Rekomendasi Aplikasi Membuat CV Mudah

Anda harus tahu aplikasi membuat CV ini agar daftar riwayat hidup lebih menarik dan mencuri perhatian HRD. Ada alasannya membuat Curriculum Vitae tidak menarik dan tidak bertele-tele.

Karena CV merupakan kesan pertama pada saat rekruter akan memanggil seseorang untuk di ajak interview. Menurut para rekruter, CV akan memperlihatkan kepribadian dari pelamar itulah sebabnya dokumen penting itu dapan berkaitan dengan kesan pertama.

Rekruter juga dapat melihat keprofesionalitasan seseorang dari profil Anda tersebut. Jadi jangan berpikir lagi pembuatan riwayat hidup asal-asalan. Setidaknya Anda bisa menggunakan aplikasi membuat CV agar bisa membuatnya lebih menarik.

Cara Gampang Membuat CV di Aplikasi Canva

Aplikasi pertama yang sangat sering digunakan untuk membuat CV adalah Canva. Aplikasi ini bisa digunakan melalui gawai atau juga website. Yang jadi kelebihan dari canva ini adalah memiliki banyak sekali design baik yang gratis atau juga berbayar.

Design yang disediakan pada Canva dibuat oleh ratusan desainer berpengalaman dan Anda hanya akan mengganti data-data yang ditampilkan dengan data Anda sendiri. Dengan menggunakan aplikasi membuat CV ini membuat calon pelamar tidak perlu menyusun dari awal desain riwayat hidupnya sendiri. Berikut ini tutorial membuat CV di Aplikasi Canva dengan mudah.

  1. Bukalah aplikasinya

Pertama unduh aplikasi di google play store dan apps store jika Anda akan membuatnya menggunakan gadget. Tetapi jika akan menggunakan dektop Anda bisa membuka laman canva.com untuk bsai memulai rancang desainnya.

  1. Pilih template yang paling disukai dan cocok

Ingatlah dalam pemilihan template, lebih baik cari yang banyak warna dan simple saja. template untuk Curiculum Vitae ini biasanya sudah di disain secara profesional. Jadi walaupun Anda tidak memiliki latar belakang desain grafis, Curiculum vitae Anda akan tetap memiliki layout modern sesuai dengan industri.

  1. Penyuntingan

Walaupun sudah jadi, tetapi terkadang pada desain template yang sudah Ada tidak semua informasi ingin di masukkan. Tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengapus dan menambahkannya lagi dan berikan sentuhan akhir.

  1. Mengkreasikan dengan memanfaatkan fitur desain

Jika dirasa Curiculum vitae terlalu kosong atau kurang, makanya Anda bisa menggunakan fitur desain lengkap dari canva. Contohnya seperti menambahkan layout teks, menambahkan gratis tepi dan masih banyak

  1. Cetak
Baca Juga:  Rahasia Cara Menyadap WA Pasangan, Dijamin Ampuh

Setelah dibuat pada aplikasi membuat CV dengan betul, semua datanya juga pastikan sudah dibuat sebenar-benarnya. Maka waktunya untuk mencetak atau mengkonversikannya menjadi image atau pdf.

Kelebihan Aplikasi Membuat CV Online Canva

Ada alasan mengapa canva menjadi salah satu aplikasi untuk buat CV yang paling banyak digunakan. hal ini dikarenakan canva memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh aplikasi lainnya.

  1. Menghemat waktu

Tanpa disadari, aplikasi membuat CV online gratis ini memiliki banyak sekali format riwayat hidup dengan desain menarik atau pengguna bisa mengatur formatnya sendiri. Jika Anda ingin menghemat waktu, memilih menggunakan template adalah pilihan terbaik.

Jika menggunakan template, pengguna hanya harus menambahkan data-data dan hal lainnya sesuai dengan kebutuhan.

  1. Menampilkan keterampilan unik pada rekruter

Kelebihan lainnya dari aplikasi membuat CV canva adalah dapat menarik perhatian rekruter atau HRD. Karena HRD tidak akan memerlukan waktu yang lama untuk membaca CV Anda apalagi jika tampilannya sangat buruk.

Untuk bisa menarik perhatiannya, Anda bisa menggunakan template unik dari canva agar bisa tampil cukup menonjol. Setidaknya buatlah setiap hurufnya tidak sulit untuk terbaca teruta pada bagian nama.

  1. Tersedia dalam berbagai industri

Desain atau gaya CV pada canva tersedia dalam berbagai macam sektor industri. Karena canva menghadirkan banyak dan beragam warna dan juga hiasan artistik. Termasuk desain minimalis yang paling banyak di sukai oleh HRD.

