Mudah, Ini Dia Cara Bikin Google Form Via Hp dan Laptop

Sebuah program yang disebut Google Forms memungkinkan pengguna membuat dan mendistribusikan formulir secara online, sehingga dibutuhkan cara bikin google form. Cara membuatnya cukup mudah, yang dibutuhkan hanyalah akses ke internet via smartphone atau komputer.

Pengisian formulir adalah tugas yang sering dilakukan setiap hari. Kabar baiknya, kini formulir tersedia secara digital dan dapat dibuat serta disebarluaskan secara online seiring kemajuan teknologi. Akibatnya, lebih banyak orang akan mengisi formulir, dan semakin banyak tanggapan yang didapat.

Google adalah salah satu perusahaan yang menyediakan alat pembuatan formulir. Melalui Google Forms, pengguna dapat membuat formulir secara online. Membuat formulir digital sederhana dan memiliki beberapa keunggulan.

Peneliti di bidang akademis dapat menemukan lebih banyak responden tanpa harus mencari di area tertentu. Cara bikin google formulir dapat digunakan oleh bisnis yang melakukan survei kepuasan pelanggan untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Penggunaan Formulir Google ini benar-benar gratis. Google Formulir lebih baik karena cepat, murah dan mudah digunakan, sedangkan formulir konvensional masih membutuhkan kertas dan energi untuk disebarluaskan.

Karena Google Formulir sangat mudah untuk diedit, perancang formulir dapat memeriksa dan memeriksa ulang pekerjaan mereka sebelum menyimpan dan berbagi. Lalu bagaimana cara membuatnya?

Cara Bikin Google Form Mudah 2022

Langkah pertama dalam membuat google form adalah merencanakan pertanyaan formulir terlebih dahulu. Karena pembuatan formulir dilakukan secara online, konektivitas internet yang konsisten diperlukan untuk pembuatan yang efisien.

Selain itu, Anda harus memiliki akun Google yang aktif untuk cara bikin google form. Setelah detail ini diverifikasi, Formulir Google dapat dibuat. Adapun tutorialnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Forms.google.com
  2. Pilih symbol “+” dibagian black
  3. Buka Google Formulir.
  4. Beri judul dan deskripsi pada formulir.
  5. Pengguna juga dapat menambahkan pertanyaan baru.
  6. Pilih dari berbagai tanggapan yang tersedia. Ada teks, kotak centang, pilihan ganda, skala linier, dan opsi lain yang tersedia.
  7. Bila sudah selesai, klik tombol Send pada bagian kanan atas untuk mendapatkan tautan.
  8. Anda dapat menyebarkan tautan tersebut untuk mendapatkan respon.
Baca Juga:  Cara Mengganti Password Gmail Supaya Tidak Diretas

Cara Bikin di HP dan Cara Bikin Google Form untuk Ujian

Cara Membuat Google Form di hp cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka internet browser di smartphone
  2. Lalu, masuk ke laman forms.google.com
  3. Selanjutnya, Anda sudah berada pada halaman utama untuk membuat Google Form

Alat ujian dapat digunakan dengan fitur Kuis Google Formulir. Mirip dengan membuat formulir biasa, pilih Pengaturan > Kuis > Jadikan ini kuis, lalu klik Simpan untuk membuat Formulir Google untuk ujian.

Cara Mengedit Google Forms dan Bikin untuk Tambahkan Gambar/Video

Bahkan setelah dibagikan, Google Forms selalu dapat diubah. Ini memungkinkan pembuat formulir untuk memodifikasi tampilan formulir, menggabungkan gambar atau video, dan menambahkan pertanyaan baru.

Kemudian, pertanyaan atau jenis jawaban untuk pertanyaan, seperti pilihan ganda atau kotak centang, keduanya dapat memiliki gambar yang ditambahkan oleh pembuat formulir. Terakhir, upload atau pilih gambar/video. Nanti hasilnya akan muncul pada bagian yang diinginkan.

Cara Mengubah Tampilan Google Form

Selain cara bikin google form secara gratis, kreator dapat memilih warna yang diinginkan untuk menyempurnakan tampilan Google Formulir. Warna latar belakang dan warna primer adalah satu-satunya warna yang dapat diubah.

Kuncinya adalah memilih gambar header, warna, dan font yang diinginkan dengan mengklik ikon Tema di sudut kanan atas. Nantinya google akan secara otomatis menyimpan pilihan tersebut.

Cara Memilih Lokasi Penyimpanan Tanggapan Google Form

Tanggapan dapat dikumpulkan dalam formulir itu sendiri atau secara terpisah di Google Spreadsheet setelah pengiriman. Dengan membuka Formulir Google, kreator dapat memilih tempat untuk menyimpan tanggapan.

