Pahami Beberapa Cara Screenshot HP Samsung Lengkap dan Mudah

Pengetahuan tentang bagaimana cara screenshot HP Samsung tentu wajib dimiliki bagi Anda yang memiliki ponsel dari brand ini. Tidak dapat dipungkiri jika merek Samsung adalah salah satu yang terkemuka dari produksi smartphone.

Walaupun sebenarnya tidak hanya memproduksi barang elektronik seperti smartphone, namun kualitas dari brand ini sudah tidak perlu diragukan lagi dalam memproduksi suatu barang elektronik.

Apalagi setiap ponsel yang dirilis oleh brand ini terus memberikan inovasi berupa teknologi terkini yang menarik perhatian. Salah satunya ialah terdapat begitu banyak opsi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan penangkapan layar atau screenshot.

Baca juga: Cara Melacak Nomor HP Lewat Google Maps  Mudah Diterapkan

Beberapa Cara Screenshot HP Samsung

Karena itulah jika merasa penasaran dengan bagaimana saja cara screenshot HP Samsung, simak uraian informasi berikut ini untuk mengetahui kelengkapannya. Sebab kami akan membeberkan tentang cara lengkapnya.

  1. Menggunakan Tombol Power dan Volume

Mengenai salah satu opsi yang bisa digunakan oleh pengguna ketika menggunakan ponsel besutan Samsung ialah fitur screenshot yang umum. Di mana ponsel ini juga menggunakan opsi yang sama seperti ponsel pada umumnya.

Disebabkan terdapat salah satu opsi yang membuat pengguna smartphone memungkinkan untuk bisa melakukan tangkapan layar. Yang mana salah satu cara screenshot HP Samsung ialah menggunakan tombol.

Tidak berbeda jauh dengan fitur dasar dengan smartphone pada umumnya. Sebab HP ini juga menggunakan dua tombol dasar yaitu tombol power dan volume. Namun terkecuali untuk beberapa seri lama yang masih terdapat tombol fisik untuk tombol “home”.

Mengenai caranya tentu kami yakin bahwa Anda sudah mengetahui bagaimana caranya. Sebab caranya ialah hanya perlu membuka tampilan yang ingin ditangkap layarnya. Jika sudah siap maka barulah dapat menekan tombol yang menjadi opsi untuk screenshot.

Adapun kombinasi tombol yang digunakan adalah tombol power dan tombol volume bawah. Pastikan untuk menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan. Karena penggunaan kombinasi tombol ini adalah salah satu cara screenshot HP Samsung.

Pastikan untuk menekan kombinasi tombol muncul suara jepretan layar atau tampilannya menunjukkan bahwa layar berhasil tertangkap. Untuk melihat hasilnya maka bisa langsung pergi ke galeri karena akan otomatis masuk ke sana.

  1. Menggunakan Fitur Swap to Screenshot

Mengenai opsi kedua untuk bisa melakukan penangkapan layar yaitu dapat dilakukan tanpa menggunakan tombol fisik. Sebab terdapat suatu fitur dari software sistem yang memungkinkan Anda untuk melalukan penangkapan layar dari dalam ponsel.

Baca Juga:  Cara Menyatukan File PDF via Android dan Desktop

Untuk cara screenshot HP Samsung dengan opsi ini maka pengguna harus melakukan pengaktifkan fitur terlebih dahulu. Untuk mengaktifkan opsi ini, maka Anda harus mencari fiturnya melalui pengaturan.

  • Langkah pertama yaitu bukalah menu “Settings”
  • Setelah itu carilah tab yang bertuliskan “Advance Features atau Fitur Lanjutan”.
  • Kemudian, gulirkan menu tersebut ke bawah hingga menemukan menu bertuliskan “Motion and Gestures”.

Di sinilah Anda akan menemukan fitur untuk bisa melakukan penangkapan lain menggunakan gerakan pada layar. Sehingga dengan menggunakan cara ini akan memungkinkan untuk meminimalisir penggunaan tombol fisik.

Untuk merasakan fiturnya maka cobalah untuk mengaktifkan fitur bertuliskan “Palm Swipe to Capture”. Sesuai dengan namanya, cara screenshot HP Samsung ini akan memungkinkan pengguna untuk menangkap layar menggunakan usahakan telapak tangan.

Ternyata sudah diaktifkan maka dapat langsung mengeksekusinya. Caranya ialah dengan persiapkan tampilan pada ponsel yang ingin ditangkap atau di screenshot. Jika sudah maka langsung tempatkan telapak tangan Dari bagian atas sampai bawah layar penuh.

