Cara Melacak Nomor HP Lewat Google Maps  Mudah Diterapkan

Google Maps  merupakan layanan yang memiliki banyak fitur, bahkan cara melacak nomor HP lewat Google Maps  juga bisa diterapkan. Sehingga Anda dapat menemukan nomor HP seseorang tanpa perlu memintanya langsung. Hanya saja cara ini harus digunakan secara bijak dan benar.

Google Maps  sendiri sebenarnya dibuat sebagai layanan yang didapat dimanfaatkan sebagai peta atau petunjukkan jalan. Kehadiran GPS membuat layanan Google Maps  ini semakin bermanfaat, karena bisa menjadi pemandu jalan, ketika kita tidak tahu arah atau akses ke lokasi tujuan.

Kehadiran Google Maps  membuat setiap orang tidak perlu lagi bertanya tentang arah jalan, karena tingkat akurasi petunjuk jalan dari layanan ini semakin canggih. Memang pada beberapa kasus Google Maps  tidak bekerja secara optimal, terutama pada daerah yang masih terpencil atau susah sinyal.

Hanya saja pemanfaatkan maps ini tidak hanya sekadar penunjuk arah atau lokasi saja, tetapi bisa juga untuk kepentingan lain. bahkan sudah ada cara melacak nomor HP lewat Google Maps  yang jelas memberikan banyak manfaat, jika digunakan untuk kepentingan baik.

Misalnya saja ketika HP Anda dicuri oleh orang lain, maka bisa melacak keberadaan HP tersebut asalkan nomornya diketahui. Jadi HP yang hilang dapat ditemukan kembali, berkat bantuan Google Maps  tersebut.

Cara Melacak Nomor HP Lewat Google Maps dengan Persetujuan

Untuk bisa melacak nomor HP atau ingin mengetahui perjalanan atau lokasi seseorang, Google Maps  ini sangat bisa dimanfaatkan, selain itu prosesnya juga terbilang sangat mudah. Salah satu yang bisa Anda terapkan adalah dengan cara sederhana berikut ini.

  1. Pertama Anda harus memiliki aplikasi Google Maps yang terinstal di smartphone terlebih dahulu. Setelah itu, pilih menu akun pada aplikasi google tersebut. Usahakan untuk menggunakan foto profil, sehingga proses pelacakannya jadi lebih mudah.
  2. Selanjutnya Anda perlu memilih menu “Location Sharing”, nantinya akan diberikan opsi waktu berapa lama fitur Location Sharing tersebut diaktifkan dan terhubung dengan Google Maps .
  3. Agar cara melacak nomor HP lewat Google Maps tersebut berjalan dengan maksimal, maka HP yang ingin dilacak dan HP yang melacaknya harus terhubung terlebih dahulu. Untuk itu, Anda perlu mengetik nomor HP yang hendak dilacak pada aplikasi Google Maps
  4. Setelah itu, pilih opsi “Bagikan”, dan pilih lagi opsi “Aktifikan”. Pada pilihan menu “Bagikan” Anda perlu membagikan link tersebut kepada orang yang hendak dilacak. Di sini lah dibutuhkan persetujuan, karena ketika HP yang hendak dilacak tersebut tidak mengakses link yang Anda bagikan, maka proses pelacakan tidak bisa diakses.
  5. Setelah fitur location sharing diaktifkan, maka proses pelacakan bisa langsung dilakukan. Anda bisa memantau setiap saat lokasi HP tersebut secara langsung. Hanya saja nanti setelah waktu location sharing berakhir, proses pelacakan juga berakhir.
Baca Juga:  9 Aplikasi Inventaris Barang Kantor untuk Solusi Bisnis

Cara melacak nomor HP lewat Google Maps  yang disebutkan di atas paling cocok diterapkan untuk melakukan pengawasan atau pelacakan yang sifatnya melindungi. Misalnya mengaktifkan fitur ini di ponsel Anda, sehingga Anda bisa melacak keberadaan anak tanpa perlu menghkawatirkannya.

Atau jika Anda memang ingin melacak nomor HP tersebut tanpa persetujuan langsung, maka nada harus bisa membuat si pemilih HP tersebut mengakses link yang sudah dibagikan. Karena ketika link tersebut sudah di-klik, proses placakan bisa langsung diaktifkan.

Cara Melacak Nomor HP Lewat Google Maps Tanpa Persetujuan

Jika cara yang pertama di atas cukup sulit untuk Anda terapkan karena membutuhkan persetujuan, masih ada cara lain yang bisa ditempuh, yakni tetap dengan menggunakan akun google, hanya saja sedikit berbeda dengan penggunaan Google Maps  sebelumnya.

