Cara Mengganti Wallpaper Laptop dengan Mudah

Cara mengganti wallpaper laptop perlu dilakukan agar tampilan layar laptop tidak selalu sama. Tampilan layar laptop yang hanya itu saja tentu akan membuat bosan. Wallpaper dapat diganti dengan menggunakan gambar sesuai keinginan Anda.

Gambar atau wallpaper dapat berasal dari default sistem operasi dan dapat juga didownload melalui internet. Wallpaper laptop juga dapat diatur agar bisa berganti secara otomatis. Sehingga Anda tidak lagi perlu mengatur walpaper secara manual.

Mengganti Wallpaper Laptop pada Windows 7

Cara mengganti wallpaper laptop pertama adalah pada sistem operasi Windows 7. Dapat dikatakan bahwa tampilan Windows modern berawal dari kemunculan Windows 7. Meski merupakan OS jenis lama, namun masih ada beberapa laptop menggunakannya.

Untuk menggantinya Anda perlu masuk ke bagian personalize dan langkahnya juga sedikit lebih praktis.

  1. Pertama menyalakan laptop kemudian di bagian desktop klik kanan pada mouse. Pada bagian menu pop-up yang muncul, pilih menu “Personalize”.
  2. Setelah itu akan muncul layar “Desktop Background” dan Anda akan melihat beberapa pilihan gambar. Pilihlah wallpaper sesuai keinginan untuk digunakan. Jika menggunakan gambar sendiri, cara mengganti wallpaper laptop maka harus memilih “Browse”.
  3. Setelah wallpaper dipilih, langkah selanjutnya untuk mengganti wallpaper tersebut adalah dengan klik “Save changes”. Maka secara otomatis tampilan layar desktop akan terganti sesuai dengan gambar yang Anda pilih.

Cara Mengganti Wallpaper Laptop pada Windows 8

Cara mengganti wallpaper laptop selanjutnya diperuntukkan untuk pengguna Windows 8. Sistem operasi ini adalah pembaruan dari Windows 7. Penggunanya juga hingga saat ini masih tergolong cukup banyak.

Beberapa perangkat laptop dengan Windows 8 juga tersedia fitur touchscreen yang pada saat itu pertama kali muncul. Windows 8 muncul dengan sedikit perubahan dari Windows 7.

Perubahan tersebut terlihat pada letak menu-menu yang sedikit berbeda. Untuk mengganti tampilan layar desktop pada sistem operasi ini perhatikan caranya.

  1. Pertama perlu dilakukan adalah buka laptop Anda. Pada tampilan layar desktop kemudian klik kanan dan pilih menu “Personalize” yang tersedia pada menu pop-up.
  2. Setelah muncul menu “Personalization”, pilihlah menu “Desktop Background”.
  3. Lalu pilih gambar mana yang ingin Anda jadikan wallpaper. Sama seperti pada Windows 7, jika ingin menggunakan gambar sendiri maka klik “browse”.
  4. Setelah itu pilih “Save Change”.
Baca Juga:  Cara Membuat Google Drive untuk Menyimpan Data Penting

Mengganti Wallpaper Laptop pada Windows 10

Cara mengganti wallpaper laptop berikutnya adalah untuk pengguna Windows 10. Banyak laptop keluaran baru saat ini menggunakan versi sistem operasi ini. Sebenarnya sistem operasi ini telah dilengkapi wallpaper bawaan dengan berbagai varian.

Anda dapat menggunakan berbagai varian tersebut dengan tema tertentu. Tidak harus selalu gambar, karena terdapat juga pilihan wallpaper yang hanya menampilkan warna saja. Anda hanya perlu memilih tampilan mana yang disukai.

  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyalakan laptop kemudian pada tampilan desktop klik kanan mouse. Setelah muncul menu pop up pilih “Personalize”. Lalu Anda akan melihat menu “Background” dengan banyak pilihan menu.
  2. Pada kolom “Background” pilih menu “Picture”. Setelah itu Anda hanya perlu memilih gambar yang ingin Anda jadikan tampilan layar depan laptop. Untuk memilih gambar selain pilihan default maka klik pada “Browse”.

Selain cara di atas, terdapat juga cara mengganti wallpaper laptop lebih praktis pada Windows 10. Caranya adalah cari gambar tersimpan di laptop. Selanjutnya klik kanan dan pilih “Set as desktop background”, maka secara otomatis tampilan desktop akan berubah.

Mengganti Wallpaper Laptop pada Windows 11

Cara mengganti wallpaper laptop dapat juga dilakukan pada laptop dengan sistem operasi Windows 11. OS ini merupakan versi terbaru dari Microsoft. Memiliki tampilan yang sedikit berbeda dibandingkan dengan pendahulunya Windows 10.

Karena masih tergolong baru maka Anda perlu mengetahui cara mengganti wallpaper di OS ini.

