhkan tabel. Maka dari itu sebagai pemula juga wajib mengetahuinya. Tidak hanya excel saja, ms. Office masih ada banyak jenis lainnya seperti word, power point dan lain sebagainya.

Masing-masing jenis itu memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan. Jadi nantinya ketika orang ingin menggunakan ms.office disesuaikan dengan kebutuhan.

Misalnya ms.word itu bisanya dikhususkan dalam pembuatan surat menyurat. Sedangkan hal-hal yang berbau hitungan data dan lain sebagainya menggunakan ms.excel.

Cara Membuat Tabel di Excel

Setelah mengetahui berbagai pengertian, kemudian juga kegunaan hingga elemen dari adanya tabel excel itu sendiri. Artinya dapat disimpulkan bahwa mengetahui cara membuat tabel di excel itu sangatlah penting.

Karena dengan adanya pemahaman mengenai cara yang baik dan benar mengenai pembuatan tabel itu, akan sangat membantu. Terutama bagi Anda yang memang sehari-hari akrab dengan excel.

Terlebih dalam pembuatan tabel itu juga sebenarnya mudah dilakukan. Asal mau belajar, pastinya setiap orang bisa melakukannya. Hanya saja yang menjadi persoalannya adalah tidak sedikit pula yang tidak ingin mengetahuinya.

Melihat hal tersebut, maka penting kiranya untuk mengetahui bagaimana cara membuat tabel di excel itu sendiri. Oleh sebab itu Anda perlu menyimak beberapa langkah berikut ini.

Cara Membuat Tabel Menggunakan Insert Tabel

Setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan apabila ingin melakukan pembuatan tabel. Yang pertama yakni dengan menggunakan insert tabel.

Cara yang pertama ini dapat dilakukan dengan mudah, mula-mula Anda perlu menyiapkan sel atau rentang yang kiranya dibutuhkan dalam pembuatan data nantinya.

Setelah menyiapkan ruang tersebut maka langkah berikutnya Anda perlu memilih menu yang tersedia pada tab insert. Setelah itu nantinya aka nada banyak pilihan, kemudian pilih table.

Cara membuat tabel di excel dengan menggunakan menu insert tabel berikutnya akan muncul option box pada layar. Nanti Anda tinggal memilih create table, untuk melanjutkan langkah berikutnya.

Baca Juga:  Cara Screenshot HP Oppo, Ini Beberapa Cara Termudahnya

Setelah itu, Anda perlu menyesuaikan dengan rentang atau sel yang diinginkan. Apabila dirasa sudah sesuai, maka langkah berikutnya adalah mengatur tabel yang hendak dibuat tadi pada menu my table.

Kemudian Anda tinggal mengklik ok, sebagai persetujuan dari tabel yang diinginkan tadi. Setelah itu Anda menunggu beberapa saat, kemudian akan muncul tabel pada lembar kerja excel Anda.

Cara Membuat Tabel Menggunakan Format as Tabel

Selain menggunakan cara yang pertama, Anda juga bisa menggunakan cara membuat tabel di excel dengan menggunakan cara lainnya yakni dengan format as table.

Apabila ingin menggunakan cara yang satu ini, Anda perlu menyesuaikan rentang atau sel yang diinginkan atau dirubah menjadi tabel. Setelah itu Anda perlu mengklik menu beranda pada laman kerja excel Anda.

Setelah itu Anda perlu memilih menu format as table untuk membuat tabel yang diinginkan. Setelah itu nantinya akan muncul option box dan ikuti langkah berikutnya.

Setelah memastikan bahwa tabel yang diinginkan sudah sesuai dengan keinginan. Maka tinggal klik ok dan tunggu beberapa waktu sampai tabel muncul dipermukaan lembar kerja excel Anda.

Berbagai cara yang dilakukan tadi merupakan langkah yang bisa Anda ambil apabila ingin mengetahui cara membuat tabel di excel yang mudah dan simpel untuk dilakukan.

Penting untuk Mengenal Tabel Excel

Bagi mereka yang sudah lama bersingunggungan dengan ms.excel mungkin sudah mengenal dan mengetahui cara membuat tabel di excel. Namun sebagian diantaranya pasti ada juga yang belum mengetahui.

