Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di HP

Pernahkah Anda memikirkan bagaimana cara mengembalikan video yang terhapus permanen di HP? Mungkin di zaman dahulu cukup sulit melakukannya. Namun sekarang, Anda bisa melakukannya melalui banyak cara loh.

Jadi, kalau misalnya ada file penting seperti rekaman momen spesial dalam hidup yang terhapus, tidak perlu khawatir lagi. Apalagi kalau ponsel yang digunakan berupa OS android.

Android sudah menyediakan fitur khusus untuk bisa mengembalikan file terhapus. Jangan panik lagi kalau tanpa sengaja membuang file digital ke tempat sampah. Simak artikel ini untuk tahu tutorial lengkapnya.

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di HP Lewat Recycle Bin

Anda wajib tahu nih kalau smartphone dengan OS Android menawarkan fitur khusus untuk menyimpan file terhapus dalam jangka waktu tertentu. Jadi, sebelum tenggat waktunya habis, Anda masih bisa loh mengembalikan file terbuang.

Sebenarnya fitur Recycle Bin bermula dari PC atau laptop. Kalau membuka PC atau laptop, Anda pasti melihat sebuah icon kotak sampah bukan? Jadi, android turut mengembangkan fitur serupa.

Biasanya file terbuang masih bisa Anda temukan di Recycle Bin dalam jangka waktu satu bulan. Kalau lebih dari itu, file akan disingkirkan oleh Android dari Recycle Bin.

Fitur Recycle Bin yang ditawarkan Android bisa Anda akses melalui ES File Explorer. Aplikasi tersebut memuat file apa saja yang tersimpan dalam perangkat. Seperti ini cara mengembalikan video yang terhapus permanen di HP lewat Recycle Bin.

  1. Buka Aplikasi ES File Explorer

Silahkan memulai tutorial ini dengan mengakses aplikasi ES File Explorer. Anda cari saja pada menu utama smartphone yang memuat semua aplikasi. Lantas temukan ES File Explorer.

  1. Opsi Tools

Jika ES Explorer sudah terbuka, lanjutkan dengan membuka opsi menu dan temukan opsi Tools. Kalau misalnya tidak ada keterangan Tools, coba buka ikon titik tiga pada bagian atas aplikasi.

  1. Recycle Bin

Lanjutkan cara mengembalikan video yang terhapus permanen di HP ini dengan klik Recycle Bin. Perlu Anda ingat lagi, biasanya Recycle Bin hanya mempertahankan file terbuang dalam jangka waktu satu bulan.

  1. Restore
Baca Juga:  Aplikasi Desain Terbaik

Silahkan Anda cari video yang sebelumnya terbuang. Kalau sudah ketemu, pulihkan dengan cara klik ikon titik tiga di bagian atas kanan layar. Lantas, klik opsi Restore. Video akan kembali muncul di galeri Android.

Baca juga: Cara Cek IMEI iPhone Agar Terlindung dari Produk Ilegal

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di HP dengan DiskDigger

Biasanya kalau sudah lebih dari 30 hari, file tidak tersedia lagi di Recycle Bin. Lantas, bagaimana kalau ingin mengembalikannya? Tenang, ada pilihan untuk memakai aplikasi lainnya.

Sekarang sudah ada banyak aplikasi dengan kemampuan mengembalikan file terhapus. Salah satunya ialah DiskDigger. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Yuk simak cara memakai DiskDigger di bawah ini.

  1. Unduh dan Install DiskDigger

Pertama-tama, awali cara mengembalikan video yang terhapus permanen di HP ini dengan mengunduh dan menginstall DiskDigger dari Google PlayStore. Besaran ukuran file aplikasi ini ialah sekitar 3 MB.

  1. Root

DiskDigger ini mewajibkan Anda untuk memberikan akses root pada perangkat android. Kalau tidak mengizinkannya, DiskDigger tidak bisa dipakai. Jadi, pilih “Ya” jika aplikasi meminta izin untuk melakukan root.

  1. Upgrade to Pro

Nantinya akan muncul pilihan “Upgrade to Pro”. Namun, Anda jangan mengiyakan pilihan tersebut ya. Kalau iya, nanti harus membayar. Jadi, ambil opsi “No Thanks” untuk menikmati versi gratisnya.

  1. Temukan Folder

Langkah berikutnya ialah menemukan folder yang memuat video terhapus. Bisa saja dalam memori internal maupun eksternal. Silahkan menentukan formatnya lantas klik OK.

  1. Memilih File

Kalau sudah menentukan foldernya, nanti DiskDigger akan melakukan pemindaian. Lalu, akan muncul sejumlah file yang sudah terhapus. Silahkan dicari mana yang ingin Anda pulihkan lantas klik Save.

