Cara Cek Spek Laptop Ternyata Sangat Mudah

Cara Cek Spek Laptop Ternyata Sangat Mudah

Cara cek spek laptop sekarang banyak dicari. Kondisi tersebut wajar mengingat penggunaan laptop terus meningkat. Hal ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan kondisi beberapa tahun ke belakang.

Pada masa modern dan digital seperti sekarang laptop menjadi sebuah kebutuhan untuk banyak orang. Masing masing orang mempunyai kebutuhan yang berbeda dan harus disesuaikan dengan aktivitas pengguna tersebut.

Setiap laptop mempunyai spesifikasinya masing-masing. Spesifikasi laptop yang ringan bisa digunakan oleh pengguna untuk belajar dan mengetik. Hal ini biasanya akan berefek pada harga yang jauh lebih murah.

Sedangkan untuk pengguna laptop yang ingin menggunakanya untuk bermain game, desain, dan programming, membutuhkan spesifikasi yang tinggi. Setelah kamu tahu kebutuhannya maka kamu bisa menyesuaikan spesifikasi laptop seperti apa yang kamu butuhkan

Cara Cek Spek Laptop Sebenarnya Sangat Mudah

Lalu bagaimana cara cek spek laptop agar kamu tidak tertipu saat ingin membelinya. bahkan jika kamu sudah punya laptop ingin mengupgrade laptop tersebut harus sesuai dengan spesifikasi laptop tersebut.

Itu karena, proses upgrade tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa cara untuk mengecek spesifikasi laptop tersebut. supaya lebih jelas, berikut rincian cara yang bisa dilakukan.

  1. Cara Mengecek Spesifikasi Laptop Melalui Setting

Cara cek spek laptop melalui setting ini bisa dilakukan dilaptop yang sudah dipasang windows 10. Cara cek spesifikasi ini merupakan cara yang paling cepat dan kamu bisa melihat spesifikasi laptop secara umum. Langkah-langkahnya sendiri sangat sederhana

Pertama, pilih atau klik start yang berada dibawah layar sebelah kiri. Nantinya ketika bagian tersebut sudah diklik, akan muncul sebuah jendela yang memperlihatkan beberapa pilihan. Selanjutnya, Pilih atau klik menu setting.

Jika sulit ditemukan, manfaatkan saja kolom pencaran yang tersedia. Anda bisa bisa search langsung kata ”setting” di kolom pencarian. Nantinya jika menu setting tersebut sudah muncul, langsung saja klik dan Anda akan diarahkan ke jendela selanjutnya.

Langkah selanjutnya dalam cara cek spek laptop adalah memilih menu system. Nantinya ketika menu system tersebut sudah dibuka, akan muncul beberapa menu lain sebagai tambahan. Disini langsung saja cari menu about yang memang terdapat disana.

Jika kamu sudah menemukan menunya, langsung pilih atau klik menu itu. Ketika menu about sudah diklik, loading biasanya sering terjadi. Anda tinggal menunggu hingga loading tersebut selesai dilakukan.

Baca Juga:  Cara Membuat Barcode, Simak Beberapa Perangkat Penggunaannya

Pada tahap ini, proses yang dilalui sudah selesai karena kamu sudah bisa melihat spesifikasi laptop secara umum. Disini kamu tinggal menyesuaikan spesifikasi yang tersedia dengan kebutuhan pribadi.

  1. Cara Mengecek Melalui My Computer

Selain melaui setting, ada juga cara cek spek laptop melalui my computer. Sebenarnya cara ini sendiri sama mudahnya. Bahkan mengecek melalui my computer jauh lebih umum dari mengecek melalui setting.

Itu karena, mengecek melalui my computer bisa dilakukan pada setiap seri windows. Kondisi ini sangat berbeda dengan fitur mengecek melalui setting yang hanya bisa dilakukan menggunakan windows 10.

Jika ingin mengecek menggunakan My Computer, tahap awal yang perlu dilakukan adalah masuk ke My Computer. Untuk masuk ke My Computer, cara cepatnya adalah dengan menekan Windows+E. Namun jika cara ini dirasa kurang sesuai, klik saja ikon folder yang ada di taskbar.

Nantinya ikon folder tersebut akan mengarahkan kamu ke My Computer. Setelah ada di My Computer, tahap selanjutnya dalam cara cek spek laptop adalah arahkan pandangan ke kiri layar lalu cari menu This PC.

Biasanya tulisan this PC tersebut akan terdapat pada kiri layar dan terletak di atas tulisan desktop. Jika sudah ditemukan, langsung saja klik kanan pada tulisan this PC tersebut. nantinya akan muncul beberapa pilihan yang tersedia.

