Cara Membersihkan Casing HP Biar Terlihat Baru

Cara membersihkan casing HP menjadi penting dilakukan saat softcase mulai kotor atau sekedar menguning. Karena kondisi seperti itu membuat ponsel Anda tidak nyaman dilihat, baik oleh sendiri apalagi orang lain.

Memang casing menguning atau kotor itu secara alami akan terjadi. Tapi membiarkannya tetap kotor tentu saja akan memberi kesan bahwa Anda orang yang jorok karena tidak membersihkannya.

Casing kotor juga akan mengganggu kenyamanan Anda saat menggunakan ponsel tersebut. Penyebab umum softcase menjadi kotor biasanya karena debu dan kotoran menempel dari hari ke hari selama benda itu melekat di ponsel Anda.

Penyebab Casing HP Menjadi Kotor

Jika tidak rajin mengupayakan cara membersihkan casing HP, lama kelamaan tentu akan menjadi kotor berdebu. Terlebih jika Anda menggunakan casing transparan.

Seperti diketahui, dibanding casing berwarna, softcase transparan lebih banyak peminatnya karena memperlihatkan desain visual asli dari ponsel. Tapi resiko menggunakan case transparan adalah rentan menguning sejalan dengan pemakaian.

Adapun penyebabnya, dikarenakan bahan produksi casing transparan terbuat dari silica gel dan plastik. Ketika bahan tersebut terpapar sinar matahari, maka terjadi radiasi ultraviolet.

Semakin lama terkena paparan sinar matahari, itu akan membuat case ponsel Anda menguning. Selain karena radiasi ultraviolet, temperatur kelembapan ekstrim dan kena tumpahan cairan juga akan mengubah warnanya.

70 persen pengguna softcase transparan kemungkinan besar mengalami permasalahan ini. Meski tidak membuat ponsel rusak, tapi cara membersihkan casing HP menguning akan menjadikan ponsel lebih menarik dilihat.

Faktor lain seperti memegang ponsel saat tangan berkeringat menjadikan case ikut kotor. Juga karena terbiasa meletakan ponsel di sembarang tempat yang tidak seharusnya seperti misal di meja berdebu.

Ketahui Cara Membersihkan Casing HP

Anda bisa gunakan sabun cair baik itu sabun untuk mandi atau cuci piring. Sabun ciar efektif menghilangkan noda dan tinta di permukaan softcase.

  1. Pertama siapkan terlebih dahulu perlengkapan untuk bersihkan casing ponsel. Mulai dari sabun cair, sikat gigi bekas, air hangat pada wadah dan kain untuk mengelap.

Caranya masukan air hangat di dalam wadah yang telah disiapkan. Kemudian campur air hangat tersebut dengan beberapa tetes sabun cair.

  1. Berikutnya Anda lepaskan softcase ponsel android tersebut. Gosok permukaan yang kotor setelah mencelupkan kain pada campuran air hangat dan sabun cair.
  2. Jika semua bagian sudah dibersihkan, proses selanjutnya gunakan air kran untuk mengalirkan air ke casing. Lalu gunakan kain lap untuk mengeringkan.
Baca Juga:  Aplikasi Kamera Terbaik

Perlu diperhatikan, agar softcase tidak meninggalkan goresan bekas digosok, Anda butuh kain microfiber. Cara membersihkan casing HP pakai kain microfiber akan menghilangkan goresan tadi.

Saat casing sudah kering, lap sekali lagi menggunakan kain microfiber. Jika ada noda yang sulit dihilangkan, tambahkan sedikit air untuk menghapuskannya.

Selain menggunakan sabun cair, ada banyak bahan lain untuk menghapus noda kotoran pada permukaan case. Bahan tersebut bisa dengan mudah Anda temui di sekitaran.

Alat Bahan Membersihkan Casing HP

Mungkin membeli yang baru lebih praktis dibanding harus repot membersihkan case sendiri. Tapi akan jadi pemborosan jika setiap terlihat kotor Anda membeli softcase baru.

Terlebih cara membersihkan casing HP juga tidak sesulit yang dibayangkan. Anda tidak memerlukan alat-alat canggih untuk memberikan kesan baru pada case tersebut.

Peralatan dan bahan yang ada di sekitar Anda itu sudah cukup untuk membersihkan. Berikut beberapa bahan yang bisa Anda gunakan untuk mengubah softcase kotor terlihat mengkilap seperti saat baru membelinya.

