3 Cara Ganti Password IndiHome Modem ZTE, Bisa Pakai HP

Cara ganti password IndiHome sebenarnya tidak sulit diterapkan. Tetapi, tidak semua orang tahu mengenai cara ini loh. Padahal, mengganti password WiFi perlu dilakukan secara rutin paling tidak satu bulan sekali.

Anda pasti tahu dong kalau ada sejumlah pihak yang bisa membobol WiFi dengan mudah? Supaya tidak ada yang menyusup diam-diam dan mencuri jaringan internet Anda, maka pastikan untuk tahu cara mengganti passwordnya.

Ketika pertama kali memasang WiFi di rumah, biasanya petugas tidak memberi tahu cara untuk mengganti password. Jadi, Anda perlu mencari informasinya secara mandiri. Tetapi tenang saja karena kami akan berikan 3 pilihan cara untuk melakukannya.

Mengenal Apa Itu IndiHome dan Keunggulannya

Sebelum membahas cara ganti password IndiHome, yuk kenali dahulu apa itu IndiHome. Indonesia Digital Home atau IndiHome termasuk salah satu produk layanan besutan PT Telekomunikasi Indonesia.

Layanan tersebut berupa paket layanan komunikasi dan data. Misalnya saja telepon rumah (voice), internet (internet on fiber atau high speed internet) dan layanan televisi interaktif (USee TV Cable, IP TV).

Meskipun tersedia tiga penawaran, pelanggan tidak wajib memakai semua layanannya. IndiHome menawarkan tiga jenis paket layanan. Jika hanya memerlukan layanan internet, maka cukup pakai paket Single Play.

Lantas, kalau ingin menggunakan dua layanan, misalnya internet dan telepon rumah atau internet serta IP TV USee TV, maka pilih paket Dual Play. Nah, kalau ingin menikmati semua layanannya, silahkan pilih paket Triple Play.

IndiHome merupakan provider yang sudah digunakan oleh lebih dari 8,3 juta orang di hampir 496 kabupaten di Indonesia. Tahukah Anda mengapa banyak orang tertarik menggunakan provider ini dan rajin ganti password IndiHome?

Ada banyak sekali kelebihan yang ditawarkan oleh IndiHome hingga membuatnya menjadi pilihan favorit masyarakat Indonesia. Keunggulan paling utama dari layanan ini ialah jaringan yang cepat dan stabil.

Siapa yang tidak jengkel kalau tiba-tiba saja jaringan internet melemah atau tiba-tiba hilang? Fenomena tersebut jarang sekali dijumpai kalau memakai IndiHome. Fiber optic dari provider ini mampu menyajikan kecepatan hingga 100 mbps.

Bukan hanya cepat, jaringan provider ini juga terbilang stabil. Meskipun memakainya untuk beragam keperluan, tidak akan terjadi macet. Anda bisa menikmati kualitas jernih menonton Youtube, streaming game online maupun kumpulan aktivitas lain.

Baca Juga:  Tips dan Cara Mengatasi Laptop Lemot Paling Mudah

Baca juga: Cara Memulihkan Akun Google, Solusi Jika Lupa Kata Sandi

Cara Ganti Password IndiHome Pakai HP

Smartphone merupakan alat yang begitu canggih di masa sekarang. Hampir semua hal bisa dilakukan pakai ponsel. Misalnya saja chatting, belanja, belajar dan lain sebagainya. Nah, kalau ingin mengganti kata sandi IndiHome juga bisa dilakukan.

  1. Hubungkan Ponsel dengan Jaringan

Pertama-tama, Anda nyalakan dahulu pengaturan WiFi dan masuk ke jaringan yang hendak diubah passwordnya. Untuk menjalankan tutorial ini, perangkat wajib tersambung dengan jaringan WiFi.

  1. Akses Browser

Kalau sudah tersambung, lanjutkan tutorial ganti password IndiHome dengan mengakses browser pada smartphone. Anda boleh kok memakai browser apa saja, entah itu Google Chrome, Safari maupun jenis lainnya.

  1. Masukkan 168.1.1 ke Addres Bar

Tatkala terbuka menu pencarian, langkah berikutnya ialah memasukkan 192.168.1.1. Kombinasi angka tersebut merupakan alamat IP pribadi yang dipakai untuk masuk ke panel admin. Kalau misalnya gagal, coba pakai 192.168.1.254.

  1. Mengisi Username dan Password

Kalau Anda belum pernah mengakses panel admin pengaturan WiFi, maka username dan passwordnya ialah “user”. Pastikan semua hurufnya kecil atau bukan kapital.

