Cara Memulihkan Akun Google, Solusi Jika Lupa Kata Sandi

Kalau Anda punya email dan lupa kata sandinya, maka terapkan saja cara memulihkan akun Google dalam artikel ini. Perkara lupa password dalam dunia digital sudah bukan hal asing lagi, jadi tidak perlu merasa risau.

Email sendiri sudah menjadi salah satu alat komunikasi penting dalam hidup manusia. Entah berkaitan dengan dunia pendidikan maupun pekerjaan. Jadi tidak heran lagi jika banyak yang mengalami masalah lupa password.

Mungkin di zaman dahulu orang-orang memakai berbagai jenis email. Namun sekarang ini kebanyakan orang memilih Google sebagai penyedia email. Terutama para pemakai ponsel dengan OS android.

Alasan Orang Lupa Kata Sandi Email

Di zaman digital seperti sekarang, ada banyak sekali password yang perlu dihapalkan. Sebut saja untuk platform sosial media, e banking, aplikasi dompet digital, aplikasi marketplace dan lain sebagainya.

Benar-benar bukan hal aneh jika sampai lupa password dari salah satunya. Misalnya saja lupa pada email. Sebelum mempelajari cara memulihkan akun Google, coba simak dahulu kira-kira kenapa orang mudah melupakan password.

  1. Kerap Mengubah Password

Alasan pertama kenapa banyak orang yang mudah melupakan kata sandi ialah sebab terlampau sering menggantinya. Memang, kata sandi perlu diubah secara berkala demi menjaga keamanan atau mencegah pencurian informasi.

Namun, hal tersebut juga membawa risiko tersendiri loh. Jika terlalu sering melakukan penggantian, tentu jadi mudah lupa dengan versi paling baru. Apalagi kalau pemilihan karakter atau susunan katanya sangat asing.

  1. Kata Sandi Terlampau Panjang

Pernahkah Anda memerlukan informasi cara memulihkan akun Google sebab melupakan kata sandinya yang terlalu panjang? Sebenarnya banyak pihak yang menyarankan pembuatannya dalam bentuk panjang.

Sebab, bentuk panjang lebih mampu menjaga keamanan akun. Akan tetapi, kombinasi karakter yang panjang membuatnya mudah untuk dilupakan. Sehingga disarankan untuk mencatatnya pada buku.

  1. Memakai Simbol

Menerapkan beragam simbol dalam kata sandi akan membantu meningkatkan keamanan. Akan tetapi, jika terlalu banyak menerapkan simbol akan menjadikan pembuatnya lebih mudah lupa.

Bayangkan saja jika Anda menerapkan beragam simbol secara acak. Pasti mudah lupa bukan? Jadi, kalau hendak membuat password, pastikan simbol yang dipakai memang punya makan tersendiri bagi Anda sehingga senantiasa mengingatnya.

Baca Juga:  Aplikasi Browser Terbaik Android

Cara Memulihkan Akun Google Memakai Email Pemulihan

Akun Google dapat dikatakan sebagai kebutuhan vital di masa sekarang. Anda pasti tidak bisa mengakses beragam hal tatkala melupakan password akun Google bukan?

Jadi, jika sampai lupa password segera temukan cara untuk memulihkannya. Jangan sampai menunda-nunda. Coba bayangkan jika orang lain bisa meretas dan menggunakannya untuk kepentingan mereka. Tentu akan sangat merugikan Anda bukan?

Akan jauh lebih merugikan jika email yang Anda kerap dipakai untuk mengirim file penting. Kalau misalnya Anda sampai kehilangan akses, coba terapkan saja salah satu cara memulihkan akun Google berikut ini.

  1. Laman Log In

Ingatkah Anda tatkala pertama kali membuka akun Google? Perlu memasukkan email atau nomor telepon pemulihan bukan? Jadi, hal tersebut akan sangat berguna dalam tutorial ini.

Langkah pertama dalam tutorial ini ialah masuk ke laman log in Gmail. Lantas masukkan alamat email yang tanpa sengaja dilupakan passwordnya. Jangan sampai lupa alamat emailnya juga. Selanjutnya klik Next.

  1. Forgot Password

Langkah berikutnya terdapat perintah untuk memasukkan kata sandi dari email terkait. Namun, sebab Anda lupa, maka klik opsi “Forgot Password” dengan tujuan memulihkan akun Google.

  1. Kode Verifikasi

Anda perlu menunggu sampai Google mengirimkan sebuah email berisi kode verifikasi ke akun email pemulihan. Kalau sudah mendapat emailnya, maka segera copy kode yang tertera di dalamnya.

  1. Membuat Password Baru

Cara memulihkan akun Google selanjutnya ialah menciptakan password baru di halaman baru. Anda perlu membuat kata sandi baru lantas klik opsi “Save Password”.