  1. Pertama Anda pilih menu Windows pada bagian layar desktop atau melalui keyboard. Lalu pilih menu “Setting” dan pilih opsi “Personalization”.
  2. Selanjutnya pilih “Background” kemudian pilih gambar yang sudah disediakan untuk dijadikan wallpaper. Dapat juga menggunakan gambar tersimpan di dalam perangkat dengan memilih menu “Browse”.

Selain cara di atas dapat juga mengganti wallpaper dengan menggunakan tombol pintas “Windows + I”. Pada tab “Personalization” pilih opsi “Background”. Kemudian pilih menu drop down pada “Personalize your background”.

Klik “Picture” untuk menambahkan gambar kemudian “Browse Photos” dan pilih gambar yang Anda inginkan. Selanjutnya pilih “Choose Picture”, secara otomatis tampilan dekstop akan berubah.

Mengganti Wallpaper Laptop pada MacBook

Cara mengganti wallpaper laptop tidak hanya dilakukan pada laptop Windows. Ini juga bisa dilakukan pada sistem operasi Mac OS seperti MacBook. Dapat Menggunakan wallpaper yang telah tersedia atau menggunakan gambar sendiri.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengklik “Apple menu” atau logo Apple yang berada di sudut kiri atas layar desktop. Akan muncul pop up lalu pilih menu “System Preferences” dan pilih “Desktop & Screen Saver”.
  2. Dari jendela desktop pilih folder atau gambar yang berada di sisi kiri. Kemudian pilih gambar yang berada di sisi kanan untuk mengubah wallpaper MacBook.
Baca Juga:  Cara Screenshot HP Oppo, Ini Beberapa Cara Termudahnya

Selain cara tadi, untuk mengubah wallpaper MacBook dapat juga dilakukan dengan praktis.  Pertama buka aplikasi “Photos” dan pilih foto yang ingin dijadikan wallpaper.

Pilih tombol “Share” yang ada pada toolbar “Photos”. Kemudian pilih opsi “Set Desktop Picture” dan tampilan desktop MacBook akan berubah.

Baca juga: Cara Memotong Video di Komputer dan Smartphone

Membuat Wallpaper menjadi Slideshow

Cara mengganti wallpaper laptop menjadi slideshow juga dapat dilakukan dengan mudah. Slideshow akan menampilkan gambar yang akan berganti secara otomatis pada tampilan desktop. Ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang mudah bosan dengan satu tampilan.

Cara ini akan membutuhkan beberapa gambar. Langkah pertama harus dilakukan adalah klik kanan pada bagian layar desktop dan pilih menu “Personalize”. Setelah itu akan muncul menu pop up “Background” dan pada menu background klik “Slideshow”.

Selanjutnya pilih gambar dengan memilih “Browse” dan pilih satu folder agar dapat digunakan untuk slideshow wallpaper. Kemudian pilih waktu pergantian gambar dan sesuaikan dengan kebutuhan. Di bagian bawah waktu, aktifkan “Shuffle”

Bertujuan untuk menampilkan gambar agar tidak berurutan. Pilih opsi “Fill” pada menu “Choose a fit” agar tampilan penuh pada layar desktop. Setelah menyelesaikan cara tersebut, secara otomatis tampilan desktop akan berganti sesuai dengan waktu yang dipilih.

Cara Mengganti Wallpaper Laptop Jika Tidak Bisa Diganti

Terkadang beberapa laptop akan mengalami kesulitan saat ingin mengganti tampilan layar desktop. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti sistem Windows yang bermasalah atau Windows tersebut belum aktif.

Jika disebabkan oleh sistem Windows bermasalah, maka Anda perlu melakukan restore untuk memperbaiki sistem tersebut. Namun jika masalah disebabkan oleh Windows belum aktif, maka cara mengganti wallpaper laptop adalah dengan melakukan aktivasi terlebih dahulu.

Setelah beberapa cara di atas dilakukan, maka Anda dapat mencoba kembali untuk mengatur tampilan layar desktop melalui menu “Personalize” atau dengan menggantinya secara langsung.

Tampilan layar desktop memang perlu untuk diganti agar sistem memiliki tampilan yang lebih bervariasi. Sebenarnya bagus atau tidaknya suatu tampilan desktop itu bersifat relatif. Hal ini karena setiap user memiliki selera masing-masing dalam menentukan wallpaper laptopnya.

Terdapat di user yang memang bukan tipe mudah bosan dengan satu tampilan. Namun ada juga user mudah bosan dengan tampilan desktop yang hanya satu jenis. Untuk Anda yang mudah merasa bosan, cara mengganti wallpaper laptop di atas dapat coba dipraktekkan.

Baca Juga:  Ini Dia Cara Download Lagu Tanpa Aplikasi Gratis