  1. Akses Menu Security

Di bagian samping kanan, Anda akan melihat beberapa menu dan submenu. Nah, pilih menu Security. Lalu lanjutkan klik menu Network. Pilih menu WLAN dan terakhir klik Security.

  1. Isi Password Baru

Nah, pada bagian ini Anda bisa ganti password IndiHome. Di dalam menu Security ada bagian WPA paraphrase. Isikan saja kata sandi baru di bagian tersebut. Lantas klik Submit pada pojok kanan bawah layar.

Kalau Anda mengikuti semua langkahnya secara runtut dan benar, password akan diperbarui. Jadi, ikuti tutorialnya dengan baik. Sangat mudah bukan untuk mengganti kata sandi ini?

Cara Ganti Password IndiHome Pakai PC

Jika Anda memasang dan berlangganan IndiHome sebagai produk dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, wajib menerapkan username dan password. Tujuannya supaya tidak ada pihak lain yang memakai jaringan internet tanpa izin.

Meskipun sudah menerapkan password, ada kalanya masih ada pihak lain yang bisa membobolnya. Oleh sebab itu, perlu untuk menggantinya secara rutin. Kalau Anda sedang membuka PC atau laptop, bisa menggantinya pakai cara ini.

  1. Hubungkan PC dengan Jaringan

Langkah paling awal dari tutorial ini ialah menghubungkan PC atau laptop dengan jaringan WiFi IndiHome. Jangan memakai jaringan lain jika hendak mengubah kata sandi.

  1. Buka Browser
Baca Juga:  Cara Berlangganan Netflix dan Paket yang Disediakan

Jika sudah terkoneksi, langkah berikutnya ialah membuka browser pada PC atau laptop. Silahkan buka Google Chrome atau Mozilla Firefox yang tersedia di perangkat. Kalau ingin memakai browser lain, silahkan saja pilih dengan bebas.

  1. Ketik Kode IP 192.168.1.1 di Addres Bar

Sebenarnya tutorial ganti password IndiHome di PC ini tidak jauh berbeda dengan di HP. Setelah membuka browser lantas dilanjutkan dengan mengetik kode IP 192.168.1.1 pada addres bar.

  1. Masukkan Username dan Password Lama

Di halaman browser, Anda perlu memasukkan username dan password lama WiFi IndiHome. Isi username atau password pelan-pelan. Jangan sampai ada karakter yang kurang atau salah.

  1. Menu Network

Kalau Anda berhasil masuk, lanjutkan ke Menu Network. Disini, Anda bisa mengganti password sesuai keperluan. Jika sudah, langsung saja klik Submit dan tunggu sampai proses selesai.

Cara Ganti Password IndiHome Pakai Aplikasi

Mengganti kata sandi Indihome merupakan cara mudah. Cara paling umum ialah memakai PC atau smartphone lantas mengakses browser. Di samping kedua cara tersebut, masih ada satu lagi cara yang tidak kalah praktis.

Jika Anda pengguna OS android atau iOS, pasti sudah tidak asing dengan yang namanya aplikasi bukan? Nah, mengganti kata sandi IndiHome juga bisa dilakukan memakai aplikasi loh.

Aplikasi resmi dari IndiHome bisa Anda unduh dengan mudah melalui Google PlayStore maupun App Store. Nah, kalau aplikasinya sudah terpasang di smartphone, yuk simak tutorial untuk ganti password IndiHome di bawah ini.

  1. Akses Aplikasi

Langkah pertama, buka dahulu aplikasi IndiHome di smartphone. Jangan lupa memastikan smartphone Anda terhubung dengan jaringan internet yang kuat dan stabil. Sambungkan saja dengan jaringan WiFi di rumah.

  1. Ikon Beranda

Begitu halaman utama aplikasi terbuka, Anda akan mendapati cukup banyak menu yang ditawarkan oleh IndiHome. Silahkan cari ikon beranda di dalamnya. Kalau sudah ketemu, silahkan diklik.

  1. Menu Pengaturan

Langkah selanjutnya ialah mengakses menu pengaturan. Di dalamnya juga banyak tersedia sub menu. Anda perlu mencari sub menu “Ganti Password” untuk bisa mengubah kata sandi WiFi.

  1. SMS Kode Verifikasi

Nantinya, pihak IndiHome akan mengirimkan SMS kode verifikasi ke smartphone Anda. Masukkan kode verifikasi di aplikasi untuk bisa mengganti kata sandi IndiHome.

Mungkin kebanyakan orang berpikir bahwa mengganti kata sandi WiFi perlu memanggil teknisi. Tenang saja, Anda tidak perlu melakukannya. Cara ganti password IndiHome cukup memakai PC atau smartphone.

Baca Juga:  Cara Memperkuat Sinyal Wifi, Dijamin Sukses