Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Umumnya Dilakukan

Ketika terjadi kerusakan, Anda harus tahu bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop. Pada dasarnya, kerusakan pada keyboard laptop bisa disebabkan oleh berbagai macam kendala. Mulai dari keyboard yang kotor, konslet karena percikan air hingga rusak dari sistemnya.

Pada saat terjadi error, Anda tidak boleh panik dan membuat kondisinya jadi bertambah buruk. Untuk mengatasi Anda perlu mendiagnosis terlebih dahulu kondisi laptopnya. Perhatikan apakah ada kejanggalan di bagian luar laptop dan menyebabkan keyboard menjadi rusak.

Jika kondisi luar terlihat baik-baik saja, maka kendala berasal dari sistem atau dalam laptop. Hal ini perlu diperiksa lebih dalam untuk menemukan titik permasalahannya. Kerusakan ringan bisa diatasi dengan mengikuti cara memperbaiki keyboard laptop yang disediakan.

Namun jika kerusakannya sudah parah dan butuh suku cadang pengganti, maka Anda perlu bawa laptop itu ke tukang service. Kerusakan berlebih contohnya seperti keypad lepas dan tidak aktif. Keyboard yang rusak parah harus segera diganti dengan suku cadang baru agar tidak merambat.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Diagnosis Pertama

Untuk diagnosis pertama, kendalanya masih terbilang ringan dan mudah untuk diatasi. Kondisi di bagian laptop tidak terlalu buruk dan proses perbaikannya cepat. Beberapa contoh kondisi yang ringan dan cepat diperbaiki bisa dilihat dari poin-poin di bawah ini.

  1. Masalah Num Lock

Keyboard yang tiba-tiba mengeluarkan huruf di tombol tertentu biasanya berada di status Num Lock aktif. Di Desktop PC, Num Lock adalah tombol yang berisikan angka dari 1 sampai 9. Ketika diaktifkan, tombol tersebut akan mengeluarkan angka sebagai pengganti huruf.

Cara memperbaiki keyboard laptop dengan status Num Lock aktif sangat mudah. Anda hanya perlu menekan “Fn + NumLk” dan keyboard bisa dipakai seperti semula. Dengan menekannya kembali, Anda sudah menonaktifkan fitur itu sehingga kondisinya kembali ke setelan awal.

  1. Masalah Driver

Kondisi ringan kedua yang ditemukan di laptop adalah masalah pada driver. Untuk mengatasi kendala ini, Anda hanya perlu memperbarui driver lama atau menggantinya. Caranya, masuk ke bagian Device Manager dan cari logo keyboard untuk mengecek driver.

Baca Juga:  Begini Cara Melamar Kerja Lewat Email yang Benar

Setelah itu klik kanan dan perbarui driver dengan memilih opsi yang ada. Selain aturan Driver Manager, Anda dapat mengunduhnya secara manual dari situs produsen laptop tersebut. Hal ini lebih mudah dilakukan karena driver bisa diperbarui ke versi pabrikannya.

  1. Freeze atau Hang

Laptop yang berada di dalam kondisi Freeze, biasanya tidak bisa merespons tombol keyboard. Cara memperbaiki keyboard laptop dalam kondisi freeze sangat mudah, Anda hanya perlu me-restart atau menghidupkan kembali laptop secara paksa melalui tombol power.

Setelah sudah berhasil dihidupkan kembali, Keyboard bisa digunakan seperti semula. Kondisi yang menyebabkan laptop freeze adalah memori penuh, RAM penuh atau virus di dalamnya. Lakukan pengecekan berkala untuk mengetahui titik permasalahan utamanya.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Diagnosis Kedua

Untuk diagnosis kedua, kondisi kerusakannya medium dan bisa berakibat fatal. Anda harus bisa mengatasi kondisi kerusakan dalam waktu cepat jika tidak ingin bertambah parah. Berikut ini ada dua diagnosis yang harus diwaspadai ketika Keyboard tiba-tiba tidak merespons.

  1. Kotor dan Berdebu

Laptop yang kotor pada dasarnya mempengaruhi performa di dalamnya. Tidak hanya aplikasi software, kondisi ini juga mempengaruhi kondisi hardware atau perangkat kerasnya. Segera bersihkan laptop untuk meminimalisir terjadinya kerusakan berlebih.

Cara memperbaiki keyboard laptop yang kotor dan tidak berfungsi yaitu membersihkannya. Gunakan sikat, kuas khusus pembersih atau penyedot debu ke sela-sela tombolnya. Hindari tombol keyboard kemasukan debu karena akan menghalangi respons di dalamnya.

