Cara Mengubah Jaringan 3G ke 4G Android, iOS dan Huawei

Bagi pengguna gadget, Anda harus tahu bagaimana cara mengubah jaringan 3G ke 4G. Jaringan 3G dan 4G pada dasarnya memiliki kecepatan yang berbeda ketika dipakai untuk akses internet. Kecepatan ini diperlukan untuk mengirim data unduhan dan menerima paket datanya kembali.

Untuk smartphone atau gadget lainnya, jaringan internet perlu kecepatan yang tinggi. Alasannya agar akses situs dan data di internet jadi lebih cepat. Dengan mengganti jaringan dari 3G ke 4G, Anda bisa menerima data lebih cepat dan proses penerimaan informasi tidak butuh waktu lama.

Sebagai contoh Anda mengakses situs streaming seperti Youtube dan butuh kecepatan internet. Jika kecepatannya terbatas, video yang ditonton tidak akan bisa diputar. Oleh karena itu Anda harus tahu cara mengubah jaringan 3G ke 4G agar bisa menonton dengan lancar.

Di masa sekarang, terdapat tiga operasi sistem ternama yang bisa Anda gunakan. Ketiga vendor itu adalah Android, iOS dan Huawei yang baru berkembang. Ketiga operasi sistem tersebut bisa menggunakan jaringan 3G atau 4G dengan mengaturnya di bagian pengaturan smartphone.

Cara Mengubah Jaringan 3G ke 4G HP Android

Operasi sistem pertama yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah Android. Ada banyak brand ternama seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Realme, Asus dan Vivo. Untuk mengganti jaringan 3G ke 4G, Anda bisa menggunakan prosedur yang berbeda seperti penjelasan di bawah ini.

Semua Koneksi

Dalam Smartphone, Anda bisa memasukkan dua provider jaringan sekaligus. Mengganti tipe jaringan bisa dilakukan secara terpisah atau semua dalam satu pengaturan. Untuk mengganti kedua jaringan yang ada di dalam HP Smartphone, Anda bisa masuk ke bagian pengaturan.

Pilih Opsi Mobile Network atau Jaringan Telepon untuk mengontrol konektivitas. Setelah itu pilih pengaturan jaringan telepon yang ada di HP Anda. Cara mengubah jaringan 3G ke 4G mudah, Anda hanya perlu memilih opsi 4G dan jaringan otomatis terganti.

Baca juga: Cara Menambah Followers di Instagram dengan Cepat

Koneksi Terpisah

Sekarang ada banyak brand HP yang memiliki dua pengaturan jaringan SIM Card. Anda bisa mengontrol salah satu jaringan SIM dengan masuk ke dalam pengaturannya. Cara masuk ke dalam pengaturan SIM adalah Anda buka terlebih dahulu menu pengaturan HP.

Baca Juga:  Cara Mengubah JPG ke PDF, Pasti Berhasil!

Setelah itu, pilih opsi Kartu SIM dan Data Seluler yang tersedia. Anda diberi opsi dua SIM Card yang bisa dikontrol jaringan internetnya. Cara mengubah jaringan 3G ke 4G yaitu pilih salah satu SIM yang ingin diganti, lalu ubah preferensi jaringan dari 3G ke 4G secara langsung.

Dengan kedua metode tersebut, Anda sudah berhasil mengubah jaringan ke 4G. Perlu diingat ada beberapa tipe HP Android yang menggunakan dua koneksi terpisah dan tidak. Jadi, sesuaikan tipe HP Anda ketika mengatur preferensi jaringan yang akan diubah ke 4G nantinya.

Cara Mengubah Koneksi 3G ke 4G HP iOS

Tidak seperti Android, sistem operasi iOS memiliki tampilan UI yang berbeda. Desain iOS memang dikenal berbeda dibandingkan Android di bagian tampilan UI sampai ke pengaturan. Untuk dapat mengubah jaringan 3G ke 4G, Anda harus masuk terlebih dahulu ke dalam menu Pengaturan.

Setelah itu pilih opsi “Seluler” dan masuk ke dalam pilihan “Data Seluler”. Di dalamnya terdapat beberapa opsi yang bisa diatur dan dinonaktifkan fungsinya. Cara mengubah jaringan 3G ke 4G dari HP iOS adalah masuk ke pengaturan SIM Card dan ubah koneksi yang tersedia.

Selain mengubah jaringan 3G ke 4G, Anda juga dapat mengatur koneksi dengan waktu. Fitur di dalam iOS berbentuk mode data cerdas bisa dipakai untuk mengoptimalkan penggunaan baterai. Ketika diaktifkan, Anda bisa beralih dari jaringan 3G ke 4G secara otomatis.

