Cara Membuat Barcode, Simak Beberapa Perangkat Penggunaannya

Cara Membuat Barcode, Simak Beberapa Perangkat Penggunaannya

Pembayaran digital tengah dibutuhkan saat ini, cara membuat barcode juga menjadi pencarian yang semakin dicari oleh masyarakat. Untuk memudahkan kegiatan transaksi digital dalam semua pembelanjaan.

Di zaman yang serba teknologi canggih ini pembayaran digital juga tidak asing lagi. Semua orang dapat menyelesaikan berbagai macam transaksi menggunakan kode bar dengan cara melakukan scan pada benda tersebut. Sehingga cara untuk membuat barcode semakin diminati.

Kode bar sendiri merupakan sebuah kode yang dibuat dari sebuah pola geometris dalam bentuk vertical dan umumnya dipasang pada beberapa kemasan produk ataupun sebagai media dalam pembayaran berbentuk digital.

Dahulu cara membuat barcode merupakan hal khusus namun sekarang hal tersebut dianggap biasa. Karena semua pembayaran kebanyakan memerlukan kode ini dalam bertransaksi sehingga memudahkan pengguna.

Membuat pola garis ini juga menggunakan alat khusus namun seiring berkembangnya waktu ada banyak sekali aplikasi hadir untuk membantu pembuatan pola khusus ini. Agar memudahkan masyarakat diberbagai bidang terutama transaksi.

Cara membuat barcode juga bisa dilakukan pada beberapa perangkat seperti laptop dan handphone sehingga tidak ada keterbatasan perangkat dalam membuatnya. Masyarakat bisa menggunakan ponsel dan membuatnya dimana saja.

Dengan adanya kemudahan ini, masyarakat bisa lebih leluasa dalam membuatnya agar mempermudah transaksi dibidang apapun terutama pembayaran. Hal ini sama dengan kemudahan dompet digital atau e-wallet.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat CV di HP Supaya Terlihat Menarik

Berikut Mengenal Apa Itu Barcode

Barcode atau kode bar adalah sebuah data optic berbentuk garis yang telah tersusun rapi dan dapat dibaca oleh mesin. Kode disetiap produk tentu berbeda-beda agar mudah dibaca oleh mesin sebagai penanda setiap produknya.

Sistem kode bar ini tidak hanya dapat digunakan begitu saja. Ada beberapa proses perlu dilalui dalam menghasilkan kode bar yang bisa digunakan dan dibaca oleh mesin sehingga memerlukan waktu dalam setiap tahapannya.

Cara membuat barcode sebenarnya adalah hal mudah di mana teknologi canggih telah tersedia. Sehingga setiap individu bisa membuatnya tanpa seorang ahli dibidangnya karena ada beberapa platform mengatasinya dengan berbagai petunjuk detail.

Setelah mendapatkan kode bar tersebut, Anda harus memastikan bahwa kode bar tersebut bisa terbaca oleh mesin sehingga dapat menampilkan informasi seputar sebuah produk yang dimilikinya.

Baca Juga:  Cara Cleaning Printer yang Mudah Dilakukan

Dengan adanya kode bar ini lebih memudahkan penggunanya dalam mencari suatu produk pada sistem data yang sudah disimpan sebelumnya. Kode ini tentunya juga akan meningkatkan pelayanan sedang dilakukan.

Untuk itu setiap orang memerlukan cara membuat barcode terutama seorang ingin mendirikan usaha toko yang menjual beberapa produk. Agar memudahkan dalam mencari suatu produk tersebut.

Membaca kode bar ini juga memerlukan alat khusus yaitu alat pembaca kode bar atau barcode reader yang akan mengolah data terdapat pada kode bar tersebut menjadi sebuah informasi bisa dibaca oleh penggunanya.

Cara Membuat Barcode Via Android

Ada banyak cara dalam pembuatan kode bar ini. Salah satunya menggunakan perangkat android yang memang banyak pengguna menggunakannya sebagai alat komunikasi serta dapat dibuat kapan saja dan dimana saja.

Cara membuat barcode menggunakan android akan terasa mudah jika Anda menggunakan platform yang tersedia untuk pengguna android juga harus mengikuti setiap langkah. Di bawah ini agar tidak salah melangkah.