Dapatkan telapak tangan dari sisi kiri atau sisi kanan layar asalkan menyentuh dari bagian atas sampai bawah. Jika sudah maka usaplah bersebrangan dengan posisi awal telapak tangan berada. Keberhasilan dari proses ini akan ditandai dengan berkedipnya layar. Jika berhasil maka langsung cek hasil tangkapan layar melalui Galeri.

  1. Gunakan S Pen

Mengenai opsi cara screenshot HP Samsung yang ketiga dimana dapat dimanfaatkan ialah menggunakan S Pen. Untuk yang tidak tahu, S Pen merupakan kata lain dari stylus atau pena elektronik khusus untuk layar.

Adapun Samsung merupakan salah satu pasal yang menyebutkan adanya status pada beberapa produknya. Beberapa seri ponsel dengan seri Note biasanya sudah terintegrasi dengan stylus atau sebutan untuk produk ini ialah S Pen.

Beberapa orang menganggap bahwa penggunaan pena tersebut hanya dapat digunakan untuk menulis saja. Padahal harus diketahui bahwa terdapat sejuta fitur yang bisa dimanfaatkan menggunakan pena atau S Pen.

Salah satu diantaranya yaitu dapat dimanfaatkan untuk melakukan penangkapan layar pada ponsel besutan Samsung. Bagaimana caranya? Tidak sulit, ikuti pembahasan berikut ini untuk mengetahui bagaimana cara screenshot HP Samsung.

Tidak perlu mengaktifkan fitur apapun karena bisa langsung mengeksekusi caranya. Caranya yakni hanya perlu menekan atau menahan tombol pada stylush beberapa detik hingga muncul tanda bahwa screenshot berhasil dilakukan.

Untuk menangkap layar menggunakan S Pen ternyata tidak hanya dapat dilakukan menggunakan cara di atas saja. Sebab masih ada opsi lain bagaimana untuk melakukan capturing dengan stylush.

Baca Juga:  OnePlus 9 Pro

Caranya yakni adanya fitur scrapbooker yang terdapat pada menu radial air command. Ketika fitur ini diaktifkan, maka Anda bisa menekan tombol pada stylush ke gambar lingkaran pada sekitar layar dan pilih menu screenshot.

  1. Penggunaan Fitur Bixby Voice

Kami yakin Anda sudah paham mengenai fitur pintasan dari Google seperti Google Assistant. Fitur itu akan memungkinkan pengguna bisa mengontrol ponse dengan suara atau sering dikenal sebagai Google Voice.

Hal ini sama halnya dengan perangkat iPhone yang memiliki fitur bantuan seperti Siri. Anda memiliki cara screenshot HP Samsung dengan fitur andalan khusus Samsung yakni Bixby.

Samsung Bixby merupakan program bantuan khusus pada produk Samsung. Cara menggunakan fitur Bixby Voice sendiri sangatlah mudah dan sederhana.

  • Pertama, pastikan bahwa layar kunci sudah terbuka lalu tekanlah tombol samping pada ponsel. Tahan tombol hingga ada suara dari Bixby Voice.
  • Jika fitur ini sudah aktif, maka Anda bisa memberikan perintah via suara untuk melakukan penangkapan layar dengan sederhana. Jadi katakanlah “Hi Bixby took a screenshot”.
  • Kemudian, saat Anda mengucapkan perintah tersebut, maka ponsel akan melakukan penangkapan layar secara otomatis. Hal ini bisa ditandai dengan berkedipnya layar sebagai tanda bahwa layar sudah berhasil tertangkap.

Dengan adanya beberapa opsi di atas, maka Anda sebagai pengguna ponsel produksi Samsung tentu akan merasa sangat dimudahkan. Sebab dengan keterbatasan wawasan membuat seseorang kehilangan potensi untuk memaksimalkan perangkat yang mereka miliki.

Seperti contohnya ialah tidak banyak orang yang menyadari betapa canggihnya sistem operasi dari Samsung. Alhasil banyak dari mereka lebih sering menggunakan pengaturan default yakni melakukan tangkapan layar menggunakan tombol fisik.

Padahal harus diketahui jika terdapat banyak opsi untuk melakukan screenshot terutama pada smartphone keluaran Samsung. Maka dari itulah, pastikan untuk memahami beberapa opsi di atas mengenai bagaimana saja cara screenshot HP Samsung yang benar dan mudah sesuai dengan keinginanmu.