Berikut Cara Live Streaming untuk Pemula

Berikut Cara Live Streaming untuk Pemula

Dengan cara live streaming di medis sosial yang Anda miliki, Anda dapat berhubungan secara langsung dengan audience. Live streaming menjadi sering digunakan oleh para content creator. Berbagai platform social media mulai mendukung fitur ini.

Aplikasi streaming di Twitter bernama Periscope. Facebook dan Instagram memperkenalkan fitur live pada akhir tahun 2015 dan 2016. Live streaming banyak diminati karena ada interaksi antara pemilik akun atau influenser dan target audiencenya.

Mengenal Tentang Live Streaming Berikut

Live streaming adalah konten video yang disiarkan langsung melalui internet dan Anda tidak perlu melakukan editing dan post-production. Anda hanya menyalakan kamera dan mulai merekam kegiatan apapun yang Anda mau. Cara live streaming bersifat interaktif, sehingga audience Anda juga bisa langsung meninggalkan komentar dan reaksi selama video berlangsung.

Selain itu, followers akun Anda akan mendapatkan notifikasi setiap kali Anda akan melakukan live streaming. Biasanya, video akan langsung tersimpan sehingga video bisa ditonton ulang setelah Anda selesai melakukan live streaming. Jadi, orang-orang yang ketinggalan video masih bisa menonton tersebut.

Kenapa Harus Melakukan Live Streaming?

Live streaming menjadi salah satu jenis content marketing dan perlu dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan, seperti memberi informasi kepada audience Anda dalam rupa webinar atau sesi tanya jawab.

Dengan melakukan live streaming, menjadi salah satu strategi digital marketing yang dapat membantu Anda untuk menjangkau lebih banyak audience serta engagement yang lebih baik dengan followers. Di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa Anda perlu melakukannya:

  1. Memberikan Konten yang Baru

Dengan cara live streaming, Anda bisa memberikan konten yang baru dan menarik. Karena konten tidak bisa diedit, video mentah ini memberikan kesan baru bagi audience. Dengan live streaming, Anda bisa berbagi kabar menarik seperti tentang diskon, promosi, atau produk baru secara spontan.

Bagi Anda seorang content creator yang perlu melakukan review, live streaming bisa membantu Anda memberi konten real-time. Apabila ada produk baru dan Anda perlu melakukan review, Anda dapat langsung memberi review dengan cepat dan real-time. 

Baca Juga:  Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo dengan Simple

Bagi sebuah brands, Anda dapat menggunakan cara live streaming untuk berbagi konten yang bersifat di balik layar. Dengan membagikan kegiatan di balik layar, Anda akan merasa menjadi lebih dekat dengan customer dan target pasar Anda.

  1. Membangun Brand Personality dan Customer Engagement

Dengan cara live streaming dapat menunjukkan sisi-sisi yang kurang sempurna. Justru ketidaksempurnaan menjadi salah satu keunggulan live streaming. Ketidaksempurnaan menunjukkan bahwa brand Anda nyata.

Audience senang melihat orang-orang nyata di balik sebuah brand dan usaha. Kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi menunjukkan sisi manusiawi dari brand Anda. Selain itu, dengan live streaming, Anda dapat meningkatkan engagement dan bisa mengadakan sesi tanya jawab secara langsung dengan pelanggan.

Audience Anda tidak perlu menunggu lagi jawaban, karena Anda akan langsung menjawab melalui video. Salah satu kunci kesuksesan cara live streaming adalah tidak mengikuti script. Ini dilakukan dengan tujuan menunjukkan sisi manusia dan personality brand Anda.

  1. Membangun Brand Awareness dengan Audience

Dengan melakukan live streaming, Anda tidak hanya menarik perhatian followers’ yang sudah ada. Tetapi, Anda juga dapat menjangkau audience baru yang mungkin tidak bisa dilakukan dengan cara marketing tradisional.

Cara live streaming membuat audience merasa update. Cara ini juga terasa lebih intimate dibanding jenis marketing lainnya. Live streaming menjadi hal yang banyak dicari orang.

Hal ini menunjukkan orang-orang senang menonton live streaming. Audience juga cenderung membagikan konten ke teman-teman mereka. Strategi word-of-mouth ini tentunya membangun dan menambah audiens Anda, dan meningkatkan brand awareness dengan cara yang tidak dapat Anda lakukan dengan metode tradisional.

