Cara Cek Garansi iPhone, Jangan Tertipu Produk Palsu

Jika saja tertarik untuk membeli smartphone keluaran apple, maka wajib banget tahu cara cek garansi iPhone. Mengapa? Karena ponsel kelas atas tersebut sangat digemari oleh banyak orang.

Sehingga barang palsunya juga banyak diproduksi. Tentu jangan sampai Anda tertipu barang palsu. Jika mengamati harganya, sebenarnya masih banyak orang yang heran mengapa bisa sampai begitu mahal.

Namun, seperti produk pada umumnya, harga mahal sepadan dengan fitur, fasilitas dan kualitasnya. Meskipun terkesan sepele, cek garansi tidak boleh dilewatkan. Lagi pula, Apple sendiri sudah menyediakan fitur untuk melakukan pengecekan.

Kenali Jenis-Jenis Garansi Produk iPhone

Anda perlu tahu jika Apple menyediakan garansi untuk setiap produk yang dikeluarkannya, termasuk iPhone. Tujuannya ialah melindungi konsumen dari produk yang mengalami cacat produksi. Bukan melindungi dari kerusakan yang disebabkan oleh kelalaian pemakainya ya.

Sebelum tahu cara cek garansi iPhone, yuk kenali dahulu jenis-jenis garansinya. Dengan begitu, Anda bisa tahu apakah smartphone yang dibeli memang produk asli atau justru palsu.

  1. Resmi

Pertama, ada garansi resmi. Jenis ini diberikan oleh Apple kepada distributor resmi yang ada di setiap negara, termasuk Indonesia. Nantinya, distributor resmi akan menyerahkannya kepada pengguna dengan ketentuan jangka waktu tertentu.

Jika Anda ingin mendapatkan jenis resmi ini, tentu perlu membeli produk Apple di gerai resmi. Jadi, nantinya bisa melakukan cek garansi iPhone maupun klaim secara mudah jika menemui cacat produksi.

  1. Distributor

Kedua, ada garansi distributor. Jenis ini bisa didapatkan dari distributor yang memasukkan iPhone secara tidak resmi ke Indonesia. Karena sifatnya tidak resmi, tentu harga produk jauh lebih murah.

Namun kekurangannya Anda tidak dapat klaim garansi ke service center resmi Apple. Di sisi lain, banyak distributor yang menipu pembelinya. Sehingga pada akhirnya gagal melakukan klaim ke distributor.

  1. Toko

Garansi toko ini umumnya disediakan untuk produk KW, BM, supercopy maupun refurbish. Jangka waktu berlakunya umumnya 1 bulan sejak tanggal pembelian. Karena bukan produk asli, Anda tidak dapat klaim ke service center resmi.

  1. Internasional

Garansi internasional biasanya diberikan jika Anda membeli iPhone di luar negeri. Umumnya klaim dapat dilakukan di negara lain sesuai aturan yang tertera dalam dokumen terkait. Jenis ini jauh lebih fleksibel daripada jenis lainnya.

Baca Juga:  Cara Menyimpan File di Google Drive, Mudah Dilakukan

Baca juga: Pilihan Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark Terbaik

Apa Saja Jenis Garansi iPhone di Indonesia?

Anda pasti tahu dong jika produk kelas atas seperti Apple pasti ada versi palsunya? Memang banyak pihak mengambil keuntungan dengan membuat produk palsu. Jadi, supaya Anda tidak tertipu produk palsu, coba kenali jenis-jenis garansinya di Indonesia.

  1. Internasional

Seperti sudah disinggung di atas, garansi jenis ini dapat diperoleh kalau Anda membeli iPhone di luar negeri. Klaimnya sendiri boleh dilakukan di negara mana saja. Namun, pastikan dahulu apakah distributor resminya memang menyediakan klaim di negara lain.

  1. Resmi

Garansi resmi biasanya punya masa berlaku sampai 1 tahun sejak tanggal pembelian. Jenis ini diberikan oleh distributor resmi karena Apple tidak mempunyai pabrik di Indonesia. Meskipun terkesan resmi, Anda wajib berhati-hati dengan produk palsu.

  1. Refurbish

Refurbish ialah produk rakitan Apple yang terbuat dari mesin gagal produksi mirip dengan produk rekondisi. Anda bisa melakukan cek garansi iPhone karena produknya asli keluaran Apple.

  1. iPhone Rekondisi

Jika Anda belum tahu, ada yang namanya iPhone rekondisi. Yakni produk yang terbuat dari rakitan sparepart bekas iPhone seri lama. Jadi, biasanya distributor menyediakan garansi dengan waktu 1 tahun untuk produk tersebut.

  1. iPhone Rekondisi BM

Ada lagi iPhone rekondisi BM yang merupakan daur ulang produk bekas black market. Karena bukan barang asli, tentu saja harganya terbilang miring. Namun, Anda tidak bisa cek garansi iPhone jenis ini.

