Cara Cek IMEI iPhone Agar Terlindung dari Produk Ilegal

Kenapa perlu tahu cara cek IMEI iPhone? Jadi, semua iPhone yang dipasarkan pasti mempunyai nomor International Mobile Identity (IMEI). Nomor tersebut merupakan identitas dari suatu ponsel.

Lantas, operator seluler akan memakai nomor tersebut guna mengidentifikasi ponsel yang terhubung ke jaringannya. Jadi, ketika sebuah iPhone dimasukkan ke Indonesia melalui jalur ilegal, maka IMEI tidak terdaftar.

Oleh sebab itu, Anda wajib melakukan cek supaya bisa tahu apakah iPhone yang dibeli merupakan produk legal atau ilegal. Lantas apa masalahnya kalau produknya ilegal? Masalahnya nanti, ponsel bisa diblokir oleh jaringan seluler loh.

Mengenal IMEI dan Kebijakannya di Indonesia

Tahukah Anda jika Pemerintah senantiasa berupaya mencegah peredaran ponsel ilegal yang masih umum terjadi di Indonesia? Salah satunya ialah dengan menerapkan program pengendalian IMEI untuk perangkat ponsel dan tablet.

Kalau belum tahu, IMEI ialah angka berjumlah 15 digit dengan kombinasi beragam dan selalu tertempel pada perangkat telekomunikasi. Operator telepon dan produsen ponsel memakainya sebagai identitas perangkat.

Nah, pemberlakuan IMEI diatur dalam peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika. Kebijakan terkait melibatkan Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Keuangan, Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pihak operator seluler juga mendukung penerapan kebijakan tersebut. Lantas, dimana bisa menerapkan cara cek IMEI iPhone berdasarkan kebijakan Pemerintah? Anda bisa melakukannya melalui situs imei.kemenperin.go.id.

IMEI ilegal ialah nomor International Mobile Identity yang tidak sesuai dengan format standar. Jadi contohnya saja berisi angka kosong atau digitnya sama seluruhnya. Padahal, seharusnya ada kombinasi angka di dalamnya.

Kalau Anda sudah menerapkan cara cek IMEI iPhone dan ternyata ponselnya legal, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh. Terutama bisa mendapat perlindungan konsumen dan kepastian hukum kepada penyedia jasa layanan telekomunikasi.

Anda juga bisa membantu negara mengurangi tingkat perdagangan ponsel ilegal. Karena, tentu saja perdagangan ilegal akan merugikan negara karena terhindar dari pajak.

Lagipula, ponsel ilegal bisa membuat pemakainya terputus dari koneksi seluler yang disediakan oleh operator telepon. Sehingga pengguna tidak bisa memakai ponselnya untuk mengakses internet, menelepon maupun mengirim pesan.

Cara Cek IMEI iPhone Melalui Dial Up

Anda wajib tahu jika cek nomor International Mobile Identity ponsel dapat dilakukan dengan berbagai cara. Jadi, tidak perlu merasa terbebani untuk melakukan cek keresmian perangkat. Lagipula, semua caranya terbilang mudah kok.

Baca Juga:  Cara Cek Garansi iPhone, Jangan Tertipu Produk Palsu

Kalau menerapkan cek ini, Anda bukan sekedar bisa tahu apakah ponsel masuk ke Indonesia dengan jalur impor resmi atau ilegal. Hal ini sangat berguna jika saja suatu saat Anda kehilangan ponsel.

Kalau sudah tahu nomor International Mobile Identity, bisa memblokirnya dengan menghubungi operator yang dipakai. Jadi, pencuri tidak akan bisa memakai ponsel. Hanya sang pemilik yang bisa mengakses perangkat.

Setelah tahu beragam manfaatnya, mari membaca cara cek IMEI iPhone melalui dial up di bawah ini. Silahkan simak tutorialnya baik-baik dan terapkan dengan benar ya.

  1. Akses Papan Nomor

Langkah paling awal dalam tutorial ini ialah membuka menu papan nomor pada perangkat. Biasanya menu tersebut langsung tampak di halaman utama smartphone. Anda pasti juga sering mengakses menu papan nomor ini bukan?

  1. Ketikkan *#06#

Langkah berikutnya ialah memasukkan kode *#06# pada papan nomor smartphone. Kodenya cukup singkat jadi mudah untuk dihapalkan. Nantinya, akan tampil kombinasi 15 angka di layar perangkat.

  1. Akses Situs imei.kemenperin.go.id

Kalau sudah muncul 15 angka di layar, lantas akses situs imei.kemenperin.go.id. Anda bisa cek nomornya untuk tahu apakah nomor tersebut terdaftar di database Kemenperin atau tidak.

Sekarang, coba Anda bayangkan jika saat pertama kali membeli iPhone tidak melakukan cek. iPhone Anda bisa diblokir sewaktu-waktu oleh Pemerintah. Padahal Anda tidak berniat membeli ponsel ilegal. Pasti kerugian akan cukup besar bukan?

