Cara Membuat Wallpaper Bergerak di Ponsel Android

Cara Membuat Wallpaper Bergerak di Ponsel Android

Cara membuat wallpaper bergerak di layar ponsel merupakan salah satu informasi yang cukup banyak dicari oleh masyarakat di era digital seperti saat ini. Tentunya hal tersebut dapat membuat layar ponsel terlihat lebih menarik.

Apalagi penggunaan ponsel sendiri sudah menjadi satu kebutuhan cukup penting. Sebenarnya untuk membuat wallpaper pada layar ponsel tersebut bukan perkara rumit. Hal tersebut dikarenakan dapat dilakukan oleh siapa saja para penggunanya.

Mengubah bentuk wallpaper, animasi, nada dering dan lain sebagainya menjadi salah satu paket lengkap yang bisa dilakukan dengan Android. Dengan begitu, para penggunanya akan merasa lebih puas setelah memilikinya.

Sistem operasi yang ada pada smartphone memiliki dukungan teknologi cukup canggih sehingga para pengguna merasa dimudahkan. Ada banyak fitur-fitur dapat digunakan oleh para penggunanya sehingga penggunaan menjadi lebih optimal.

Ponsel tidak lagi hanya digunakan sebagai alat komunikasi jarak jauh pengganti surat. Melainkan banyak kegunaan-kegunaan dari ponsel tersebut sehingga kebutuhan para pengguna dapat terpenuhi hanya dengan satu perangkat.

Hanya dengan menggunakan perangkat tersebut, para pengguna dapat berselancar di dunia Maya, mendengarkan musik, menonton video, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, tidak heran kalau pengguna ingin ponsel pribadinya menjadi lebih menarik.

Sedangkan untuk membuat tampilan dari ponsel, khususnya pada layar Anda dapat memulainya melalui cara membuat wallpaper bergerak. Jadi, ketika layar dikunci ponsel bisa menampilkan sesuatu dari wallpaper yang digunakan.

Cara Membuat Wallpaper Bergerak pada Android

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa untuk membuat wallpaper bergerak di perangkat android caranya terbilang cukup mudah. Beberapa hal di bawah ini setidaknya harus Anda ikuti setiap prosesnya.

  1. Buka Galeri

Langkah pertama yang perlu dilakukan oleh para pengguna ketika menerapkan cara membuat wallpaper bergerak tanpa menggunakan aplikasi yaitu membuka galerinya. Hal ini bertujuan menemukan video maupun gambar gif.

Video dan gambar gif tersebut merupakan elemen penting yang nantinya akan digunakan oleh para pengguna ketika ingin membuat wallpaper tersebut. Pastikan bahwa video atau gambar gif menarik untuk dilihat oleh Anda.

  1. Buka Video atau Gambar Gif

Setelah mencari beberapa video atau gambar gif untuk dipilih, Anda hanya perlu membukanya saja. Apabila sudah terbuka, pengguna hanya perlu mencari titik tiga pada ujung atas kanan ponsel yang digunakan demi tujuan pembuatan wallpaper tersebut.

  1. Setel Sebagai Wallpaper
Baca Juga:  Ini Dia Cara Download Lagu Tanpa Aplikasi Gratis

Begitu sudah ditemukan titik tiga atau pengaturan pada pada video atau gambar gif tersebut, maka Anda hanya perlu menjadikannya sebagai wallpaper. Langkahnya yaitu hanya perlu klik Setel wallpaper video.

  1. Menerapkan

Berikutnya setelah selesai menyetel wallpaper video, Anda hanya perlu klik terapkan, di mana nantinya akan terlihat tiga pilihan. Pilihan tersebut yaitu style sebagai layar kunci, setel sebagai layar utama atau keduanya. Pilihlah sesuai keinginan.

  1. Selesai

Setelah langkah-langkah yang sudah disebutkan sebelumnya dilakukan oleh para pengguna Android dalam proses atau cara membuat wallpaper bergerak, Anda hanya perlu keluar. Lihat bagaimana ketika layar terkunci atau tertutup.

Cara Membuat Wallpaper Bergerak dengan Aplikasi

Kalau sebelumnya sudah diketahui tentang bagaimana caranya membuat wallpaper tersebut bergerak tanpa aplikasi, maka berikutnya yaitu membuatnya dengan memanfaatkan aplikasi. Sedangkan, langkah-langkahnya dapat dilakukan sebagai berikut.

  1. Mencari Aplikasi

Langkah pertama yang perlu dilakukan oleh para pengguna HP Android untuk cara membuat wallpaper bergerak yaitu mencari aplikasinya terlebih dahulu. Sebisa mungkin aplikasi tersebut sudah resmi dan Anda bisa mencarinya di Google Play Store.

Ada banyak pilihan jenis-jenis aplikasi untuk kebutuhan ini, Sehingga Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kapasitas memori ponsel. Dengan begitu, nantinya aplikasi tersebut tidak akan memberatkan perangkat yang digunakan.

