Cara Ubah PDF ke Word Paling Cepat dan Efektif

Cara ubah pdf ke word banyak dicari sebagian orang. Karena tingkat kesulitan mengeditnya pdf seringkali menjadi masalah. Ini berbanding terbalik dengan Microsoft word atau docx yang lebih fleksibel dalam pengeditanya.

File atau dokumen yang disimpan menjadi pdf mempunyai kelebihan bisa menampilkan file sama persis walaupun dibuka di pc atau laptop yang mempunyai sistem yang berbeda. Mungkin Anda sering merasakan keunggulan file pdf tersebut.

Ketika Anda menulis dan mengirim file dengan bentuk dokumen yang bukan pdf ke laptop atau pc lain, file tersebut harus diedit kembali karena berantakan. Maka banyak instansi memilih PDF sebagai pilihan utama.

Tetapi karena kesulitan mengeditnya, itu pun menjadi masalah. Karna kepentingan tertentu Anda harus tahu cara ubah pdf ke word agar memudahkan proses pengeditan.

Cara Ubah PDF ke Word Via Website

Ada beberapa cara dalam melakukannya dengan mudah dan cepat. Mulai dari menggunakan aplikasi hingga yang tidak menggunakan aplikasi. Ketika tidak memakai aplikasi, website online gratis biasanya dijadikan referensi terbaik.

Ternyata cara ubah pdf ke word tanpa menggunakan aplikasi dengan menggunakan situs gratis juga cukup praktis. Anda hanya membutuhkan jaringan internet untuk bisa dengan mudak mengekspor file word dari pdf. Bagaimana caranya? ini Langkah-langkahnya.

  1. com

Pastikan pc atau laptop Anda mempunyai jaringan internet lalu Buka situs smallpdf.com di kolom pencarian internet. Anda bisa langsung mencarinya di google dengan memaasukkan kata kunci smallpdf. Nantinya situs tersebut akan berada di urutan paling atas.

Langsung saja klik dan Anda akan diarahkan ke halaman utama website. Di website tersebut, pilih opsi ubah pdf ke word. Nantinya Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya dengan fitur import yang ada di halaman utama website.

Fitur import tersebut berguna untuk menambahkan file PDF yang akan diubah menjadi word. Oleh karena itu, langsung saja Import file pdf yang akan diubah. Di sini Anda harus menunggu hingga proses import tersebut selesai.

Jika proses importnya sudah selesai, pilih saja opsi convert yang ada di halaman tersebut. Di sini Anda tinggal menunggu beberapa saat. Jika prosesnya sudah selesai, Anda sudah berhasil mengubah file pdf ke word.

Pada tahap terakhir dalam cara ubah PDF ke word, langsung saja unduh file word yang dihasilkan. Tunggu hingga proses unduhannya selesai. Setelah selesai, file word sudah didapatkan dan Anda bisa melakukan editing secara lebih bebas.

  1. com
Baca Juga:  Mudahnya Cara Download Lagu di Youtube Berbentuk MP3

Cara ubah PDF ke word selanjutnya adalah dengan memakai ilovepdf.com. tidak menambahkan situs ini sendiri bisa dibilang sebagai keputusan yang cukup aneh. Itu karena, popularitas ilovepdf dalam melakukan konversi file sangat tinggi.

Untuk menggunakannya, buka internet lalu ketik di mesin pencarian situs IlovePDF.com. Nantinya Anda akan otomatis masuk ke situs resmi dari ILovePDF. Setelah masuk ke situs akan ada berbagai pilihan konversi yang tersedia.

Disini pilihlah fitur pdf ke word. Nantinya Anda akan diarahkan menuju halaman selanjutnya. Pada halaman tersebut, opsi convert akan muncul pada halaman depan. Pilih opsi itu kemudia pilih file yang akan Anda ubah. Pastikan pemilihan file dilakukan secara benar.

Langsung saja klik convert dan tunggu hingga proses unggah selesai. File akan terunggah lalu Anda bisa melanjutkan tahapannya. Tahap selanjutnya dalam Cara ubah PDF ke word adalah klik convert.

Nantinya proses convert ini akan memakan waktu. Anda hanya perlu tunggu sebentar sampai file tersebut berubah. Jika sudah selesai, langsung saja unduh file docx yang dihasilkan.

Klik unduh dan tunggu hingga proses unduhannya selesai. Disini Anda sudah bisa mengedit file atau dokumen yang telah menjadi docx.

