3 Cara Mengganti Kata Sandi FB Terbaru

Cara mengganti kata sandi FB dibutuhkan saat Anda mengakses facebook di perangkat lain dan lupa logout. Terlebih Anda mengakses melalui layanan umum seperti komputer di warnet.

Tentu ada potensi akun Anda dibajak untuk digunakan misal update status dengan kata-kata yang tidak sopan. Jelas, tindakan semacam ini akan merugikan Anda.

Karenanya Anda perlu mengganti passwordnya saat Anda terlupa melakukan logout. Dan untungnya, membuat kata sandi baru di facebook relatif cukup mudah untuk dilakukan.

Alasan Mengganti Kata Sandi FB

Selain karena lupa logout di perangkat layanan umum, cara mengganti kata sandi FB bisa diterapkan dalam beberapa kondisi. Seperti saat Anda lupa dengan kata sandi facebook yang lama.

Kondisi ini bisa terjadi karena kemungkinan Anda login facebook pada satu perangkat dan tidak pernah mengetik lagi kata sandi. Karenanya ketika Anda diharuskan login facebook menggunakan lain, Anda lupa apa kata sandinya.

Selain itu, kondisi yang lebih darurat adalah saat akun Anda diretas. Semisal Anda pernah memberikan kata sandi itu ke pacar, lalu pacar Anda membajak menggantinya dengan password baru.

Atau misalnya akun facebook Anda kena retas oleh entah seseorang dan menggunakannya untuk kejahatan digital. Jelas Anda harus tahu cara mengganti kata sandi FB jika tidak ingin nama baik tercemar.

Hal ini dikarenakan peretas sering menggunakan facebook yang dihack untuk menyebarkan link-link video porno. Tentu tindakan semacam itu akan merugikan Anda jika tidak segera ditangani dengan cepat.

Baca juga: Cara Menyatukan File PDF via Android dan Desktop

Cara Mengganti Kata Sandi FB Versi Mudah

Cara ini bisa diterapkan asal Anda tidak lupa kata sandi sebelumnya. Dengan kata lain Anda menggantinya karena keinginan, bukan disebabkan akun facebook Anda dibajak atau lupa passwordnya.

Untuk tahapan awal, tentu saja Anda sudah harus login di facebook. Sebagai contoh Anda menggunakan aplikasi facebook lite.

Anda masuk ke halaman beranda aplikasi facebook lite di ponsel tersebut. Kemudian tap icon garis tiga horizontal yang tertera di sudut kanan paling atas di linimasa.

Ada banyak menu di halaman tersebut. Anda pilih dan klik menu Account. Setelahnya Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan dan privasi.

Baca Juga:  Aplikasi Android Terbaik

Klik opsi pengaturan, berikutnya gulir ke bawah dan cari opsi keamanan dan login. Klik menu tersebut dan akan terbuka tab baru.

Cara mengganti kata sandi FB berikutnya klik tulisan edit di sudut menu ganti kata sandi. Lalu input password yang saat ini Anda gunakan.

Dilanjut dengan memasukan kata sandi facebook barunya. Pastikan kata sandi baru Anda mudah diingat oleh diri Anda sendiri.

Jika sudah, terakhir klik simpan perubahan. Untuk memastikan apakah sudah terganti, logout terlebih dahulu kemudian login dengan kata sandi FB terbaru.

Cara Mengganti Kata Sandi FB Melalui Chrome

Jika Anda tidak menggunakan facebook lite dan akses facebook melalui pc, maka cara ini bisa digunakan. Secara keseluruhan caranya hampir sama, hanya beda pada penempatan menu-menunya.

  1. Langkah pertama buka google chrome di pc laptop. Kemudian masuk ke halaman web facebook dan login terlebih dahulu.
  2. Tunggu loading selesai. Cara mengganti kata sandi FB dilakukan dengan klik ikon segitiga yang berada di pojok sebelah kanan.
  3. Berikutnya Anda masuk ke menu pengaturan. Gulir ke bawah untuk tap opsi keamanan dan info login.
  4. Pada opsi ubah kata sandi, anda klik menu kecil di pojokan yang bertuliskan ‘edit’. Setelahnya masukan kata sandi lama dan terbaru.
  5. Ketik ulang kata sandi yang baru Anda buat tersebut. Jika sudah, langkah terakhir klik opsi simpan perubahan. Sekarang Anda bisa mencoba login dengan kata sandi baru tersebut.