Jadi, kalau sudah tahu jenis-jenis garansinya, pasti lebih mudah untuk membeli produk original bukan? Meskipun membeli di distributor resmi, wajib banget waspada karena tindakan penipuan bisa terjadi dimana saja.

Cara Cek Garansi iPhone Melalui Support Apple

Entah membeli ponsel tipe baru atau lama, jangan lupa memperhatikan garansi. Apple sudah menyediakan fitur untuk melakukan pengecekan, jadi sebagai pengguna Anda perlu memanfaatkannya.

  1. Buka Menu Setting

Pertama-tama, Anda aktifkan dahulu perangkat iPhone. Lantas, temukan menu Setting di dalamnya. Menu ini mudah dijumpai dengan icon roda bergerigi seperti pada merek smartphone lainnya.

  1. Klik General

Kalau menu Setting sudah terbuka, nantinya Anda perlu menemukan pilihan menu General. Anda bisa scroll ke bawah sampai menemukannya. Jangan scroll terlalu cepat agar tidak terlewat begitu saja.

  1. Klik About

Panduan cek garansi iPhone kali ini dilanjutkan dengan mencari menu About. Seperti langkah sebelumnya, tidak perlu terburu-buru untuk menemukannya. Pelan-pelan saja supaya tidak tertekan pilihan menu lainnya.

  1. Nomor IMEI

Jika sudah klik About, nantinya akan tampil kumpulan angka yang menunjukkan nomor IMEI ponsel. Anda boleh menghapalkannya kalau mau. Namun sebenarnya cukup tulis saja di kertas untuk nanti diketik dalam website Apple.

  1. Akses Situs Support Apple

Langkah selanjutnya ialah membuka browser di smartphone Anda. Kemudian ketikkan alamat resminya. Lantas, masukkan nomor IMEI yang tadi Anda tulis dan pilih negara.

  1. Opsi “See Your Service and Support Coverage”

Lanjutkan langkah cek garansi iPhone dengan memilih opsi “See Your Service and Support Coverage” yang tersedia pada menu Service and Repair. Ini merupakan langkah paling akhir yang perlu dilakukan.

  1. Muncul Informasi

Di layar smartphone akan tampil detail status garansi iPhone Anda. Perhatikan baik-baik mengenai detailnya. Dari sini Anda sudah bisa menarik kesimpulan apakah produk yang dibeli termasuk asli atau tidak.

Baca Juga:  Cara Download Lagu Tanpa Aplikasi Mudah Pakai Browser

Cara Cek Garansi iPhone Melalui Situs Checkcoverage Apple

Garansi yang diberikan oleh iPhone mempunyai sifat eksklusif dan mampu menggantikan semua jaminan serta ganti rugi. Namun menyesuaikan ketentuan dari pihak Apple.

Ada satu hal lagi yang wajib Anda tahu tentang garansi ini. Yakni kondisi dimana Anda tidak bisa melakukan klaim atau dokumen sudah tidak berlaku lagi.

Jangka waktu untuk bisa melakukan klaim umumnya ialah 1 tahun sejak tanggal pembelian. Jadi, syarat klaim ialah ponsel mengalami kerusakan akibat kecacatan produksi bukan kelalaian pemakaian.

Misalnya saja Anda tanpa sengaja membuat ponsel terjatuh ke dalam air. Sehingga air memasuki mesinnya. Maka hal tersebut termasuk kelalaian pemakaian. Jadi, meskipun bisa melakukan cek garansi iPhone, Anda tidak dapat melakukan klaim.

Setelah tahu bagaimana garansi bisa batal, mari cari tahu cara cek keaslian iPhone melalui cara lain. Sebelumnya ialah melalui menu Setting dan support.apple.com.

  1. Ketik *#06#

Sekarang, mari mencoba cara lainnya yakni dengan mengetik kode *#606# di smartphone. Sebelumnya buka dahulu menu telepon untuk bisa memasukkan kode tersebut.

  1. Muncul Nomor IMEI

Nantinya akan tampil nomor IMEI pada layar smartphone Anda. Sama seperti sebelumnya, Anda bisa mencatat nomor tersebut untuk nantinya dimasukkan dalam website Apple.

  1. Akses Situs Checkcoverage Apple

Lanjutkan dengan mengakses menu browser pada perangkat. Lantas, akses checkcoverage.apple.com. Anda boleh memakai jenis browser apa saja untuk membuka situs Apple tersebut.

  1. Memasukkan Serial Number dan IMEI

Langkah selanjutnya ialah memasukkan serial number iPhone dan nomor IMEI ke kolom yang tersedia. Lantas lakukan verifikasi dan klik Lanjutkan. Nantinya akan muncul informasi keaslian perangkat.

Ketika membeli smartphone, wajib memastikan apakah produk yang dibeli resmi atau tidak. Caranya cukup dengan melakukan cek garansi iPhone melalui website resminya.