Panduan ini hanya bisa dipakai jika sejak awal pendaftaran akun Gmail menyetorkan alamat email pemulihan. Kalau Anda sejak pendaftaran memasukkan nomor telepon pemulihan, maka simak panduan berikutnya.

Baca juga: Cara Cek Garansi iPhone, Jangan Tertipu Produk Palsu

Cara Memulihkan Akun Google Memakai Nomor Pemulihan

Akun Google di masa sekarang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari beragam keperluan. Terutama bagi pemilik ponsel dengan OS android, pasti memerlukan akun Google untuk melakukan log in pada perangkat.

Bukan itu saja, banyak loh orang yang mempunyai lebih dari satu akun Google. Misalnya salah satunya dipakai untuk keperluan pribadi sementara satunya lagi demi urusan pekerjaan.

Orang yang punya lebih dari satu akun Google mempunyai peluang lupa sandi lebih besar. Karena password untuk setiap akunnya pasti berbeda. Kalau misalnya Anda mengalami masalah semacam ini, cukup terapkan cara memulihkan akun Google.

Baca Juga:  Cara Melihat Kata Sandi Facebook Sendiri Via Semua Metode

Berbeda dengan cara sebelumnya yang memakai email pemulihan, kali ini menggunakan nomor telepon pemulihan. Sebenarnya cara mana saja bisa Anda pakai. Silahkan lakukan penyesuaian seperlunya.

  1. Masuk ke Laman Gmail

Pertama-tama, awali tutorial ini dengan masuk ke laman Gmail dan ketikkan alamat email Anda secara lengkap dan benar. Kemudian klik Next untuk melanjutkan prosesnya.

  1. Forgot Password

Jika sudah melalui langkah pertama, maka lanjutkan dengan klik pilihan “Forgot Password”. Opsi ini menunjukkan kalau Anda lupa kata sandi dan hendak memulihkan akun.

  1. Try Another Way

Google akan memberitahukan pengiriman kode verifikasi. Namun Anda pilih dahulu opsi “Try Another Way”. Nantinya Google akan memberikan pilihan pengiriman kodenya, silahkan pilih mau memakai SMS atau telepon.

  1. Copy Kode Verifikasi

Silahkan cek smartphone untuk melihat kode verifikasi. Copy kodenya jika menerimanya dari SMS. Kalau menerima kode melalui telepon silahkan catat dahulu di kertas atau buku. Masukkan kode pada kolom yang tersedia lantas klik Next.

  1. Menciptakan Password Baru

Anda akan diminta untuk membuat password baru. Silahkan buat kata sandi yang kuat namun mudah untuk dihapalkan. Kalau sudah, klik “Save Password”.

Tips Menciptakan Kata Sandi Kuat

Setelah membaca dua cara memulihkan akun Google di atas, sekarang waktunya mempelajari cara menciptakan sandi yang kuat. Maksudnya kuat disini bukan berarti rumit.

Menurut Google, kata sandi memerlukan paling sedikit 12 karakter dengan kombinasi simbol, angka dan huruf. Jadi, supaya bisa menciptakan sandi kuat, ini tipsnya.

  1. Unik

Pastikan Anda menciptakan password yang unik sehingga sulit ditebak orang lain. Jangan lupa menerapkan simbol khusus untuk meningkatkan standar keamanannya. Namun tidak perlu memakai terlalu banyak simbol.

  1. Mudah diingat

Memang, Anda perlu membuat password seunik mungkin. Namun, jangan sampai Anda sendiri tidak bisa mengingatnya di kemudian hari. Gunakan saja kata yang mudah diingat misalnya kutipan lagu, kata mutiara, singkatan dan lain sebagainya.

  1. Jangan Memakai Informasi Pribadi

Jangan pernah memakai informasi pribadi yang mudah ditemukan oleh orang lain sebagai kata sandi. Misalnya saja nama panggilan, alamat rumah, tanggal lahir dan lain sebagainya.

Hal tersebut berisiko membuat akun Anda diretas. Kalau misalnya sudah diretas dan pihak lain sudah mengganti kata sandi dengan yang baru, akan sulit bagi Anda untuk menerapkan cara memulihkan akun Google.

Jadi, pastikan password terbebas dari informasi pribadi. Kemudian, jangan membagikan password ke orang lain ya. Meskipun itu orang terdekat. Anda wajib menjaga kerahasiaannya.

Baca Juga:  Aplikasi Kamera Terbaik

Akun Google punya banyak fungsi selain untuk berkirim email. Misalnya saja untuk menyimpan kontak, menyimpan file di Google Drive dan lain sebagainya. Jika sampai lupa sandinya, maka cukup menerapkan cara memulihkan akun Google.