Klik Ringkasan di bawah “Respons” di sudut kiri atas. Selanjutnya, pilih lokasi respons dengan mengklik lainnya di sudut kanan atas. Pilih salah satu dari dua hal ini:

  1. Pembuatan spreadsheet baru: Di Google Spreadsheet, buat spreadsheet untuk tanggapan.
  2. Pilih spreadsheet saat ini: Untuk menyimpan tanggapan, pilih spreadsheet dari Google Spreadsheet yang ada.

Cara Melampirkan Dokumen di Google Form

Cara bikin google form, tentu saja responden dapat melampirkan file. Fungsi ini biasanya diterapkan pada formulir pendaftaran yang meminta dokumentasi pendukung dari pendaftar.

Responden diharuskan untuk masuk ke Google sebelum mereka dapat melampirkan dokumen. Berikut adalah cara mengaktifkan responden agar dapat mengirimkan file:

  1. Aktifkan Google Form.
  2. Untuk mengajukan pertanyaan dan menerima jawaban, klik tambahkan pertanyaan.
  3. Klik panah bawah di samping pertanyaan, lalu pilih unggah file.
  4. Tetapkan batasan pada jenis file yang dapat diposting pengguna.
  5. Setelah mengklik aktifkan, pilih jenis jika hanya berlaku untuk jenis file tertentu.
  6. Atur ukuran file maksimum yang dapat dikirimkan menggunakan formulir.
  7. Pembuat formulir dapat mengakses dokumen melalui area tanggapan Google Formulir setelah menerima tanggapan berupa dokumen yang diperlukan.
  8. Klik Ringkasan untuk melihat semua file yang diterima. Klik Individu dan pilih dokumen yang akan dibuka untuk melihat dokumen tertentu.
Baca Juga:  Cara Berlangganan Netflix dan Paket yang Disediakan

Baca juga: Cara Menghapus Akun Twitter Secara Permanen, Berikut Ini

Manfaat dan Fungsi Google Form

Google Forms adalah layanan yang memberi pengguna berbagai keuntungan untuk tujuan bisnis, pekerjaan, dan perusahaan. Ketahui beberapa fitur Google Forms dibawah ini:

  1. Membuat Kuesioner

Kemampuan untuk membuat kuesioner dalam bentuk formulir adalah salah satu fitur utama dari layanan cara bikin google formulir.

Jika ada kebutuhan formulir penelitian, Anda dapat mengisinya dengan kritik, ulasan, ide, komentar, atau umpan balik dan data penilaian. Komunitas perusahaan, akademik, dan penelitian sering menggunakan fitur kuesioner pada Google Formulir.

  1. Formulir Pendaftaran Kerja

Membuat formulir pendaftaran pekerjaan adalah fitur kedua pada Google Forms. Banyak profesi kini menjalankan bisnisnya secara online dan jarak jauh karena semakin banyaknya bisnis atau perkantoran yang menerapkan standar kesehatan di tengah wabah yang sedang berlangsung.

Akibatnya, banyak bisnis menggunakan layanan ini untuk memposting lowongan pekerjaan secara online.

Selain lebih praktis dan cepat, fungsi Google Form juga dapat menjangkau lebih banyak pelamar dengan kualifikasi tingkat yang lebih tinggi.

Dengan cara ini, bisnis dapat memperoleh sumber daya dengan kualitas terbaik dan memaksimalkan operasi komersialnya untuk mencapai tujuan atau keuntungan.

  1. Membuat Lembar Kerja

Formulir pengisian lembar kerja juga dapat dibuat menggunakan Google Formulir. Data atau informasi yang digunakan dalam formulir biasanya dihubungkan dengan formulir untuk mengunggah file, mengerjakan tugas sekolah, baik dalam bentuk esai atau pilihan ganda, dan lain-lain.

  1. Pembelian Produk

Terakhir, cara bikin google form yang mana dapat digunakan untuk mengembangkan formulir untuk memesan layanan atau barang.

Pengguna tidak perlu lagi mencatat hasil penjualan produk secara manual melalui media konvensional. Ini juga meningkatkan perekaman dan aksesibilitas semua data dari formulir yang ada.

Intinya, Google Forms adalah layanan bermanfaat yang memungkinkan pengguna membuat dan mengumpulkan data dengan mudah. Selain sederhana dan praktis, penyimpanan data dengan layanan ini bersifat real-time dan dapat diakses oleh siapa saja secara online.

Dapat dikatakan bahwa Google Forms memiliki sejumlah keunggulan dan sangat praktis untuk bisnis, institusi akademik, dan masyarakat umum. Jadi, di atas adalah cara bikin google form dengan mudah.