Cara Screenshot HP Oppo, Ini Beberapa Cara Termudahnya

Cara Screenshot HP Oppo, Ini Beberapa Cara Termudahnya

Bagi Anda yang memiliki HP Oppo, khususnya para pengguna baru, di mana mereka masih bingung dengan cara screenshot HP Oppo miliknya pribadi. Sebenarnya proses ini terbilang cukup mudah dilakukan oleh penggunanya.

Smartphone Oppo sendiri merupakan salah satu ponsel yang cukup digemari oleh masyarakat dari kalangan bawah sampai kalangan Menengah Atas. Ada beberapa fitur perlu diketahui oleh para pengguna perangkat tersebut.

Setiap jenis-jenis ponsel tentu memiliki caranya masing-masing dalam melakukan screenshot atau pengambilan gambar layar. Tetapi, setiap pengambilan gambar layar tersebut bukan perkara sulit untuk dilakukan oleh penggunanya.

Kebutuhan dalam cara screenshot HP Oppo biasanya digunakan ketika terdapat informasi penting, di mana informasi tersebut tidak dapat diunduh. Satu-satunya cara adalah menscreenshot layar tersebut menggunakan fitur di dalamnya.

Memang sudah menjadi kewajiban bagi para pengguna ponsel untuk mengetahui beberapa fitur yang nantinya akan memudahkan saat digunakan. Apalagi HP Oppo sendiri memiliki berbagai macam fitur yang mungkin tidak dimiliki oleh perangkat lainnya.

Biasanya fitur-fitur ini dikhususkan agar dapat memudahkan para pengguna ketika melakukan sesuatu. Cara screenshot HP Oppo sudah pasti sangat dibutuhkan di kemudian hari ketika ada beberapa gambar yang harus diambil karena tidak dapat diunduh.

Beberapa Cara Screenshot HP Oppo

Bagi Anda yang masih baru saja membeli perangkat dari HP Oppo ini akan diberikan informasi seputar cara menscreenshot gambar layar. Untuk cara-caranya sendiri dapat diikuti dengan beberapa langkah di bawah ini.

  1. Kombinasi Tombol Power dan Volume ( – )

Salah satu kombinasi cara screenshot HP Oppo yaitu dengan mengkombinasikan tombol power dan volume ( – ). Hampir setiap ponsel menggunakan cara seperti ini ketika ingin meng screenshot atau mengambil tangkapan layar.

Hanya saja ketika menggunakan cara ini, Anda hanya bisa mengambil gambar yang terlihat di dalam layar saat tidak digerakkan. Untuk prosesnya sendiri Anda hanya perlu membuka halaman layar untuk diambil gambarnya.

Setelah pengambilan gambar tersebut sudah dipastikan, Anda hanya perlu menekan tombol power bersamaan dengan tombol volume ( – ). Pengguna hanya perlu menahan tombol tersebut beberapa saat saja.

Untuk mengetahui apakah gambar sudah terambil atau tertangkap, layar sekilas akan berkedip begitu Anda menekan kedua tombol tersebut. Sedangkan, untuk melihat hasil cara screenshot HP Oppo, pengguna hanya perlu melihat pada notifikasi atau di Galeri ponsel.

  1. Kombinasi Tombol Power dan Volume ( + )

Berikutnya untuk cara yang satu ini memang terlihat mirip perbedaan hanya terletak pada penggunaan tombol volume. Sedangkan fungsinya sendiri berbeda pada saat Anda melakukan tangkapan layar pada ponsel.

Baca Juga:  Daftar Aplikasi Samsung Terbaik yang Tidak Boleh Terlupakan

Perangkat HP Oppo sendiri memang memiliki banyak fitur yang bahkan tidak dimiliki oleh perangkat-perangkat lain Misalnya saja, pada saat ingin melakukan screenshot. Sedangkan perbedaannya cara ini bisa menangkap layar lebih lebar.

Untuk caranya sendiri yaitu Anda perlu memilih halaman yang nantinya akan diambil gambarnya seperti sebelumnya. Biasanya penggunaan cara ini dilakukan oleh para pengguna saat ini mengambil gambar berupa dokumen.

Setelah halaman yang akan diambil gambarnya tersebut sudah dibuka maka Anda hanya perlu menekan tombol power bersamaan dengan tombol volume (+). Reaksinya sama seperti sebelumnya bahwa ada kedipan setelah berhasil melakukannya.

  1. Memanfaatkan Opsi Screenshot Area

Cara screenshot HP Oppo yang satu ini bisa dibilang tidak seperti sebelumnya. Namun tidak ada salahnya bagi para pengguna untuk mengetahui bagaimana prosesnya. Mungkin saja ketika ada kerusakan pada tombol, cara ini bisa dilakukan tidak

Cara yang digunakan yaitu dengan memanfaatkan opsi screenshot area di mana dapat menangkap layar tertentu. Anda juga dapat mengatur setiap ukuran pada bagian layar Sehingga nantinya tidak ada pemotongan setelah ditangkap.

