Cara Mengganti Password Gmail Supaya Tidak Diretas

Cara mengganti password gmail kadang diperlukan jika Anda ingin login di laptop lain. Karena umumnya Anda tidak akan logout dari perangkat tertentu saat menggunakan gmail.

Sehingga dalam jangka waktu lama kemungkinan Anda lupa kata sandinya itu wajar terjadi. Dan jika lupa, tentu saja Anda harus menggantinya dengan kata sandi baru.

Sebab gmail merupakan layanan google yang cukup penting karena ditautkan ke berbagai aplikasi. Seperti aplikasi penyimpanan uang dompet digital dan media sosial.

Cara Mengganti Password Gmail Via Akun Google

Keamanan kata sandi gmail sebetulnya berlapis. Artinya akan sulit untuk akun Anda dihack oleh orang lain.

Tapi terkadang orang lain punya banyak cara untuk membobol sandi Anda. Dan biasanya, jika akun gmail diretas, akan muncul pemberitahuan terkait aktivitas login yang mencurigakan melalui email.

Jika hal tersebut terjadi, Anda harus segera mengganti kata sandi gmail. Tidak terlalu sulit untuk mengubah kata sandi asal Anda ingat password gmail sebelumnya.

Cara bisa dilakukan melalui laman web akun google ponsel Anda. Ikuti step by step cara mengganti password gmail berikut.

  1. Pertama Anda masuk ke akun google dengan akses web accounts.google.com. Jika akun google Anda terhubung dengan ponsel, secara otomatis akan langsung masuk ke halaman setting.
  2. Anda cari menu keamanan yang berada di baris tengah dari beberapa opsi lain. Di menu keamanan akan tampil jelas riwayat login dari akun gmail Anda.

Anda juga dapat mengetahui jenis perangkat dan di mana lokasi peretas yang coba mengakses akun gmail. Untuk pemulihan, Anda cari opsi sandi.

  1. Klik menu tersebut dan Anda akan disuruh memasukan ulang kata sandi sebagai verifikasi. Tab baru yang terbuka akan menampilkan form untuk penggantian kata sandi.
  2. Tulis kata sandi baru yang Anda inginkan. Kemudian ketik ulang untuk konfirmasi lebih lanjut. Jika sudah, klik simpan.

Maka sekarang akun gmail Anda sudah tidak bisa diakses dengan kata sandi lama. Pemulihan akun gmail berhasil dilakukan dan untuk memastikan coba login ulang dengan password terbaru.

Cara Mengganti Password Gmail Aplikasi Android

Setiap ponsel Android sudah pasti dilengkapi dengan fitur aplikasi gmail. Melalui aplikasi ini bisa dibilang ganti password lebih praktis dilakukan.

  1. Langkah pertama buka aplikasi gmail yang terinstal di ponsel Android atau iPhone Anda. Pada halaman utama, yakni kontak masuk, Anda klik profil picture akun gmail yang terletak di pojok kanan atas.
  2. Akan tampil beberapa akun gmail yang ditautkan dengan ponsel tersebut. Pilih akun gmail yang ingin Anda ganti kata sandi atau passwordnya.
  3. Setelahnya Anda klik opsi kelola akun google. Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan dari gmail tersebut.
  4. Cara mengganti password gmail dengan geser ke kanan pada deretan menu pengaturan. Cari opsi menu keamanan dan klik sekali.
  5. Scroll terus ke bawah sampai Anda temukan kolom menu Login ke Google. Pada menu tersebut tap opsi sandi.
  6. Anda diharuskan untuk menginput kata sandi gmail. Karena Anda lupa passwordnya, maka klik opsi di bawahnya dengan tulisan ‘lupa kata sandi?’.
  7. Berikutnya klik opsi coba cara lain dan akan muncul cara pemulihan lewat sms. Jika nomer Anda aktif, pilih opsi pemulihan sms.
  8. Masukan nomer telepon yang terdaftar untuk membuat akun gmail. Jika sudah, klik lanjutkan. Nanti Anda akan menerima sms berupa kode otp untuk melanjutkan cara mengganti password gmail terbaru.
  9. Masukan kode otp dan klik berikutnya. Tahapan terakhir tinggal membuat kata sandi dan mengulang menuliskannya sebagai verifikasi.
  10. Jika sudah selesai memasukan kata sandi baru, langkah berikutnya klik ubah sandi. Sekarang password gmail Anda yang lama sudah tidak berlaku lagi.
Baca Juga:  Cara Cek Paket Kuota All Operator Smartfren, Telkomsel, Tri

Cara Mengganti Password Gmail Via Signin Recovery

Cara lain untuk memulihkan akun gmail jika Anda lupa kata sandi bisa melalui signin recovery. Untuk melakukan ini Anda bisa menggunakan perangkat desktop atau ponsel Android.