1.      Menggunakan Hand Sanitizer

Hand sanitizer menjadi barang yang saat ini sedang urgent digunakan. Selain untuk menghindarkan Anda dari virus corona, ternyata hand sanitizer bisa digunakan sebagai cara membersihkan casing HP.

Anda hanya perlu menggosok permukaan case ponsel dengan hand sanitizer. Bisa digosok dengan tisu atau kain setengah basah yang sudah dituangkan hand sanitizer.

Selain terlihat bersih, menggunakan hand sanitizer untuk sofcase juga akan membuatnya wangi. Gunakan secukupnya saja jangan sampai berlebihan karena itu pemborosan.

2.      Menggunakan Pasta Gigi

Anda bisa menggunakan bahan sederhana seperti pasta gigi sebagaicara membersihkan casing HP yang menguning. Dengan pasta gigi, noda-noda yang mengotori softcase bisa hilang tanpa bekas.

Jika terdapat bekas tumpahan tinta, pasta gigi cukup ampuh untuk menghilangkannya. Untuk proses pembersihannya Anda hanya perlu oleskan odol secukupnya pada bagian kotor softcase.

Lalu sikat perlahan-lahan sampai warna kuning di case memudar dan hilang. Ulangi proses tersebut sampai semua bagian kotornya tidak tersisa lagi.

3.      Menggunakan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih biasanya hanya digunakan untuk keperluan mendesak seperti mual atau masuk angin. Tapi sebagai cara membersihkan casing HP ternyata bisa menggunakan minyak kayu putih juga.

Oleskan minyak kayu putih pada sotfcase ponsel Anda. Lalu bisa gunakan kain atau koin untuk menggosok bagian kotor casing tersebut.

Baca Juga:  13+ Cara Cek untuk Mengetahui Keaslian HP Samsung

Meski bisa untuk bersihkan case, tapi tidak akan terlihat seperti baru. Karena minyak kayu putih digunakan untuk menghilangkan debu-debu tebal di casing.

4.      Menggunakan Alkohol

Alkohol selain diperlukan sebagai cara membersihkan casing HP juga bisa menghilangkan kuman. Seperti yang Anda tahu, kuman menempel di mana saja termasuk softcase.

Karena itu menggunakan alkohol akan membuat case Anda bebas dari kuman. Kotoran dan debu juga secara otomatis lenyap saat cairan alkohol dituangkan ke softcase.

Langkah untuk membersihkan casing pakai alkohol dilakukan dengan menuangkannya ke kapas bersih. Lalu gosok casing ponsel tersebut dengan kapas secara pelan dan merata.

5.      Menggunakan Baking Soda

Cara membersihkan casing HP bisa Anda lakukan menggunakan baking soda. Bubuk soda yang biasanya dipakai untuk campuran bahan kue, ternyata ampuh menghapus permukaan case yang kotor.

Langkah membersihkannya pertama anda campurkan baking soda dengan air secukupnya. Bisa menggunakan wadah bekas air mineral atau sejenisnya.

Lalu gunakan campurkan campuran air dan baking soda pada case dengan menggosokannya. Ulangi terus menggosok casing tersebut sampai kotorannya terhapus.

Cara Merawat Casing HP Supaya Awet

Anda tidak harus menunggu casing itu rusak atau kotor baru kemudian membersihkan. Sebelum hal itu terjadi, Anda perlu merawatnya dengan baik supaya awet dan tidak rusak.

Jika softcase Anda berbahan silicon dengan dilengkapi desain visual gambar print, sebaiknya jangan dilipat. Karena itu bisa merusak gambar di casing ponsel tersebut.

Casing mudah kotor jika Anda meletakan ponsel tersebut di sembarang tempat. Karena itu Anda perlu memastikan tempat meletakan ponsel itu bersih tanpa kotoran.

Bahan dasar silicon pada softcase sangat rentan terhadap paparan langsung sinar matahari. Untuk merawatnya hindari terkena sinaran matahari ke softcase ponsel Anda.

Selain beberapa tips tersebut, Anda perlu rutin juga bersihkancasing HP. Minimal Anda bersihkan setiap satu bulan sekali supaya tidak terlalu kotor dan nyaman digunakan.

Merawat casing akan membuat tampilan ponsel terlihat bagus ketika digunakan. Dengan demikian orang tidak akan menganggal Anda jorok karena membiarkan case kotor berdebu bahkan menguning.

Baik itu alkohol,baking soda,sabun cair,minyak kayu putih,sesuaikan dengan material softcase Anda. Silakan pilih sendiri bahan apa yang digunakan sebagai cara membersihkan casing HP android Anda.