Pada saat jaringan 3G lancar, Anda bisa menggunakannya sepanjang waktu. Namun saat jaringan 3G lambat, mode data cerdas akan memindahkannya ke 4G secara otomatis. Opsi ini dapat Anda gunakan untuk membatasi cara mengubah jaringan 3G ke 4G secara terus menerus.

HP iOS bisa bertahan lama dan menyesuaikan tingkat penggunaan baterai ketika mode ini sudah diaktifkan. Oleh sebab itu, iOS sering dinilai lebih unggul dibandingkan Android karena fiturnya banyak. Gunakan mode ini untuk mengubah jaringan secara otomatis menyesuaikan kebutuhan.

Anda juga dapat membatasi kecepatan internet untuk mengurangi pemborosan data. Biasanya jika tidak dikontrol pengeluaran dan penggunaan data, kuota bisa cepat habis. Oleh sebab itu, gunakanlah fitur yang tersedia di dalam HP untuk memaksimalkan kinerja koneksi Anda.

Cara Mengubah Jaringan 3G ke 4G HP Huawei

HarmonyOS merupakan sistem operasi yang digunakan di dalam HP Huawei. Sistem operasi ini muncul ketika terjadi perang dagang antara AS dan juga Cina. Huawei sebagai brand terkenal dari Cina, dilarang menggunakan Google yang pada dasarnya digunakan pada berbagai jenis HP.

Baca Juga:  Cara Bobol Wifi Tetangga yang Awam Bisa Lakukan

Oleh sebab itu muncul sistem operasi baru yang dinamakan HarmonyOS. Indonesia menjadi salah satu negara yang menikmati banyak produk elektronik dari luar negeri. Karena hal itu, terdapat tiga sistem operasi yang digunakan oleh masyarakat yaitu Android, iOS dan Huawei.

Cara mengubah jaringan 3G ke 4G HP Huawei tentu memiliki proses yang berbeda dari kedua tipe OS lainnya. Untuk mengganti tipe jaringan, Anda bisa masuk ke bagian pengaturan. Setelah itu pilih opsi “Mobile Network” yang ada di bagian atas pengaturan HP Huawei.

Dalam pengaturan jaringan, terdapat opsi “Network Mode” yang bisa Anda kontrol. Pilih jaringan yang Anda perlukan baik itu dari 3G ke 4G atau sebaliknya. Jaringan SIM Card bisa berganti secara langsung ketika Anda sudah mengonfirmasi perubahan itu di bagian pengaturan.

Sistem pergantiannya hampir serupa dengan pengaturan koneksi bersama HP Android. Berbeda dengan iOS yang pengaturan koneksinya hampir serupa dengan Android dua koneksi. Jika sudah mengetahui cara menggantinya, Anda bisa menggunakan internet untuk keperluan sehari hari.

Perbedaan Kecepatan Jaringan 3G dan 4G

Seperti yang kita ketahui, tipe koneksi pada gadget ditentukan dari kecepatan akses datanya. Dari CDMA sampai LTE Advance, Anda bisa mengontrolnya secara bebas. Informasi mengenai cara mengubah jaringan 3G ke 4G digunakan untuk memaksimalkan koneksi yang ada.

Jika Anda terus menggunakan koneksi lama, maka kecepatan internetnya tidak akan bisa dipakai untuk mengakses situs. Berdasarkan data yang ada, kecepatan 3G hanya sebatas 3,1 Mbps saja. Berbeda dengan kecepatan 4G yang mampu mencapai 300 Mbps tergantung providernya.

Rentang kecepatan koneksi 3G yang sudah didata, berada di kisaran 0,5 sampai 1,5 Mbps. Jumlah tersebut jauh di bawah koneksi 4G yang berada di kisaran 2 sampai 12 Mbps. Bahkan kecepatan internetnya bisa sampai 100 sampai 300 Mbps jika dalam kondisi optimal.

Saat ini sudah ada juga koneksi 5G yang rata-rata kecepatannya jauh di atas koneksi 4G. Tentunya kecepatan internet 5G dapat digunakan untuk menonton video berkualitas FHD dengan mudah. Sayangnya, koneksi 5G masih belum banyak ditemukan di Indonesia karena beberapa alasan.

Tapi yang lebih pasti, kecepatan 4G harus diapresiasi karena sudah mendukung koneksi internet di Indonesia sekarang. Anda harus mengetahui cara mengubah jaringan 3G ke 4G jika ingin tahu kapan waktunya mengganti kecepatan internet di waktu tertentu.

Baca Juga:  Berbagai Cara Menggabungkan PDF Tanpa Perlu Repot

 

 

 

 

Keyword : cara mengubah jaringan 3G ke 4G

Deskripsi : Menjelaskan tentang cara mengubah jaringan 3G ke 4G dari ketiga OS ternama yaitu Android, iOS dan juga Huawei.