Arahkan pandangan ke pilihan paling bawah karena disana akan terdapat pilihan bertuliskan properties. Langsung saja klik tulisan properties tersebut dan laptop akan melakukan loading. Anda tinggal menunggu hingga proses loading tersebut selesai.

Jika sudah selesai, spesifikasi laptop akan diperlihatkan secara detail. Disini Anda bisa menggunakan data spesifikasi tersebut untuk kebutuhan pribadi.

  1. Cara mengecek melalui DXdiag

Cara cek spek laptop selanjutnya adalah melalui dxdiag. Kalau kamu ingin informasi lengkap tentang spesifikasi laptop kamu cara ini sangat pas. Itu karena, penjelasan mengenai spesifikasi yang diberikan biasanya sangat detail.

Jika dilihat di masyarakat, mengecek spek melalui dxdiag sendiri memang belum umum. Namun ini bisa digolongkan sebagai cara yang paling mudah. Selain itu, informasi mengenai spesifikasi yang akan didapat juga sangat lengkap.

Pada tahap awal, Anda perlu masuk ke fitur Run terlebih dahulu. fitur run ini bisa digunakan untuk langsung masuk ke sebuah aplikasi atau sistem hanya dengan menuliskan namanya. Masuk ke run sendiri sebenarnya sangat mudah.

Baca Juga:  Cara Memotong Video di Komputer dan Smartphone

Dengan menekan Windows+R kamu akan menjalankan fungsi run tersebut. Jika sudah masuk ke fungsi run, tahap selanjutnya dalam cara cek spek laptop melalui dxdiag adalah mengetik tulisannya di kolom pencarian. Langsung saja tambahkan “dxdiag” di kolom pencarian.

Pastikan tulisan tersebut benar lalu klik OK yang ada di bagian bawah. nantinya laptop akan melakukan loading untuk beberapa waktu. Disini Anda bisa menunggu hingga proses loading tersebut selesai. Jika sudah selesai, spesifikasi lengkap dari laptop akan terlihat.

Perlu diketahui, pengecekan melalui dxdiag ini nantinya memperlihatkan spesifikasi secara detail. Akan muncul sebuah jendela baru yang di dalamnya terdapat pilihan untuk mengecek hardware, sound, layar, hingga sound.

Nantinya Anda bisa menyesuaikan pengecekan tersebut sesuai dengan kebutuhan pribadi. Jika dilihat dari kecepatan, cara ini memang lebih cepat dari dua cara yang dijelaskan sebelumnya.

Baca juga: Cara Membuat Tulisan Miring di WA Paling Cepat

  1. Pengecekan Melalui Aplikasi

Ada juga beberapa orang yang sering melakukan pengecekan spesifikasi melalui aplikasi. Cara cek spek laptop ini mulai populer karena banyak aplikasi yang tersedia untuk mengecek spesifikasi. Penggunaannya sendiri terbilang cukup mudah.

Anda hanya perlu membuka aplikasi tersebut dan menunggu hingga prosesnya selesai. Setelah proses tersebut selesai, spesifikasi laptop secara detail akan diperlihatkan. Ini jelas berbeda dengan fitur-fitur sebelumnya yang membutuhkan beberapa tahapan.

Kecepatan ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang sering memasang aplikasi untuk mengecek spesifikasi. Walaupun terkesan mudah, bukan berarti cara cek spek laptop melalui aplikasi ini tidak memiliki kekurangan.

Ada satu kekurangan utama yang nantinya akan terasa. Kekurangan tersebut terletak pada penyimpana yang akan berkurang. Ingat aplikasi tersebut pasti membutuhkan penyimpanan. Dengan itu, Anda perlu merelakan penyimpanan tersebut sehingga tidak bisa digunakan.

Memang penyimpanannya sendiri tidak besar. Namun ini tentu sangat mengganggu karena ada cara lain yang bisa digunakan tanpa menguras penyimpanan. Perlu disadari juga karena ada banyak aplikasi yang dikeluarkan secara ilegal.

Memilih aplikasi semacam itu jelas merugikan. Bukan tidak mungkin, aplikasinya memiliki virus sehingga performa laptop nantinya akan terganggu. Oleh karena itu, kekurangan ini juga perlu dipertimbangkan ketika akan memasang aplikasi.

Bagaimana mudah bukan mengecek spesifikasi laptop? sekarang kamu sudah tau cara mengecek spesifikasi laptop sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tetapi ingat, pastikan setiap tahapan dalam cara cek spek laptop diikuti secara detail.

Baca Juga:  Aplikasi Browser Terbaik Android