Cara Memotong Video di Komputer dan Smartphone

Cara memotong video melalui komputer dan smartphone bukanlah hal sulit untuk dilakukan. Anda dapat melakukannya menggunakan aplikasi yang memang telah tersedia di komputer atau PC. Seperti menggunakan aplikasi pada Windows.

Tidak hanya menggunakan komputer atau PC. Seiring dengan perkembangan zaman, proses memotong ini dapat juga menggunakan smartphone. Proses editing saat ini memang banyak menggunakan smartphone karena mudah dibawa kemana-mana.

Langkah Memotong Video dengan Aplikasi Bawaan Windows

Cara memotong video melalui komputer pertama adalah dengan menggunakan aplikasi bawaan dari Windows. Biasanya setelah merekam video, kebanyakan orang akan langsung menggunakan PC atau laptop pribadi untuk proses pemotongan tersebut.

Aplikasi bawaan sebenarnya sudah cukup mumpuni, sehingga memotong video menggunakan device dengan OS Windows tidak perlu lagi mengunduh software tambahan.

Namun, software bawaan ini hanya dapat digunakan pada OS Windows 10. Untuk itu, sebelum menggunakannya pastikan terlebih dahulu PC atau laptop Anda telah terupdate Windows versi terbaru.

  1. Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menjalankan terlebih dahulu device yang akan digunakan.
  2. Kemudian pilih rekaman yang ingin anda potong. Klik kanan pada rekaman tersebut dan pilih “Open With” lalu klik “Photos”. Pada bagian kanan halaman pengeditan pilih “Trim” dan atur waktu bagian awal serta akhir rekaman.
  3. Tunggu hingga proses pemotongan ini selesai. Setelah proses pemotongan selesai pilih “Save as” untuk menyimpan hasil pemotongan. Terakhir beri nama pada file dan tentukan lokasi penyimpanan untuk file tersebut.

Memotong Video dengan Software VLC

Cara memotong video di PC selanjutnya dapat menggunakan software VLC. VLC menjadi software media player yang paling banyak digunakan saat ini. Tidak hanya digunakan sebagai media player, namun VLC dapat dimanfaatkan untuk melakukan editing.

  1. Cara pertama adalah buka terlebih dahulu VLC dan pilih rekaman yang akan Anda potong dengan cara klik kanan pada video. Lalu pilih “Open With” dan pada pilihan media player pilih opsi “VLC Media Player”. Lalu rekaman tersebut akan otomatis terputar di VLC.
  2. Pilih “View” pada menu bar VLC dan ceklis pada pilihan “Advanced Controls”. Selanjutnya akan muncul empat tombol untuk proses editing. Tandai waktu awal dan akhir di bagian yang ingin dipotong. Lalu klik tombol “Record”.
  3. Tunggu proses recording hingga mencapai akhir potongan yang telah diatur. Setelah mencapai akhir potongan pilih kembali tombol “Record”. Dengan begini, video telah berhasil dipotong dan akan langsung tersimpan pada komputer Anda.
Baca Juga:  Twibbon Maulid Nabi Terbaru 2022

Baca juga: Cara Menghapus History Google untuk Menyembunyikan Aktivitas

Cara Memotong Video dengan Adobe Premiere Pro

Cara untuk memotong video juga dapat dilakukan dengan software Adobe Premiere Pro. Software ini memang diperuntukkan untuk proses editing video. Tampilan dari software ini sangat mudah dipahami para pemula atau profesional editor. Caranya juga cukup mudah, berikut ini.

  1. Pertama Anda hanya perlu menyiapkan software ini pada komputer atau laptop.
  2. Kemudian siapkan rekaman yang ingin dipotong. Biasanya video yang ingin dipotong adalah yang berdurasi panjang dan ingin dipotong hanya pada bagian tertentu.
  3. Setelah disiapkan, buka “Adobe Premiere Pro”. Pada aplikasi klik “New Project” dan pilih judul editing serta lokasi penyimpanan file.
  4. Berikutnya masukkan rekaman yang ingin dipotong dengan klik “import” pada menu “file”.
  5. Rekaman akan langsung masuk ke library dan potong sesuai dengan durasi yang Anda inginkan. Proses pemotongan ini dapat menggunakan tools “Razor tool”. Rekaman yang terpotong akan dipisah dan dapat Anda susun dengan menggunakan “Selection Tool”.

Ketahui Memotong Video Secara Online

Cara memotong video juga dapat dilakukan secara online dengan menggunakan website Video Cutter. Website ini akan memudahkan Anda sehingga tidak perlu menginstall software tambahan. Tidak hanya editing, situs ini juga dapat digunakan sebagai media player.

Jika hanya ingin melakukan pemotongan video tanpa proses editing, maka menggunakan situs online ini merupakan pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan proses pada website ini tidak terlalu sulit dan hanya memerlukan koneksi internet stabil.