  1. Karena Virus

Selain kotoran di luar, kotoran di dalam laptop seperti virus juga harus diatasi. Virus dalam laptop yang membebani kinerja bisa diatasi dengan melakukan sistem restore. Opsi ini sangat efektif dalam membatasi penyebaran virus dan mengembalikan sistem ke versi awal.

Laptop Anda jadi terlihat seperti baru karena di reset ke setelah pabrik. Meski terdapat data yang hilang, Anda tetap bisa menyelamatkan Keyboard dari kerusakan. Cara memperbaiki keyboard laptop ini terbilang ekstrem, sehingga Anda harus berhati hati saat memakainya.

Perbaiki Keyboard ke Tempat Service Jika Rusak Parah

Diagnosa ketiga adalah kondisi dimana keyboard sudah tidak bisa diperbaiki secara mandiri. Anda harus membawa laptop ke tempat service agar langsung ditindak lanjuti masalahnya. Berikut ini kondisi keyboard yang menyebabkannya harus dibawa ke tempat Service.

  1. Konektor Terlepas

Keyboard memiliki konektor yang tersambung dengan perangkat keras di dalamnya. Ketika konektornya lepas, keyboard tidak bisa berfungsi dan tidak aktif. Anda harus membawanya ke tempat Service agar konektor bisa kembali disambungkan.

Baca Juga:  Berbagai Cara Menggabungkan PDF Tanpa Perlu Repot

Jangan memasang konektor sendiri karena akan menyebabkan konsleting. Biasanya tukang Service lebih paham cara memperbaiki keyboard laptop. Oleh sebab itu, Anda harus bawa keyboard tersebut agar ditangani oleh orang yang tepat dan berpengalaman.

  1. Komponen Rusak

Laptop yang terbanting atau jatuh bisa menyebabkan komponennya jadi rusak. Keyboard jadi komponen yang bisa rusak ketika terjadi benturan keras. Anda harus membawanya ke tukang Service untuk mendapatkan penanganan lebih.

Kemungkinan terburuk keyboard harus diganti dengan komponen baru. Tentu saja biaya yang Anda keluarkan terbilang banyak sehingga harus berhati-hati. Keyboard butuh penanganan ekstra ketika mengalami benturan dan kerusakan di bagian dalamnya.

  1. Konsleting dan Karatan

Karena terkena embun atau air, komponen dalam Keyboard bisa mengalami konsleting. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, komponennya bisa berkarat. Satu-satunya pilihan cara memperbaiki keyboard laptop adalah dengan datang ke tukang Service.

Teknisi dapat membersihkan karatan dan memperbaiki kondisinya seperti semula. Tapi ada juga kemungkinan buruk yang harus diatasi yaitu menggantinya dengan komponen baru. Jika terjadi konsleting atau karatan, Anda hanya bisa berharap kerusakannya tidak menyebar.

Baca juga: Cara Mengubah Jaringan 3G ke 4G Android, iOS dan Huawei

Solusi Terbaik untuk Keyboard Laptop yang Rusak

Dari berbagai diagnosa di atas, Anda bisa menyimpulkan bahwa kondisi kerusakan diakibatkan oleh berbagai macam hal. Pilihan terbaik untuk mengatasi dan menghindari keyboard yang sudah rusak adalah dengan menggunakan Keyboard eksternal atau disebut berkabel.

Pada dasarnya keyboard eksternal lebih disarankan karena daya tahannya lebih tinggi. Selain itu, keyboard eksternal juga lebih nyaman digunakan untuk beraktivitas. Hal ini dikarenakan tombol di keyboard internal laptop terlalu empuk dan mudah rusak jika dipakai terus menerus.

Anda tidak perlu khawatir memikirkan cara memperbaiki keyboard laptop ketika sudah gunakan tipe eksternal. Jika terjadi kerusakan, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya lebih banyak. Cukup dengan membeli keyboard eksternal baru, Anda sudah bisa memakainya kembali.

Komponen laptop seperti keyboard membutuhkan biaya tinggi jika terjadi kerusakan. Komponen yang diperlukan untuk menggantinya juga sangat terbatas, sehingga tidak semua tempat mampu menyediakannya. Anda harus bijak ketika memilih dan menggunakan keyboard laptop.

Karena memberikan banyak keuntungan dan manfaat, tipe eksternal cocok untuk digunakan. Di saat bermain game, Anda tidak perlu khawatir tombolnya jadi kurang merespons. Bahkan cara memperbaiki keyboard laptop juga tidak diperlukan jika kondisinya masih baik-baik saja.

Baca Juga:  Rahasia Cara Menyadap WA Pasangan, Dijamin Ampuh