Cara Mengembalikan File yang Terhapus di HP, Wajib Dipahami

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di HP, Wajib Dipahami

Akibat perkembangan zaman, ketika ada file yang tidak sengaja terhapus saat ini sudah ada cara mengembalikan file yang terhapus di HP dengan mudah. Jadi tidak ada lagi file yang akan terbuang karena kesalahan kecil.

Permasalahan tidak sengaja menghapus ini bisa menjadi masalah serius apabila file tersebut merupakan hal yang bersifat penting. Apalagi jika tidak memiliki data cadangan lainnya alias menjadi satu-satunya data.

Hal itu menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang menjadi sangat bingung jika sampai salah dalam penghapusan file. Akan tetapi itu sudah tidak berlaku lagi, karena saat ini ada begitu banyak cara yang bisa dilakukan.

Seluruh cara yang diambil bisa dijadikan sebuah jalan terbaik agar apa yang telah tersimpan di HP menjadi tidak hilang. Baik itu file berupa data penting, foto, video dan lain sebagainya.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di HP Dengan Aplikasi

Sebelum jauh membahas mengenai cara mengembalikan file yang terhapus di HP. Perlu diketahui bahwasanya sebenarnya dalam pengembalian data atau file ituy dapat dilakukan dengan dua cara utama.

Dua cara utama yang dimaksud adalah mengembalikan data yang terhapus dengan bantuan aplikasi dan mengembalikan file yang terhapus tanpa menggunakan aplikasi tertentu.

Seluruh cara yang digunakan itu semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tergantung dari kebutuhan orang yang bersangkutan, karena pada intinya memiliki tujuan yang sama yakni mengembalikan file yang terhapus.

Apabila hendak mengembalikan file atau data yang terhapus tadi, Anda bisa dengan mudah melakukannya jika dibantu dengan adanya aplikasi. ada begitu banyak pilihan aplikasi yang bisa membantu proses pengembalian file tersebut.

  1. DigDeep Image Recovery

Salah satu cara mengembalikan file yang terhapus di HP bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi lain. Misalnya dengan menggunakan aplikasi DigDeep Image Recovery.

Seperti namanya, bahwa aplikasi ini lebih terkhususkan bagi Anda yang ingin mengembalikan data atau file yang berupa foto atau video. Cara untuk mengembalikan data yang telah terhapus menggunakan aplikasi ini cukup mudah dilakukan.

Baca Juga:  Cara Ubah PDF ke Word Paling Cepat dan Efektif

Bagi Anda yang ingin menggunakan aplikasi ini yang perlu Anda lakukan yakni dengan melakukan penginstalan terlebih dahulu. Setelah proses penginstalan aplikasi telah berhasil maka selanjutnya tinggal melakukan pemindaian folder.

Pada tahapan pemindaian file ini, Anda nantinya akan diberikan plilihan untuk mengembalikan data yang tidak sengaja terhapuskan sebelumnya. Jadi Anda hanya perlu memilih file yang ingin dikembalikan.

  1. Dumpster-Recycle Bin

Sama halnya dengan aplikasi sebelumnya. Ini juga merupakan salah satu cara mengembalikan file yang terhapus di HP yang bisa Anda lakukan dan terjamin ampuh untuk mengembalikan datanya.

Recycle Bin tentunya bukan sebuah istilah asing, karena istilah tersebut juga sudah sangat sering disebutkan pada perangkat computer sebagai sebuah langkah untuk mengembalikan file yang terhapus.

Memiliki fungsi yang sama, Dumpster-Recycle Bin juga memiliki fungsi yang serupa yakni sama-sama digunakan untuk mengembalikan data yang telah terhapus sebelumnya.

Ada banyak sekali bentuk file yang bisa dikembalikan apabila menggunakan aplikasi ini. Misalnya seperti file yang berbentuk mp3, mp4, berbentuk gambar maupun dokumen lainnya.

  1. 4EXT Recovery

Selain kedua aplikasi tadi, sebenarnya masih ada banyak cara mengembalikan file yang terhapus di HP lainnya yang bisa digunakan. Misalnya seperti aplikasi 4EXT Recovery.

Aplikasi tersebut juga merupakan pilihan aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan data atau file yang terhapus. Baik itu merupakan ketidaksengajaan maupun sengaja dilakukan.

