Cara Menghapus Akun Twitter Secara Permanen, Berikut Ini

Tidak banyak yang menyadari bahwa sebenarnya banyak orang yang penasaran tentang cara menghapus akun Twitter. Tentu saja setiap orang memiliki alasan mereka masing-masing mengapa ingin menerapkan hal ini.

Di mana salah satu hal yang sudah jelas ialah karena mungkin mereka ingin menghapus eksistensi mereka pada platform sosial media tersebut. Dapat dikatakan bahwa Twitter merupakan salah satu dari beberapa platform sosial media terbesar saat ini.

Hal ini ditunjukkan dari betapa gemparnya berita ketika membahas Elon Musk yang ingin mengakuisisi Twitter. Bahkan banyak orang yang membagikan sekte pengguna sosial media yakni mereka pengguna Twitter dan non-pengguna Twitter.

Terlepas dari hal itu, banyak ditemukan yang memutuskan untuk pensiun dari penggunaan platform ini sehingga mencari cara menghapus akun Twitter. Sebenarnya cara ini tidak hanya dilakukan karena hal itu saja, mungkin ada alasan lain seperti karena sudah tidak bisa mengakses akun tersebut.

Entah apapun itu alasannya, Anda bisa memanfaatkan cara berikut ini sebagai alternatif jika merasa penasaran tentang bagaimana cara untuk menghapusnya simak penjelasannya.

Perbedaan Hapus Akun Twitter Secara Permanen dan Sementara

Dari banyaknya opsi di internet, sebenarnya ada beberapa pilihan ketika Anda ingin melakukan penghapusan akun sosial media. Tidak hanya Twitter, hampir semua platform sosial media memiliki opsi yang sama.

Di mana pengguna akan dihadapkan oleh dua pilihan ketika hendak menghapus akun. Adapun opsi tersebut adalah menghapus akun secara permanen atau sementara. Jika ingin menerapkan cara menghapus akun Twitter, maka pastikan untuk memahami garis besar antara kedua hal ini terlebih dahulu.

Mengenai opsi penghapusan akun secara permanen, maka ketika pengguna benar-benar menekan menu ini akan menghapus akun secara total sampai akar-akarnya sehingga tidak akan bisa diakses kembali.

Berbagai langkah tidak akan bisa dilakukan untuk memulihkan akun yang sudah dihapus secara permanen. Sebab ketika langkah ini dilakukan, sudah dimintai konfirmasi berlapis sehingga benar-benar murni keinginan dari pengguna.

Sedangkan jika menghapus akun secara sementara atau temporer sebenarnya kurang cocok jika dikatakan menghapus. Sebab semua data pada akun tersebut tidak akan dihapus melainkan hanya dinonaktifkan sehingga eksistensinya sementara tidak bisa ditemukan.

Baca Juga:  Aplikasi Multi Window Android, Wajib Unduh Sekarang Juga

Jika menggunakan pilihan ini, maka pengguna bisa memulihkan akun mereka ketika ingin kembali eksis pada platform sosial media tersebut. Karena itulah, sebelum ingin menerapkan cara menghapus akun Twitter, maka pastikan agar benar-benar paham akan kedua hal ini terlebih dahulu.

Cara Menghapus Akun Twitter Secara Permanen Melalui Aplikasi

Dari beberapa opsi yang tersedia saat ini, akan kami berikan salah satu opsi yang dimulai dari cara paling mudah. Di mana kami akan memberikan informasi tentang bagaimana cara menghapus akun Twitter melalui aplikasi Twitter itu sendiri.

  1. Langkah pertama bisa dimulai dengan membuka aplikasi Twitter itu sendiri. Jika aplikasi sudah terbuka maka bukalah informasi akun terlebih dahulu. Di sini kami akan menganggap bahwa aplikasi tersebut sudah membuka profil akun Anda.
  2. Jika sudah membuka menu mengenai informasi akun, maka dapat dilanjutkan dengan cara klik icon profil pada akun Twittermu. Setelah ditekan maka akan muncul beberapa menu tambahan, yang mana salah satu diantaranya adalah menu bertuliskan “Pengaturan dan Privasi”.
  3. Setelah memilih opsi tersebut, maka dapat dilanjutkan dengan memilih menu “Akun” pada pilihan pengaturan privasi sebelumnya. Jika sudah terpilih maka akan muncul menu yang bertuliskan “Nonaktifkan Akun”.
  4. Kemudian, ketika menu ini dipilih maka Anda akan diarahkan untuk melakukan konfirmasi penghapusan akun. Namun akan ada dua pilihan apakah Anda ingin menonaktifkan akun atau ingin menghapusnya. Karena pembahasan kita disini adalah untuk menghapus secara permanen, maka pilihlah hapus akun.
  5. Terkahir , cara menghapus akun Twitter ini harus diselesaikan ketika sudah menekan menu sebelumnya. Sebab dengan memilih opsi tersebut belum menyelesaikan prosesnya. Jadi Anda akan diminta untuk melakukan konfirmasi penghapusan akun dengan memasukkan kata sandi akun.