Baca juga: Cara Cek Garansi iPhone, Jangan Tertipu Produk Palsu

Cara Cek IMEI iPhone Lewat Pengaturan

Kalau membeli iPhone resmi di Indonesia, maka pasti nomor International Mobile Identity sudah terdaftar di Kemenperin. Lantas, bagaimana jika membeli perangkat ketika di luar negeri atau membelinya secara online dari luar negeri?

Kalau seperti itu caranya, tentu harus didaftarkan dulu dong. Jika Anda membeli iPhone di luar negeri lantas pulang ke Indonesia, maka daftarkan secara mandiri.

Kalau misalnya beli dari luar negeri melalui belanja online, biasanya pihak ekspedisi akan mendaftarkannya. Mereka akan mendaftarkan nomor International Mobile Identity di petugas Bea Cukai. Jadi, Anda tidak perlu mengurusnya.

Jika Anda membeli perangkat di gerai atau toko online di dalam negeri, jangan langsung yakin produknya resmi. Coba tanyakan dahulu ke pihak penjual dan jangan lupa terapkan cara cek IMEI iPhone untuk menghindari produk ilegal.

Mengapa masih perlu repot-repot melakukan cek? Tentu Anda tahu kasus penipuan ada dimana-mana dan dalam berbagai bentuk. Nah, supaya tidak tertipu oknum, silahkan lakukan cek, salah satunya memakai cara berikut.

  1. Akses Menu Pengaturan
Baca Juga:  Beberapa Cara Menutup Akun FB dengan Mudah

Kalau cara sebelumnya menggunakan dial up, sekarang mari coba mengakses menu Pengaturan. Silahkan temukan menunya di ponsel Anda. Pasti sudah hapal bukan dengan lokasi menu Pengaturan?

  1. IMEI

Kalau sudah membuka menu Pengaturan, Anda scroll saja ke bawah sampai ketemu nomor International Mobile Identity. Kalau ingin melakukan copy, sentuh dan tahan saja lantas lakukan salin.

  1. Cek di Kemenperin

Lanjutkan cara cek IMEI iPhone dengan mengakses situs imei.kemenperin.go.id. Isikan saja kode 15 angka tadi pada kolom yang tersedia. Karena sudah disalin, bisa langsung klik Paste.

Nantinya, di layar smartphone akan tampil keterangan nomor International Mobile Identity terdaftar di database Kemenperin kalau perangkat Anda resmi. Manakah cara yang lebih mudah dijalankan? Silahkan sesuaikan dengan selera ya.

Cara Cek IMEI Iphone Melalui Situs Resmi Apple

Anda pasti tahu dong jika iPhone merupakan perangkat kelas menengah atas yang diminati banyak orang termasuk masyarakat Indonesia? Tingginya minat iPhone membuat banyak pihak menciptakan versi palsunya.

Kalau dilihat dari luarnya, versi palsu tidak jauh berbeda dengan aslinya. Akan tetapi, Anda bisa kok membedakan keduanya dengan beberapa cara. Salah satunya ialah melakukan cek nomor International Mobile Identity.

Walaupun tidak bisa dijadikan satu-satunya indikator untuk cek keaslian iPhone, paling tidak Anda tahu apakah smartphone tersebut dimasukkan ke Indonesia dengan jalur resmi. Karena kalau ilegal, ada banyak risikonya seperti sudah disebutkan di atas.

Jadi, kalau mau membeli iPhone, perhatikan dahulu apakah nomor International Mobile Identity pada bagian ponsel dan kardusnya sama. Lagipula, banyak penjual yang mencatat nomor tersebut guna mengurus garansi smartphone. Baiklah, ini dia cara cek IMEI iPhone.

  1. Akses situs resminya

Untuk melakukan cek nomor International Mobile Identity, pertama-tama buka dahulu browser di smartphone. Terserah Anda ingin memakai browser apa. Lantas, akses situs resmi Apple.

  1. Masuk dengan ID Apple

Kalau website Apple sudah terbuka, Anda perlu masuk dengan ID Apple yang dipakai pada smartphone. Jangan memakai ID orang lain ya, pastikan untuk memakai ID milik sendiri.

  1. Akses Situs imei.kemenperin.go.id

Nantinya, di layar akan muncul 15 digit nomor International Mobile Identity. Anda perlu menyalin angka tersebut. Lantas mengakses situs imei.kemenperin.go.id dan memasukkan 15 digit angka tersebut.

Kalau sudah memasukkan nomor International Mobile Identity, akan muncul keterangan “IMEI terdaftar di database Kemenperin”. Hal itu menunjukkan smartphone dimasukkan ke Indonesia melalui jalur resmi.

Baca Juga:  Cara Menyimpan File di Google Drive, Mudah Dilakukan

Sepertinya hampir semua orang di Indonesia tertarik untuk membeli iPhone. Akan tetapi, tidak semua orang bisa membedakan iPhone legal dan ilegal ketika membelinya. Salah satu cara membedakannya ialah dengan menerapkan cara cek IMEI iPhone.