  1. Menyimpan dan mengedit

Tidak hanya aplikasi membuat CV, canva juga dapat memberikan Anda desain surat lamaran kerja. Hal yang paling memakan waktu pada saat akan melamar kerja adalah menyiapkan CV/surat lamaran kerja berulang-ulang.

Tetapi dengan canva Anda tidak perlu khawatir karena semua desain yang dibuat akan tersimpan otomatis jadi pada saat akan melamar pekerjaan lagi Anda hanya harus menambahkan dan mengubahnya sesuai dengan kebutuhan.

Alasan CV Harus Dibuat Semenarik Mungkin

Membuat CV jadi lebih menarik bisa menggunakan aplikasi membuat CV seperti canva. Tetapi banyak yang masih meyepelekan mengenai dokumen riwayat hidup. Padahal CV berfungsi sebagai wajah Anda yang akan dilihat oleh perekrut.

Jadi semua kesan pertama dan ketertarikan mereka akan ditentukan dalam 1-5 detik perekrut menatap CV Anda. Selain ini ada alasan lainnya CV harus dibuat dengan menarik bahkan kalau bisa menggunakan aplikasi membuat CV.

  1. Memperkenalkan Anda secara singkat

Daftar riwayat hidup berisi tentang semua informasi dasar Anda dari mulai nama lengkap, nomer telepon, alamat rumah, alamat email hingga pengalaman kerja dan riwayat pendidikan. Tetapi usahakan untuk tidak bertele-tele dan tulislah informasi dengan singkat, padat dan jelas.

  1. Menonjolkan kemampuan
Baca Juga:  Jangan Panik, Ini 5 Cara Mematikan Laptop Saat Error

Dalam melamar pekerjaan, Anda harus pintar-pintar untuk mempromosikan diri sendiri. Tonjolkan kemampuan yang dimiliki pada CV dengan jujur tidak dilebih-lebihkan. Agar kelebihan tersebut bisa terlihat tetapi disarankan untuk tidak menuliskan juga kelemahan.

  1. Menarik perhatikan rekruter

Seperti yang sudah di jelaskan, daftar riwayat hidup yang cukup menarik akan membuat rekruter tertarik untuk bisa baca lebih jauh untuk daftar riwayat Anda. Cara ini dapat meningkatkan kemungkinan Anda akan lulus wawancara.

Baca juga: Aplikasi Kamera Terbaik

Tips Membuat CV Agar Dilirik HRD

Kesal karena CV dan lamaran tidak diterima terus, mungkin penyebabnya adalah Anda belum membuat desain CV menjadi lebih diril HRD. Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan pada saat aplikasi membuat CV online digunakan.

  1. Informasi Pengalaman Kerja masukkan dengan detail

Informasi yang ada pada riwayat hidup biasanya dibuat sesingkat mungkin dengan syarat walalupun singkat harus jelas dan juga padat. Berbeda pada bagian pengalaman kerja, tulislah secara detail mengenai informasi pengalaman kerja Anda.

Seperti tanggung jawab yang diberikan sampai dengan kompleksitas Anda untuk tempat kerja sebelumnya.

  1. Menyisipkan kontak referensi

Salah satu yang penting selanjutnya adalah menyiapkan kontak referensi yang berfungsi jika nomor utama tidak bisa dihubungakan nomor kontak utama yang dicantumkan tidak dapat dihubungi.

  1. Tunjukan keahlian dalam bahasa asing

Menguasai bahasa asing bisa menjadi nlai tambah dan membuat rekruter jadi tertarik dengan tawaran Anda. Terutama bahasa inggris sebagai bahasa global secara resmi, terlebih lagi tempat yang Anda akan lamar adalah perusahaan multinasional.

  1. Menambahkan soft skill

Jika hard skill adalah kemampuan yang biasanya akan dibutuhkan sebuah pekerjaan. sedangkan soft skill merupakan kemampuan yang berkaitan dengan kepribadian, atribut personan hingga dengan kemampuan komunikasi.

Memiliki softskill juga dapat membantu berpikir krtis, meningkatkan kepemimpinan hingga dapat bekerja sama dengan tim dengan baik.

Menyebutkan hard skill pada kewajiban memang hal yang dibutuhkan tetapi tidak ada salahnya untuk menambahkan keterampilan soft skill. Agar dapat menonjolkan diri Anda sudah memiliki pengalaman dan kepribadian yang baik.

Ingatlah CV lengkap dan baik belum tentu bisa membuat Anda diterima oleh perusahaan. Tetapi dengan bantuan aplikasi membuat CV online, Canva bisa dibuat jadi lebih menarik dalam waktu yang singkat.