Jika sudah dimasukkan kata sandinya dan yakin untuk mengapusnya, maka bisa klik konfirmasi maka akun Anda akan terhapus secara permanen.

Cara Menghapus Akun Twitter Melalui Komputer atau Dekstop

Jika tidak memungkinkan untuk melakukan penghapusan menggunakan smartphone, maka dapat dilakukan dengan menggunakan komputer. Caranya sebenarnya tidak berbeda jauh dengan bagaimana panduan sebelumnya.

Hanya saja perbedaannya terletak pada metodenya karena memang jenis perangkat yang digunakan berbeda. Simak informasi berikut ini mengenai cara menghapus akun Twitter dengan mudah melalui perangkat dekstop yang penting dipahami.

  1. Pertama yakni bukalah aplikasi peramban atau browser yang ada pada komputer. Setelah itu ketikkan link com pada kotak URL browser. Jika sudah, maka cobalah untuk melakukan login akun Anda pada halaman utama browser tersebut.
  2. Jika sudah masuk ke akun Anda , maka langkah intinya akan hampir sama dengan ketika melakukan penghapusan akun menggunakan aplikasi. Intinya Anda hanya perlu membuka informasi Akun dan cari menu Pengaturan serta Privasi.
  3. Kemudian, ketika menu tersebut sudah ditemukan, maka dapat dilanjutkan dengan cara klik menu “Tentang Akun” dalam tap Privasi. Scroll atau gulir menu sampai bawah hingga muncul pilihan mengenai “Nonaktifkan akun”.
Baca Juga:  Twibbon Maulid Nabi Terbaru 2022

Sama seperti sebelumnya, pilihan ingin melakukan penghapusan secara permanen atau sementara dapat disesuaikan melalui pemilihan menunya. Karena itulah dalam penerapan cara menghapus akun Twitter harus dilakukan secara hati-hati.

Pastikan jika menu yang dipilih adalah menu hapus permanen agar tidak ada kemungkinan bahwa akunmu bisa dipulihkan kembali. Karena itulah ketika menu tersebut ditekan maka akan ada perintah untuk melakukan konfirmasi atau verifikasi dengan memasukkan kata sandi serta konfirmasi lainnya.

Fakta yang Harus Diketahui Saat Menghapus Akun Twitter

Walaupun sudah melakukan penghapusan akun secara permanen, ternyata masih ada kesempatan untuk mengembalikan akun tersebut. Inilah fakta yang harus diketahui ketika ingin menerapkan cara menghapus akun Twitter.

Sebab terdapat fakta bahwa ketika pengguna berusaha untuk melakukan login pada akun yang sudah dihapus sebelumnya sebelum 30 hari semenjak tanggal penghapusan, maka akun akan kembali dipulihkan.

Namun berbeda jika penghapusan akun sudah dilakukan lebih dari 30 hari. Maka semua data terkait akun akan terhapus secara permanen jika tidak ada upaya untuk melakukan login pada akun tersebut selama lebih dari 30 hari.

Karena itulah fakta ini harus diketahui agar bisa menahan diri Anda untuk melakukan konfirmasi apakah akun sudah benar-benar terhapus atau tidak dengan cara login ulang. Pastikan untuk tidak berusaha untuk login pada akun tersebut jika belum lebih dari 30 hari.

Jika hal ini dilakukan maka semua usahamu dalam menerapkan cara untuk menghapus akun Twitter akan menjadi percuma.

Dengan adanya beberapa opsi di atas, maka Anda bisa memilih salah satu diantaranya jika berkeinginan untuk melakukan penghapusan akun Twitter.

Ada banyak alasan mengapa seseorang memutuskan tiba-tiba berhenti bermain Twitter. Namun apapun itu masalahnya, selama Anda mengetahui bagaimana cara menghapus akun Twitter, maka tidak akan menjadi permasalahan.