Cara Live Streaming untuk Pemula

Di bawah ini, kami akan membahas bagaimana cara live streaming untuk Anda yang masih pemula.

Memilih Platform yang Anda Inginkan

Kalau Anda akan memulai live streaming, hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah platform apa yang akan Anda gunakan. Beberapa media sosial yang banyak digunakan adalah Instagram Live dan YouTube Live.

  • YouTube Live

Menjadi platform live streaming yang paling banyak digunakan. Dengan YouTube Live, Anda bisa mengintegrasi video Anda ke social media lain seperti Facebook. YouTube Live tersedia untuk desktop dan mobile.

  • Instagram Live

Di Instagram menjadi cara live streaming yang banyak dilakukan setelah dirilisnya Instagram Stories dan IGTV. Instagram menunjukkan bahwa mereka ingin menguasai market video mobile. Dengan fitur ini, mereka ingin menambah engagement user mereka di aplikasi Instagram.

Baca Juga:  Cara Membuat Logo Cepat dan Praktis, Wajib Tahu!

Kalau Anda ingin live melalui Instagram, Anda bisa menyimpan videonya atau langsung posting ke IGTV dan Instagram Stories.

  • Facebook Live

Facebook selalu memiliki tempat khusus di pasar live streaming. Facebook sangat fleksibel dalam memungkinkan user untuk menggunakan berbagai pilihan kamera dan audio. Selain itu, facebook masih memprioritaskan live dalam feed Facebook dan semakin fokus pada konten video.

Membuat Persiapan yang Matang

Cara live streaming berikutnya adalah persiapan. Walaupun spontanitas adalah salah satu daya tarik live streaming, tetap Anda harus mempersiapkan beberapa hal, yaitu:

  • Mengatur jadwal

Jika Anda melakukan live dan terlihat hanya sedikit orang yang menonton, tetap lanjutkan video Anda. Pastikan bahwa Anda memulainya sesuai jadwal yang telah diumumkan sebelumnya. Jangan kecewakan orang-orang yang sudah menunggu dan Anda harus muncul tepat waktu.

  • Membuat Sesi Tanya Jawab

Selama presentasi formal, ada sesi tanya jawab, audience dapat mengajukan pertanyaan dan pembicara menjawabnya. Setiap live streaming memang tidak menjadi sebuah presentasi yang formal, tetapi Anda tetap perlu mengatur waktu untuk menjawab pertanyaan dan diskusi dengan audience.

  • Jangan Membatasi Waktu Live Streaming

Apabila Anda mendapat banyak pertanyaan menarik dari audience Anda, tidak ada salahnya Anda melanjutkan diskusi. Apalagi jika pertanyaan audience membawa nilai lebih untuk audience yang lain. Anda dapat meningkatkan engagement dengan konten yang lebih menarik dan informatif.

Baca juga: Cara Membuat Wallpaper Bergerak di Ponsel Android

Promosikan Live Streaming Anda

Sama seperti sebuah event besar, jangan lupa untuk mempromosikan event Anda. Anda harus menganggap cara live streaming Anda sebagai konferensi web yang paling bergengsi. Pilihlah sebuah topik yang Anda rasa dapat mengundang banyak orang untuk menonton.

Undang pembicara yang kompeten di topik dan dapat menarik perhatian audience Anda. Dengan mengundang pembicara yang baik, live streaming Anda memberi nilai lebih bagi mereka yang menonton.

Selanjutnya Anda bisa melakukan digital advertising melalui social media untuk mencari peserta sebanyak-banyaknya dengan mempromosikan topik dan siapa saja pembicara yang akan hadir.

Berikan Konten Eksklusif

Salah satu cara live streaming untuk mencari peserta yang paling sering dilakukan adalah dengan menawarkan mereka berbagai konten eksklusif. Konten tersebut bisa dalam bentuk:

  • Informasi dari seorang expert yang jarang dibahas.
  • Keuntungan yang bisa mereka dapatkan atau download jika mereka melakukan registrasi.
  • Informasi yang hanya bisa didapatkan jika mereka telah melakukan registrasi.
  • Diskon khusus untuk pembelian produk bagi peserta live streaming
Baca Juga:  Cara Mengganti Wallpaper Laptop dengan Mudah

Media sosial jika digunakan dengan baik, akan memberi banyak manfaat. Dengan mengetahui cara live streaming, Anda akan memiliki gambaran apa saja yang harus dilakukan saat live stream berlangsung.