Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung, Ini Dia Penjelasannya

Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung, Ini Dia Penjelasannya

Melakukan penjagaan terhadap privasi dalam ponsel pintar sangat dibutuhkan, salah satu solusinya adanya cara mengunci aplikasi di HP Samsung. Penjagaan privasi ini sangat diperlukan agar Anda memiliki ruang pribadi dalam smartphone.

Kemanan data pribadi serta privasi merupakan hal sangat penting dikarenakan saat ini ada banyak orang tidak bertanggung jawab yang mencoba mencuri data tersebut untuk digunakan dalam hal tertentu.

Hal tersebut tentu akan merugikan Anda sebagai pemilik data apabila digunakan dalam hal negatif. Salah satu upaya untuk menghindarinya adalah dengan cara mengunci aplikasi di HP Samsung jika Anda menggunakan ponsel tersebut.

Samsung merupakan salah satu perusahaan raksasa produsen ponsel yang mana mereknya merupakan salah satu merek popular di Indonesia. Setiap model baru diluncurkan pasti dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru serta canggih.

Pada umumnya HP Samsung dilengkapi fitur yang membuat penggunanya bisa mengamankan seluruh data pribadi agar terhindar dari masalah pencurian data tersebut. Fitur layar kunci dengan sidik jari adalah salah satu contohnya.

Cara mengunci aplikasi di HP Samsung juga sudah banyak sekali disediakan oleh developer perusahaan tersebut. Namun Anda juga bisa memanfaatkan kemajuan teknologi yang mana beberapa pengembang platformi turut mengembangkan beberapa platform keamanan.

Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung Pada Fitur Bawaan

Keamanan dari HP merek ini juga tidak bisa diragukan lagi. Menjadi merek HP yang popular di Indonesia pastilah harus meningkatkan kualitas diberbagai aspek salah satunya adalah fitur bawaan keamanan.

Dengan adanya fitur tersebut, pengguna bisa melindungi atau membatasi akses pada data pribadi sehingga akan memperkecil kemungkinan pencurian data terjadi oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Dengan demikian, data pribadi atau privasi Anda akan lebih terjaga dan dapat meminimalisir kemungkinan buruk terjadi pada ponsel pengguna. Maka dari itu sangat penting mempelajari cara mengunci aplikasi di HP Samsung.

Fitur bawaan ini berupa keamanan dengan kode PIN, sidik jari, pemindai wajah, dan masih banyak lagi. Hal ini terdapat pada menu setelan atau pengaturan yang berada di setiap ponsel pintar versi terbaru.

Untuk mengunci aplikasinya pengguna bisa mengikuti cara dibawah ini agar tidak kesulitan mencari sumber terpercaya dan tidak salah langkah.

  1. Di HP Samsung Anda bisa membuka menu setelan atau pengaturan
  2. Beralih pada menu lock screen and security
  3. Tekan opsi other security settings
  4. Jika sudah muncul tampilannya maka cari menu pin windows dan tekan tombol untuk mengaktifkan fitur kunci pada aplikasi
  5. Ada beberapa pilihan keamanan seperti PIN, pola, sandi Anda bisa memilihnya sesuai keinginan dan kenyamanan
  6. Jika sudah menentukannya maka tekan done. Lalu tunggu hingga muncul recent application key
  7. Bila sudah tekan ikon PIN dan start untuk memulainya
  8. Tunggu beberapa saat sampai aplikasi dapat diproses hingga terkunci sempurna
Baca Juga:  OnePlus Nord N200

Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung Menggunakan Secure Folder

Samsung secure folders merupakan salah satu fitur keamaan yang diciptakan oleh perusahaan produsen ponsel tersebut. Dengan adanya kelebihan fitur ini akan bisa melindungi aplikasi pilihan dan menguncinya sesuai keinginan pengguna.

Cara mengunci aplikasi di HP Samsung ini juga sering digunakan oleh pengguna agar setiap data akan aman dari kejadian tidak diinginkan. Sehingga pengguna akan lebih merasa aman dan nyaman menyimpan data pribadinya.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam mengunci aplikasi menggunakan secure folder bawaan HP Samsung.

