Cara Mematikan Antivirus Windows 10 Pasti Berhasil!

Cara mematikan antivirus windows 10 perlu dilakukan saat dalam kondisi mendadak. Seperti misal ingin instal sebuah software tapi terdeteksi virus oleh windows defender.

Bagi banyak orang, pembaruan layanan windows 10 tentu dirasa menguntungkan. Sebab fasilitas terbaru seperti dark mode, pembaruan microsoft edge dan software antivirus windows defender, terbilang jauh lebih canggih.

Khusus untuk software antivirus windows defender, ini lebih aman digunakan karena resmi dari pihak pertama. Software ini mampu mendekteksi virus rasomware dan menunjang keamanan sistem operasi windows 10.

Kenapa Perlu Mematikan Antivirus Windows?

Dengan mengaktifkan software antivirus windows defender, perangkat desktop Anda terjamin keamanan secara sistem operasi. Dengan kata lain, laptop Anda akan bekerja lebih optimal tanpa gangguan.

Hal ini dikarenakan jika cara mematikan antivirus windows 10 tidak dilakukan, software tersebut akan cepat mendeteksivirus yang menyerang. Seperti misal saat Anda menginstal suatu software pihak ketiga.

Jika software itu terdeteksi membawa virus, maka windows defender akan secara otomatis menghapus file sebelum proses instalasi dilakukan. Tentu deteksi dini software antivirus bawaan ini akan sangat penting untuk melindungi laptop Anda

Tapi terkadang ada saat di mana Anda butuh software tertentu. Dan Anda tidak ingin software tersebut terhapus oleh windows defender tanpa ada konfirmasi terlebih dahulu.

Untuk alasan semacam itu, cara mematikan antivirus windows 10 perlu anda lakukan. Karena jika tidak dinonaktifkan, tentu repot harus instal ulang berkali-kali.

Windows defender memang dirancang untuk sensitif terhadap perangkat lunak dari pihak ketiga. Karena itu terkadang saat Anda download software dan terdapat patch aktivasi, antivirus akan segera menghapus file unduhan tersebut.

Untuk menghindari penghapusan otomatis terhadap software penting bisa diupayakan dengan menonaktifkan windows defender. Anda bisa melakukan cara mematikan antivirus windows 10 secara sementara maupun permanen.

Software bawaan terkadang kurang lengkap secara fasilitas. Ini berlaku juga untuk sotware antivirus windows defender.

Dibanding dengan aplikasi pihak ketiga seperti smadav, secara fasilitas windows defender kalah lengkap. Fitur yang ditawarkan software pihak ketiga lebih memadai.

Dengan alasan ingin menginstal software pihak ketiga, sah saja jika Anda ingin nonaktifkan software antivirus pabrikan. Karena jika tidak dimatikan, tentu akan jadi masalah yang mengganggu sistem operasi.

Baca Juga:  Cara Membuat Tabel di Excel dan Berbagai Informasi Lainnya

Cara Mematikan Antivirus Windows 10 Defender Sementara

Cara ini bisa Anda lakukan jika sekedar untuk instal software lain seperti misal Coreldraw, photoshop dan sejenisnya. Dengan mematikan antivirus, maka terhindar dari penghapusan otomatis windows defender.

  1. Langkah pertama Anda buka pengaturan dengan pencet tombol win. Atau bisa juga arahkan kursor pada menu start yang ada di ujung bawah sebelah kiri.
  2. Setelahnya klik menu setting windows yang tampil dengan icon roda gerigi. Akan muncul beberapa opsi, pilih update & security.
  3. Kemudian pilih windows security untuk mulai menonaktifkannya. Dari beberapa menu di windows security, Anda klik virus & threat protection.
  4. Secara otomatis Anda akan diarahkan ke halaman windows defender. Cara mematikan antivirus windows 10 klik manage setting.
  5. Cari icon kapsul berwarna hijau, Anda klik sekali untuk menonaktifkan windows defender. Menu real time protection secara otomatis akan berubah warna jadi abu-abu.
  6. Selanjutnya cari opsi user account control, lalu klik tombol yes sebagai lanjutan. Setelah klik yes, akan muncul task bar bertuliskan real time protecion is off.
  7. Anda tutup semua tab setting windows untuk mengakhiri sistem. Sekarang windows defender sudah tidak aktif dan Anda bisa instal software tanpa takut terhapus otomatis.

Baca juga: Cara Membersihkan Casing HP Biar Terlihat Baru

Cara Mematikan Antivirus Windows 10 Permanen

Dengan menonaktifkan secara sementara, software yang Anda download tidak dihapus otomatis oleh windows defender. Dan software antivirus ini masih tetap terpasang serta mengamankan sistem operasi laptop.

Nanti setelah Anda menghidupkan laptop kembali, secara otomatis windows defender antivirus diaktifkan. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan serangan virus malware saat menggunakan pc.

Tapi Anda bisa juga melalukan cara mematikan antivirus windows 10 secara permananen. Tujuan mematikan antivirus default ini jika Anda ingin ganti ke software sejenisnya dari developer lain.

1.      Mematikan Antivirus Windows Via GPEdit

Anda bisa menonaktifkan permanen software antivirus lewat gpedit atau group policy editor. Gpedit merupakan layanan dari windows untuk mengatur konfigurasi kaitannya dengan sistem operasi.

Dalam menu gpedit ditampilkan beberapa sub item untuk melakukan konfigurasi seperti software, adminitrasi template dan juga setting windows.

Untuk caranya sendiri langkah pertama Anda tekan tombol kombinasi Win + R. Akan muncul task bar dan tulis gpedit.msc.

Pada halaman yang ditampilkan di layar pc Anda, klik opsi folder computer configuration. Lalu klik menu administrative templates.

Baca Juga:  Cukup Pakai HP, Cara Membuat Channel YouTube untuk Pemula

Berikutnya Klik sekali pada menu windows componen, kemudian pencet tombol keyboard huruf W. Lalu Anda cari dan klik folder antivirus software windows defender.

Akan ada beberapa file, Anda pilih opsi turn off windows defender. Klik kanan mouse pilih edit.

Jika sudah, klik menu enable untuk menjalankan cara mematikan antivirus windows 10. Terakhir klik ok dan icon X untuk menutup semua tab yang Anda buka.

2.      Mematikan Antivirus Windows Via Regedit

Selain gpedit, perangkat komputer buatan windows juga menyediakan regedit untuk melakukan konfigurasi sistem operas. Regedit atau registry editor secara fungsi hampir dikatakan mirip dengan group policy editor.

Anda bisa menerapkan cara mematikan antivirus windows 10 dengan menggunakan menu registry editor. Langkah pertama klik ikon start pada laptop atau pc windows Anda.

Kemudian tulis kata kunci regedit pada kolom pencarian. Akan muncul program sistem operasi dengan tulisan Registry Editor.

Pilih program tersebut untuk mulai melakukan pengaturan konfigurasi. Klik yes saat layar Anda menampilkan user account control sebagai administrator.

Berikutnya buka file pada folder komputer. Kemudian klik HKEY, lalu Local dan Machine. Pilih opsi software, policies dan buka file Microsoft.

Akan muncul beberapa instalasi software yang ada di laptop Anda. Pilih file instalan dari software antivirus windows defender.

Supaya cara mematikan antivirus windows 10 berhasil dengan klik dua kali file Disable Anti Sypware. Setelahnya ganti value data dengan input angka 1.

Terkadang pada beberapa pc file Disable Anti Sypware tidak muncul otomatis. Jika Anda mengalami kasus seperti itu, caranya bisa dengan klik kanan pada kursor.

Kemudian pilih new, klik opsi Dword (32-bit) value. Tulis nama file dengan kata DisableAntiSpyware tanpa penambahan spasi.

Double klik untuk enter file baru tersebut dan tambahkan valuenya menjadi 1. Setelah membuat file Disable Anti Spyware, Anda buat juga file baru.

Langkahnya serupa, klik kanan-new-dword (32 bit) value dan ketik nama Disable Real Time Monitoring. Nama file diketik tanpa ada spasi tiap katamya. Klik dua kali dan ganti value data dengan 1 dan selesai.

Sekarang Anda tidak perlu takut jika ingin instal software akan terdeteksi membawa virus. Sebab Anda punya banyak cara mematikan antivirus windows 10 baik secara permanen maupun sementara.