  1. Langkah pertama kunjungi website “https://online-video-cutter.com/id/” dan upload video yang ingin Anda potong dengan klik “Buka file”. Setelah memilih video yang ingin dipotong, tunggu hingga proses upload selesai.
  2. Setelah proses upload selesai, kemudian Anda akan dibawa pada tahap selanjutnya untuk proses pemotongan. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan rentang waktu yang ingin dipotong. Setelah itu klik “Potong” untuk memproses pemotongan rekaman.
  3. Tunggu hingga proses pemotongan selesai dan selanjutnya akan muncul tombol “Unduh”. Klik tombol unduh tersebut dan simpan video yang sudah dipotong ke dalam komputer atau laptop Anda.

Cara untuk Memotong Video dengan Smartphone Android

Cara memotong video dapat dilakukan dengan mudah melalui smartphone Android. Proses ini juga dapat dilakukan secara gratis. Hal ini dikarenakan pada sistem operasi Android terdapat software bawaan yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan proses editing media player.

Baca Juga:  Ini Dia Cara Download Lagu Tanpa Aplikasi Gratis

Caranya juga cukup mudah, pertama buka media player yang ada di smartphone Android. Kemudian pilih rekaman yang ingin dipotong. Lalu pilih tombol “Menu” untuk memunculkan menu pengaturan terkait dengan proses pemotongan video.

Pilih “Trim” di menu pengaturan tersebut, lalu gerakkan secara perlahan dan bingkai awal serta akhir video sesuai keinginan Anda. Tunggu hingga proses pemotongan selesai dan simpan hasil pemotongan tersebut ke dalam smartphone Anda.

Cara untuk Memotong Video dengan iPhone

Cara memotong video tidak hanya dapat dilakukan melalui smartphone Android, melalui iPhone juga dapat dilakukan. iPhone sebenarnya juga telah menyediakan cara untuk memudahkan proses editing atau memotong rekaman.

Pihak Apple telah menyediakan aplikasi bawaan khusus yang dapat digunakan untuk edit atau potong video. Berikut ini cara mudahnya.

  1. Langkah pertama buka aplikasi “Photos app” dan pilih rekaman yang ingin dipotong. Pilih “Edit” untuk memulai proses pemotongan.
  2. Gerakkan penggeser pada editing tersebut untuk mengubah waktu awal dan akhir selesai rekaman.
  3. Kemudian pilih tombol “Play” untuk melihat hasil yang telah dipotong. Jika telah sesuai klik “Done” dan pilih “Save as new clip” untuk menyimpan video.

Cara Memotong Video Menggunakan InShot

Cara memotong video melalui smartphone dapat juga dilakukan dengan menggunakan aplikasi InShot Video Editor. Aplikasi ini dapat dikatakan mudah untuk digunakan di smartphone dan memiliki rating tinggi pada Google Play Store.

  1. Pertama unduh dan install terlebih dahulu aplikasi InShot melalui Play Store. Buka aplikasi dan pilih “Video” pada tampilan awal aplikasi serta pilih rekaman yang ingin dipotong.
  2. Setelah dipilih, geser titik pengaturan yang ada pada bagian bawah tampilan sesuai keinginan Anda.
  3. Apabila sudah memilih bagian yang ingin dipotong, pilih tanda “Ceklis” dan Anda akan melihat beberapa fitur untuk memperindah video. Setelah memperindah hasil pemotongan, klik “Save” pada bagian sudut kanan atas.
  4. Selanjutnya pilih kualitas rekaman yang diinginkan dan tunggu beberapa saat hingga proses konversi selesai. Hasil yang telah selesai dikonversi akan secara otomatis tersimpan di dalam galeri smartphone Anda.

Cara Memotong Video dengan Aplikasi YouCut

Cara memotong video selanjutnya dapat menggunakan aplikasi YouCut. Aplikasi ini merupakan produksi dari perusahaan InShot.Inc. Anda dapat melakukan proses editing secara gratis melalui YouCut. Hasil potongan video dari YouCut juga tidak perlu diragukan lagi.

  1. Pertama download dan install YouCut dan jalankan aplikasi tersebut. Setelah terbuka, pilih video yang ingin Anda potong.
  2. Selanjutnya klik “Trim” pada bagian menu untuk memotong video. Kemudian pilih durasi waktu awal dan akhir sesuai keinginan.
  3. Pilih tanda “Ceklis” untuk menyelesaikan cara untuk memotong video dan tunggu hingga proses pemotongan tersebut selesai.
  4. Selanjutnya pilih “Save” untuk menyimpan hasil potongan pada smartphone Anda.
Baca Juga:  Cara Screenshot di Laptop

Hadirnya berbagai aplikasi, software dan layanan online untuk edit video semakin memudahkan Anda untuk melakukan editing atau hanya sekedar memotong video. Memilih cara memotong video melalui PC atau smartphone dapat dilakukan sesuai dengan perangkat yang Anda miliki.