Sebelum lebih lanjut mengenai caranya, akan lebih baik apabila terlebih dahulu mengenal apa itu tabel excel. Jadi nantinya akan lebih mudah ketika mendapatkan tutorial dari cara pembuatannya.

Perlu diketahui tabel excel merupakan rangkaian tabel yang dibuat khusus, dalam pembuatan tabel ini dapat disesuaikan dengan keinginan si pembuat masing-masing.

Dapat dibuat menjadi tabel yang panjang dengan banyak kolom atau tabel yang singkat dengan hanya beberapa kolom saja. Semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing kolom itu sendiri.

Ketahui Kegunaan dari Tabel Excel

Terciptanya tabel ini tentunya memiliki kegunaannya sendiri. Jadi setiap orang dalam membuat ide sebuah tabel itu memiliki maksudnya tersendiri. Jadi bukan tanpa alasan orang lain ingin mengetahui cara membuat tabel di excel.

Hal ini dilakukan oleh mereka karena ada alasannya. Salah satu alasan paling sering digunakan karena kegunaan dari tabel itu sendiri bisa membantu penyajian data menjadi lebih mudah dibaca.

Baca Juga:  Panduan Ganti Akun Google Termudah untuk User

Sehingga data yang dibuat nantinya akan lebih mudah dibaca oleh orang lain. Itu merupakan fungsi umum dari adanya pembuatan tabel itu sendiri.

Karena tabel itu berupa kolom dan baris sehingga menjadi pemisah antara kata per kata. Itulah yang membuat orang ketika mengetahui cara membuat tabel di excel akan menjadi lebih mudah dalam penerapannya.

Selain itu, dengan adanya tabel di ms.excel juga memiliki kegunaan lainnya. Kegunaannya yakni karena dengan adanya tabel ini nantinya data yang dilampirkan menjadi lebih mudah untuk dihitung.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa data ms. Excel itu lebih banyak berupa data yang berkaitan dengan angka. Dengan angka tersebut pastinya membutuhkan hitungan.

Dengan adanya tabel-tabel itu, nantinya akan memudahkan setiap perhitungan yang terjadi. Terutama dalam memasukkan setiap rumus dari ms.excel yang ada, itu akan memudahkan data terbaca.

Karena hal itulah mengapa kemudian banyak orang yang mulai tertarik untuk menggunakan excel. Karena memang dengan adanya tabel itu sangat membantu khususnya dalam perhitungan data excel.

Berbagai Elemen Pada Tabel Excel

Sebagai pemula dalam dunia ketik mengetik ini, hal lainnya yang perlu diketahui selain cara membuat tabel di excel adalah berbagai elemen yang ada pada tabel tersebut.

Seperti yang diketahui bahwa setiap tabel itu masing-masing memilki unsur atau elemennya masing-masing. Setiap elemen itu sendiri memiliki makna yang jarang orang ketahui.

Sudah sewajarnya bagi Anda yang setiap hari menggunakan tabel excel mengetahui seluruh rangkaian elemen yang ada pada excel itu sendiri. Karena meskipun terkesan sepele, namun hal ini juga perlu diketahui.

Dalam elemen tersebut, didalamnya berisi beberapa baris dan kolom. Pertama yakni terdapat baris header. Baris ini merupakan baris filter yang memiliki fungsi untuk mengurutkan data.

Selain baris header, bagi Anda yang ingin mengetahui cara membuat tabel di excel juga perlu mengetahui elemen lainnya yang ada, misalnya baris berpita.

Selain baris berpita juga ada elemen kolom. Seperti yang telah diketahi bahwa kolom merupakan pemisah antara data satu dengan data lainnya. Maka dari itu ketika penghitungan dimulai, kolom memiliki peranan yang cukup penting.

Nantinya kolom akan membantu Anda dalam menghitung data yang diinginkan. Tinggal klik kolom mana yang ingin dihitung, kemudian dilanjutkan dengan mengisi rumus lainnya.

Elemen lainnya yakni terdapat baris total. Pada elemen ini maksudnya merupakan elemen yang digunakan dalam memasukkan berbagai rumus yang diinginkan. Misalnya seperti SUM, AVERAGE dan masih banyak rumus lainnya.

Baca Juga:  Cara Membuat Google Drive untuk Menyimpan Data Penting