Baca juga: Cara Ubah File PDF Ke Word Agar Tidak Berantakan

Cara Mengubah PDF ke Word Menggunakan Microsoft Word

Cara ubah pdf ke word selanjutnya bisa dilakukan dengan mudah yaitu menggunakan Microsoft word langsung. Bisa dibilang, ini adalah cara sederhana yang jarang diketahui. Untuk Anda yang belum tahu caranya, mulailah langkah dengan membuka microsoft word.

Anda bisa membuka Microsoft word di laptop atau pc. Microsfot word yang dibuka sendiri sebaiknya merupakan versi terbaru. Tetapi jika tidak ada, memilih yang lebih tua bukanlah masalah. Setelah microsoft word terbuka, pilihlah file yang ada di bagian atas.

Di sini akan muncul beberapa pilihan yang akan memberikan perintah tertentu. Anda bisa pilih dan klik OPEN. Nantinya Anda harus memasukkan file pdf yang akan dikonversi. Oleh karena itu, langsung saja pilih file pdf yang akan Anda ubah.

Tahap selanjutnya dalam cara ubah pdf ke word adalah melakukan konfirmasi. Itu karena, akan ada pemberitahuan kalau file tersebut akan diubah menjadi word. Di sini pilih dan klik OK untuk mengonfirmasi perubahan tersebut.

Anda tinggal menunggu beberapa saat ketika proses konversi berjalan. Apabila proses konversi sudah selesai, file pdf akan ditampilkan dalam bentuk Microsoft word. Disini Anda hanya perlu menyimpannya dalam bentuk word.

Baca Juga:  Cara Mudah Merekam Layar Laptop dan PC Secara Praktis

Caranya adalah dengan kembali memilih file. Namun disini Anda harus memilih Save As. Sebenarnya bisa juga langsung menekan CTRL+S. Langsung saja beri nama file tersebut. setelah selesai, Anda bisa menggunakan file tersebut secara lebih bebas.

Cara Mengubah Pdf ke Word Menggunakan Aplikasi

Berbeda dengan cara ubah pdf ke word sebelumnya, cara mengubah pdf kali ini adalah dengan memakai aplikasi tambahan. Anda yang tidak mempunyai internet tetap bisa menggunakan cara ini.

Itu karena dengan aplikasi ini kalian tidak perlu menggunakan jaringan internet. Aplikasi yang dimaksud sendiri adalah adobe acrobat Pro. Langkah langkah yang yang perlu dilalui untuk menggunakannya juga terbilang cukup mudah.

Pertama, unduh atau pasang aplikasi adobe acrobat pro terlebih dahulu. Proses unduhan sendiri bisa dilakukan dengan mudah. Langsung saja masuk ke google dan isikan di kolom pencarian “download adobe acrobat pro”.

Nantinya akan muncul banyak situs untuk mengunduhnya dan Anda bisa memilih situs yang dirasa paling mudah. Setelah aplikasinya terunduh, tahap selanjutnya dalam cara ubah pdf ke word adalah membuka file pdf yang akan diubah tersebut.

Tentu Anda perlu membukanya menggunakan adobe acrobat pro. Jika penggunaan adobe acrobat pro tidak otomatis, klik kanan pada file pdf yang akan dibuka. Setelah melakukan klik kanan, pilih open with dan lanjutkan dengan mencari aplikasi adobe acrobat pro.

Nantinya file tersebut akan otomatis dibuka. Selanjutnya, cari menu FILE kemudian pilih Export to. Nantinya akan muncul berbagai pilihan export dari adobe acrobat. Di sini langsung saja pilih Microsoft word untuk mengubah filenya menjadi docx.

Ketika microsoft word dipilih, proses konversi akan otomatis berlangsung. Nantinya Anda perlu menunggu hingga proses tersebut selesai. Setelah selesai, langsung saja klik save maka file akan langsung tersimpan dengan format yang Anda inginkan.

Sebenarnya, aplikasi untuk cara mengubah pdf ke word sangat banyak. Oleh karena itu, merupakan kesalahan jika menganggap kalau adobe acrobat pro adalah aplikasi satu-satunya.

Anda bisa melakukan riset lebih untuk menemukan aplikasi lain. Tetapi yang paling penting, lakukan cara ubah pdf ke word dengan sebaik mungkin dan sesuai tahapan.