  1. Langkah pertama masuk ke laman signin recovery dengan akses situs accounts.google.com/signin/recovery. Kemudian Anda masukan alamat email yang ingin diganti passwordnya.
  2. Lalu Anda akan disuruh untuk menginput kata sandi. Tapi anda klik saja opsi ‘lupa kata sandi?’ yang berada di bawah form input tersebut.
  3. Setelahnya Anda masukan nomer ponsel yang digunakan untuk pemulihan kata sandi. Klik send setelah menginput nomer hp yang aktif.
  4. Jika sudah cek menu sms di ponsel anda dan catat kode yang diberikan oleh google. Jika Anda belum menerima kode, minta google untuk kirim ulang smsnya.
  5. Tahapan berikutnya untuk cara mengganti password gmail adalah dengan memasukan kode otp dan klik next. Nanti Anda akan diarahkan ke halaman ganti kata sandi.
  6. Buat kata sandi gmail baru yang kuat dengan mengkombinasikan huruf, angka dan karakter. Selanjutnya masukan ulang password gmail baru tersebut.

Jika semua sudah dilakukan, Anda tinggal memastikan apakah kata sandi tersebut telah diubah. Tutup semua tab dan lakukan login ulang gmail menggunakan password baru.

Baca juga: 3 Cara Mengganti Kata Sandi FB Terbaru

Cara Mengganti Password Gmail dengan Pertanyaan Google

Saat mendaftar akun gmail dalam prosesnya Anda memasukan beberapa daftar pertanyaan dan jawaban. Dan Anda bisa menggunakan pertanyaan jawaban tersebut untuk mengganti kata sandi.

Pertanyaan tersebut jika berhasil dijawab, maka Anda dipastikan oleh google sebagai pemilik akun. Sebaliknya, jika salah, tentu saja google tidak mengizinkan Anda mengubah kata sandi.

Karena itu cara mengganti password gmail dengan menjawab pertanyaan sedikit lebih susah dibanding yang lain. Tapi cara ini sangat efektif untuk mengamankan akun gmail supaya tidak diretas.

Langkah pertama buka halaman google account recovery di web browser chrome. Masukan alamat email google Anda untuk verifikasi tahap awalan.

Nanti akan ada beberapa opsi, Anda pilih coba pertanyaan Anda. Baca dan ikuti petunjuk di halaman tersebut untuk bisa akses form pertanyaan.

Pertanyaan pertama akan muncul dan Anda bisa langsung menjawabnya. Jika jawaban Anda benar, akan langsung diarahkan ke laman pembuatan kata sandi baru.

Tapi jika salah, Anda masih diberi kesempatan dengan pertanyaan lain. Pertanyaan tersebut terkait dengan keamanan akun google.

Baca Juga:  Aplikasi Android Terbaik

Setelah menyelesaikan jawaban, Anda bisa segera menuliskan password baru untuk gmail. Ulangi sebanyak dua kali untuk konfirmasi tahap terakhir.

Tips Membuat Password Gmail Kuat dan Aman

Sebetulnya google telah menjelaskan detail tentang kriteria sandi yang kuat dan aman digunakan. Tapi seringkali banyak pengguna mengabaikan ketentuan yang terlampir saat membuat akun gmail.

Untuk membuat kata sandi yang kuat, caranya tidak sulit. Seperti ketentuannya, gunakan kombinasi huruf, angka dan karakter. Jadi contohnya misal tiga huruf, 2 angka dan 3 karakter.

Kata sandi gmail minimal delapan huruf. Jadi tidak masalah jika Anda ingin kata sandi yang sangat panjang asalkan bisa mengingatnya.

Anda juga harus menghindari tipikal password yang rentan. Seperti misal membuat kata sandi dengan nama, tanggal lahir dan sebagainya.

Gunakan susunan yang unik. Supaya orang lain tidak mungkin menduga bahwa Anda akan memakainya untuk password gmail.

Dan untuk berjaga-jaga, setelah Anda ubah kata sandi pastikan untuk simpan di catatan. Supaya jika lupa lagi Anda tidak perlu menerapkan cara mengganti password gmail untuk kesekian kali.