Penggunaan Perekam Layar Laptop dari Windows 8 Sampai 10

Penggunaan Perekam Layar Laptop dari Windows 8 Sampai 10

Perekam layar laptop merupakan salah satu fitur yang biasanya digunakan oleh para penggunanya untuk merekam beberapa hal penting. Akan tetapi, tidak banyak orang mengetahui bagaimana proses melakukan.

Semakin berkembangnya zaman, di mana sekarang dikatakan sebagai era digital, laptop menjadi salah satu kebutuhan masyarakat. Bahkan terdapat beberapa fitur dari perangkat tersebut semakin canggih perkembangannya.

Kalau pada awalnya sistem operasi yang digunakan oleh masyarakat dalam penggunaan laptop hanya sederhana, sekarang sudah menggunakan Windows 10. Meskipun begitu masih ada beberapa sistem operasi sebelum Windows 10 tersebut.

Dengan perbedaan sistem operasi di dalam komputer atau laptop, tentunya dalam penggunaan fitur-fitur seperti perekam layar laptop tersebut memiliki cara berbeda. Namun meskipun berbeda tetap mudah dilakukan oleh masyarakat nantinya.

Sudah menjadi kewajiban bagi para pengguna komputer Untuk mengetahui beberapa fitur yang terdapat di dalam perangkat tersebut. Waktu para pengguna dapat memanfaatkan fitur tersebut untuk memenuhi kebutuhannya dalam penggunaan perangkat.

Perekam di dalam laptop sendiri biasanya digunakan untuk merekam segala sesuatu yang berhubungan dengan bentuk visual maupun suara. Ada cara praktis yang dapat dilakukan oleh pengguna nantinya untuk melakukan perekaman tersebut.

Untuk mengetahui seluruh penggunaan fitur khususnya untuk melakukan perekaman dari laptop Anda perlu menyimak pembahasan ini secara lengkap. Dengan begitu, ke depannya saat dibutuhkan bisa langsung diterapkan.

Beberapa Langkah Perekam Layar Laptop Windows + G

Bagi Anda yang ingin mengetahui tentang bagaimana mereka melakukan rekaman layar laptop sebenarnya caranya terbilang cukup mudah. Apabila Anda merasa penasaran, beberapa hal ini dapat dilakukan nantinya.

Biasanya bagi Anda yang memiliki laptop dengan sistem operasi Windows 10 pengguna tidak perlu melakukan perekaman layar laptop dengan menginstal aplikasinya terlebih dahulu. Hal tersebut dikarenakan adanya fitur dari Windows 10.

Sedangkan untuk nama dari fitur tersebut yaitu Xbox game bar, di mana proses perekaman layar tersebut bisa dikatakan cukup simpel. Sayangnya, Windows di luar Windows 10 tidak dapat menggunakan cara seperti ini.

Untuk langkah pertama yang bisa dilakukan ketika Anda ingin menerapkan cara perekam layar laptop Windows 10 ini yaitu dengan memilih menu Windows. Dari Menu Windows tersebut Anda juga perlu mencari menu gaming di mana nantinya terdapat opsi.

Baca Juga:  Berikut Cara Live Streaming untuk Pemula

Dari opsi yang muncul ketika menekan menu gaming tersebut, nantinya terdapat pilihan game bar. Apabila menu game bar itu sudah ditemukan, Anda hanya perlu mengaktifkannya saja untuk melakukan proses berikutnya.

Begitu bar game bar tersebut telah berhasil diaktifkan oleh para pengguna, maka Anda bisa langsung melakukan proses perekaman layar laptop. Untuk cara-caranya yaitu dengan menekan tombol icon Windows dan juga G secara persamaan.

Setelah menekan kedua tombol tersebut, Anda juga perlu memilih menu capture atau icon webcam. Biasanya akan muncul icon rekam, di mana Anda hanya perlu mengklik rekam yang tertera pada layar komputer.

Sedangkan, Ketika Anda sudah selesai melakukan rekaman video saat melakukan aktivitas tertentu, maka untuk penutupannya sendiri dapat menekan tombol stop. Bisa juga dengan melakukan penekanan icon kotak dengan warna hijau.

Proses Perekam Layar Laptop Memanfaatkan Ekstensi Chrome

Untuk proses atau cara yang dilakukan untuk perekaman dengan memanfaatkan ekstensi Chrome ini sangat direkomendasikan saat sedang berselancar. Sementara untuk jenis ekstensi tersebut yaitu awesome screenshot and Screen Recorder.

  1. Buka Chrome

Langkah pertama yang bisa dilakukan oleh para pengguna saat melakukan memanfaatkan perekam layar laptop yaitu dengan membuka Chrome terlebih dahulu. Di mana Anda perlu masuk ke Chrome web store.

