Cara Menyimpan File di Google Drive, Mudah Dilakukan

Cara Menyimpan File di Google Drive, Mudah Dilakukan

Kehilangan file saat ini dapat diantisipasi dengan mengetahui cara menyimpan file di google drive. Karena tempat tersebut merupakan sebuah tempat teraman bagi file yang kiranya penting.

Maka dari itu dari pada file akan hilang lebih baik disimpan ditempat yang aman. Salah satunya yakni di google drive, selain aman juga mudah dilakukan, hampir seluruh ponsel bisa melakukannya.

File yang disimpan pada ruang penyimpanan di ponsel dan laptop memang aman juga karena tidak akan hilang asal tidak dihapus. Akan tetapi bukan berarti tidak akan hilang.

Karena bisa saja ponsel atau laptop mengalami kerusakan sehingga seluruh file yang tersimpan ikut menghilang. Atau bisa juga karena terjadi kerusakan pada ponsel dan laptop yang terjadi begitu saja.

Alasan Menyimpan File di Google Drive

Karena masih ada banyak kemungkinan yang bisa saja terjadi, maka jika ingin lebih aman akan lebih baik jika mengetahui cara menyimpan file di google drive.

Dengan melakukan penyimpanan file di google drive, maka seluruh data yang tersimpan itu akan aman. Meskipun ponsel atau laptop rusak atau hilang, maka file tetap aman.

Selain itu, hal yang menjadikan alasan mengapa banyak orang lebih memilih menyimpan di google drive dari pada penyimpanan lainnya juga karena melakukan penyimpanannya sudah pasti aman dan terjamin tidak mungkin hilang.

Anda juga bisa membuka file kapanpun dan dimanapun asal memiliki koneksi internet. Jadi kapanpun file tersebut diperlukan, bisa didapatkan dengan mudah.

Itulah yang menjadi alasan dasar mengapa semakin hari, semakin banyak pula orang yang mulai mencari cara menyimpan file di google drive. Karena memang sangat terjamin.

Terlebih bagi mereka yang harus berhadapan dengan file setiap harinya. Kadang kala ada beberapa file yang sifatnya sangat penting dan rahasia. Maka penyimpanan paling aman adalah di google drive.

Selain itu penyimpanan di google drive juga sangat memudahkan. Karena yang bisa mengaksesnya tidak hanya si pemilik akun saja, namun bisa juga di akses oleh orang lain apabila di izinkan. Itu juga menjadi mempermudah dalam pembagian file.

Baca Juga:  Cara Menyatukan File PDF via Android dan Desktop

Cara Menyimpan File di Google Drive Via Hp

Apabila Anda merupakan salah satu orang yang sangat gemar menyimpan file agar tidak mudah hilang. Maka solusinya adalah dengan mengetahui cara menyimpan file di google drive.

Tidak perlu bingung bagaimana cara melakukan penyimpanannya, karena untuk menyimpan file di google drive itu bisa dilakukan dengan banyak cara. Misalnya Anda bisa menyimpannya lewat ponsel dan juga lewat laptop.

Keduanya sama-sama bisa dilakukan hanya dengan satu syarat, yakni harus memiliki koneksi internet. Jadi apabila tidak memiliki koneksi internet, jangan harap bisa melakukan penyimpanannya.

Bagi Anda yang ingin melakukan penyimpanan menggunakan google drive via hp, Anda bisa dengan mudah melakukannya. Untuk melakukan caranya Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut.

  1. Wajib Terhubung dengan Koneksi Internet

Apabila Anda ingin mengetahui cara menyimpan file di google drive maka langkah paling utama yang perlu dilakukan adalah memastikan bahwa Anda sudah terhubung dengan koneksi internet.

Seluruh langkah selanjutnya tidak akan bisa dilakukan apabila tidak terhubung dengan koneksi internet. Maka dari itu ini merupakan tahapan awal yang wajib dilakukan apabila ingin menggunakan google drive.

  1. Harus Memiliki Akun Google Drive

Setelah Anda memastikan bahwa telah terhubung dengan koneksi internet, langkah berikutnya yang diperlukan yakni dengan memastikan pula bahwa Anda telah memiliki akun google drive.

Untuk memilikinya maka perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Jika belum memiliki aplikasinya, sebaiknya melakukan pengunduhan aplikasi google drive lebih dulu.