Seperti layaknya aplikasi lainnya, 4EXT Recovery juga memiliki kemampuan untuk mengembalikan data yang hilang. Akan tetapi apabila ingin menggunakan aplikasi ini, maka Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Memang benar bahwa aplikasi ini cenderung lebih mudah dan akurat. Karena hampir seluruh file yang diinginkan bisa kembali dengan mudah.

  1. Recover Deleted Photos

Cara mengembalikan file yang terhapus di HP lainnya juga bisa dilakukan dengan mudah apabila ada bantuan aplikasi lain yang membantu. Misalnya seperti aplikasi recover delete photos.

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi khusus saja. Hal ini dikarenakan apabila menggunakan aplikasi ini hanya dapat mengembalikan data atau file yang bersifat foto saja.

  1. Undeleter Recover Files & Data

Selain itu, masih ada banyak pilihan aplikasi lainnya yang bisa digunakan. Karena banyaknya aplikasi yang mungkin bisa digunakan tadi, maka Anda juga memiliki peluang yang besar untuk mengembalikan data yang hilang.

Salah satu contoh aplikasi lainnya yang terjamin bisa digunakan yakni aplikasi undeleter recover file and data. Apabila menggunakkan aplikasi ini, tidak hanya bisa mengembalikan foto saja, namun berbabagai jenis file atau data lainnya.

Baca Juga:  Jangan Panik, Ini 5 Cara Mematikan Laptop Saat Error

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di HP Tanpa Aplikasi

Dalam rangka hendak melakukan cara mengembalikan file yang terhapus di HP namun tidak ingin kerepotan harus melakukan download tambahan untuk apliaksi yang digunakan.

Maka Anda tidak perlu menghawatirkan hal tersebut. Karena pada saat ini, Anda juga tetap bisa mengembalikan file atau data lainnya yang telah terhapus tanpa harus ada bantuan aplikasi lainnya.

Karena tanpa adanya bantuan aplikasi tertentu, jadi apabila Anda ingin mengembalikan file tersebut. Setidaknya Anda harus bisa mengetahui beberapa cara berikut ini.

Baca juga: Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung, Ini Dia Penjelasannya

  1. Dengan Memanfaatkan Fitur File Manager di HP Android

Sebagai salah satu orang yang merasa khawatir apabila ada file yang tidak sengaja terhapus, Anda tidak perlu merasa bingung lagi. Karena hal itu masih bisa dikembalikan seperti semula lagi.

Sehingga setiap orang yang merasa melakukan kesalahan seperti tidak sengaja menghapus foto seperti itu, maka ada cara mengembalikan file yang terhapus di HP tersebut.

Cara yang paling mudah dilakukan yakni dengan memanfaatkan fitur yang tersedia pada ponsel Anda. Misalnya untuk mengembalikan file yang terhapus tersebut dengan memanfaatkan file manager yang ada pada ponsel.

Dengan adanya file manager tersebut, Anda bisa mengatur file mana yang kiranya perlu dikembalikan atau tidaknya. Namun hal penting yang kiranya perlu diketahui adalah bahwa sangat penting melakukan backup data.

Dengan adanya backup data, dengan begitu tidak akan ada lagi orang yang merasa file yang dimilikinya akan terbuang sia-sia ketika salah tekan hapus file. Maka dari itu melakukan backup data juga penting untuk dilakukan.

  1. Dengan Memanfaatkan Fitur Google Drive & Foto

selain menggunakan cara mengembalikan file yang terhapus di HP itu, Anda juga bisa menggunakan pengembalian file tersebjt dengan bentuan google drive juga google foto.

Keduanya merupakan cara yang cukup ampuh untuk mengembalikan file yang terhapus. Terlebih jika meggunakan aplikasi ini juga tidak membutuhkan aplikasi tambahan yang mendukung.

Karena sudah jelas bahwa setiap ponsel pasti memiliki akun google. Artinya dengan memanfaatkan fitur google drive dan foto menjadi tidak mudah hilang.

Maka dari itu jika menggunakan fiturnya dengan baik, menbuat tidak akan ada file yang hilang. Jadi menyiapkan segala kemungkinan cara mengembalikan file yang terhapus di HP baik menggunakan aplikasi atau tidak itu penting dilakukan.

Baca Juga:  Cukup Pakai HP, Cara Membuat Channel YouTube untuk Pemula