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di HP Lewat Recuva

Recuva ialah software dengan kemampuan mengembalikan file terhapus secara efektif. Dapat dibilang kalau tingkat keberhasilannya tinggi. Namun, karena berbentuk software Anda memerlukan perangkat tambahan yakni PC atau laptop.

Kemudian siapkan juga kabel penghubung misalnya micro USB untuk menghubungkan PC atau laptop dengan smartphone. Silahkan pakai kabel yang kompetibel untuk keduanya.

Sebelumnya perlu Anda tahu juga kalau Recuva ini sebenarnya bisa diakses secara gratis. Namun, seperti software pada umumnya kalau versi gratis pasti fiturnya terbatas. Kalau mau fitur lengkap ya pilih versi pro dan bayar biaya langganan.

Kalau cuma mau mengembalikan file terhapus, bisa kok memakai versi gratisnya. Simak cara mengembalikan video yang terhapus permanen di HP menggunakan Recuva di bawah ini.

  1. Unduh dan Install Recuva
Baca Juga:  Cara Transfer Pulsa All Operator di Indonesia

Langkah pertama seperti biasanya, Anda unduh dan install dulu software Recuva. Lakukan proses install sampai selesai ya. Hanya menunggu beberapa waktu untuk menyelesaikan proses install.

  1. Hubungkan Smartphone

Langkah selanjutnya ialah menghubungkan smartphone dengan PC atau laptop. Silahkan tunggu sampai smartphone terhubung ya. Biasanya akan muncul notifikasi kalau ponsel sudah terdeteksi.

  1. Buka Recuva

Lanjutkan dengan membuka software Recuva. Lantas, pilih jenis file yang mau dikembalikan. Silahkan pilih All File kalau mau mengembalikan semuanya. Kalau sudah memutuskan mana yang mau dipulihkan, tentukan lokasi penyimpanannya.

  1. Enable Deep Scan

Kalau misalnya video yang ingin dipulihkan belum kelihatan, coba klik Enable Deep Scan. Sehingga software akan memindai lebih jauh. Pilih Start untuk memulai proses pencarian file.

  1. Pilih File

Kalau video pilihan sudah ketemu, lantas centang file dan klik kanan. Lantas, pilih Recover Checked dan tentukan lokasi penyimpanannya. Terakhir, klik Ok. Kalau mau video tersimpan di smartphone, silahkan pindahkan.

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di HP Menggunakan Google Foto

Kalau Anda pengguna ponsel Android, pasti punya yang namanya akun Google. Jadi, pihak Google akan membuat akun Anda sinkron dengan Google Foto. Jadi, foto dan video yang diambil pada ponsel akan tersimpan pula di Google Foto.

Jadi, kalau misalnya Anda menghapus foto atau video tanpa sengaja, bisa memulihkannya lagi dengan bantuan Google Foto. Kalau memakai bantuan Google Foto, Anda tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan di smartphone.

Apakah sulit untuk memulihkan file memakai Google Foto? Jawabannya tidak, sangat mudah kok untuk memulihkan file, entah itu berbentuk foto maupun video. Jadi, simak panduan selengkapnya berikut ini.

  1. Akses Google Foto

Langkah pertama dimulai dengan mengakses aplikasi Google Foto. Pastikan smartphone Anda terhubung dengan jaringan internet ya. Pastikan juga sinyalnya lancar dan stabil supaya prosesnya nanti berjalan dengan lancar.

  1. Klik Menu Video

Lanjutkan cara mengembalikan video yang terhapus permanen di HP ini dengan menemukan menu Video. Tenang saja, tidak sulit kok untuk menemukan menunya.

  1. Pilih Video

Kalau sudah klik menu Video, nanti akan muncul berbagai video yang dapat dipulihkan ke smartphone. Silahkan pilih mana video yang mau dipulihkan. Kalau misalnya belum muncul file, mungkin jaringan internet sedang terhambat.

Kalau sudah ketemu mana yang mau dipulihkan, langsung diklik saja. Nanti, silahkan cek di galeri, apakah video sudah sukses dipulihkan. Bagaimana setelah membaca tutorial ini? Sangat mudah untuk menerapkannya bukan?

Baca Juga:  Anti Gagal, Ini Dia Cara Aktivasi Windows 7 Mudah dan Cepat

Saat membeli smartphone Android bisa menemukan fitur Recycle Bin yang sudah tersemat di dalamnya kalau ingin mengembalikan video terbuang. Akan tetapi, ada pula cara mengembalikan video yang terhapus permanen di HP lainnya.