Setelah memiliki aplikasinya, langkah selanjutnya baru Anda melakukan pendaftaran menggunakan akun google yang Anda miliki. Pastikan akun google yang terdaftar merupakan akun yang aktif dan sering digunakan.

  1. Membuka Aplikasi Google Drive

Apabila telah memastikan bahwa sudah memiliki akun google, maka langkah berikutnya sebagai cara menyimpan file di google drive yakni dengan membuka aplikasi tersebut.

Untuk membuka aplikasi ini tentunya Anda membutuhkan koneksi internet yang memadai. Jika sudah terhubung maka Anda bisa melihat banyak pilihan yang tertera pada aplikasi yang dimiliki tersebut.

  1. Mengupload File yang Ingin Disimpan

Jika aplikasi sudah terbuka, maka langkah berikutnya adalah mengupload file yang kiranya ingin disimpan. Ada banyak jenis file yang bisa disimpan dalam google drive.

Mulai dari file yang berupa data, foto, video dan lain sebagainya dapat disimpan semuanya dalam google drive. Namun pastikan bahwa Anda menyimpan file-file yang penting saja.

Baca Juga:  Anti Gagal, Ini Dia Cara Aktivasi Windows 7 Mudah dan Cepat

Alasan mengapa lebih mengutamakan file yang penting saja, karena umumnya google drive itu memiliki batas kapasitasnya sendiri. Jadi tidak boleh melebihi batas tersebut, maka dari itu harus selektif dalam pemilihan file yang disimpan.

Cara Menyimpan File di Google Drive Via Laptop

Selain menyimpan menggunakan ponsel, Anda juga perlu mengetahui bahwa ada pula cara menyimpan file di google drive melalui laptop. Sebenarnya caranya hampir sama dengan menyimpan di hp, hanya saja ada perbedaan sedikit.

Yang jelas jika melakukan penyimpanan melalui laptop, Anda bisa memilih lebih banyak file yang akan disimpan. Selain itu memasuki file juga akan lebih mudah karena layar laptop terbilang jauh lebih besar dibandingkan layar ponsel.

Apabila Anda ingin melakukan penyimpanannya, Anda bisa melakukannya dengan mudah. Anda hanya perlu mengikuti beberapa cara berikut ini untuk bisa menyimpan file di google drive lewat laptop.

  1. Masuk Akun Google Drive

Apabila Anda ingin melakukan penyimpanan menggunakan laptop, maka langkah yang diperlukan yakni dengan memasuki akun google drive itu terlebih dahulu.

Berbeda dengan ponsel yang menggunakan aplikasi, maka cara menyimpan file di google drive lewat laptop memiliki sedikit perbedaan. Bukan melalui aplikasi namun bisa dilakukan lewat browser.

Jadi langkah yang perlu dilakukan yakni dengan memasuki laman google drive, kemudian melakukan login menggunakan email yang telah tersambung dengan google drive Anda.

  1. Tambahkan File yang Ingin Disimpan

Apabila sudah masuk dalam google drive yang menggunakan akun Anda, maka langkah berikutnya Anda hanya perlu memasukkan file yang diinginkan untuk disimpan.

Caranya yakni dengan melakukan upload file yang diinginkan. Namun tetap memastikan bahwa file yang di upload dalam google drive merupakan file yang sifatnya penting jadi tidak ada file yang tidak terlalu penting didalamnya.

Baca juga: Cara Mengganti Background Foto Online Menggunakan Website

  1. Upload dan Tunggu Proses Penyimpanan

Jika sudah menyeleksi file yang kiranya penting, sebagai langkah terakhir dari cara menyimpan file di google drive yakni Anda hanya perlu menunggu sampai proses tersebut selesai dilakukan.

Dalam menunggu proses ini akan memakan waktu beberapa saat. Tergantung dengan ukuran dari file itu sendiri. Semakin besar file yang di upload maka biasaya waktunya juga akan lebih lama.

Setelah selesai melakukan upload ini, maka secara resmi file Anda telah tersimpan dalam google drive. Nantinya Anda akan bisa membukanya kapanpun dan dimanapun, bisa menggunakan ponsel maupun menggunakan laptop.

Baca Juga:  Cara Download Lagu di Spotify Mudah Anti Gagal

Berdasarkan berbagai cara tadi, artinya Anda tetap bisa menyimpan file Anda baik itu menggunakan laptop maupun ponsel. Jadi sudah sewajarnya Anda mengetahui cara menyimpan file di google drive.