Sedangkan cara seperti ini untuk proses akhirnya yaitu dengan menekan tombol power bersamaan dengan tombol volume ( – ). Dengan begitu setelah adanya kedipan maka pengambilan gambar ini selesai dilakukan.

  1. Menggunakan Screenshot Next Page

Salah satu fitur menarik yang terdapat pada layar Oppo Yaitu, Anda dapat menangkap layar lebih panjang secara satu persatu. Jadi Anda bisa melakukan langkah pengambilan gambar ini jauh lebih praktis daripada menekan tombol seperti sebelumnya.

Untuk proses atau cara screenshot HP Oppo melalui screenshot next page, Anda hanya perlu menekan tombol power bersama dengan volume ( + ). Namun, Anda perlu menekan beberapa detik sampai opsi tersebut muncul.

Setelah opsi menu screenshot area, next page, dan save muncul, maka Anda perlu memilih opsi next page. Sedangkan menu tersebut perlu digulirkan ke bawah layar sampai mengenai gambar yang diinginkan para penggunanya.

Begitu berhasil cara ini dilakukan, maka nantinya akan ada pemberitahuan bahwa screenshot layar tersebut sudah berhasil dilakukan oleh para pengguna HP Oppo. Dari sana Anda hanya perlu menyimpan atau save ke dalam galeri.

  1. Memanfaatkan Quick Gesture

Fitur bawaan HP Oppo yang cukup menarik perhatian para pengguna dan bahkan lebih unggul dari perangkat lain yaitu adanya pengambilan gambar dengan memanfaatkan quick gesture. Cara ini jelas jauh lebih praktis untuk dilakukan.

Baca Juga:  Aplikasi Translate Bahasa Inggris Paling Akurat

Sedangkan ketika proses pengambilan gambar, Anda hanya perlu menggerakkan tangan saja. Dengan menggerakkan tangan tersebut, maka gambar bisa langsung diambil. Jelas hal ini sangat memudahkan pengguna meskipun layar terkunci.

Supaya bisa menggunakan fitur ini untuk melakukan pengambilan gambar, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu di pengaturan ponsel. Tanpa melakukan proses ini, tentunya hal tersebut tidak dapat dilakukan.

Setelah membuka menu pengaturan, Anda hanya perlu mencari pilihan convenience tools, lalu pilih gesture and motion. Begitu setelah memilih opsi tersebut, maka Anda perlu mencari sub menu quick gesture di mana harus diaktifkan terlebih dahulu.

Begitu menu tersebut telah berhasil diaktifkan, para pengguna perlu membuka halaman yang sekiranya akan ditangkap. Setelah terbuka, Anda hanya perlu menggerakkan tiga jari secara bersamaan dari layar atas menuju bawah.

Sama seperti sebelumnya ketika cara screenshot HP Oppo ini berhasil dilakukan ada tanda yaitu berkedipnya layar. Untuk melihat gambar yang sudah berhasil ditangkap, para pengguna hanya perlu membuka galeri di dalam ponsel tersebut.

Baca juga: Cara Reset HP Xiaomi, Mudah Pasti Berhasil

  1. Penggunaan Aplikasi Tambahan

Apabila kebetulan para pengguna ponsel Oppo tidak dapat melakukan beberapa cara screenshot HP Oppo yang sudah disebutkan di atas. Maka perlu menggunakan aplikasi tambahan. Meskipun begitu, caranya juga cukup mudah.

Beberapa aplikasi tentang penggunaan penangkapan layar atau screenshot bisa ditemukan di Google Play Store. Dari sana akan ditemukan beragam jenis aplikasi untuk kebutuhan penangkapan layar atau screenshot ponsel.

Untuk prosesnya sendiri, Anda hanya perlu membuka aplikasi yang sudah diunduh dan mengikuti perintahnya. Sedangkan, biasanya Anda perlu menekan tombol Start saat ingin menggunakan aplikasi ini.

Ketika Anda sudah menekan tombol Start, maka berikanlah izin dari ponsel saat aplikasi tersebut ingin digunakan. Dengan begitu, ketika nantinya aplikasi dimanfaatkan agar langsung bisa digunakan tanpa adanya masalah tertentu.

Untuk prosesnya sendiri, Anda hanya perlu menekan tombol tangkapan layar pada aplikasi dengan menekannya selama beberapa detik saja. Setelah selesai ditangkap, langsung saja menekan tombol stop untuk mengakhiri mode presentation ini.

Sekarang segalanya menjadi serba mudah semenjak munculnya berbagai macam jenis ponsel Android di masyarakat. Alangkah baiknya, cara screenshot HP Oppo ini dipelajari apabila nantinya ingin memiliki perangkat tersebut.