  1. Install Aplikasi

Begitu selesai diunduh aplikasi wallpaper bergerak tersebut, maka Anda perlu mengizinkan akses aplikasi ke ponsel Android tersebut. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan data diri pengguna kepada pihak aplikasi.

  1. Pilih Video

Setelah aplikasi tersebut terinstal, Anda perlu membuka pilih video di halaman utama. Jadi, Anda perlu memilih berbagai macam pilihan wallpaper bergerak yang nantinya akan digunakan ke dalam layar ponsel Android.

  1. Turn On

Ketika Anda sudah memilih video untuk dijadikan wallpaper bergerak ke dalam layar Android tersebut, maka berikutnya adalah menyalakan opsi turn on audio. Hal ini dilakukan apabila Anda ingin wallpaper bergerak tersebut memiliki suara.

  1. Nyalakan Opsi

Langkah yang perlu dilakukan setelah melakukan beberapa atas yaitu dengan menyalakan opsi double Tap to start/pause video. Hal ini bertujuan untuk membuat adanya interaksi di dalam wallpaper bergerak tersebut.

Begitu dinyalakan double tap to start atau pause video tersebut, Anda juga perlu mengetuk tombol set as launcher wallpaper. Lalu pilih Home Screen atau home screen and lock screen untuk menyesuaikan keinginan Anda. Selesai.

Baca Juga:  Cara Menyatukan File PDF via Android dan Desktop

Kelebihan Menerapkan Cara Membuat Wallpaper Bergerak

Tentu saja ada kelebihan Ketika Anda membuat wallpaper pada layar ponsel bergerak, Begitu juga dengan kelemahannya. Untuk kelebihan-kelebihan yang akan dirasakan oleh para pengguna ketika melakukan hal ini yaitu sebagai berikut.

Kelebihan pertama yang akan dirasakan oleh para pengguna setelah menerapkan cara membuat wallpaper bergerak yaitu dapat membuat tampilan ponsel Anda menjadi lebih menarik. Tentunya semua orang sangat menginginkan hal ini.

Tanpa adanya wallpaper tersebut, tentunya tampilan smartphone akan terlihat sangat membosankan apalagi kalau ponsel tersebut didiamkan begitu saja. Untuk membuatnya Anda bisa menggunakan kedua cara di atas.

Selain membuat tampilan smartphone Anda menjadi lebih menarik penggunaan video untuk dijadikan wallpaper juga dapat mempersonalisasikan perangkat tersebut. Hal ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang memiliki jiwa kreatif.

Bahkan dengan adanya aplikasi untuk membuat video yang nantinya akan dijadikan wallpaper akan membuat para penggunanya bereksplorasi. Apalagi ada kebebasan mau video Seperti apa untuk digunakan ke dalam layar ponsel tersebut.

Sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat Kenangan dari video-video favorit terkait momen-momen penting atau spesial dalam perjalanan hidup. Dari sana Anda dapat mengingat secara terus-menerus karena ponsel memang di bawah setiap harinya.

Adanya efek gerak pada ponsel juga akan memberi rasa segar pada ponsel Anda saat diletakkan. Sangat efektif apabila Anda kerap merasa bosan saat melakukan kesibukan, di mana cara ini bisa sedikit membantu meringankannya.

Baca juga: Aplikasi Stem Gitar Otomatis Paling Mudah untuk Android

Kekurangan Saat Cara Membuat Wallpaper Bergerak

Setiap ada kelebihan dari melakukan sesuatu, tentunya hal tersebut juga dilengkapi dengan beberapa kekurangan. Lalu seperti apa saja sih kekurangan ketika membuat wallpaper bergerak pada layar ponsel pribadi Anda?

Untuk kelemahan atau kekurangannya sendiri, penggunaan wallpaper bergerak ini dapat membuat boros pemakaian baterai. Hal ini dikarenakan layar terus hidup dan berfungsi seperti saat di gunakan saat menyala.

Kurang disarankan apabila Anda memang sering lupa untuk membawa charger ketika berpergian di suatu tempat. Apalagi kalau memang memiliki perangkat ponsel yang kapasitas baterainya tidak terlalu besar.

Tentunya kekurangan lainnya terletak pada penggunaan kapasitas memori pada perangkat Ketika Anda menggunakan aplikasi sebagai pembuatnya. Cara untuk membuat wallpaper bergerak paling sering memang menggunakan aplikasi dari Google Play Store.

Jadi bagaimana pilihan yang harus dilakukan oleh para pengguna? Untuk membuat tampilan ponsel menjadi lebih menarik tentunya ada beberapa hal yang perlu dikorbankan. Namun tidak ada salahnya ketika mencoba cara membuat wallpaper bergerak tersebut.

Baca Juga:  7 Aplikasi Keylogger Terbaik Tanpa Perlu Root dan Aman