Pada cara yang akan disebutkan berikut, Anda bahkan bisa melihat histori di mana saja tempat yang dikunjungi oleh pemilih HP tersebut. Cara ini cukup efektif digunakan untuk menemukan ponsel yang hilang atau ponsel yang dicuri oleh orang lain.

  1. Langkah pertama untuk menerapkan cara melacak nomor HP lewat Google Maps secara benar adalah Anda harus mengakses “myactivity.google” terlebih dahulu. Anda bisa mengunjungi websitenya langsung menggunakan akun google.
  2. Kemudian Anda akan diminta login kea kun google, dengan memasukkan alamat email dan juga passwordnya. Nantinya setelah berhasil login, Anda bisa mengakses menu “control aktivitas” untuk melakukan pelacakan pada nomor HP tersebut.
  3. Anda perlu memilih menu “Kelola Aktivitas”, kemudian lihat histori lokasi yang pernah disinggahi oleh HP tersebut. Nantinya akan ditampilkan peta dan jejak lokasi lewat Google Maps , sehingga Anda dapat melakukan pelacakan dengan mudah.
  4. Agar cara melacak nomor HP lewat Google Maps tersebut bisa menunjukkan lokasi yang akurat, maka Anda bisa memilih menu “jelajahi Linimasa Anda”, lalu pilih “Ok”. Dengan demikian Anda bisa mengetahui lokasi secara detail jejak ponsel tersebut.
  5. Yang ditampilkan adalah jejak lokasi yang pernah disinggahi HP tersebut. Untuk melakukan pelacakan dan menemukan lokasi HP terakhir kali, atau saat itu, biasanya ditandai dengan lingkaran warna biru. Jadi Anda tinggal menuju lokasi berwarna biru tersebut untuk menemukan HP tersebut.

Penting untuk diketahui bahwa fitur – fitur yang disediakan oleh Google Maps  tersebut hanya bisa dimanfaatkan untuk tujuan yang benar, bukan untuk memata – matai seseorang tanpa alasan yang jelas, karena dapat mengganggu privasi orang tersebut.

Baca Juga:  Mudah, Ini Dia Cara Bikin Google Form Via Hp dan Laptop

Penyebab Sulit Melacak Nomor HP Lewat Google Maps

Biasanya ketika cara melacak nomor HP lewat Google Maps  ini Anda terapkan secara benar, prosesnya biasanya mudah dan tanpa halangan. Hanya saja, ketika sulit dilakukan atau tidak berhasil melakukan pelacakan, biasanya ada beberapa penyebab kegagalan tersebut, diantaranya sebagai berikut.

  1. HP Menggunakan VPN untuk Melindungi Privasi

Salah satu hal yang membuat proses pelacakan menjadi sulit adalah karena HP yang hendak dilacak tersebut menggunakan aplikasi VPN untuk melindung privasinya. Jika hal ini terjadi, Anda akan sulit melacak lokasi nomor HP tersebut, karena dibuat dengan perlindungan ganda.

Jadi untuk bisa menerapkan cara melacak nomor HP lewat Google Maps  tersebut, pastikan VPN sedang tidak diakses, sehingga prosesnya jadi lebih lancar dan mudah.

  1. Koneksi Internet Bermasalah Saat Pelacakan

Ada juga hal lain yang menyebabkan proses pelacakan menjadi lebih sulit, yakni ketika koneksi internet bermasalah. Saat koneksi internet lambat, maka aplikasi Google Maps  juga sulit untuk dibuka, terutama untuk mengetahui lokasi live.

Bisa saja HP tersebut sudah keburu pindah lokasi, namun data yang ditampilkan pada Google Maps  tetap data yang lama, karena belum diupdate oleh internet. Jadi penting untuk menggunakan koneksi internet yang lancar.

Cara Lain Melacak Nomor HP Selain Google Maps

Jika Google Maps  Anda sedang bermasalah, maka masih bisa menggunakan sarana lain untuk melakukan pelacakan nomor HP tersebut, salah satunya adalah lewat MiCloud. Cara ini bisa diterapkan pada ponsel Xiaomi dan sejenisnya.

Atau jika Anda bukan pengguna ponsel Xiaomi bisa juga memanfaatkan aplikasi Waze yang cara kerjanya cukup mirip dengan Google Maps . Hanya saja tetap penting untuk diketahui bahwa pelacakan tersebut hanya bisa diterapkan untuk tujuan yang benar. Cara melacak nomor HP lewat Google Maps  tersebut mudah diterapkan untuk keamanan.