Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth dengan Mudah dan Cepat

Cara mengirim aplikasi lewat Bluetooth bisa Anda lakukan dengan mudah, hal tersebut bisa langsung dilakukan menggunakan Bluetooth yang tersedia. Namun jika fitur tersebut tidak mendukung, bisa mencobanya menggunakan aplikasi tambahan yang akan di rekomendasikan.

Terdapat beberapa aplikasi yang bisa dikirim langsung tanpa harus mendownloadnya terlebih dahulu, mengingat download apk membutuhkan kuota yang banyak maka transfer apk menggunakan Bluetooth bisa menjadi jalan keluarnya.

Apa Itu Bluetooth?

Perlu diketahui Bluetooth merupakan jaringan yang ada pada perangkat tekonologi dan komunikasi, hal tersebut berguna untuk menyalurkan data dari hp atau laptop tanpa menggunakan kabel tambahan.

Karena tidak menggunakan jaringan internet saat menggunakannya, cara mengirim aplikasi lewat Bluetooth banyak dimanfaatkan oleh banyak orang, kebanyakan apk yang disalurkan berupa game dan lainnya.

Cara kerja Bluetooth sendiri tidaklah sulit, para penggunanya cukup menekan tombol yang telah disediakan agar bisa mengaktifkan hal tersebut, setelah itu dengan otomatis Bluetooth akan terditek pada ponsel terdekat yang akan disalurkan apk.

Namun jaringan pada perangkat yang satu ini tidak bisa digunakan untuk jarak jauh, mengingat hanya bisa tersambung jika kedua hp berada berdekatan, tidak bisa mendeteksi perangkat lain yang berada pada jarak sesuai dengan ketentuan.

Dengan hadirnya aplikasi bisa digunakan sebagai pihak ketiga, agar mengirim data atau apk melalui Bluetooth akan menjadi lebih mudah. Karena pada beberapa jenis handphone belum terupgrade yang dimana bisa langsung mengirim apk menggunakannya.

Saat ini, mengirim data memang cukup mudah melalui berbagai aplikasi messanger yang tersedia, namun perlu dipahami hal tersebut membutuhkan jaringan yang kuat serta kuota internet yang cukup, jadi Anda tidak bisa mengirim data jika tidak ada kuota.

Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth Tanpa Aplikasi

Terdapat cara khusus untuk mengirim data tanpa menggunakan aplikasi tambahan, dengan syarat perangkat Anda harus berada pada jarak berdekatan atau yang bisa dijangkau, cara mengirim aplikasi lewat Bluetooth adalah aktifkan Bluetooth yang ada pada hp yang Anda gunakan.

Pastikan penerima juga mengaktifkan Bluetooth miliknya, setelah itu pilihlah aplikasi yang ingin Anda kirim ke hp penerima, buka pengaturan lalu lanjutkan dengan membuka menu pengaturan aplikasi.

Baca Juga:  Gunakan Handphone, Cara Membuat Tanda Tangan di Word Simpel

Jika sudah mengaturnya, ketuk dan tahan aplikasi yang ingin dikirim lalu klik share, pilih perangkat tujuan untuk dapat mengirim data tersebut, tunggu beberapa saat sampai proses pengiriman selesai, setelah itu apk berhasil disalurkan.

Jika Anda pengguna iphone, cara mengirim aplikasi lewat Bluetooth dapat dilakukan melalui airdrop, airdrop mempunyai fungsi yang sama dengan Bluetooth. Namun perlu diingat airdrop hanya bisa digunakan untuk mengirim antara hp iphone dan iphone.

Caranya cukup mudah, tekan saja control center Anda, lalu pilih airdrop, kemudian nanti akan diberikan opsi, melakukan pengiriman hanya dengan contact saja atau everyone (semua orang). Selanjutnya Anda bisa memilih data atau apk yang ingin dikirim, tekan lama dan tekan icon share.

Tunggu hingga airdrop iphone teman Anda terdapat di daftar, jika sudah ada di dalam daftar, proses pengiriman akan otomatis termulai, dan tunggu hingga proses selesai agar data atau apk yang ingin diberikan dapat langsung tersimpan pada icloud atau penyimpanan di iphone.

Jika melakukannya menggunakan Bluetooth yang sudah tersedia di ponsel tidak membuahkan hasil. Maka Anda wajib menggunakan aplikasi tambahan agar mempermudah proses pengiriman, semua app bisa di download melalui google play store dengan gratis.

Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth Menggunakan Aplikasi Tambahan

Berikut merupakan cara mengirim aplikasi lewat Bluetooth dengan mudah menggunakan apk tambahan yang bisa membantu Anda untuk mengirim aplikasi ke teman, saudara atau keluarga dengan cepat. Berikut ini penjelasan lengkapnya untuk Anda.

  1. ShareCloud

Sharecloud akan membantu Anda untuk mengirim apk kepada teman yang membutuhkan, tidak hanya itu disini juga bisa mengirm apk melalui hotspot, email, faecbook hingga whatapp dan data yang lainnya, jadi bisa sangat membantu Anda.

Cara mengirim aplikasi lewat Bluetooth dengan sharecloud, dapat Anda mulai dengan menginstalnya terlebih dahulu, jika sudah pilih menu aplikasi dan pilihlah yang ingin dikirim, setelah itu tekan ikon share, pilih opsi Bluetooth dan tunggu prosesnya.

  1. ES File Explorer

Selain sharecloud, cara mengirim aplikasi lewat Bluetooth juga bisa dilakukan menggunakan es file explorer yang bisa langsung di download dengan gratis, dengan berbagai fitur menarik, apk ini akan benar-benar membantu.

Caranya juga cukup simple yaitu unduh terlebih dahulu, kemudian buka apk nya, pada laman pertama pililhlah menu APP untuk dapat melihat daftar apk yang ada di handphone, pilih app yang ingin dikirim lalu klik share, lalu proses dan selesai.

  1. APP Backup & Restore

Rekomendasi apk yang terakhir adalah app backup & restore, sesuai dengan namanya, apk ini berfungsi untuk mengbackup dan juga restore apk yang tersedia, apk ini juga menyediakan fitur untuk mengirim data dan apk dari handphone Anda.

Baca Juga:  Aplikasi Kamera Terbaik

Berikut cara mengirim aplikasi lewat Bluetooth, unduh terlebih dahulu, buka app backup & restore, jangan lupa untuk mengaktifkan Bluetooth terlebih dahulu. Pilih app yang ingin dikirim, jika sudah klik tanda send dibagian kanan atas menu lalu tunggu sampai prosesnya selesai.

Berikut Mengetahui Fungsi dari Bluetooth

Perlu diketahui, selain berguna untuk mengirim berbagai file data. Bluetooth juga mempunya banyak fungsi yang nggak banyak orang tau, pada artikel ini kami akan memberikan informasinya khusus untuk Anda.

Fungsi lainnya adalah untuk print file, sebagian printer sudah banyak yang support untuk dapat mencetak file menggunakan jaringan ini. Jadi Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk memasang kabel dari ponsel ke laptop atau dari laptop ke printer.

Saat ini, jika kamera digital atau handycam yang Anda miliki sudah sampai pada kapasitas memori, Anda bisa mengirimkannya melalui Bluetooth, sudah banyak kamera digital maupun handycam yang sudah support atas hal tersebut.

Yang lagi trend saat ini dan lagi banyak digunakan oleh anak muda adalah headset Bluetooth, dengan bantuan sambungan jaringan tersebut Anda bisa mendengarkan lagu melalui headset yang lagunya diputar dari ponsel tanpa harus ribet-ribet mencolokkan kabel pada ponsel.

Jika ingin menggunakan koneksi mouse atau keyboard tambahan agar keperluan computer, Anda bisa menyambungkan dengan Bluetooth. Sudah banyak mouse atau keyboard yang tidak lagi menggunakan kabel.

Jaringan ini juga bisa digunakan untuk bermain game dengan gamepad, gamepad adalah sebuah alat yang digunakan sebagai interface antara penggunanya dan computer, tujuannya agar lebih memudahkan dalam bermain game, hal ini sangat memberikan manfaat.

Bluetooth juga dapat berguna agar bisa mengoneksikan dengan proyektor, yang dimana alat ini sering digunakan untuk presentasi di dalam kelas. Jadi Anda tidak akan merasakan kesulitan jika suatu saat listrik mati, karena bisa langsung terkoneksi menggunakan jaringan tersebut.

Informasi mengenai cara mengirim aplikasi lewat Bluetooth di atas akan sangat membantu jika dipahami dengan benar.