  1. Buka menu setting atau pengaturan dan pilih lock screen and security
  2. Pilih secure folderdan lanjutkan dengan tekan opsi next hingga muncul tombol starts
  3. Tekan tombol start
  4. Setelah itu pengguna akan diarahkan untuk masuk di akun Samsung
  5. Jika sudah maka pilih metode penguncian tersebut
  6. Pengguna diarahkan untuk melakukan verifikasi biometric
  7. Selanjutnya tekan next
  8. Pengguna akan diminta memasukkan kunci sesuai jenis
  9. Tekan selanjutnya hingga muncul verifikasi kunci, lalu tekan OK
  10. Buka halaman secure folder
  11. Pilihlah menu add apps
  12. Pilih aplikasi yang ingin dikunci, caranya dengan menekan beberapa saat platform diinginkan
  13. Tunggu beberapa saat hingga dapat terkunci

Cara ini juga sering digunakan karena tergolong mudah dan praktis menggunakan fitur bawaan dari perangkat. Sehingga tidak perlu repot mendownload platform keamanan yang sering dikembangkan lagi.

Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung Menggunakan Platform AppLock

Salah satu kemajuan dari teknologi adalah terciptanya banyak sekali platform untuk menciptakan keamanan bagi data pribadi atau privasi akses pengguna. Salah satunya adalah platform kembangan AppLock.

Cara mengunci aplikasi di HP Samsung berikutnya adalah dengan menggunakan platform kembangan ini. Untuk mengaksesnya juga cukup mudah, Anda bisa melakukan download terlebih dahulu secara gratis di Playstore bagi pengguna android.

Platform ini juga menawarkan banyak sekali keunggulan terutama dalam melindungi data pribadi hingga privasi Anda. Aplikasi ini bisa mengunci platform penting lainnya seperti galeri, SMS dan sebagainya.

Dengan begitu platform ini dapat melindungi semua data penting Anda yang ada didalam platform lain secara menyeluruh. Anda harus paham bagaimana cara menggunakannya. Berikut ini adalah cara penggunaan platform ini untuk menguncinya.

  1. Download platform AppLock di Playstore atau Appstore
  2. Buka platform tersebut hingga muncul notifikasi pemberitahuan
  3. Setelah itu Anda bisa membuat pola tertentu yang membantu dalam mengunci aplikasi diinginkan
  4. Kemudian Anda akan diminta ulang untuk konfirmasi ulang dan menetapkan password utama
  5. Selanjutnya pengguna akan diarahkan dalam memasukkan email dan menyimpannya dengan menekan tombol save
  6. Berikutnya pengguna bisa menetapkan dan memilih apa ingin dikunci dan dilindungi. Setelah itu tunggu adanya notifikasi lockey.
  7. Tunggu beberapa saat hingga dipilih sebelumnya terkunci dengan sempurna
Baca Juga:  Cara Cek No HP All Operator Smartfren, Telkomsel, Tri

Anda bisa menggunakan opsi pilihan ini jika ingin menggunakan platform kembangan. Selain gratis Anda juga bisa mengeksplor kemajuan teknologi tercipta di Indonesia salah satu bentuknya adalah platform keamanan ini.

Baca juga: Cara Membuat Barcode, Simak Beberapa Perangkat Penggunaannya

Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung Menggunakan Smart App

Selanjutnya ada juga pilihan mengunci aplikasi menggunakan smart app. Cara mengunci ini membutuhkan tambahan platform sama seperti cara berikutnya. Platform tersebut yaitu smart app.

Smart app juga merupakan platform kembangan yang cukup popular digunakan sebagai masyarakat untuk melindungi data peribadi juga privasi pengguna ponsel agar terhindar dari berbagai macam kejahatan digital sedang berkembang luas saat ini.

Untuk mengetahui caranya Anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini agar tidak salah tahapan dan membuat kesalahan saat mencobanya.

  1. Unduh platform smart app di playstore atau appstore
  2. Masuk ke jendela setting atau pengaturan
  3. Tekan password and pattern settings
  4. Klik password dan masukkan kata sandi yang diinginkan
  5. Klik password hint jika ingin melihat dan memastikan bahwa kata sandi yang dimasukkan sudah benar
  6. Pilihlah kunci pola dengan menekan lock type
  7. Aplikasi di HP Samsung tersebut akan terkunci dengan sendirinya sesuai pengaturan awal tersebut.

Penggunaan platform keamanan untuk melindungi berbagai macam data atau aplikasi juga memiliki resiko dalam pemenuhan ruang penyimpanan. Walaupun relative kecil juga akan memakan file dari platform tersebut.

Ada banyak sekali cara mengunci aplikasi bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan. Agar penyimpanan data-data pribadi serta privasi pengguna akan terasa nyaman dan aman.

Dalam upaya melindungi semua data pribadi Anda dari kegiatan pencurian data pribadi oleh oknum tidak bertanggung jawab. Maka diperlukan pengetahuan mengenai cara mengunci aplikasi di HP Samsung agar semua privasi dapat terlindungi dengan baik.