  1. Anda bisa mendownload platform gratis bernama barcode generator di playstore
  2. Buka aplikasi barcode generator tersebut dan pilih menu add code
  3. Selanjutnya Anda bisa memilih menu QR Code
  4. Setalah muncul opsi teks, URL dan email, pilih opsi URL
  5. Masuk pada menu selanjutnya dan lengkapi informasi URL atau website seperti deskripsi kode atau keperluan produk lainnya
  6. Setelah terisi dengan lengkap maka tekan tombol ceklis pada pojok kanan atas
  7. Aplikasi akan menampilkan QR Code yang berisi segala informasi yang telah diisi mengenai suatu produk tersebut
  8. Untuk menyimpannya Anda perlu memilih opsi export dan mengalihkannya pada folder yang diinginkan
  9. Jika ingin mencarinya kode bar Anda akan berbentuk file PNG agar memudahkan dalam mencetak dengan jelas

Anda akan dengan mudah menerapkan cara membuat barcode jika mengikuti langkah tersebut dengan benar tanpa melewati satu tahapannya. Pastikan untuk teliti dalam setiap langkahnya agar tidak salah.

Cara Membuat Barcode Via IOS

Dalam pembuatan barcode sendiri bisa dilakukan menggunakan beberapa perangkat salah satunya IOS. Penggunaan pada perangkat IOS biasanya agak sulit jika dibandingkan dengan android maka dari itu Anda harus mengikuti langkah dibawah ini agar berhasil.

  1. Melakukan download aplikasi bernama QR Code
  2. Ketika selesai mendownload buka aplikasi dan klik panah bawah sudut atas kanan
  3. Ketuk ikon QR pada bagian bawah
  4. Memilih tombol tambah disudut kiri atas untuk memulai pembuatan kode bar ini
  5. Pilih jenis QR Code ingin digunakan. Aplikasi ini banyak menyediakan jenis nya seperti website, nomer telepon, teks dan lainnya. Kami mengambil barcode untuk website sebagai contohnya
  6. Di sini akan mengambil contoh tampilan QR Code yang nantinya akan diarahkan pada twitter profil
  7. Masukkan semua detail dalam bentuk apapun yang diinginkan tergantung dengan jenis QR ingin dibuat kemudian pilih menu create pada sudut kanan atas.
  8. Kode QR akan muncul seperti contoh sebelumnya dan sudah bisa digunakan seperti pada umumnya.
Baca Juga:  Cara Memperkuat Sinyal Wifi, Dijamin Sukses

Bagi pengguna IOS sudah tidak perlu memikirkan rumitnya dalam pembuat QR Code tersebut. Sudah banyak sekali platform kembangan bisa digunakan dalam mempermudah membuat kode bar tersebut bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Cara Membuat Barcode Via Microsot Excel

Mungkin sebagian tidak akan tahu bahwa Microsoft excel salah satu kembangan dari Microsoft offine dapat digunakan dalam pembuatan kode bar suatu produk. Anda bisa menggunakan media ini jika membuatnya memakai perangkat laptop atau personal computer.

Berikut ini adalah beberapa langkah harus Anda ikuti agar bisa mengetahui cara membuat barcode dengan benar menaggunakan Microsoft office.

  1. Buka situs bernama IDauomation.com
  2. Mencari menu Free Font Encordes yang terdapat pada homepages
  3. Memilih menu VBA Macros For Excel & Acces
  4. Anda bisa mendownload file tersebut ke dalam format file zip yang nantinya akan di ekstrak pada prangkat laptop atau pc
  5. Setelah itu buka MS Excel dan pilih Tools beralih macro kemudian visual basic editor
  6. Klik menu file dan import file
  7. Membuka browser untuk menavigasi ID Automation yang telah didownload
  8. Mencari file makro bernama IDautomation.bas dan buka pada browser
  9. Selanjutnya file tersebut akan ditambahkkan pada folder modules yang ada pasa excel
  10. Keluar dari menu visual basic editor kemudian kembali pada workbook kosong
  11. Kemudian uji barcode dengan mengetik di sel nomer A1 dan ketik fungsi barcode pada sel sebelahnya
  12. Bada sel B2 ketikkan “=Code128(A1)” dan tekan enter setelah membuat kode tersebut
  13. Masuk pada sel B2 dan pilih font, selanjutnya cari ID automatisasi font dan pilihlah salah satunya
  14. Langkah terakhir barcode akan tersedia pada sel B2

Melihat proses atau langkah dari tahapan pembuatan kode bar ini sangat mudah jika Anda memperhatikan setiap langkahnya. Maka dari itu bisa dikatakan bahwa perkembangan teknologi membawa kemudahan dalam cara membuat barcode tersebut.