  1. Perekam Layar

Begitu hal tersebut sudah berhasil dilakukan maka Anda hanya perlu mengetik kata perekam layar atau Screen Recorder. Pengetikan tersebut dilakukan pada kolom search yang sudah disediakan oleh aplikasi Chrome tersebut.

  1. Add Chrome

Ketika sudah muncul apa yang dicari dari kolom share tersebut, maka Anda hanya perlu memilih Add to Chrome. Setelah melalui proses tersebut maka Anda juga perlu klik ekstensi yang terletak pada pojok kanan tampilan Chrome.

  1. Aktifkan Pin

Dalam proses yang dilakukan ini, para pengguna atau perekam layar laptop harus mengaktifkan PIN dari sana. Lalu klik Icon tersebut sebagai bentuk untuk melakukan persiapan sebelum proses perekaman layar laptop itu dilakukan.

  1. Kembali Memilih Ekstensi

Begitu proses sebelumnya sudah dilalui, maka Anda perlu kembali membuka ekstensi perekam layar atau Screen Recorder di dalam laptop. Jadi, dari sana Anda perlu memilih recorder sebagai proses untuk tahan rekaman layar.

  1. Siapkan Sesuatu yang Akan Direkam

Anda perlu mempersiapkan konten seperti apa yang nantinya akan direkam dengan menggunakan laptop tersebut. Begitu sudah disiapkan, atau bisa langsung start recording untuk melakukan rekaman layar laptop.

  1. Tutup Rekaman
Baca Juga:  Gunakan Handphone, Cara Membuat Tanda Tangan di Word Simpel

Apabila, proses rekaman itu ingin diakhiri para pengguna hanya perlu klik stop recording pada menu Chrome tersebut. Nantinya secara otomatis file dari hasil rekaman tersimpan di dalam laptop atau komputer yang digunakan.

Perekam Layar Laptop Melalui OBS Studio

Obs Studio merupakan salah satu jenis aplikasi yang seringkali digunakan oleh para pengguna laptop ketika ingin melakukan perekaman layar. Atau apalagi ada kelebihan bisa dirasakan oleh para pengguna itu nantinya.

Salah satu kelebihan yang bisa dirasakan oleh para pengguna aplikasi ini yaitu mereka dapat merasa dimudahkan ketika proses perekaman itu akan dimasukkan ke dalam YouTube. Bahkan hasilnya juga bisa dimasukkan ke Dailymotion dan media lainnya.

Langkah paling awal ketika melakukan proses ini yaitu Anda perlu mencari aplikasi tersebut sebelum perekam layar laptop itu dilakukan. Aplikasi itu bisa didapatkan dengan mencarinya di web browser di website aslinya.

Setelah berhasil diunduh, maka para pengguna hanya perlu memilih menu source, lalu mengeklik tombol + yang terletak di bawah. Berikutnya, Anda juga perlu mencari menu display capture untuk prosesnya.

Begitu menu display capture itu berhasil ditemukan, Anda hanya perlu mengetikkan judul sesuai keinginan para pengguna nantinya. Sedangkan dalam proses perekaman, pengguna hanya perlu klik tombol Start recording.

Sama seperti sebelumnya, Ketika Anda ingin menghentikan proses perekaman tersebut maka hanya perlu menekan tombol stop recording. Dari sana secara otomatis hasil rekaman akan tersimpan ke dalam laptop yang digunakan.

Baca juga: Cara Screenshot HP Oppo, Ini Beberapa Cara Termudahnya

Mengenal Manfaat Perekam Layar Laptop

Adanya beberapa cara yang sudah disebutkan sebelumnya, tentu ada banyak kelebihan setelah proses tersebut dipelajari dan diterapkan. Secara umum, manfaat Seperti apa saja sih setelah mengetahui cara-cara perekaman layar komputer ini.

Manfaat yang paling terlihat yaitu Ketika kita melihat tayangan-tayangan video yang ada di dalam YouTube. Para pengguna dapat melakukan komunikasi kepada viewer sembari menampilkan konten-konten di media YouTube tersebut.

Tentunya, hal ini akan membuat para viewer menjadi lebih betah karena saat melihat konten si MC terlihat lebih jelas. Jadi, konten-konten tersebut terbukti benar-benar asli dan milik pribadi para Creator tersebut.

Manfaat lainnya Anda juga dapat menayangkan skill dalam bermain game dengan perekam layar di laptop ini. Skill dalam bermain di laptop tersebut bisa ditunjukkan kepada para viewer untuk membuat skill mereka bisa lebih meningkat melalui referensi Anda.

Baca Juga:  Cara Cek Garansi iPhone, Jangan Tertipu Produk Palsu

Sebenarnya masih banyak manfaat lain bisa dirasakan oleh para pengguna setelah mengetahui cara-cara rekaman ini. Tidak ada salahnya, bagi para perekam layar laptop untuk mempelajari beberapa langkah-langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya.