Cara Mengubah Bahasa di Laptop Windows, Mac dan Linux

Cara Mengubah Bahasa di Laptop Windows, Mac dan Linux

Bagi Anda yang bingung saat mengakses PC, sebaiknya pelajari dulu bagaimana cara mengubah bahasa di Laptop atau Desktop untuk mempermudah penggunaan. Bahasa sering menjadi titik permasalahan ketika menggunakan gadget, khususnya bagi orang awam.

Saat menggunakan bahasa asing, terdapat beberapa fitur yang tidak begitu dikenal. Baik itu fitur pengelola aplikasi atau sistem gadget, semua pasti memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Oleh sebab itu pengguna gadget harus mengetahui bahasa asing agar bisa menggunakannya.

Jika tidak mempelajari bahasa asing yang digunakan pada gadget, maka Anda bisa menggantinya. Informasi mengenai cara mengubah bahasa di Laptop mungkin bisa membantu Anda nantinya. Informasi tersebut bisa dipraktikkan langsung di komputer, laptop dan gadget PC lain.

Terkadang gadget PC memiliki sistem pemrograman yang hampir serupa. Seperti Windows pada Desktop dan Laptop yang memiliki pengaturan serupa. Jadi dengan mempelajari informasi ini, Anda dapat mengubah pengaturan bahasa di Laptop atau Dekstop secara langsung. Berikut ini penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Cara Mengubah Bahasa di Laptop Windows 8

Hal pertama yang perlu Anda pelajari adalah Sistem Operasi Windows 8 karena memiliki interface UI unik. Windows 8 pada dasarnya menampilkan sistem UI yang berbeda dibandingkan Windows 10 dan 11. Tampilan terkesan lebih modern namun tampak seperti tablet pada umumnya.

Untuk dapat mengganti bahasa di laptop Windows 8, Anda perlu membuka bagian pengaturan. Pengaturan itu terletak di bagian Start Menu dan masuk ke Control Panel. Dalam Control Panel terdapat berbagai pengaturan yang bisa Anda pilih untuk memperbaiki laptop atau desktop.

Cara mengubah bahasa di Laptop yaitu pilih pengaturan “Clock, Language dan Region”. Setelah itu pilih opsi “Add Language” dan tambahkan bahasa yang ingin Anda ubah. Mengubah bahasa Inggris ke Indonesia bisa dilakukan setelah Anda menambahkan bahasa di sistemnya.

Ketika sudah terpasang, Anda hanya perlu mengaktifkan Indonesia sebagai bahasa utama. Anda sudah menyelesaikan proses penggantian bahasa laptop ketika semua fitur berganti bahasanya. Perlu diingat jika pengaturan ini hanya bisa mengganti beberapa fitur laptop saja.

Ada fitur dan aplikasi lain yang kemungkinan tidak berganti bahasanya. Biasanya pengaturan itu berbeda dengan sistem komputer sehingga efek perubahan bahasa tidak berpengaruh. Namun, Anda tetap bisa menggunakannya seperti biasa ketika sudah diganti semua bahasa di laptop.

Baca Juga:  Mudahnya Cara Download Lagu di Youtube Berbentuk MP3

Cara Mengubah Bahasa di Laptop Windows 10 dan 11

Pada dasarnya Windows 8 menggunakan sistem pengoperasian yang berbeda dengan versi lain. Mulai dari generasi XP ke generasi Windows 11, tampilan versi 8 adalah yang paling unik. Di atas, Anda sudah melihat bagaimana cara mengubah pengaturan bahasa di Windows 8.

Sekarang, kita masuk ke cara mengubah bahasa di Laptop versi Windows 10 dan 11. Prosedurnya hampir sama, Anda buka Start Menu dan masuk ke Settings. Setelah itu pilih Opsi pengaturan “Time & Language” untuk dapat mengganti bahasa sistem di bagian “Language”

Pilih bahasa yang akan Anda gunakan pada sistem Laptop atau Desktop. Di bagian pengaturan itu terdapat beberapa bagian sistem yang dapat dikontrol bahasanya. Mulai dari bahasa tampilan, bahasa aplikasi serta Website, bahasa regional, bahasa keyboard dan bahasa audio.

Jika Anda ingin mengganti bahasa sistem atau UI di laptop, maka pilihlah bahasa tampilan. Selain itu, Anda bisa mengontrol sendiri bahasa apa yang ingin digunakan di Aplikasi atau Keyboard. Cara mengubah bahasa di Laptop ini lebih modern dibandingkan Windows 8.

Fungsi dari bahasa keyboard adalah menyesuaikan ketikan dan bahasa penulisan Anda. Sebagai contoh Anda menjadi penulis dan menggunakan bahasa Indonesia di dalam Artikel. Maka pilihlah bahasa tersebut agar sistem dapat mendeteksi kesalahan ketika proses penulisan berlangsung.

Cara Mengubah Bahasa Tampilan di Laptop Mac

Selain Windows, Anda juga bisa mempelajari cara mengubah bahasa tampilan di laptop Mac. Dari Mac, Anda bisa mengontrol bahasa sistem 1 pengguna atau banyak pengguna. Berikut informasi yang Anda perlukan ketika ingin mengganti bahasa di laptop Mac secara detail sehingga bisa membantu.

  1. Untuk 1 Pengguna

Mac memiliki sistem operasi yang berbeda dengan Windows sehingga tampilan UI juga beda. Untuk mengganti laptop pribadi atau 1 pengguna, Anda hanya perlu masuk ke bagian menu preferensi. Setelah itu cari pengaturan bahasa dan wilayah yang ada di dalamnya.

Cara mengubah bahasa di Laptop Mac dapat dilakukan dengan menyeret bahasa yang sudah diunduh sebelumnya. Jika belum diunduh, Anda bisa menggunakan opsi tambahan bahasa. Setelah proses unduhan selesai, seret bahasa tersebut untuk dijadikan pilihan pertama.

Perbedaan Mac dengan Windows adalah Anda perlu memulai ulang (Restart) laptopnya. Jadi, perubahan bahasa tidak akan langsung berefek ketika pengaturannya diubah. Efeknya dapat dilihat ketika Anda sudah memulai ulang pengaturan yang ada di Laptop.

  1. Untuk Banyak Pengguna

Perubahan bahasa di layar laptop untuk berbagai pengguna bisa dilakukan dengan cara yang berbeda. Cara mengubah bahasa di Laptop adalah masuk ke bagian admin pengguna. Setelah itu buka terminal di dalam folder Utilitas laptop Mac yang Anda gunakan.

Baca Juga:  Cara Memulihkan Akun Google, Solusi Jika Lupa Kata Sandi

Tuliskan perintah “sudo languagesetup” dan pilih oke jika sudah selesai ditulis pada terminal. Jika meminta sandi administrator, maka Anda hanya perlu mengisinya saja. Setelah itu, Anda akan melihat daftar bahasa yang disediakan di dalam sistem pengaturan laptop Mac.

Cara mengubah bahasa di Laptop dengan banyak pengguna, bisa dilakukan ketika Anda ketik nomor bahasa yang diinginkan. Setelah itu tutup terminal jika bahasa sudah terganti. Mulai ulang laptop Mac seperti biasanya dan bahasa tampilan Anda akan terganti secara otomatis.

Baca juga: Cara Cleaning Printer yang Mudah Dilakukan

Cara Mengubah Bahasa di Sistem Operasi Linux

Terakhir ada sistem operasi Linux yang dapat Anda pelajari dengan mudah. Selain Windows dan Mac, Linux jadi salah satu sistem operasi yang banyak digunakan. Oleh sebab itu, tidak heran jika kami juga membahasnya untuk menambah pengetahuan Anda dalam dunia gadget.

Untuk mengganti bahasa, Anda buka opsi ringkasan aktivitas dengan logo layar Linux. Setelah itu Anda dapat mengetik Wilayah & Bahasa di kolom pencarian. Jika sudah, masuk ke bagian dalam pengaturan dan Anda buka kolom penggantian bahasa di sistem operasi Linux.

Pilih bahasa yang Anda inginkan menyesuaikan dengan daftar di sistem operasinya. Jika tidak ada bahasa yang Anda inginkan, maka cari terlebih dahulu dengan memilih wilayahnya. Untuk Cara mengubah bahasa di Laptop ini memiliki proses yang hampir mirip dengan Mac.

Mulai ulang laptop Anda untuk memprogram perubahan yang sudah dilakukan. Efek pergantian bahasa bisa dilihat ketika laptop sudah menyala kembali. Perlu diingat jika cara mengubah bahasa ini dapat Anda gunakan di berbagai jenis PC baik itu Laptop, Desktop atau All in One.

Setiap sistem operasi memiliki metode pengubahannya masing-masing sehingga Anda harus tahu tata caranya. Ketiga cara pengubahan di atas bisa membantu Anda memahami teknologi gadget. Informasi mengenai cara mengubah bahasa di Laptop sangat membantu Anda ke depannya.