Cara Mengganti Kata Sandi FB Password Sebelumnya

Ketika lupa kata sandi FB, tentu itu membuat Anda tidak bisa login ke akun facebook. Jika mengalami hal semacam itu, yang harus Anda lakukan adalah memulihkannya.

Memulihkan akun facebook juga bisa diupayakan jika akun Anda kena hack. Semisal hacker tersebut mengganti sandinya dengan password baru. Untuk caranya sendiri, tidak terlalu susah.

  1. Langkah pertama Anda buka browser chrome baik itu laptop maupun ponsel android.
  2. Kemudian masuk ke situs facebook.com/login/identify. Setelah situs tersebut terbuka, berikutnya input nomer hp yang digunakan saat membuat akun Facebook Anda.
  3. Jika sudah menginput nomer, klik opsi cari. Nanti akan muncul akun facebook yang terdeteksi menggunakan nomer ponsel Anda tersebut.
  4. Jika Anda gunakan satu nomer untuk beberapa akun, pilih akun facebook yang ingin Anda ganti kata sandinya. Berikutnya tap opsi coba cara lain.
  5. Cara mengganti kata sandi FB yang harus Anda lakukan dengan klik opsi kode OTP. Pastikan nomer ponsel tadi masih aktif sehingga facebook bisa mengirim kode OTP tersebut melalui sms.
  6. Langkah berikutnya Anda masukan kode OTP tersebut ke kolom yang disediakan. Lalu klik lanjutkan dan akan tampil halaman untuk reset password.
  7. Anda bisa langsung membuat kata sandi baru pada halaman tersebut. Buatlah kata sandi dengan kombinasi angka, huruf serta karakter seunik mungkin.
  8. Klik lanjutkan untuk kemudian muncul task bar informasi. Jika Anda ingin login tanpa perlu masukan password ulang, klik opsi tetap masuk.
Baca Juga:  Aplikasi Pemutar Musik Terbaik

Cara ini dilakukan jika nomer ponsel Anda masih aktif. Tapi jika Anda telah mengganti nomer ponsel baru, yang harus Anda lakukan sebelumnya adalah dengan menghubungi pusat layanan provider.

Tujuannya untuk mengaktifkan kembali nomer ponsel yang masa aktifnya sudah habis. Sehingga nomer tersebut bisa Anda gunakan lagi untuk menerima pesan kode otp dari facebook.

Tips untuk Mengganti Kata Sandi FB Baru

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat Anda ingin ganti password facebook. Yang pertama, untuk membuat kata sandi, maksimalkan 8 kombinasi huruf, angka dan karakter.

Karena kata sandi dengan kombinasi lengkap akan membuat peluang ketebak atau dihack lebih rendah. Jangan Anda gunakan nama sendiri disertai tanggal lahir karena itu gampang diretas.

Pembobol tidak akan tahu jika Anda mengacak susunan huruf dan angka pada kata sandi tersebut. Tapi harap diingat, Anda sendiri harus hafal kata sandi baru tersebut.

Jika Anda orangnya pelupa, sebaiknya catat password FB tersebut di notes atau kertas. Jadi saat Anda ingin login tapi lupa, bisa lihat catatan terlebih dahulu.

Tips untuk cara mengganti kata sandi FB berikutnya adalah Anda tidak perlu memberitahu password tersebut ke siapapun. Sekalipun kepada pacar atau orang paling terdekat.

Karena Anda tidak bisa memastikan apakah akun Anda akan tetap aman jika terjadi konflik pribadi. Jadi sebaiknya simpan password untuk diri sendiri karena ini sifatnya privasi.

Dan jika akun facebook Anda rentan terhadap peretas, disarankan untuk rutin mengganti password minimal sebulan sekali. Menerapkan ini akan menyulitkan hacker karena kata sandi Anda selalu diperbaharui setiap bulan.

Satu hal yang tidak kalah penting, jika Anda ingin login facebook di perangkat lain, usahakan sebelumnya sudah logout. Supaya akun tidak mudah diretas oleh hacker di luar sana.

Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi saat lupa kata sandi atau dihack. Sebab untuk dapat memulihkan akun, cara mengganti kata sandi FB ternyata sangat mudah dilakukan.